Minggu, 14 Oktober 2012

Membuat Ragi Tape Sendiri



Alhamdulillah...
Setelah beberapa hari yang lalu bersibuk diri melakukan percobaan membuat ragi tape di dapur kecil saya, akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan...suksess, berhasil...ragi tape hasil eksperimen saya bisa dibuat untuk membuat tape kembali. Itu tandanya bahwa ragi tape buatan saya bisa jadi alternatif bila saya kebetulan kehabisan ragi tape yang beli di Indonesia.

Benar-benar ini murni ide saya, dan iseng-iseng awalnya, karena memang saya penasaran apakah bisa yaa...saya mencoba bikin ragi tape sendiri? Sedang dulu juga sudah pernah mencoba bikin ragi tempe sendiri dan berhasil. Ternyata keisengan dan keingin tahuan saya ini membawa manfaat...

Ceritanya waktu saya ingin membuat kue mangkok dari tape nasi, saya musti membuat tape nasi. Setelah membuat tape nasi dengan ragi tape yang bawa dari Indonesia (beli di pasar yang bentuknya bulat pipih seperti koin berwarna putih).  Naah...karena buat tape nasinya agak banyak, maka tape nasinya masih bersisa, dari situlah terpikir oleh saya gimana kalau sisa tape nasinya dibuat eksperimen membuat ragi tape sendiri? Lha terus gimana pula yaa...cara buatnya, yukk...ikutan membaca cara melakukan percobaan membuat ragi tape ala saya yang sederhana dan mudah di bawah ini:




Membuat Ragi Tape Nasi Sendiri Di Dapur Griya Khayangan
By: Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan:
150 gr tape nasi
100 gr tepung beras
50 gr gula halus



Gambar diatas adalah tape nasi yang akan dibuat percobaan membuat tape nasi seberat 150 gram.


Cara Membuat:
1. Blender tape nasi hingga halus, keluarkan tape yang sudah di blender dan masukkan kedalam mangkok.
2. Tuangkan tepung beras sedikit demi sedikit hingga habis kedalam mangkok yang berisi tape yang sudah di blender, aduk2 hingga tercampur rata.
3. Masukkan juga gula pasir sedikit demi sedikit hingga habis, aduk2 hingga adonan bercampur rata dan kental seperti pasta.
4. Ambil satu sendok kecil, tuangkan diatas nampan yang bersih...lakukan hingga semua adonan dicetak bulat tipis diatas nampan. Jemur dibawah sinar matahari siang hari, jika sehari sudah terlihat kering balik permukaan ragi tape agar bagian bawahnya cepat mengering. Kira2 selama 2-3 hari akan mengering sempurna.




5. Lakukan uji coba/percobaan kembali dengan membuat tape nasi dari ragi tape hasil eksperimen diatas. Dan hasil eksperimen akan bisa dibilang sukses bila nasi yang ditaburi ragi tape hasil percobaan diatas berhasil menjadi tape nasi setelah 3 hari perlakuan.



Gambar diatas adalah tape nasi yang dibuat dengan menggunakan ragi tape hasil eksperimen saya.

# Note:
- Karena ini hasil uji coba saya, dan alhamdulillah berhasil. Saya tidak menjanjikan apa2...jika ada yang ingin mencoba menguji coba juga hasil karya saya ini. Kemungkinan itu akan selalu ada, entah sukses atau bisa gagal...yang pasti tak usah kuatir dan tetap semangat untuk mencoba melakukan sesuatu yang bermanfaat.
- Uji coba saya diatas masih untuk mencoba buat tape nasi kembali, belum saya uji cobakan dalam pembuatan tape ketan dan tape singkong. Insa Allah dalam minggu2 ini ragi tape buatan saya diatas akan saya coba untuk membuat tape ketan atau tape singkong, mudah2an juga membawa hasil yang membahagiakan...aamiin.

Selamat Berkarya Untuk Kemanfaatan, Barakallah...

8 komentar:

  1. saya di thailan ingin mencubanya ....

    BalasHapus
  2. Silahkan dicoba, mudah2an sukses yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya telah mencubanya dan telah berhasil buktinya kemarin saya cuba buat tape beras kini sudah masak dan dah cuba makan memang manis bangat ...

      Hapus
    2. Alhamdulillah...turut suka cita jika Ufuf Latif sukses membuat ragi tape dan mencoba kembali membuat tape beras...congrat yaa :)

      Hapus
    3. ya saya telah mencupa dan telah berasil, terimasih

      Hapus
  3. dan saya ingin mencuba buat tape ubi kayu=singgkong

    BalasHapus
  4. terima kasih infonya, Ragi Tape Super kualitas istimewa terbuat dari bahan bahan berkualitas tepung beras, Lada putih, Bawang putih dll . Ragi ini menghasilkan tape yang Manis dan Harum. Berat bersi 75 g
    Harga Rp. 6.000/ bungkus. untuk pembelian minimal 10 bungkus harga Rp 4.500/bungkus. untuk Kota Surabaya Free Onkos kirim. Hubungi : 082230603040, 0811339190, 081230225354

    BalasHapus
  5. Ooh ternyata ragi itu terbuat dari makanan tooh.
    Oh ya kalo udah jadi ragi boleh gak dikonsumsi langsung istilahnya cemilan ragi
    Salam kenal dariTUKANG FINISHING/TUKANG CAT,

    BalasHapus