Minggu, 17 Februari 2019

Roti Kijing (Roti Santen)



Bismillah...

Masya Allah...sudah setahun lebih tidak entry resep di blog kesayangan saya ini. Rasanya...seperti hampir lupa cara menulis setelah absen terlalu lama. Semoga saya bisa aktif lagi mengisi dapur maya saya ini...Insya Allah, mudah2an waktu dan kesempatan tidak malas mengajak saya kembali menulis di dapur griya khayangan...aamiin
...

Dalam rangka turut menyemarakakkan event dari group baking legend Lbt... @letsgetbakingtogether yg sempat redup bbrp lama dan skrg mulai menyala kembali terangnya... 😊

Alhamdulillah...
Terima kasih kpd admin lbt mb diah raki sudah memberi ijin saya bergabung di lbt, krn saya dulu belum sempat bergabung.

Untuk PR bulan februari/2019 ini lbt45 temanya "Quick Bread"...roti/cake yg dibuat dengan cara yg lebih ringkas tanpa penggunaan ragi yg butuh fermentasi atau proses pengembangan yg lama.
Dan saya mencoba membuat kue jadul yg di daerah jawa tengah...biasa disebut bolu santen atau bolu kijing. Bolu ini kadang2 ada yg menamai roti santen/roti kijing..ya begitulah orang jawa, kalo menyebut bolu/kue2an itu lebih sering dengan nama roti... 😅😅😅

Roti santen ini kesukaan saya banget, sering dibawain oleh2 saudara saya dari Solo kalau lagi main ke rumah...dan karena itu pula sudah lama banget saya penasaran dengan resepnya. Rasa roti khas...yang jadul, padet dan rada seret, buat sarapan cukup mengenyangkan dengan ditemani segelas teh panas manis mondo2...keseretan roti akan tereliminasi oleh gelontoran teh panas, sungguh rasa roti sederhana yg tidak membosankan.
Nah...di kesempatan ini saya mencoba eksekusi resep bolu ini...terinspirasi dari resep dasar muffin. Harapan saya mudah2an bisa membuatnya dengan hasil akhir sesuai ekspektasi. Dan Masya Allah...setelah jadi bolu santan ini sudah hampir seperti rasa roti santen/bolu kijing yg sering saya cicip...
😍😍😍


ROTI SANTEN atau ROTI KIJING
Resep: ItaMikdar-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
2 butir telur
150gr gula pasir
---> kocok dengan mixer hingga gula larut

Bahan B:
200 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
---> aduk rata jadi satu lalu saring/ayak

Bahan C:
50ml santan kara
50ml minyak goreng
Cara Membuat:
1. Masukkan bahan B yg sudah disaring/diayak ke dalam bahan A. Aduk rata menggunakan balon wisker hingga tercampur rata.
2. Tuangkan bahan C, lalu aduk rata dan licin.
3. Tuangkan pada cetakan kurang lebih 3/4 tinggi cetakan, boleh diberi topping sesuai selera. Saya kasih topping kismis.
4. Panggang di dalam oven dengan suhu 180°C selama kurang lebih 40 menit. Nyalakan api atas di 10 menit terakhir bila perlu, agar bagian atas bolu berwarna golden brown.


@letsgetbakingtogether
#lbt45_quickbread
#lbtrecipes
#letsgetbakingtogether
#dapur_ita
#bolujadul
#bolu_jadoel
#bolusanten
#bolukijing
#rotisanten
#rotikijing

Kamis, 05 Oktober 2017

Tahu Bejeg (Tahu Uleg)



Bismillah...

Ada yang gak suka tahu goreng...
Sayaaa...iya saya, pun anak2 di rumah juga tidak suka tahu yang hanya di goreng 😅😅😅

Kalo masak tahu hanya digoreng aja di rumah tidak ditowel sama anak2...
Mesti diupayakan bikin model masakan yang rada2 beda gitu...baru deh mereka mau makan tahu...

