Sabtu, 19 Oktober 2013

GULAI KAMBING



Ketika pulang kampung, di daerah saya Ponorogo...selalu saya menyempatkan mampir ke warung legendaris sate&gule langganan kami, langganan almarhum ayah saya. Letak warungnya gak jauh juga dari rumah...warung itu sudah berumur tua, nama warungnya Sate&Gule Pak Nie. Dan sering kalau di rumah kami punya acara besar/hajatan, ayah ibu kami selalu menghadirkan sate dan gule beliau sebagai hidangan utama.



"Seperti ini tampilan seporsi nasi gule dan sate kambing Warung Sate&Gule Pak Nie di daerah saya, menyelerakan sekali kan... ( foto saya sunting dari Google)"



Yang pasti rasa gulenya menurut kami dan juga orang2 di daerah kami sangatlah enak...citarasanya gak terlalu nggule banget, alias tidak seperti gulainya orang Sumatra yang sangat syarat rempah2 dan bumbu, tidak pedas...warna gulainya kuning, dengan kuah yang tidak terlalu kental. Jadi buat kami cocok dan sesuai selera...dan beginilah ciri khas gule jawa timuran.

Saat saya sudah tinggal jauh dari kampung, pingin makan gule seperti ini pastinya harus membuat sendiri, dan alhamdulillah sudah pernah dikasih tahu sama sesepuh keluarga kami bagaimana meracik bumbu gule khas daerah kami. Pas kemaren hari raya Idul Adha, saya masak sedikit aja gule kambing ini...karena memang kami keluarga kecil, memasak sekitar setengahan kilogram daging kambing sudahlah cukup untuk sekeluarga.

Untuk resep sate kambing belum saya sertakan, karena saya belum punya fotonya, mudah2an nanti segera terwujud membuat sate kambing ala warung langganan saya. InsaAllah...


GULAI KAMBING
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
750 gr daging kambing yg bertulang
1.5 liter air
500 ml santan kental
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm kunyit
1/2 sdt lada
1/4 sdt pala
1/2 sdt ketumbar sangrai
3 butir kemiri sangrai
1/4 sdt jinten
2 butir kapulaga

Bumbu daun/rempah cemplung:
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai memarkan
3 cm kayu manis
2 bitur cengkeh
3 cm lengkuas di geprek

Bahan Pelengkap:
bawang goreng
irisan bawang merah mentah
irisan tomat
irisan daun jeruk purut
irisan cabe rawit
kecap manis


Cara membuat:
1. Didihkan air dalam panci, masukkan daging kambing.  Didihkan kembali, masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas geprek, kayu manis, dan cengkeh.
2. Panaskan minyak sayur dalam wajan, masukkan bumbu halus dan batang serai. Tumis hingga wangi dan matang. Tuang bumbu ke dalam panci daging, rebus dan masak terus hingga daging empuk.
3. Tuang santan kental, aduk hingga mendidih, aduk-aduk lagi dan angkat.
4. Sajikan dengan bawang goreng dan pelengkapnya (irisan tomat, irisan cabe rawit, irisan bawang merah dan irisan daun jeruk purut, serta irisan jeruk nipis menambah segarnya kuah gule)


Selamat Mencoba...

6 komentar:

  1. astuti-ponorogo
    memang betul mbak, sate gulai pak nie memas JOSS. ponorogo punya.

    BalasHapus
  2. He hee...iya mb Astuti, dijamin deh enaknya...sate gule Pak Nie, hg putra putrinya yg sekarang melanjutkan hak jual sate gulenya...mantab tenan...sa'estu :)

    BalasHapus
  3. Ng sebelah endi iku.kl aku langganan sate gule pak di deket perempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari prapatan pasar songgolangit...ke timur (jl. Hayam wuruk...depan hotel la tiban)

      Hapus
  4. resepnya legkap, jadi pengen nnyoba masak gulai kambing hehe. trimakasi artikel nya kak

    BalasHapus
  5. Sampun dangu boten nedha gule kambing ponoragan. Kangen saestu e... Pengin nyobi resep gulai kambing saking Mbaa Ita punika....Nuwun sanget, Mbak Ita, resep gule kambingipun. Mugi mugi Mbak Ita tansah sukses nggih. Kalebet ugi sukses usaha D'Ayam Crispy kagungan Mbak Ita...

    BalasHapus