Senin, 01 Oktober 2012

OPOR AYAM



Bismillah...

Opor ayam bisa dimasak sesuai pilihan hati, yaitu bisa opor kuning ataupun opor putih. Bahkan kadang2 yang suka sedikit rasa pedas malah dibumbu halusnya ditambahkan cabe merah, jadi opor pedas deeh.., tapi bagaimanapun terserah yang memasaknya dan tentu pula mana yang disukai sang penikmatnya.

Kalau di daerah Jawa, opor ayam biasanya tanpa kunyit atau opor putih istilahnya, dan menurut saya kalau putih warnanya agak kurang menarik. Jadi kalau opor berwarna kuning bisa jadi disebut kare ayam. Kalau dirumah saya, anak-anak lebih suka opor yang berwarna kuning, menu favorit...apalagi kalau pake lontong dan bubuk kedelai, nikmaatt...


OPOR AYAM 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong jadi 12 bagian
1 sdm air jeruk nipis/jeruk lemon
1 sdm air asam
500 ml santan kental
500 ml air putih panas
5 lembar daun jeruk
2 batang daun serai
3 lembar daun salam
3 ruas jari lengkuas geprek
3 sdm minyak zaitun/minyak goreng biasa untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt lada/merica
3 cm kunyit
3 cm jahe




Cara Memasak:

1. Lumuri ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan air jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit. Lalu kukus ayam di dalam kukusan/dandang hingga ayam setengah matang dengan tanda ayam berubah menjadi putih pucat dan lemaknya sudah turun kebawah.
(Ini saya lakukan agar ayam saat di bikin opor tidak mudah hancur ketika direbus, dan untuk menghilangkan bau tidak sedap lemak ayam, karena kita menggunakan ayam broiler bukan ayam kampung).
Tetapi jika langsung dimasak juga boleh2 saja sih...tergantung kebiasaan masing2 ibu yang memasak saja.

2. Tumis bumbu halus hingga matang kekuningan, masukkan ayam yang sudah dikukus, aduk2...tambahkan air panas. Masukkan rempah2 daun salam, daun serai, daun jeruk dan lengkuas. Masak hingga air mendidih,  tuangi 1 sdm air asam, lalu masukkan santan kental...aduk2 hingga kuah mendidih, mengental dan ayam matang. Angkat dan hidangkan dan taburi bawang merah goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar