Senin, 20 Oktober 2014

Nasi Kebuli Praktis



Bismillah...

Nasi kebuli ala saya ini sangat mudah dan praktis, rasanya cukup ringan dan tidak mahteg/eneg. Karena tidak banyak mengggunakan rempah aneka ragam. Buat yang suka dengan rasa nasi kebuli seperti yang saya diskripsikan ini, monggo saya sudah bagi resepnya di bawah ini.


NASI KEBULI PRAKTIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

2 gelas belimbing beras putih cuci bersih, tiriskan
3 gelas belimbing air putih

1 ekor ayam ukuran sedang potong sesuai selera
1 gelas belimbing air putih

1 paket bumbu gulai instan/siap pakai (saya pakai dari Indofood, bisa pake merek lain)
3 siung bawang putih digeprek lalu cincang halus
1/2 butir bawang bombay ukuran sedang cincang halus (kalau gak ada stok, bisa pakai bawang merah 5 butir)
1 buah tomat ukuran sedang potong dadu kecil
2 lembar daun salam
1 batang serai digeprek
2 lembar daun jeruk
garam secukupnya
2 sdm minyak goreng (pakai mentega/margarin lebih harum)

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak goreng/mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay, sampai layu dan harum, masukkan tomat dan bumbu instan, aduk hingga tercampur rata.
2. Masukkan potongan ayam, daun salam, daun jeruk dan batang serai, aduk rata hingga ayam berubah warna dan agak kaku. Tuangi satu gelas belimbing air putih, aduk hingga rata, masak/ungkep sampai ayam empuk dan matang tetapi air masih ada/tidak habis.
3. Sisihkan ayam, masak kembali sisa bumbu yang masih ada airnya lalu tambah dengan 3 gelas belimbing air putih, Masak hingga air kaldu bumbu mendidih, beri sedikit garam agar rasa asinnya pas dan sesuai selera. Kemudian saring air kaldu bumbu tersebut agar nanti nasi kebulinya bersih dari sisa bumbu.
4. Masukkan beras putih ke dalam magic com, tuangi air kaldu bumbu, ambil daun salam, daun jeruk dan batang serai yang ada di dalam air kaldu bumbu lalu masukkan kembali ke dalam magic com, aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasanya, sudah cukup asin atau belum. Lalu masak nasi kebuli dengan menekan tombol cook. Tunggu hingga matang, setelah bunyi klik matang jangan langsung dibuka, tunggu kurang lebih 10-15 menit agar nasi matang sempurna. Setelah itu buka magic com, aduk2 nasi kebuli agar tidak memadat. Siap untuk dihidangkan.

Cara Penyajian:
1. Ayam yang sudah dimasak tadi bisa digoreng atau dipanggang/bakar, tergantung selera.
2. Sediakan juga lauk pauk pendamping lain, misalnya telur dadar rawis/iris halus atau kalau suka boleh telur rebus dibelah dua, abon sapi, krupuk/emping, acar mentimun/acar nanas, dan taburan bawang goreng.
3. Hidangkan nasi kebuli hangat di atas piring, dengan pelengkap lauk pauk diatas...dan siap disajikan, dijamin nagih...pingin nambah lagi :)

