Senin, 31 Desember 2012

Gado Gado Siram



Gado Gado siram yang selalu mengingatkan saya ...ketika masih bersama ayah ibu di kampung, masakan ini sangat ngangenin...terutama bila ibu saya yang memasaknya. Gado Gado siram bikinan ibu....disaat sekarang sudah tak mungkin saya nikmati, dan alhamdulillah ilmu memasaknya ibu terwariskan kepada putra putrinya. Sehingga kami semua bisa membuat sendiri di dapur...meski untuk rasa tak mungkin tergantikan, bikinan ibu selalu yang terlezat buat kami.


GADO GADO SIRAM ala Ibu Saya
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Sayur2an:
350 gram kentang potong2, goreng
350 gram tempe
350 gr tahu
10 lembar daun selada, sobek-sobek
2 buah ketimun, iris tipis
100 gram taoge, rebus
200 gr kacang panjang potong2, rebus
200 gram kol, iris kasar, rebus
200 gr wortel potong2, rebus
minyak goreng untuk menggoreng

Bahan Perendam Tahu Tempe (aduk Rata):
3 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh garam
200 ml air

Bahan Saus Kacang:
250 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
3 lembar daun salam
1 sdm garam
2 sdm gula pasir
100 gr gula merah
1 liter santan encer (secukupnya)
150 gr (1 buah) kentang kukus haluskan
3 sdm air asam jawa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 buah cabai merah besar buang bijinya
5 siung bawang putih


Bahan Pelengkap:
bawang merah goreng untuk taburan
emping goreng
tomat, iris-iris
telur rebus, potong-potong




Cara Membuat:
1. Rendam tempe dan tahu dalam bahan perendam. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Sisihkan.
2. Saus Kacang: tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum. Tambahkan kacang tanah, daun jeruk, daun salam, aduk rata. Masukkan air santan, kentang kukus halus, garam, gula pasir dan gula merah, aduk rata. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Tambahkan air asam jawa, aduk hingga saus mengental. Angkat.
3. Penyajian: Tata kentang, tahu, tempe, daun selada, ketimun, taoge, kacang panjang dan kol di piring. Tuang saus kacang. Tabur bawang merah goreng dan sajikan dengan pelengkap.

Kamis, 27 Desember 2012

Pastel Isi Ayam Sayuran



Ini resep andalan dan snak favorit keluarga saya, hampir bisa dipastikan minimal seminggu dua kali saya selalu bikin kue cemilan gurih manis ini. Jadi stok isian pastel selalu ada di freezer, bahkan kadang2 saya membuat pastel agak banyak lalu saya simpan dalam freezer, sewaktu-waktu ingin mengudap kue ini tinggal dikeluarkan dari freezer, dibiarkan dulu sebentar agar tidak beku, kemudian digoreng.

Resep kulitnya tetap menggunakan resep kue pastel yang sudah pernah saya posting terdahulu...di resep Pastel Tuna Mayo dan untuk isiannya kali ini saya mengganti ikan tuna dengan daging dada ayam.


PASTEL ISI AYAM SAYURAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit :
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 gram margarin lelehkan
30 ml minyak goreng, panaskan
80 ml air putih (5 sdm)

Bahan Isi :
5 siung bawang putih haluskan
7 butir bawang merah haluskan
150 gram daging dada ayam rebus potong dadu kecil
50 gr udang cincang
100 gram kentang potong kecil, rebus
100 gram wortel potong kecil, rebus
50 gram buncis muda potong kecil2, rebus
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt merica halus
1 sdt pala halus
1 batang daun bawang diiris halus
1 batang daun seledri diiris halus
4 butir telur rebus dipotong beberapa bagian
2 sdm minyak goreng untuk menumis





Cara Membuat :

1. Isi : Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam, udang cincang, aduk-aduk. Masukkan wortel, kentang, buncis, aduk rata. Taburkan garam, gula, lada bubuk, pala bubuk, aduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata kembali. Angkat dan sisihkan.

2. Kulit : Tuangkan campuran minyak goreng dan margarin ke dalam tepung terigu bersama garam dan gula pasir. Aduk adonan kulit hingga tercampur rata, masukkan air putih. Aduk adonan dan uleni hingga kalis. Diamkan sebentar kira-kira 15 menit.

4. Gunakan gilingan mie untuk menipiskan kulit dengan ketebalan no 5, kemudian cetak dengan diameter 10cm. Atau jika tidak punya alat giling mie, bisa digiling dengan menggunakan gilingan dari kayu.

5. Ambil selembar kulit, taruh ditengahnya tumisan isi dan sepotong telur rebus, lipat jadi setengah lingkaran pilin-pilin hingga selesai.