Salah satunya menu ini, enak banget buat menu makan yang ringkas, cepet dan mudah bikinnya...pedassnya disesuaikan selera aja. 

Monggo yang pingin coba bikin, resepnya sih gak pake ukuran yang pasti, pake feeling aja ya...sesuai selera. Dibawah ini resep ala saya, mungkin bisa jadi inspirasi saja...

Tahu Bejeg/Tahu Uleg
Resep: ItaMikdar

Bahan:

10 buah tahu potong jd 2 di goreng hg berkulit
(Boleh direndam air garam biar rada gurih)

15 biji caber rawit merah iris2 halus 
5 butir bawang putih iris2 halus
7 butir bawang merah iris2 halus
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
Minyak goreng untuk menumis

1 butir telur di dadar lalu di orak arik hg kering dan agak hancur, sisihkan.
1 batang daun bawang iris2 halus.

Cara Memasak:
1. Tumis bumbu2 yang sudah di iris2 halus, tunggu sampai kekuningan dan harum bawangnya, tuangi saus tiram dan garam. Aduk2 hingga bumbu merata. 
2. Masukkan telur orak arik dan tahu goreng, taburi daun bawang iris, aduk2 lagi hg tercampur rata dan matang. Matikan api, ambil ulegan lalu bejeg2/uleg2 tahu diatas wajan sampai agak hancur.
3. Sajikan panas2, beri garnis kemangi dan kucuran jeruk limau bila suka, biar segar dgn aroma jeruk limau.

Selamat masak
😍😍😍

Kamis, 10 Agustus 2017

Ayam Goreng S3


Bismillah...
Assalamu'alaikum...

Selamat malam, sudah lama ya saya gak posting resep2 di dapur kesayangan ini. Duh...maaf, karena memang agak susah bagi waktunya sehingga menjadi tidak rajin menulis lagi deh. Tapi kali ini saya coba share resep2 yang selama ini belum saya post disini...semoga saya lebih rajin lagi yaa...

Ini Ayam Goreng S3, bagian dari menu lunchbox pagi tadi yang saya masak buat bekal makan siang putri kedua saya yang baru saja masuk sma. Alhamdulillah...resep super simple...

S3 itu saos sambel, saos tomat dan saos tiram, jadi ayamnya hanya dibumbuin 3 macam saos tersebut, rasanya juara lho...meski hanya minim bumbu, maknyuuss...

Ayam Goreng S3
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
12 biji chicken wing/sayap ayam yg di potong jd 2, hilangkan ujung sayapnya yg runcing.
Cuci bersih sayap ayam, dan lumuri dengan 1/2 sdm garam, remas2 kemudian cuci lagi hingga bersih.

Bumbu Saos Marinade:
3 sdm saos sambel
1 sdm saos tomat
1 sdm saos tiram

Cara Memasak:
1. Tuangkan bumbu 3 macam saos ke dalam mangkok, masukkan sayap ayam, aduk rata, lalu simpan di dlm kulkas semalam (minimal 3 jam, lebih lama diperam lebih meresap bumbunya).
2. Goreng sayap ayam dengan minyak goreng hingga kuning kecoklatan. Atau boleh juga di oven bila tidak suka dengan cara di goreng.

# Note:
Untuk ayamnya boleh pake bagian mana saja asal dipotong agak kecil2 biar bumbu bisa meresap shg lebih berasa/nglawuhi saat dimakan.
Juga untuk 3 macam saosnya disesuaikan aja tergantung banyak sedikitnya ayam yg akan diolah. Bila suka lebih pedas bisa ditambah saos sambelnya dan sebaliknya...yg penting rasanya bisa pas sesuai selera.

😍😍😍

Rabu, 22 Maret 2017

Kimchi Mudah BonCabe




Bismillah...

Dulu banget pernah karena penasaran, mencoba bikin kimchi yang resepnya mengikuti aslinya cara orang korea bikin kimchi. Bikinnya agak ribed menurut saya...dan harus menunggu beberapa lama waktu untuk menikmatinya.

