Rabu, 17 April 2013

Banana Cake Mudah



Alhamdulillah...bisa kembali hadir menulis di dapur griya khayangan saya ini, setelah beberapa lama tak sempat tuk mengisinya dengan resep2 yang seharusnya sudah teragendakan. Mudah2an saya masih diberi banyak kesempatan untuk menuangkan sedikit demi sedikit hasil dari menyibukkan diri di dapur mungil saya, aamiin.

Banana cake selalu menjadi andalan...begitulah jika di rumah punya stok pisang ambon/cavendis yang sudah tua (dalu...bahasanya tiyang jawi/jawa). Bikinnya mudah...cukup dengan bahan2 sederhana dan cepat pula prosesnya.

Sebenarnya cake ini resepnya simpel saja...gak terpaku harus berapa jumlah takarannya, saya kadang2 bikin dengan bahan seadanya yang sedang tersedia didapur...syukur alhamdulillah selalu jadi. Dibawah ini saya tuliskan patokan resep yang sudah sering saya bikin yaa, silahkan memodif sendiri bila dirasa ada yang kurang sesuai.




BANANA CAKE (Banana Choco Cheese Cake)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
400 - 500 gram pisang ambon tua (4-5 buah)
150 gram gula palem (pakai gula pasir juga oke, bisa juga kombinasi dari gula pasir dan gula palem)
1/4 sdt garam halus
1 sdt kayu manis bubuk
1 butir telur
1/2 sdt soda kue
150 gram tepung terigu
75 ml minyak goreng

Cara Membuat:
1. Haluskan pisang ambon dengan menggunakan sendok/garpu
2.  Aduk Gula Palem (brown sugar)+ pisang ambon+garam halus+kayu manis bubuk dg wisker (boleh pake sendok kayu) sampai tercampur rata.
3. Masukkan telur, aduk lagi sampai rata dan lembut.
4. Tambahkan tepung terigu dan soda kue , aduk lagi hingga tercampur rata
5. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk sampai tercampur rata dan lembut.
6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Boleh di beri topping keju parut dan coklat chip (seperti di foto ini)...atau diberi potongan tipis pisang, dan tanpa topping juga boleh2 saja.
7. Oven dengan suhu 180'C kurang lebih 45 menit atau sampai matang.



Si bungsu saya  (2 tahun, kemarin tanggal 14 April 2013) yang selalu menemani keseharian saya di rumah...ibunya lagi asyik njepret2, Maisaa juga ingin ikutan...nah, mau difoto juga yaa...hehee... 


# Note:
- Untuk loyang bisa pakai loyang brownies panjang ukuran 30x10 cm, atau menggunakan loyang loaf ukuran  24x10 cm.
- Banana cake ini semakin terasa kelezatannya jika disajikan setalah dingin dan diinapkan semalam, cake semakin lembut dan lembab...rasa dan aroma pisang ditambah bubuk kayu manis begitu menggugah selera.

Selamat Mencoba...

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Mb Ita, ini seperti resep banana bread y mb.. Tp beda proses pembuatannya.. Yg saya mau tanya: Apakah hsl jadi kuenya juga sangat BEREMAH spt banana bread.. Krn saya kurang suka kue beremah.. Thx responnya... -Tari, Banten-

    BalasHapus
  2. Hasilnya tidak beremah mbak Tari...bankek ini cenderung teksturnya lembut dan lembab agak padat, saya juga kurang suka banana bread.

    BalasHapus