6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan pastel. Disiram-siram dengan minyak, goreng sampai matang kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

7. Hidangkan dengan saos sambal atau cabe rawit.


Dibawah ini step by step cara menggiling manual kulit kue pastel alias pakai rolling pin kayu, karena terkadang saya lebih suka dengan cara seperti ini ketimbang dengan alat pasta maker (gilingan mie/marcato elektrik milik saya). Hehee...males ngeluarin dan mbersihin, jadi mendingan bergiling-giling ria deh, dijamin gak pegel deh...kan adonan kulit pastel ala saya ini lembut saat digiling, gak perlu keluar tenaga dalam.





#Note:
- Perlu saya ingatkan pada saat membuat adonan kulit pastel, panaskan dulu minyak goreng bersama margarin hingga margarin meleleh (saya suka memanaskannya di dalam microwave, biar praktis). Dalam keadaan masih panas tuangkan ke dalam tepung terigu, aduk rata dengan sendok kayu.
- Jika suka kulit pastelnya berintik, ada gelembung-gelembungnya  ada dua alternatif tips/triknya, yaitu: panaskan minyak goreng hingga cukup panas, masukkan kue pastel, lalu matikan api...setelah kulit pastel keluar gelembung-gelembungnya, kembali nyalakan api, tetapi api sedang saja, dan goreng kue pastel hingga kuning kecoklatan. Atau goreng kue pastel dengan memasukkan kedalam minyak goreng yang belum terlalu panas banget, kemudian goreng sampai matang (nyala api kompor sedang).


Selamat Mencoba...
Semoga Sukses Membuat Kue Pastel Yang Lezat, Renyah dan Garing.

WAFEL



Ternyata banyak sekali foto2 hasil masak memasak di dapur kecil saya yang belum sempat terbingkai dan terposting...ini saatnya satu persatu saya tuliskan saja resep2nya, agar tersimpan rapi dalam kamus resep praktis di Dapur Griya Khayangan.

Salah satunya ini nih...wafel atau kue bapel (orang jawa bilang) yang sering saya bikin, ada aroma rempah2 dari bumbu spiku. Untuk membuatnya gak sulit koq...hampir mirip membuat kue pukis. Dan yang jelas rasanya nikmat lembut menggoda lidah dan aroma rempahnya wangi semribit. Jika kurang suka dengan wangi bumbu spiku bisa saja di skip/dihilangkan. Ganti saja dengan aroma kesukaan..atau cukup tambahkan sedikit vanili bubuk.

WAFEL
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
50 gr tepung terigu
1/2 sdm ragi instan
1/2 sdm gula pasir
100 ml air hangat

Bahan Lain:
5 kuning telur
2 putih telur
150 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
1 sdt bumbu spiku/vanili bubuk
1/2 sdt garam halus
200 ml santan kental
1 sdm margarin lelehkan

Cara Membuat:
1. Campur bahan biang menjadi satu, aduk rata. Diamkan selama 15 menit  hingga berbuih.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, sisihkan.
3. Aduk rata tepung terigu, bumbu spiku dan garam. Masukkan biang dan santan secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
4. Tambahkan kocokan telur, aduk sampai licin. Diamkan kurang lebih 2 jam agar mengembang. Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
5. Panaskan cetakan wafel yang sudah dioles margarin hingga cetakan panas dengan nyala api kecil saja.
6. Tuangkan adonan wafel ke dalam cetakan hingga penuh rata, tutup cetakan. Biarkan hingga setengah matang, kemudian balik cetakan dan tunggu hingga matang. Keluarkan dari cetakan dengan cara dicukit.
7. Sajikan dalam keadaan masih hangat.

Rabu, 26 Desember 2012

AYAM KODOK



Dalam membuat ayam kodok tantangan awal yang tersulit adalah saat pertama kali menguliti ayam, pasti...
Sayapun demikian, tapi setelah beberapa kali latihan dan sering2 membuat ayam isi ini maka akan semakin lincah dan luwes untuk melepas kulit ayam.

Selebihnya untuk isian dari ayam kodok, tergantung selera...
Bisa seperti adonan daging untuk membuat roullade atau galantin, dan sebagai penambah citarasa ayam kodok biasanya dibuatkan saus yang rasanya manis asam gurih...sesuai selera lidah kita.