Begitu saatnya boleh disajikan, eh...nyatanya tidak sesuai ekspektasi saya, saya kirain rasanya mirip2 asinan gitu ya...asin asem manis dan pedas segar. Ternyata laiin...agak2 gimana gitu rasa dan aromanya, maklum lidah jawa banget...rasa kimchi yang aneh bin ajaib. Ya gitulah...pokoknya tidak sesuai dengan rasa yang saya bayangkan. Susah banget mau mengungkapkan dengan kata2...karena bukan tidak enak sih, mungkin karena hanya belum terbiasa mencicip kimchi.

Tapi ya sudah...yang penting sudah terbayar rasa ingin tahu dan penasarannya kimchi...

Beberapa hari yang lalu...tiba2 saya berpikiran aneh, pingin coba bikin kimchi lagi. Tapi maunya bikin yang sesuai selera lidah saya dan cara bikin yang mudah...gimana ya kalau pake bubuk cabe tabur boncabe aja, kan boncabe itu sudah pedas berbumbu...jadi lebih mudah dan praktis untuk diaplikasikan.

Alhamdulillah... Setelah jadi, rasa kimchi boncabe ini sedap sekali, aroma dan rasanya sesuai yang saya inginkan. Memang tidak seperti kimchi asli korea yaa...namun bagi saya ini resep kimchi (kw 3) yang sangat enak dan bikinnya pun mudah tidak pake lama.

Saya tulis yaa...resepnya kimchi ala saya, mudah2an memberi manfaat bagi yang ingin mencoba bikin kimchi praktis dan enak.

KIMCHI MUDAH BonCabe
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
1 buah sawi putih size sedang potong kasar2, taburi 2 sdm garam, remas2 lalu diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir.
1 buah wortel size kecil potong spt korek api, taburi 1 sdt garam, remas2 lalu diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir.
1 batang daun bawang potong serong.
1 buah bawang bombay size sedang. potong tipis
100 ml air putih

Bahan B:
100 ml air putih
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
2-3 sdm bubuk cabe tabur BonCabe (sesuai selera level pedasnya)

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu Bahan A, aduk rata.
2. Masukkan Bahan B ke dalam campuran Bahan A, aduk2 hingga tercampur rata. Koreksi rasanya...kalo belum pas rasanya, bisa ditambah bumbu sesuai selera.
4. Simpan di dalam kulkas minimal 3 jam, siap disajikan.

Selamat Mencoba...

Selasa, 21 Maret 2017

Sate Taichan



Bismillah...

Sate yang lagi kini2...sate yang berwarna putih tanpa sambel kacang, sate anti mainstream yang ngetrend dengan nama SATE TAICHAN.

Anak2 suka beli sate taichan online minta tolong om gojek. Katanya enak rasa satenya. Dan saya jadi penasaran...apa enaknya sate tanpa bumbu sambel kacang dan kecap. Ikut2lah ngicipin...ealah begini to rasanya, kalo untuk saya, ini bukan selera saya...kurang cocok di lidah, masih terasa aneh.

Tapi tetep penasaran...saya ingin mencoba bikin sendiri agar bisa ikutan makan sate taichan yang sesuai selera kita, resepnya hasil googling dan di rekayasa sendiri...simple dan mudah buatnya, gak perlu waktu lama...gak sampai satu jam saja sudah siap hidang...

Dan alhamdulillah...kata anak2 sate taichan bikinan ibunya lebih empuk dan yang pasti lebih enak kali, hehehee...

