Senin, 15 Oktober 2012

Bolu Gulung Kukus Rainbow



Alhamdulillah...
Dengan segala persiapan yang matang, untuk berjuang membuat bolu gulung kukus rainbow...dan dengan ijin Allah SWT akhirnya saya mampu mewujudkan angan2 dan cita2 yang sudah lamaa...belum tertunaikan. Sebuah bolu gulung yang diwarnai pelangi dan dikukus...kemudian digulung, sehingga berpenampilan sangat eksotik...cantik ceria dengan semburat warna warni yang menarik.

Untuk bisa menghasilkan bolu gulung kukus pelangi yang cantik penampilannya...dibutuhkan persiapan yang matang, juga step by step yang agak rumit serta menyita waktu lumayan lama. Karena jika mengerjakannya dengan tergesa-gesa dan tidak telaten...sudah bisa dipastikan hasil akhirnya tidak akan perfect atau tidak sesuai yang kita harapkan. Itu semua menurut analisa dan pendapat saya, maklum karena saya bukan ahli dalam per-bolu-an dan per-cake-an. Mungkin kalau sudah pakarnya sambil merem aja bikin bolu bisa jadi bagus hasilnya. Sehingga untuk saya yang amatiran ini butuh perjuangan dan semangat membara untuk menaklukkannya.

Ini baru pertama kalinya saya membuat bolu gulung kukus yang berpelangi hingga 6 warna, sebelumnya dulu pernah bikin juga bolu gulung pelangi tapi di oven dan cukup 3 warna. Waktu membuat bolu gulung pelangi 3 warna saja sudah agak ribed dan butuh waktu yang agak lama...begitulah, apalagi dengan gulung kukus dengan variasi 6 warna. Bisa dibayangkan...dengan tingkat keribedan yang lumayan tinggi, bagaimana yaa...kalau harus membuat dalam jumlah yang banyak. Tak terpikirkan deh buat saya, sekedar ingin bisa dan tahu bagaimana membuat bolu gulung kukus rainbow yang cantik dan menarik. Dan tentunya juga untuk berbagi cerita dengan sahabat2 disini...




Untuk resepnya saya menggunakan resep bolu gulung kukus andalan yang biasa saya bikin. Tinggal menambah pewarna yang beraneka warna saja.


Bolu Gulung Kukus Rainbow (Steamed Rainbow Roll Cake)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
150 gr gula pasir
6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP

Bahan B:
80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
===> Campur dan aduk semua bahan hingga rata

Bahan C:
100 ml minyak goreng berkualitas bagus

Cara Membuat:
1. Siapakan loyang kotak ukuran 26x26x3 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti...dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.




2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.
3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.
4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu sesuai selera kadar kepekatan warnanya. Kemudian setiap adonan masukkan kedalam plastik segitiga (piping bag) untuk memudahkan mencetak adonan pelangi di loyang.







6. Gunting ujung piping bag kira2 selebar 2 cm, kemudian semprotkan perlahan kedalam loyang berselang seling sesuai warna pelangi, merah jingga kuning hijau biru ungu...MeJiKuHiBiU...seperti gambar dibawah ini.
Untuk lebih jelasnya pertama kali dalam menuangkan adonan: lakukan dulu adonan warna merah dengan menyemprotkan piping bag merah dari ujung loyang menuju tengah hingga ujung loyang seberangnya sedikit agak dilengkungkan dan tidak harus lurus agar bentuknya setelah digulung lebih bagus, kemudian lakukan penyemprotan warna orange disebelah kanannya, lanjutkan warna kuning, begitu seterusnya sampai di ujung loyang lainnya. Lakukan juga penyemprotan warna ungu disebelah kiri warna merah, kemudian warna biru...dan seterusnya warna lainnya. Jika masih ada sisa adonan di piping bag, semprotkan lagi diatas masing2 warna yang sudah dilukis di loyang. Sebelum dikukus, goyangkan perlahan sebentar saja loyang yang sudah berisi adonan, agar adonan rata dan udara yang ada didalam adonan keluar sehingga bolu tidak berongga.
Begitulah kira2 cara menuangkan adonan warna warni itu dengan cara saya, semoga bisa dimengerti dan dipahami.
Mungkin ada cara yang lebih simpel ???...saya masih belum tahu, mohon maaf karena ini supaya memudahkan saya dalam membuat lukisan pelangi yang indah di loyang...jadi memang agak njelimet yaa...