AYAM KODOK
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
1 ekor ayam (ukuran sedang) tanpa kepala dengan kulit yang mulus tidak robek

Bumbu Tumis:
1/2 buah bawang bombay cincang halus
5 siung bawang putih haluskan
===> Tumis dengan sedikit minyak goreng, sisihkan

Bahan Isi:
400 gr daging ayam giling
400 gr daging sapi giling
3 buah hati ayam rebus, haluskan
4 butir telur kocok lepas
1/2 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt pala halus
100 gr roti tawar (kira2 3 lembar, potong kecil2)
100 ml susu cair
50 gr keju cheddar parut
4 butir telur rebus kupas

Bahan Olesan:
1 sdm margarin dicairkan
1 sdm madu
1 sdm kecap manis
1/4 sdt lada halus
===> Aduk rata semua bahan menjadi satu, sisihkan

Bahan Saus:
3 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
1 sdm tepung maizena + 3 sdm air putih,
500 ml air kaldu ayam (dari tulang ayam yang direbus)
50 gram jamur kancing kaleng, dipotong tipis2
1 sdm kecap inggris
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
4 sdm saus tomat
1 sdt garam
1/2 sdt lada halus
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdm gula pasir (secukupnya)
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Sayuran Pelengkap:
2 buah wortel potong2, rebus
150 gr buncis muda potong2, rebus
3 buah kentang potong2 memanjang, goreng hingga kering
daun slada




Cara Pengolahan:

1. Keluarkan daging dan tulang ayam dari kulitnya, dengan cara melepaskan kulit ayam secara hati2 agar tidak banyak robekan kulit ayam. Potong ruas tulang sayap, sisakan bagian ujung sayapnya. Pada bagian paha juga dipotong, sisakan bagian paha bawahnya. Jika ada bagian kulit yang robek, jahit dengan benang. Setelah daging ayam dikeluarkan dari kulit, pisahkan daging dari tulangnya.  Giling daging ayam hingga halus dengan chopper/food processor kemudian timbang beratnya. Jika ayam yang sudah digiling beratnya kurang dari 400 gr, maka tambahkan dengan daging ayam giling lagi (bisa beli ayam giling yang di supermarket). Sementara tulang ayamnya rebus dengan air putih (sebagai bahan air kaldu untuk membuat saus ayam kodok).




2. Adonan Isi:
- Aduk menjadi satu semua bahan isi dan bumbu tumis menjadi satu dan rata, kecuali telur rebus. Cicipi rasanya, agar sesuai selera. Mengaduk adonan isi bisa juga digiling bareng2 di food processor, hasil adonan isi menjadi lebih halus.
- Masukkan adonan isi ke dalam kulit ayam hingga setengah penuh, kemudian selipkan telur rebus di sebelah kiri dan kanan badan ayam. Isi lagi dengan adonan isi, bentuk lagi ayam seperti semula dengan menekan-nekan kulitnya. Jahit bagian yang terbuka dengan rapi. Kemudian tusuk2 kulit ayam dengan jarum bersih, agar kulit tidak pecah/meletus saat dikukus.
- Letakkan ayam yang sudah selesai diisi dan dijahit pada pinggan tahan panas, rapikan lagi bentuk ayam pada posisi yang bagus sehingga nanti setelah matang ayam berbentuk cantik.
- Kukus ayam kodok kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang. Setelah matang dinginkan.
- Oven ayam kodok dengan suhu 180'C sambil beberapa kali dioles dengan bahan olesan hingga ayam kodok matang dengan penampilan kuning kecoklatan (golden brown), kurang lebih lamanya 45 menit.




3. Membuat Saus:
-  Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
- Tuangkan air kaldu ayam, masukkan jamur kancing, kecap inggris, kecap manis, saus tomat, saus tiram, lada halus, pala halus, garam dan gula pasir. Masak dan aduk2 hingga air mendidih.
- Tuangkan larutan maizena, aduk hingga rata dan kental. Masak hingga saus meletup-letup, sisihkan.

4. Sajikan ayam kodok dan sausnya, letakkan ayam kodok diatas nampan yang sudah dihias dengan daun slada dan sayuran pelengkap lainya sebagai hidangan sepinggan yang menawan.




Selamat Mencoba... :

Jumat, 21 Desember 2012

Kroket Kentang



Membuat kroket kentang itu ternyata bisa gagal juga ya, untuk itu kita musti tahu tips dan trik-nya saat mengolah dan memasak kroket kentang. Ada beberapa teman yang mengeluh koq adonan kroketnya pecah melulu saat di goreng yaa...

Nah, mari kita belajar membuat kroket kentang yang hasilnya cantik dan mulus tanpa cela...ikuti saja cara2 saya dibawah ini, InsaAllah nanti akan berhasil sesuai keinginan...