# Note:
- Memasak nasi kebuli daging seharusnya menggunakan daging kambing, tetapi karena anak2 saya kurang suka daging kambing, maka saya menggantinya dengan daging ayam. Gunakan daging kambing bila suka, cara memasaknya tentu agak lebih lama dibandingkan dengan memasak daging ayam, bisa jadi takaran air putihnya agak lebih banyak ditambahkan pada saat mengungkep daging kambing. Kalau ingin daging kambing cepat empuk bisa diperam dengan air sari nanas (jus nanas) sebentar (10 menit), kemudian bisa langsung dimasak.
- Bila beras putih yang dipakai jenisnya yang pulen, perhatikan air putih yang ditambahkan, kemungkinan harus agak dikurangi agar nanti nasi kebulinya tidak terlalu lembek. Jika punya beras jenis basmati rice/long grain (beras India) akan lebih baik hasilnya, karena jenis beras ini pera/tidak pulen dan tidak lengket. Sebaliknya jika beras putih yang digunakan jenis pera/ambyar, air putih bisa jadi lebih banyak ditambahkan.
- Jika ingin aroma nasi kebuli lebih spicy/terasa lebih berbau rempah2nya, bisa menambahkan sedikit kapulaga, bunga lawang/pekak, batang kayu manis, bunga cengkeh dan biji jintan. Semua lima buah rempah itu (five spices) dimasak bareng pada saat menumis bawang putih dan bawang bombay. Sementara kalau saya lebih suka makan nasi kebuli yang ringan aroma rempah2nya, sehingga saya tidak menambahkan five spices tersebut.
- Satu lagi...saya tidak menggunakan cairan santan atau susu untuk memasak nasi kebuli, ini semua hanya karena saya memang ingin rasa nasi kebuli yang tidak berat/syarat bumbu ala nasi kebuli aslinya. Jika ingin mengganti air putih dengan santan atau susu boleh2 aja...tapi saran saya gunakan santan yang agak encer/tidak kental, demikian pula dengan susu cairnya tidak terlalu pekat, agar nasi kebuli tidak terasa bikin eneg saat kita nikmati.

Selamat Mencoba...

Kamis, 25 September 2014

WAFFLE



Bismillah...

Waffle ini sudah lama saya buat, tapi kelupaan untuk memasukkan resepnya ke dalam blog saya. Mumpung ada kesempatan buat update resep2 masakan dan selagi hilang rasa malasnya...tak apalah saya terlambat entry resep dari pada ntarnya kelupaan nyari2 resep lagi.

Kebetulan sudah cocok dengan resep ini, saya dapat resepnya dari Tabloid Bintang, waffle ini bener2 krispi saat baru matang dan hangat, enak deh pastinya...anak2 saya suka sekali. Tapi kalau udah dingin memang kurang krispi lagi...tapi gak masalah buat kami, yang penting tetep lembut sih. Makin yummy jika saat makannya dikasih topping ice cream dengan rasa kesukaan atau fresh cream/whip cream dan disiram syrup maple atau sirup dari madu. 


WAFFLE KRISPI
Resep: Tabloid Bintang
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan Bahan:

Bahan:
300 gr tepung terigu protein sedang
90 gr tepung maizena
1/2 sendok teh garam
1 sdt baking powder
½ sdt soda kue
500 ml susu cair
2 sdt cuka/air jeruk nipis/lemon
100 ml mentega yang dicairkan
3 kuning telur
3 putih telur
50 gr gula pasir halus (gula bubuk)

Cara membuat:
1. Campur bahan kering sambil diayak, sisihkan.
2. Campur susu cair, cuka/air jeruk nipis/lemon, mentega cair, dan kuning telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam campuran bahan kering sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan menggunakan wisker. Sisihkan.
4. Kocok putih telur sampai setengah mengembang dengan mixer, tambahkan gula tepung. Kocok sampai mengembang soft peak.
5. Tuang sedikit-sedikit ke campuran nomor 2 sambil diaduk secara perlahan.
6. Panaskan cetakan waffle yang telah dioles margarin, tuang adonan. Tutup dan biarkan sampai matang, angkat. Lakukan hingga bahan habis.
7. Sajikan wafel dengan pelengkapnya.

Rabu, 24 September 2014

Nugget Kentang



Bismillah...

Ini Nugget Kentang buat bekel sekolah anak saya, bikinnya sengaja digedein dan tebel...biar yg ngemil kenyang, biar juga gak njajan lagi di kantin sekolah, he he hee...

Biasanya saya suka sisipkan sayuran didalam nugget kentang ini, tapi karena lagi pingin rasa nugget kentang yang plain saja, maka gak saya tambahin sayur mayur.