7. Kukus adonan bolu gulung kedalam panci pengukus atau kelakat selama 10 menit atau hingga matang. Gunakan api kompor yang sedang saja besarnya, yang perlu diperhatikan panci pengukus harus dipanaskan kurang lebih 15 menit sebelum adonan bolu gulung dimasukkan untuk dikukus.
Dibawah ini penampakan bolu gulung kukus pelangi setelah dikeluarkan dari kelakat atau panci pengukus.




8. Siapkan kertas roti diatas meja dengan ukuran lebih lebar dari pada bolu gulung, kemudian balikkan bolu gulung diatas kertas roti. Kemudian lepaskan kertas roti yang masih menempel di lapisan atas bolu gulung. Gulung perlahan bolu saat masih panas dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Diamkan sejenak kurang lebih 10 menit, kemudian buka gulungan bolu perlahan-lahan. Olesi dengan butter cream merata keseluruh permukaan bolu gulung, beri parutan keju cheddar secukupnya...kemudian gulung kembali pelan2 dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Tunggu beberapa saat atau masukkan kedalam kulkas kurang lebih 1/2 jam, baru dipotong-potong...jadi bolu gulung akan berpenampilan mulus dan manis.

Dibawah ini step by step cara saya menggulung dan mengoles butter cream:
















Jika ingin tahu lebih detail cara menggulung roll cake ala Ibu Fatmah Bahalwan (NCC) bisa menyimak *disini*


Beginilah jadinya, cihuiii...bolu gulung kukus rainbow yang menawan sekali, senang dan bahagia rasanya. Ribed dan capeknya terbayarkan...demi melihat sicantik ini, hehehee...





Selamat Mencoba...Mudah2an lebih bagus dari hasil yang saya buat, Semangat... :)

39 komentar:

  1. MasyaALLAH..

    Indah dan Enak banget kelihatannya Mbak..
    Pengen juga nyoba buat menyenangkan hati Suami dan Anak2..
    JIka jadinya banyak sih..
    Bisa juga buat tetangga atau Saudara yg lainnya..

    BalasHapus
  2. Trm ksh mb Dina sdh menengok blog saya disini,
    Alhamdulillah bolunya enak dan lembut mbak...karena penggunaan minyak goreng dan dikukus, jadi kue ini sgt lembut dan anisnya cukupan.
    Coba saja dipraktekin...saya senang kalau ada teman2 yang mencoba dan berhasil, pasti suami dana anak2 dirumah suka sama hasil karya bundanya.
    Kalau satu gulung bisa dipotong sesuai selera sih mbak...kira2 bisa jadi 20 potong, selamat mencoba ya mbak...

    BalasHapus
  3. cantiknyaaaaa......

    jadi klo untuk bolu kukus, bagusnya pake minyak goreng ya mbak? apa bedanya klo pake margarin?

    BalasHapus
  4. trm ksh mb Marina, sdh mampir didapur kecil saya...
    bener mbak...lebih moist dan lembut kalo pake minyak, sedang kalo pake margarin juga bisa sih...ya gitu bolunya nanti kurang lembut dan agak kering biasanya, itu berdasar pengalaman kalo buat bolu kukus dg margarin.