Kroket Kentang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit:
1 kg kentang kukus dan haluskan (pilih kentang yang kualitas bagus/kentang test)
1 sdt garam
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm margarin
1 kuning telur
2 sdm susu bubuk
minyak goreng untuk menggoreng kroket kentang

Bahan Isi:
3 sdm minyak goreng
1/2 buah bawang bombay cincang
5 siung bawang putih haluskan
150 gr wortel iris dadu lalu rebus
100 kacang polong beku/kalengan
150 gr daging dada ayam giling
100 gr udang cincang
50 ml susu cair tawar
3 batang daun seledri cincang
2 helai daun bawang cincang
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm tepung terigu

Bahan Panir:
3 sdm tepung terigu
150 gr tepung roti kasar (panko)

Bahan Celupan:
2 butir telur kocok lepas




Cara Membuat:
1. Campur kentang kukus yang sudah halus dengan garam, lada bubuk, pala bubuk, margarin, kuning telur, dan susu bubuk. Aduk hingga tercampur rata, rasakan sudah pas apa belum rasanya. Sisihkan. Kalau adonan terasa masih lembek boleh ditambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket saat dikepal dengan telapak tangan.
2. Membuat Isi: panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan ayam suwir, udang cincang, kacang polong, wortel. Aduk hingga udang berubah warna, tuangkan susu cair, tambahkan seledri cincang, daun bawang cincang, garam, lada bubuk, pala bubuk, gula pasir dan tepung terigu. Aduk2 hingga mengental, angkat.
3. Bagi adonan kroket menjadi 30 bulatan, ambil satu adonan bulat kemudian pipihkan isi dengan sesendok kecil isian kroket, tutup pelan2 dan bentuk bulat lonjong/oval. Lakukan hingga semua selesai dibentuk bulat lonjong.
4. Gulingkan kroket kentang ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian gulirkan ke dalam tepung panir kasar. Lakukan hingga semua kroket kentang terbalur tepung panir kasar.
5. Simpan dahulu kroket kentang di dalam kulkas kurang lebih 1 jam agar adonan kroket set/padat dan tepung panir menempel kuat pada adonan kroket kentang.
6. Kemudian goreng diatas wajan dengan minyak goreng yang agak banyak agar kroket terendam dan panasnya sedang saja, isi sedikit2 saja di wajan saat menggoreng, jangan terlalu banyak jumlahnya karena akan susah membalik kroket dan jangan terlalu sering membalik2 kroket nanti berakibat kroket kentang mudah pecah kulitnya. Jika sudah terlihat kuning keemasan segera angkat dan tiriskan.
7. Hidangkan bersama saus cabe atau cabe rawit hijau.

Selamat mencoba.. ^^

Senin, 17 Desember 2012

CILOK



Halaa...lagi2 muncul si cilok, mb Cici di Colek...
Hahaa...bukan, aci di cocol dong ke bumbu sambel kacang...
Cemilan ini emang gak bikin bosen yang ngunyah yaa...
Anak-anak saya juga suka banget, apalagi kalau dalamnya di isi keju, bakso atau sosis...
Muantafff...aroma bakso dan sosisnya meresap kedalam cilok,
Untuk resepnya sudah ada di blog ini...silahkan klik *disini*

Selamat membuat cilok yang empuk nan kenyil2, dijamin gak alot dan nagih deh  :)

Butter Cream Sederhana



Ini resep butter cream ala saya yang cukup sederhana dan gampang membuatnya ...
Untuk rasa menurut saya sudah pas dan lembut...manisnya juga tidak eneg, dan teksturnya cukup kokoh tidak lembek. Butter cream ini biasanya saya gunakan untuk mengoles (filling) roll cake, sebagai topping cake atau untuk mendekor cup cake...atau bisa juga untuk menghias kue2 lainnya.

Maaf yaa, fotonya juga hanya sederhana, lupa gak difoto lagi pas udah dipindahkan ke wadah yang lebih bagus. Udah kadung masuk kulkas...InsaAllah nanti akan saya posting dalam kondisi yang cantik :)


Butter Cream Sederhana
Resep; Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
350 gr mentega putih (shortening, pilih yang berkualitas bagus)
150 gr margarin
150 gr susu kental manis putih
100 gr gula icing/gula halus
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu mentega putih, margarin, garam halus, vanili bubuk dan susu kental manis. Kocok dengan mixer kecepatan sedang hingga semua tercampur rata.
2. Masukkan gula icing/gula halus, kocok kembali dengan mixer hingga adonan butter cream mengembang putih dan kaku.
3. Siap untuk digunakan untuk menghias cake, atau bisa disimpan sebagai stok butter cream (masukkan ke dalam kulkas).