Kalau ingin tambah sayur, sebaiknya sayurnya sudah dikukus lebih dulu, supaya nanti sayur2an didalam adonan kentang lebih lembut dan nyambung rasanya dengan kelembutan dari tekstur kentangnya.

Untuk sayurnya bisa menggunakan wortel, brokoli, dan jagung manis pipil serta kacang polong. Dijamin makin ciamik rasanya, bisa juga kalau suka ditambah bumbu2 rempah lain seperti misalkan bubuk kari atau rempah daun misalnya oregano. Boleh juga diberi tambahan bumbu bawang putih dan bawang bombay cincang yang ditumis dulu jika ingin lebih kaya dengan citarasa dalam nugget ini.

Selamat berkreasi...
Ini hanya resep simple nugget kentang ala dapur imut saya...semoga memberi manfaat.


POTATO NUGGET
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
750 gr kentang kukus, selagi panas kupas lalu haluskan.
1 sdm margarin/mentega
100 gr keju cheddar parut (kurang lebih setengah pack)
2 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
sedikit lada bubuk (boleh gak pakai)
sedikit garam halus (bila perlu, karena kejunya sudah asin )
1 butir telur kocok lepas

 * 50 gr tepung terigu + 1 sdm susu bubuk, aduk rata. Campuran tepung ini digunakan untuk membalur nugget.

 * 50 gr tepung terigu + air secukupnya, aduk hingga rata dan cukup kentalnya. Lalu tambah 1 butir telur, kocok dan aduk hingga tercampur rata. Adonan ini digunakan untuk pencelup nugget.

 * Tepung roti kasar (panko kuning) secukupnya.

 Cara Membuat:
1. Kupas kentang kukus, dan saat masih panas haluskan kentang kukus, lalu tambahkan margarin. Aduk dan campur hingga rata.
2. Masukkan keju parut, tepung maizena, lada bubuk dan garam. Aduk dan campur hingga rata.
3. Masukkan telur kocok, aduk kembali hingga tercampur rata.
4. Siapkan cetakan plastik tahan panas yg sudah dioles minyak agar tidak lengket. Tuangkan adonan kentang ke dalam cetakan, lalu kukus hingga matang kurang kebih 15 menit. Keluarkan dari kukusan, dinginkan. Atau simpan dulu dalam kulkas sebentar (1 jam) agar lebih padat.
5. Potong2 ukuran sesuai selera, baluri dengan campuran tepung pembalur. Celupkan ke larutan pencelup, lalu gulirkan ke tepung roti/panir. Lakukan hingga semua selesai dipanir. Masukkan nugget dalam wadah kedap udara, lalu simpan dalam kulkas hingga beku, baru kemudian siap untuk digoreng.

Selamat Mencoba...semoga berkenan dengan resep ini.

Jamu Beras Kencur



Bismillah...

Jamu beras kencur ini minuman favorit saya dari sejak saya masih kecil, terkadang almarhumah ibu suka bikin sendiri. Kalau jamu buatan sendiri dijamin lebih terasa mantab...tidak terasa hambar, karena bahan2 yang kita gunakan tidak pelit bumbu, seperti kalau buat jualan. Dan pastinya lebih terjamin dari segi higienisnya.

Monggo ngunjuk jamu beras kencur...bikin badan fresh dan menambah nafsu makan...buatnya bisa dibanyakin dan disimpan di kulkas bisa untuk stok minuman segar dan sehat.

Buat sahabat2 saya...bila ingin mencoba membuat jamu beras kencur yg seger sumyah ini, saya tulis resepnya, sangat mudah dan cepat bikinnya...dijamin berhasil semua, anti gagal 

Jamu Beras Kencur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan 1:
100 gr kencur cuci hingga bersih
20 gr jahe cuci hingga bersih
20 gr kunyit cuci hingga bersih
3 sdm beras putih, rendam 6 jam dg air, tiriskan
750 ml air hangat (air matang yaa...setelah direbus biarkan menghangat)

Bahan 2:
200 gr gula merah
3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
20 gr asam jawa
250 ml air putih

Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan 1. kedalam blender, tuangi air hangat 250 ml, lalu giling dg blender sampai halus. Saring menggunakan penyaring yg halus.
2. Blender lagi ampasnya hingga dua kali memblender, masing2 dg menambahkan 250 ml air hangat. Jadi nanti hasil air jamu sebanyak kurang lebih menjadi 1 liter.
3. Rebus semua bahan 2. hingga gula larut dan mendidih. Setelah itu saring larutan gula dengan penyaring yg halus.
4. Campur larutan gula ke dalam air jamu beras kencur, aduk hingga rata. Masukkan ke dalam botol kaca atau botol plastik, bisa disajikan hangat2 atau dalam keadaan dingin setelah disimpan di dalam kulkas.

# Note:
Jika kurang manis, saat ingin minum boleh ditambah madu, jika kurang asem bisa dikucurin sedikit air jeruk nipis...(ini cara saya agar jamu ini makin terasa segar dan nikmat saat diminum).

Jumat, 05 September 2014

Puding Lapis Tape Ketan Hijau



Bismillah...

Wah, ternyata saya ini penyuka puding tape ketan hijau yaa...kayaknya sudah ada beberapa resep puding di blog saya yang memanfaatkan tape ketan hijau menjadi sajian dessert/puding yang segar. Tapi memang gak ada salahnya sih, tape ketan hijau itu sangat bercita rasa khas jika kita olah menjadi sajian apapun, dijamin nikmat...

Tak banyak kata yang akan saya tuliskan disini, langsung saja menuju tekapee...
Mari menengok resepnya dibawah ini yaa...

Puding Lapis Tape Ketan Hijau
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 pack/sachet agar2 bubuk plain/putih
150 gr gula pasir
seujung sdt garam halus
100 gr tape ketan hijau
2 lembar roti tawar potong dadu kecil
1 sdm biji selasih rendam dalam air panas, saring
800 ml santan
Pewarna hijau/pasta pandan




Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu: gula pasir, garam halus, agar2 bubuk plain/putih, santan, aduk rata. Lalu rebus hingga mendidih. Angkat, lalu bagi menjadi dua bagian, satu bagian 400 ml beri 3 tetes pewarna hijau/pasta pandan (secukupnya) dan masukkan tape ketan hijaunya lalu aduk hingga tercampur rata, satu bagian lagi biarkan tetap berwarna putih.
2. Siapkan loyang plastik agar2 bentuk setengah lingkaran dengan (volume 1 liter), basahi dengan air putih matang agar nantinya tidak susah untuk mengeluarkan puding. Atau boleh pakai loyang persegi/kotak ukuran sesuaikan saja untuk volume cairan 1 liter.
3. Tuangkan beberapa sendok adonan puding warna hijau, lalu taburi atasnya dengan sebagian selasih, biarkan setengah beku.
4. Tuangkan beberapa sendok adonan puding warna putih, lalu taburi atasnya dengan potongan roti tawar, biarkan setengah beku.
5. Begitu selanjutnya hingga adonan puding habis, untuk yang lapisan adonan puding terakhir adalah hijau. Lalu biarkan membeku, dan simpan di dalam kulkas agar lebih padat dan dingin. Sajikan, tanpa vla sudah sangat nikmat...kalau ingin tambahan vla puding lebih mantab lagi, silahkan bikin sendiri.

# Note:
Jika adonan puding menjadi agak beku saat menanti untuk dituang pada lapisan puding yg setengah beku, adonan puding bisa dihangatkan lagi diatas kompor sambil tetap diaduk2, atau bisa juga menggunakan microwave agar adonan mencair lagi.

Rabu, 27 Agustus 2014

Sambal Bawang Merah Bu Ita



Bismillah...

Duh, lama tak update blog yaa...hampir 3 bulan pojok ruang dapur ini saya tinggalkan, dalam rangka mudik ke kampung tercinta.
Kali ini mencoba untuk mengusir rasa malas, pemanasan...mulai mencoba menulis resep deh. Biar semua yang sudah saya rencanakan dapat teraplikasikan di blog masak ini. Pelan2 dan santai saja...karena menulis itu memang butuh waktu dan memeras pikiran, untuk menumpahkan kata demi kata hingga terjalin apik dan mudah dibaca serta dipahami.