    BalasHapus
  5. Ummu 'abdillah

    mbak,, bagus banget nih cake,, mmmmm,, jadi ngiler,,

    oya mbak, saya mau nanya OOT nih,, saya udah coba menu berjalan kayak di samping atas, tp gak berhasil, gmn ya mbak, padahal sudah sesuai dengan perintah, bisa bantu mbak? makasih.

    BalasHapus
  6. aku habis copy resep untuk ibu aku...
    btw makasih untuk tulisan di blognya yaaa...

    silakan mampir di blog'q ya kalo ada waktu...
    http://memomo-bona.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Mbak ita salam kenal yaaaa...
    Mau nanya nih mbak kalau utk loyang 20x20 jadinya ketebelan ya mbak apa gpp ya? Ada sisa adonanya

    BalasHapus
  8. Mb Dita Rachmah...kalo loyang 20x20 bisa jadi 2 loyang mbak... :)

    BalasHapus
  9. Mba ita, saya uda cb loh, tp hy 1 warna ungu dg selai blueberry, aga repot kl rainbow hehe.. hasilnya enak, anak sy suka sekali krn bolu nya lembut dan empuk, makasi resepnya ya mba :)

    BalasHapus
  10. Sama2 mb Berlipz, seneng mendengarnya...sudah sukses bikin roll cake kukus ini. Memang lembut dan empuk kuenya, krn telur yg dipakai lumayan agak banyak. Gak apa2...mb Berlinpz bisa memodif sendiri, jadi kreatif kan...semangat mbak, bikin2 lagi :)

    BalasHapus
  11. Terima kasih resepnya ya... Udah saya coba... alhamdulillah sukses....

    BalasHapus
  12. Senja Agsulistiani, silahkan mbak...selamat mencobo :) dan smg brhasil bagus.

    Mb Sri Peni, alhamdulillah...jika sudah coba resep saya dan sukses...seneng pastinya ya :)

    BalasHapus
  13. makasih ya mbak atas ilmunya....maaf sebelumnya saya kemarin udh nyontek resep ibu udh saya praktekin n berhasil meskipun jadinya tipis banget krn banyak adonan yg ketinggalan di gelas2 n di plastik...maklum pemula hehehe....

    BalasHapus
  14. Mba, boleh ga ya pewarnanya diganti pasta? Trus berapa tetes ya biasanya?
    Minyak gorengnya merk apa ya mba yg kwalitasnya bagus??

    BalasHapus
  15. Mb Muji, sama2...trm ksh jg sdh coba resep saya. semangat...terus mencoba sp brhasil bagus InsaAllah...

    Mb Elin, bisa diganti pasta...sesuai rasa dan warnanya, untuk jumlahnya berapa tetes di kira2 aja krn kalau pasta kan gak boleh terlalu banyak, efeknya ke rasa kue jadi kurang enak kalau kebanyakan, jadi sedikit aja pastanya dan ditambah pewarna makanan sesuai aroma pastanya untuk mempercerah warna adonan cakenya.

    BalasHapus
  16. Assalaamu'alaikum... Bu Ita salam kenal ya..
    :)
    Saya udah coba resep bolu gulung pelangi ini, alhamdulillaah hasilnya lembut dan enak sekali. InsyaAllaah saya mau coba yg ombre. Hehe.. Makasi banyak bu. Blognya bagus dan resep masakannya simple jd banyak yg pngen dicoba
    ^_^

    BalasHapus
  17. Wa'alaikumsalam...terima kasih mb Ayu sudah coba resep saya, alhamdulillah turut senang mendengarnya...sukses ya mbak.
    Silahkan coba resep2 lainnya, mudah2an cocok dan suka... :)

    BalasHapus
  18. Assalaamu'alaikum...buk ita salam kenal juga
    saya juga udah mencoba resep ibu...,makasih ya buk kue nya cantik dan enak

    BalasHapus
  19. wah makash mbk bagus juga resep lgs sy coba dehHARUS BS DEH.....INI ......SIMPLE AND RINGAN BUAT DINIKMATI SORE HARI TEMAN MINUM TEH UTAMANYA....THANKS SOMUCH YA MBK