Chicken Katsu Steak Saus Lada Hitam



Beberapa hari ini terakhir ini saya gak bisa mengisi catatan resep disini, karena 2 minggu lalu ada masalah dalam website saya...sampai saya senewen, utak-atik gak ketemu2 solusinya. Dan alhamdulillah sekarang sudah bisa kembali nulis dan posting foto di blog...beginilah kalau ibu yang gaptek, ada something wrong dikit aja kebingungan. Tapi syukurlah...akhirnya si ayah turun tangan mbantuin, matur nuwun njih kangmas... :)

Nah, sekarang saya mau dokumenkan resep steik ini di blog, karena menu ini sangat difavoritkan anak-anak di rumah.  Bikinnya sih gak susah koq...yang penting bahan2nya sudah komplit pasti akan langsung bisa beraksi di dapur...


Chicken Katsu Steak Saus Lada Hitam
Resep: Ita-DApurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah dada ayam
1 sendok teh air jeruk lemon
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sdm kecap inggris
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis (aduk Rata):
100 gr tepung roti kasar (panko kuning)

Bahan Pencelup:
2 putih telur dikocok lepas
1 sdm tepung maizena
50 ml air putih
===> Campur semua jadi satu dan aduk hingga rata

Bahan Saus:
1/2 buah bawang bombay iris tipis panjang
2 siung bawang putih cincang halus
1 sendok teh tepung terigu
4 sdm saus tomat
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdm kecap manis
1 sdt merica hitam tumbuk kasar
1 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
300 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap:
buncis potong panjang, rebus
wortel potong panjang, rebus
kentang goreng
jagung manis rebus dipipil

Cara Membuat:
1. Belah dada ayam, bagi dua kemudian masing2 tipiskan lagi menjadi dua lembar
2. Lumuri dada ayam dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk dan kecap inggris. Diamkan 30 menit.
3. Celup dada ayam ke dalam bahan pencelup. Gulingkan di atas bahan pelapis sambil ditekan2 agar menempel.
4. Goreng dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
6. Membuat Saus: tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
7. Masukkan saus tomat, kaldu ayam bubuk, kecap manis, dan merica hitam. Aduk rata. Tuang air. Masak sambil diaduk sampai kental dan meletup-letup.
8. Hidangkan steak ayam dengan saus dan pelengkapnya.

Rabu, 12 Desember 2012

Cheese Stick



Ini resep cheese stick yang sering saya bikin, bahan2nya sederhana dan mudah membuatnya. Rasanya ngeju pastinya...dan teksturnya kremez2 krezz banget. Resepnya ini awalnya hanya iseng2 bikin sesuai feeling aja...dan ternyata koq ya enak dan cocok, dan yang penting disukai anak2 dirumah. Satu resep cheese stick saya ini bila sudah mateng bisa menjadi 500 gr...lumayan deh, daripada beli... bikin sendiri yuuk :)


Cheese Stick
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
150 gr keju cheddar parut (keju edam juga boleh, lebih enak)
1/2 sdt garam (sesuai selera asinnya, karena keju sudah asin)
1/2 sdt baking powder
2 sdm margarin
1 kuning telur kocok lepas
100 ml susu cair (secukupnya)
500 ml Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan keju parut kedalam wadah. Tambahkan garam, baking powder dan margarin, aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
2. Tuangkan kuning telur kocok, tambahkan susu cair sedikit demisik sambil diuleni hingga rata dan bergumpal (jangan sampai kalis seperti menguleni donat). Tutup adonan dengan plastik, diamkan sementara 15 menit.
3. Ambil adonan giling dengan pasta maker, kemudian potong ukuran sesuai selera.
4. Goreng pada minyak goreng panas hingga matang kekuningan. Tiriskan hingga dingin, lalu simpan didalam toples.

Minggu, 02 Desember 2012

PanCake



Bismillah...

Sebenarnya foto ini sudah lama banget, tapi ternyata saya belum sempat menyimpan di dapur resep (blog ini). Biar gak tertinggal dan gak kelupaan resepnya jika sewaktu2 membuat pancake...maklum deh, manusia itu punya sifat pelupa dan lalai. Jadi akan lebih baik saya tulis disini resepnya, kan juga memberi manfaat buat yang iseng2 nyari resep pancake.


PANCAKE (adapted from google)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
2 butir telur kocok lepas
250 ml susu cair (pakai buttermilk juga bisa)

Topping:
Sesuai selera


Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu dalam wadah yaitu tepung terigu, baking powder, soda kue, garam halus dan vanili bubuk, aduk rata menggunakan wisk.
2. Tuangkan susu cair (buttermilk), telur kocok, aduk hingga rata dan licin dengan menggunakan wisk.
3. Siapkan pemanggang/teflon dan panaskan, kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan pancake. Tunggu hingga keluar pori2, kemudian balik pancake agar matang merata atas bawah. Hidangkan hangat dengan topping dan saus kesukaan (maple sirup, madu atau selai strawberry dll).


