Senin, 01 Oktober 2012

Garang Asem Ayam



Alhamdulillah, lagi kepingin makan sayur garang asem ayam keturutan deh...
Pas jalan2 ke Carrefour ada daun pisang, langsung beli..dan kebeneran didapur masih komplit persediaan bumbu2 froozen-nya. Terutama belimbing wuluh, masih lumayan banyak...bawa dari kampung saat mudik lebaran kemarin. Juga cabe rawit jawa yang warna hijau muda dan merah selalu ada di freezer...bumbu2 ini penting buat saya, karena disini gak bisa didapati.
Sayur garang asem ayam memang paling mantaff rasanya kalau dibungkus pakai daun, wangi dan aroma daunnya menambah citarasa ayamdan kuah sayurnya menjadi lebih sedap menyelerakan. Tetapi terkadang saya juga agak males mbungkusi satu2, kalau sudah gitu akhirnya dimasak diatas mangkok/pinggan pyrex yang dialasi daun pisang...praktis dan cepat selesai, hehee...


Garang Asem Ayam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam  cuci bersih, di potong kecil jadi 12 potong
2 sdm air jeruk nipis/air jeruk lemon
3 lembar daun salam potong kecil2
5 cm lengkuas potong tipis2
3 buah cabe merah besar dipotong2 (jika suka lebih pedas)
15 biji cabe rawit merah utuh
10 buah belimbing sayur dipotong2
5 buah tomat hijau kecil potong2
1 liter santan sedang kentalnya
1 sdt garam (secukup rasa)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 butir telur kocok lepas
Daun pisang secukupnya
Lidi/tusuk gigi untuk menyemat daun pisang

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih




Cara Membuat:
1. Siapkan daun pisang (untuk kira2 6 bungkus sayur garang asem) yang lebar dan didobel agar tidak bocor, jika kuatir daun sobek/bocor bisa dilapisi plastik tipis diantara dua lembar daun (plastik gula ukuran sekilo).
2. Sebelum ayam dibumbui, cuci ayam hingga bersih dan buang lemak2nya. Kemudian lumuri ayam dengan air jeruk nipis/air jeruk lemon daging ayam tidak berbau anyir dan keset.
3. Campur menjadi satu ayam yang sudah di potong kecil2, dengan bumbu halus, telur kocok, garam, gula pasir, dan santan, biarkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap. Koreksi dan cicipi rasanya sudah pas belum.
4. Lalu letakkan ayam kedalam daun pisang, beri belimbing sayur potong, tomat potong, cabe merah besar potong, cabe rawit merah, daun salam potong , lengkuas dan beberapa sendok santan. Bungkus ayamnya hati2 agar daun pisang tidak sobek, semat dengan tusuk gigi.
4. Kukus dengan api sedang sampai matang kurang lebih 1 jam. Kalau sudah matang hidangkan hangat2. Lebih terasa bumbunya menyerap hingga dalam daging ayam jika setelah dikukus yang kedua kali, atau di inapkan dulu semalam, baru besoknya di kukus lagi...dijamin makin sedap garang asem ayamnya.

Selamat Mencoba...

2 komentar:

  1. salut dengan sampean yang sdh rajin menulis artikel resep masakan tks ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. samai2 pak Eko...terima kasih sudah mampir

      Hapus