Okk deh...
Untuk saat ini saya ingin berbagi resep membuat sambal bawang...tapi maaf ya, ini bukan sambal bawang ala Bu R*d* dari Surabaya yang terkenal seantero Indonesia itu. Sambal bawang ini asli bikinan saya, resepnya juga ala saya saja. Sambal bawang dari Surabaya itu juga sudah pernah saya cicipi karena penasaran, dibelikan suami saat ke Surabaya. Memang top banget pedasnya, rasanya juga nikmaat...kenikmatan sambalnya yang bikin nagih setiap orang. Setelah saya rasa2...didalam sambalnya yang pedas itu seperti ditambahkan penyedap rasa (msg), jadiii...menurut saya itulah salah satu alasan kenapa sambalnya jadi super duper bikin nagih ingin terus mencicipi dan laris manis.

Nah, yuk kita bikin sendiri saja menguleg sambal bawang merah ala kita sendiri...sesuai selera kita. Dan pastinya kalau bikin sendiri lebih terjaga bahan2nya dari hal2 yang tidak di inginkan, seperti penambahan msg dan bahan pengawet makanan, lagian juga...lebih murah sekali kalau buat sendiri. He hee...emak2 yang suka ngoprek di dapur pasti gak mau merugi kan...





Sambal Bawang Merah Bu Ita
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
150 gr bawang merah (jika ingin pedas sedang, bawang merahnya 200 gr)
150 gr cabe rawit merah
1 sdm ebi kering, rendam air panas.
200 ml minyak goreng (boleh dikurangi jika tidak suka banyak minyak)
200 ml air putih (bisa kurang atau lebih, sesuai selera)
1 sdm garam (secukup rasa)
1/2 sdm gula pasir (sesuai selera manisnya)

Cara Membuat:
1. Kupas bawang merah, lalu iris tipis seperti akan dibuat bawang merah goreng.
2. Rebus cabe rawit merah sampai agak layu, kenapa musti direbus...supaya tidak berbau langu dan pedasnya tidak membuat sakit perut/perut panas setelah dikonsumsi. Pilih cabe rawit yang segar (fresh), jenis cabe rawit besar dan warnanya campur gitu yaa...ada yang hijau muda, orange dan merah. Kalau didaerah jawa tengah dan jawa timur cabe jenis ini banyak sekali di pasar. Orang2 di daerah saya suka menyebut dengan julukan lombok setan...karena memang cabenya super pedas.
3. Uleg atau tumbuk ebi dan cabe rawit di atas cobek atau lumpang (boleh juga di blender kasar2), jangan terlalu halus mengulek atau menumbuknya, lebih terasa nikmat kalau cabe rawitnya agak kasar2 gitu.
4. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan bawang merah iris, goreng sampai setengah matang.
5. Masukkan cabe rawit yang sudah di uleg kasar, aduk2 hingga sambal tercampur rata, beri garam dan gula pasir, tuangi air putih. Masak terus hingga air menyusut tapi tidak sampai habis dengan api sedang. Koreksi rasanya, jika kurang garam atau gula boleh ditambahkan. Penambahan air putih ini agar sambal tidak terlalu banyak menggunakan minyak alias pengiritan dan kita tidak merasa terlalu bersalah minum minyak goreng, juga memberi efek lembab dan basah pada tekstur sambalnya.
6. Kalau sambal bawang merah sudah dingin, bisa disimpan dalam botol/toples kaca. Jika untuk stok dan ingin lebih awet boleh disimpan dalam kulkas.

Selamat Mencoba...

Minggu, 18 Mei 2014

Kue Kering Semprit Bunga Dahlia


Bismillah...