# Note:
- Susu cair bisa diganti dengan buttermilk atau yogurt yang cair, tekstur dan rasa pancake akan menjadi lebih lembut dan fluffy. Jika didapur tidak ada stok buttermilk, bisa membuat sendiri dengan menambahkan 1 sdm air jeruk lemon/nipis/cuka masak ke dalam 250 ml susu cair yang hangat, aduk rata kemudian diamkan kurang lebih 20 menit dan setelah mengental dan meggumpal bisa digunakan untuk membuat pancake.
- Untuk mencetak pancake saya lebih suka menggunakan cetakan seperti di bawah ini, hasil pancakenya seragam bentuknya dan rapi. Cetakan dibawah ini banyak sekali kegunaannya selain untuk membuat pancake, bisa untuk mencetak telur dadar, kue dadar gulung mini, rempeyek bulat, pizza, martabak manis imut...yang pasti tergantung kreatifitas kita.




Selamat Mencoba... :)

Sabtu, 01 Desember 2012

Homemade Saos Spaghetti



Membuat saus untuk spaghetti atau pizza ala rumahan akan lebih terjamin dari sisi kesehatan dan tentunya sesuai dengan selera lidah kita. Saus tomat untuk spaghetti menurut pendapat saya sih hampir sama dengan saus untuk membuat pizza. Jadi kalau bisa buat sendiri di dapur, kenapa musti beli yang instan dalam botol...iya kan ???

Resep saus tomat ini memang sangat sederhana, dengan bahan2 yang simpel juga. Dalam resep ini saya tidak menggunakan pasta tomat, karena saya kurang suka dengan kepekatan warna pasta tomat yang agak merah hati dan karena pasta tomat itu merupakan bahan awetan dalam kemasan, so...saya yakin meskipun tanpa pasta tomat tidak akan mengurangi sensasi rasa nikmatnya saus ini.

Homemade Saus Spaghetti/Pizza
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tomat segar yang merah
5 sdm saus tomat botol
3 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay cincang halus
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (secukupnya)
5 pucuk daun Basil (bisa pakai daun Kemangi) dicincang kasar
3 lembar daun Bay Lif (bisa pakai daun Salam)
1 sdm daun oregano kering (jika gak punya boleh di abaikan)
3 sdm minyak zaitun biasa untuk menumis bumbu (bisa pakai minyak goreng biasa)




Cara Membuat:
1. Potong2 tomat merah, blender dengan sedikit air. Saring dan buang ampasnya.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun hingga agak layu dan harum baunya.
3. Tuangkan air sari tomat, masak hingga mendidih. Masukkan saus tomat, garam, gula pasir dan lada bubuk. Aduk2 agar saus tidak meletup-letup, gunakan api yang sedang saja.
4. Masukkan daun Basil, daun Oregano dan daun Bay Leaf, aduk terus hingga saus mengental. Jika sudah matang dan kental segera angkat.




# Note:
- Jika ingin diberi filling/isian daging atau sosis, tinggal menumis daging hingga matang kemudian tuangkan saus spaghettinya, cicipi apakah kurang asin atau tidak sehingga bisa ditambahkan agar pas rasanya.
- Saus bisa ditempatkan dalam wadah yang bersih dan kedap udara, lalu disimpan dalam kulkas. Bisa bertahan satu minggu, kalau disimpan dalam freezer bisa sampai satu bulan atau lebih.

Jumat, 30 November 2012

OMBRE ROLL CAKE



Alhamdulillah, kembali saya menuangkan ide yang lama terangan-angankan, membuat bolu gulung satu warna tapi dibuat bergradasi alias Ombre Roll Cake. Resepnya tetap memakai resep *rainbow roll cake* yang sudah saya tulis beberapa bulan yang lalu di blog ini. Just inspiring...so wonderful colour cake, I like it...and I hope you like to...




STEAMED OMBRE ROLL CAKE (Bolu Gulung Kukus Ombre)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
150 gr gula pasir
6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP

Bahan B:
80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
===> Campur dan aduk semua bahan hingga rata

Bahan C:
100 ml minyak goreng berkualitas bagus

Cara Membuat:
1. Siapakan loyang kotak ukuran 26x26x3 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti...dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.




2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.
3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.
4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi 4 bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan ungu dengan kadar kepekatan warna bergradasi dari muda ke yang tua. Kemudian setiap adonan masukkan kedalam plastik segitiga (piping bag) untuk memudahkan mencetak adonan ombre di loyang.




6. Gunting ujung piping bag kira2 selebar 1 cm, kemudian semprotkan perlahan kedalam loyang berselang seling sesuai urutan gradasi/tone warna.
Sebelum dikukus, goyangkan/hentakkan perlahan sebentar saja loyang yang sudah berisi adonan, agar adonan rata dan udara yang ada didalam adonan keluar sehingga bolu tidak berongga.