    BalasHapus
  20. ditha sucie wd26 Juni 2013 16.29

    wah, super cantik cake nya,,,jd gak tega mw makannya. dipandangin aja ud luar biasa...
    siap praktek resepnya..maksh bnyak ya mb resepnya

    BalasHapus
  21. makasih mbk resepny, bisa jadi ide usaha di rumah. saya kemarin coba kenapa hasilny setelah d kukus kok tipis y n dgulung jadi kecil.... mohon sarany. makasih.

    BalasHapus
  22. makasih ya mba... resep nya jebret bnged... ijin copas ya... bermanfaat bnged buat ibu yg sllw berusaha memberikan mkanan aman sehat buat klrga d rumah..slmat berxperimen y mba..jgan lupa d share lgi yaa resep trbaru ny... makassih :)

    BalasHapus
  23. salam kenal mbak, minyak gorengnya merk apa ya yg bagus?

    BalasHapus
  24. makasi yaa kak infonya, jadi gak sabar buat nyoba bolu cantik ini :)

    BalasHapus
  25. Onny Effendi, pakai minyak yang kemasan refill juga bisa mbak...yang bermerek lah gitu, yang penting bukan minyak goreng curah, kalau saya biasanya pakai minyak biji bunga matahari, karena disini gak ada minyak kelapa sawit.

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum mbak....

    Saya buat buat dan hasil nya endwaaaang... ludes..des..desss....

    Mbak..ada resep buat fruit cake ?

    Trims yah mbak

    BalasHapus
  27. terima kasih .dengan cara ini ibukku biesa membuatnya..bagusss sekali salah enak,warnanya unik..pokoknya asieck dach.. heheh :)

    BalasHapus
  28. Waaaaah warnanya keren....
    Boleh tau pake pewarna merk apa kah mbak?
    Karena kemarin saya coba warnanya enggak sebagus punya embak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai pewarna makanan merek Rajawali...cukup bagus juga tuh, harganya juga cukup ramah di kantong. kalau pingin bagus warnanya juga bisa pakai pewarna makanan yg kualitasnya bagus, seperti merek wilton.

      Hapus
  29. Cantik banget warna nya mba...pgn copy resepnya boleh? buat dicoba..

    BalasHapus
  30. salam kenal mba'... kue nya yummy banget... mau tanya bisa mba'... kebetulanloyang yg sy punya ukuraan 28x28x4 cm bisa gak mba' kl pakai yg ukuran itu? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu lebar mbak, nanti bolunya jadi tipis dan kurang bagus, mending beli dulu loyangnya yg sesuai ukuran resep. atau kalau punya pakai loyang ukuran 20 cm atau 22 cm mamti jadi 2 loyang.

      Hapus
  31. katerin sasmita21 Agustus 2014 06.15

    Salam kenal mbak...mbak kukusan aku gak ckp utk loyang spt yg mbak pakai.kira2 diameter kukusannya 30cm aja.bagusnya pake loyang ukuran brp mbak?makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai loyang ukuran 20-22 cm, nanti jadi 2 loyang mbak...

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Mba,mau nanya ni.. saya uda nyoba resep nya,bolu nya empuk dan enak,tp kenapa ya adonan nya jadi encer setelah di beri pewarna? Jadi setelah matang warna di dalam bolu nya nyampur baur,mohon pencerahan nya mba,trimakasi sbelum nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu sering diaduk mbak dlm mencampur pewarna dg adonan cake, kemungkinan adonan saat dicampur dg pewarna oleh mbak sering/terlalu lama mengaduk shg adonan cadi turun dan ambles...jadinya ya mencair spt itu. Sebaiknya kalau mengaduk adonan sesaat sebelum dituangkan diloyang, jadi adonan tdk keburu turun/mencair.

      Hapus