Asli...sebenarnya saya itu paling kurang berminat membuat kue kering atau cookeis, karena pada dasrnya saya memang tidak terlalu suka makan kue kering dan biskuit dari kecil. Jadii...kalau disuruh bikin cookies seringnya agak malas atau tidak terlalu bersemangat, berbeda jikaharus bikin cake atau kue2 lainnya.

Makanya dari dulu saya tidak pernah menerima pesanan kue kering saat masih tinggal di Indonesia, padahal kalau saya mau bikin, banyak juga yang ingin pesan buat sajian lebaran. Tapi ya gitulah saya, terlalu idealis dengan prinsip. Karena kurang suka bikin kue kering, ya tidak terlalu memaksakan diri untuk bisa bikin. Tetapi sebenarnya juga bisa kalau ada niat...itupun saya bikin kue kering karena untuk hantaran saat mudik lebaran, untuk kedua orang tua saya dan keluarga mertua saya. He he hee...

Karena pas ada event bulanan dari group Dapur Aisyah di Facebook, coba2 kembali deh melemaskan jari2 untuk menyemprit kue kering. Jadi ada semangat nih...walaupun lebaran juga masih jauh, iseng2 saja membuat keu kering semprit bunga, resepnya membuka2 lagi catatan buku primbon jadul saya. InsaAllah nanti akan melanjutkan membuat jenis2 kue kering lain yang biasa menjadi sajian khas lebaran. Untuk sementara sebagai pemanasan saya mengawali dengan kue kering semprit bunga dahlia.




Kue Kering Semprit bunga Dahlia
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
150 gr margarin 
150 gr mentega (butter)
150 gr gula pasir halus (saring/ayak lebih dahulu)
2 kuning telur kocok lepas
200 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
30 gr susu bubuk
20 gr tepung kustard
5 buah manisan ceri merah potong kecil2


Cetakan kue kering semprit bunga dahlia dan cetakan/cookies cutter kue kering bunga melati.


Cara Membuat:
1. Sebelumnya, campur menjadi satu tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk dan tepung kustard menjadisatu lalu saring/ayak dengan saringan.
2. Kocok margarine, mentega dan gula pasir halus dengan mixer/wisk sampai tercampur rata dan lembut/halus (jangan sampai mengembang pucat yaa, cukup sampai gula larut dan tercampur halus…efeknya nanti kue kering jadi melebar saat dipanggang sehingga bentuknya kurang cantik).
3. Masukkan kuning telur, kocok hingga kuning telur tercampur rata. Sekali lagi hanya cukup sampai adonan tercampur rata dan lembut/halus, tidak harus mengembang putih.
4. Tuangkan campuran tepung yang sudah disaring sedikit demi sedikit, aduk  dengan spatula hingga adonan tercampur rata.
5. Siap untuk dicetak menggunakan spuit bentuk bunga dahlia, lalu beri hiasan diatas kue kering dengan potongan buah cherry. Atau bisa juga dicetak bentuk lain dengan menggunakan cookies cutter sesuai selera.
6. Panggang di dalam oven dengan suhu 150-160'C selama kurang lebih 20-30 menit hingga kue kering matang.


Ini kue kering bunga melati dengan resep yang sama, dicetak pakai cookies cutter bentuk bunga melati.


# Note: 
- Adonan kue kering ini selain untuk membuat kue kering semprit bunga dahlia, bisa juga digunakan untuk membuat kue kering bentuk lain dengan menggunakan cookies cutter. Seperti tampak pada foto diatas, itu kue kering bunga melati yang bagian tengahnya saya isi dengan selai strawberry. 
- Selain itu juga resep adonan kue kering ini bisa juga untuk membuat kue kering varian lain, seperti kue putri salju. Jika ingin menjadikan resep kue putri salju tinggal menambahkan kacang tanah/kacang mede sangrai yang sudah diblender agak halus/setengah kasar, kemudian dibentuk sesuai selera. Ataupun jika ingin berkreasi dan bereksplorasi dengan resep dasar kue kering semprit ini akan bisa menjadi berbagai macam jenis kue kering istimewa.


Selamat Mencoba...