7. Kukus adonan bolu gulung kedalam panci pengukus atau kelakat selama 10 menit atau hingga matang. Gunakan api kompor yang sedang saja besarnya, yang perlu diperhatikan panci pengukus harus dipanaskan kurang lebih 15 menit sebelum adonan bolu gulung dimasukkan untuk dikukus.
Dibawah ini penampakan bolu gulung kukus pelangi setelah dikeluarkan dari kelakat atau panci pengukus.




8. Siapkan kertas roti diatas meja dengan ukuran lebih lebar dari pada bolu gulung, kemudian balikkan bolu gulung diatas kertas roti. Kemudian lepaskan kertas roti yang masih menempel di lapisan atas bolu gulung. Gulung perlahan bolu saat masih panas dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Diamkan sejenak kurang lebih 10 menit, kemudian buka gulungan bolu perlahan-lahan.
Olesi dengan butter cream merata keseluruh permukaan bolu gulung, beri parutan keju cheddar secukupnya...kemudian gulung kembali pelan2 dan padatkan dengan memutar ujung kiri kanan kertas roti. Tunggu beberapa saat atau masukkan kedalam kulkas kurang lebih 1/2 jam, baru dipotong-potong...jadi bolu gulung akan berpenampilan mulus dan manis.




Good Luck, dan selamat berkreasi...tuangkan segenap ide2 cemerlang :)

Rabu, 28 November 2012

Cetakan Martabak Manis



Cetakan martabak manis yang kita tahu selama ini berbahan besi/baja yang tebal dan berat, sering kita lihat di tempat tukang jual martabak manis. Untuk cetakan martabak manis berbahan besi/baja yang berkualitas bagus harganya sangat mahal. Saya sebenarnya juga punya cetakan martabak manis yang dari besi, tapi sayang karena beratnya...gak dapat ijin dari suami untuk dibawa ke Kuwait.

So...kemaren pas liburan summer, waktu saya jalan2 ke Malang mampir ke Pasar Besar. Seperti biasa yang saya cari adalah pernak pernik cetakan aluminium dan saat melirik ke sudut tumpukan cetakan kue di toko tersebut, saya lihat cetakan martabak manis dari bahan aluminium. Wah...ini dia yang harus saya punyai, harganya pun tidak mahal2 banget (di bawah 50 ribu rupiah...). Alhamdulillah...akhirnya saya bisa memiliki cetakan martabak manis lagi yang lebih ringan dan bisa dibawa kabur ke Middle East.

Setelah diuji coba, hasil martabak manis dengan menggunakan cetakan aluminium ini gak beda jauh dengan yang dijual oleh tukang martabak manis, bagus2 aja...permukaan bawah martabak manis juga mulus dan gak gosong.




Masih ada satu lagi cetakan martabak manis, seperti yang saya perlihatkan dibawah ini...bisa digunakan untuk membuat martabak manis imut atau martabak manis mini.



Jumat, 23 November 2012

Banana Cake



Banana cake ini sangat simpel pembuatannya, tanpa mengeluarkan mixer. Hanya dengan menggunakan wisker, aduk2 semua bahan bergantian. Aroma pisang semakin tua dan bunyuk semakin semerbak cakenya...makanya jika punya pisang yang sudah agak bonyok alias mateng banget dan mulai menghitam di uplek2 saja jadi cake pisang seperti ini.

Cakenya lembut dan dan moist, wangi serbuk bumbu spiku bagi yang suka membuat banana cake semakin nikmat rasanya. Yuk...segera laksanakan eksekusi pisang bunyuuk :)

BANANA CAKE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
2 butir telur
100 gr gula palem  (gula pasir juga boleh)

Bahan B:
300 gr pisang ambon halus (3 buah pisang ambon) + 1 sdm air jeruk nipis/lemon
80 ml buttermilk

Bahan C:
200 gr tepung terigu
1 sdt Baking Powder
1/2 sdt Soda Kue
1 sdt kayu manis bubuk (bila tak suka boleh di skip)
1/4 sdt garam halus
===> Campur semua bahan diatas menjadi satu.

Bahan D:
120 gr mentega leleh (boleh diganti minyak goreng)




Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bentuk loaf ukuran 10x24x7 cm, oles margarin, alasi dengan kertas roti dan olesi juga kertas roti dengan margarin.
2. Aduk bahan A dengan wisker hingga gula larut dan rata (tidak harus sampai mengembang).
3. Masukkan bahan B, aduk hingga tercampur rata.
4. Tuangkan bahan C, aduk hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan D, aduk hingga semua bahan tercampur merata.
6. Tuangkan adonan banana cake ke dalam loyang loaf.
7. Panggang didalam oven dengan panas 180'C selama kurang lebih 50 menit.