SATE TAICHAN
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Sate:
500gr daging dada ayam potong dadu
Kulit ayam dari daging dada ayam di potong kecil2
1/2 buah jeruk nipis
2 siung bawang putih haluskan
1 cm jahe haluskan
1 sdt minyak wijen
garam secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
royco/masako rasa ayam (optional)
Tusuk sate secukupnya

Bahan Sambel Taichan:
15 buah cabe rawit merah
5 biji bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm udang rebon/ebi
1 batang serai ambil bagian putihnya, iris halus
garam dan gula pasir sesuai selera
5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan Pelengkap:
Potongan buah jeruk nipis
Acar mentimun bila suka

Cara Membuat Sate Taichan:
- Lumuri ayam dan kulit ayam dengan air jeruk nipis, bawang putih halus, jahe halus, minyak wijen, lada halus dan garam.
- Diamkan selama 15 menit, lalu tusuk dengan tusukan sate sebanyak 4 potong tiap tusuk. Disela2 daging selipkan kulit ayam, tujuannya supaya daging ayam nanti tidak keras setelah matang dan dingin.
-Panggang sate taichan di wajan anti lengket/happycall hingga matang, tidak harus kecoklatan cukup sampai daging ayam matang.

Cara Membuat Sambel Taichan:
- Rebus sebentar cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih agar tidak berbau langu.
- Lalu uleg kasar2 bahan sambel. 
Tumis menggunakan minyak goreng secukupnya, beri sedikit air kurang lebih 5 sendok makan agar sambel tidak terlalu kering dan menggumpal.
- Tambahkan garam dan sedikit gula pasir. Masak sampai sambel matang dan air agak menyusut.
- Tempatkan pada mangkok kecil, beri sedikit perasan air jeruk nipis, aduk rata.
- Sajikan sate taichan dengan sambel dan potongan jeruk nipis, agar sate makin sedap dan nikmat rasanya boleh juga sedia acar mentimun.

Selamat malam...semoga resep sate ini bermanfaat,
Dan selamat menikmati makan malam bersama keluarga tercinta di rumah...

Selasa, 14 Februari 2017

Chiffon Keju Putih Telur



Bismillah...

Chiffon Keju Putih Telur, basic resepnya masih sama dengan Chiffon Pandan Putih Telur yang sudah pernah saya share beberapa bulan yang lalu. Tinggal kasih isi/filling keju potong kubus kecil/atau keju parut, dan topping keju parut.

Alhamdulillah...teteeep nikmat, karena ada kejunya sih...lembutnya bangeee...ettt. Abaikan ya fotonya tidak terlalu bagus...mohon dimaafkan, karena hanya menggunakan kamera henpon.

Chiffon Keju Putih Telur
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
120 gr tepung terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
80 ml minyak goreng
120 ml air putih/susu cair

Bahan B:
80 gr keju cheddar potong dadu kecil lalu taburi tepung terigu hingga tersalut tepung terigu

Bahan C:
300 gr putih telur
1/2 sdt garam halus
1 sdt tepung maizena
80 gr gula pasir

Bahan D:
Keju cheddar parut secukupnya untuk topping

Cara Membuat:
1. Pertama sekali, panaskan oven dengan suuhu 170-180 sampai kira2 20 menit. Agar panas oven stabil dan rata.
2. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang diameter 22 cm, tidak perlu dioles margarin, alasi loyang chiffon dengan loyang persegi/kotak ketika nanti dimasukkan ke dalam oven. Agar mudah untuk memindah mindah atau memutar loyang chiffon disaat proses pemanggangan.
3. Campur menjadi satu bahan A, aduk menggunakan wisker/spatula/mixer sampai adonan halus dan licin tidak kasar bergerindil. Sisihkan.
4. Mixer bahan C, putih telur bersama garam halus dan tepung maizena dengan kecepatan sedang sampai berbusa, lalu tuangkan gula halus, kocok dengan kecepatan tinggi sampai putih telur mengembang putih (soft peak). Tandanya ketika baling2 mixer kita angkat putih telur membentuk ujung lancip dan tidak melorot jatuh.
5. Lalu tuangkan sepertiga bagian adonan C ke adonan A, aduk pelan2 secara merata. Tuangkan lagi sepertiga bagian, aduk rata, dan masukkan sepertiga bagian lagi, aduk kembali dengan rata secara ringan2 saja. Masukkan keju potongan dan aduk balik pelan2 secara merata. Kemudian tuangkan ke dalam loyang chiffon. Taburi bahan D untuk topping cake.
Hentakkan loyang chiffon satu sampai dua kali agar udara yang terperangkap didalam adonan chiffon bisa keluar, sehingga cake tidak banyak berpori nantinya.
6. Panggang cake chiffon selama kurang lebih 1 jam lebih 15 menit sehingga cake matang merata. Keluarkan loyang chiffon dari oven, balikkan loyang chiffon dengan cara disangga leher botol atau kalau loyangnya sudah ada kakinya tinggal dibalik diatas nampan atau loyang kotak. Tunggu hingga benar2 dingin, kemudian baru dikeluarkan dari loyang.
7. Cara melepas cake chiffon dari loyang, bisa menggunakan pisau kecil panjang atau spatula yang dari plastik tipis, ditusukkan dipinggiran cake lalu diputar mengelilingi cake, pelan2 dan hati2 agar cake terlepas dengan mulus dan halus rata.

SEMPOLAN



Bismillah...

Karena belum pernah bikin sempolan yang booming udah dari jaman kapan dulu...sampai sekarang sudah gak ngetrend lagi. Dan saya belum ada niat sekalipun saat itu untuk mencoba bikin. 

Siang tadi...akhirnya semangat mengkhusyukkan diri di dapur uplek2 Sempolan...mumpung bahan2 sudah lengkap di peti sejuk harta kirun... :p

Saya bikin dengan resep seperti kalau membuat siomay. Semua bahan cemplung2 campur2 aduk2...dan seterusnya, jadilah Si Sempolan yang mlenuk ginuk2...

Biar yang nyemol puas dan kenyang...Sebenarnya sudah banyak resep sempolan di internet, tinggal googling aja pasti ketemu banyak macam resep2 sempolan.

Dibawah ini saya titip resep sempolan ya...resepnya juga bisa diaplikasikan menjadi siomay dan batagor. Tekstur adonan setelah matang cukup kenyal dan tetap empuk dan tentunya sangat lekker menurut saya...
Hihihiiii...sekali2 nyanjung hasil masakan sendiri donk, pastinya...daripada gak ada yang muji :D

SEMPOLAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
50 gr tepung terigu
100 ml air mendidih
----> Tuangkan air mendidih pada tepung terigu, aduk hg mjd bubur terigu. Sisihkan.

Bahan lain:
300 gr dada ayam haluskan
100 gr udang haluskan
1 butir telur
2 sdt garam halus (secukup rasa)
1 1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 sdt merica halus
200 gr tepung tapioka

3 siung bawang putih
5 biji bawang merah
----> Haluskan

1 tangkai daun bawang iris halus
1 tangkai daun daun seledri iris halus
1 buah wortel size kecil serut kecil

Adonan Celupan:
2 sdm tepung terigu
3-4 sdm air putih
Sedikit garam
1 btr telur
----> Campur menjadi satu hg halus.

Cara Membuat:
1. Campur biang, ayam, udang, bumbu halus garam, gula pasir, merica, telur dan sayur2an. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tepung tapioka, aduk kembali hingga adonan tercampur rata, cicipi dan koreksi rasanya sudah pas belum.
3. Ambil sedikit adonan lalu tempelkan pada ujung lidi sate bentuk sesuai selera. Agar tidak lengket di tangan, taburi tangan dengan tepung tapioka sebelum membentuk adonan.
4. Rebus sempolan hingga mengapung dipermukaan air yg mendidih. Tiriskan hingga dingin.
5. Celupkan pada adonan celupan, lalu goreng di wajan agak cekung dengan minyak goreng cukup banyak agar sempolan bisa terendam. Gunakan api kompor sedang2 saja biar tidak mudah gosong.
6. Sajikan hangat dengan saos sesuai selera.