# Note:
- Banana cake bisa diberi topping dengan chocolate chip, atau keju cheddar parut. Taburkan saat cake akan dipanggang di dalam oven.
- Jika tidak mempunyai buttermilk, bisa membuat buttermilk sendiri dengan cara: 200 ml susu cair tawar + 1 sdm air jeruk nipis/lemon/cuka masak, kemudian aduk hingga rata, diamkan kurang lebih 20 menit. Boleh juga kalau tidak ada buttermilk menggantinya dengan yogurt plain atau mengganti dengan susu cair tawar semisal susu cair UHT dalam kemasan tetra pack.


Selamat Mencoba... :)

Rabu, 21 November 2012

Japanese Roll Cake (JRC)



Mencoba bikin bolu gulung bermotif ala Japanese Roll Cake yang saat ini banyak digemari. Membuatnya memerlukan persiapan yang matang, dari merancang motif atau pola yang akan dicetak di permukaan bolu gulung hingga akhirnya menjadi decoration roll cake yang atraktif dan menarik perhatian. Itulah tantangan dari roll cake ini...karena motif yang beraneka ragam sesuai kreatifitas dan imajinasi si tukang bikin kuenya.

Setelah banyak belajar dan membaca lewat googling di internet, saya mencoba untuk pertama kalinya deco roll cake ini. Karena roll cake bermotif lucu2 ini awalnya dilaunching sama orang Jepang (Junko), makanya jadi terkenal dengan Japanene Roll Cake.

Untuk resepnya kali ini saya mengadaptasi dari resep sang master Kak Wan (Resipi Citarasawan), ada beberapa bahan yang saya modifikasi sesuai  feeling saya namun over all roll cakenya memang lembut nian dan pastinya sangat menarik penampakannya.

Dalam mempersiapkan pembuatan roll cake bermotif, saya membuat dulu kertas pola dari bahan kertas hvs berwarna-warni...ini untuk memudahkan saja agar jika ingin membuat cake lagi tidak kebingungan dengan cetakan/jiplakan motifnya. Dibawah ini saya tunjukkan hasil kertas pola sederhana bikinan tangan saya.







Dan...dibawah ini resep JRC hasil modifikasi saya, silahkan disimak:


Japanese Roll Cake ( JRC)
Source: Resipi Citarasawan
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
3 buah kuning telur
50 gr gula pasir
50 ml susu cair tawar
40 ml minyak goreng
80 gr tepung terigu
1 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam

Bahan B:
3 buah putih telur
1 sdm gula kastor
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt tepung maizena

Bahan C:
Pewarna makanan merah muda dan ungu

Bahan Olesan/Filling:
150 gr Whipp Cream Non Dairy + 2 sdm gula halus, kocok hingga mengembang dan kaku.

Cara Membuat:
1. Membuat adonan A: mixer kuning telur dan gula pasir hingga kental. Masukkan minyak goreng,  tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang. Masukkan tepung terigu + garam + vanili bubuk, sambil tetap dikocok dengan mixer, kocok hingga mengembang dan kental.
2. Membuat adonan B: mixer putih telur, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit hingga mengembang, tuangkan air jeruk lemon dan maizena. Kocok hingga adonan putih halus/soft peak.
3. Masukkan adonan B sedikit demi sedikit ke dalam adonan A, aduk balik perlahan hingga tercampur rata (pastikan adonan tidak mengempis karena proses pengadukan).
3. Ambil sedikit adonan yang sudah tercampur kurang lebih 2 sdm, beri pewarna makanan ungu dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan untuk membuat motif ke dalam plastik segitiga/piping bag, potong kecil ujung plastiknya. Adonan selebihnya diberi pewarna merah muda, aduk hingga rata.
5. Siapkan  loyang ukuran 22x22x5cm (hasil cake tebal) atau ukuran 24x24x3cm (agak tipis hasil cakenya). Oles bagian bawah dan pinggiran loyang dengan margarin. Letakkan kertas roti yang sudah diberi pola motif pd bagian dasar loyang.
6. Dengan menggunakan adonan motif warna ungu, buat motif mengikuti pola yang sudah dijiplak, mulailah membuat border/pinggir pada gambar pola baru kemudian isi bagian dalam motif hingga tertutup adonan ungu. Gambar dibawah ini saat adonan motif belum di oven...




7. Oven loyang yang sudah diberi motif selama 1 menit dengan suhu 170'C, keluarkan dari oven. Naah...di bawah ini gambar setelah adonan motif dikeluarkan dari oven.




8. Tuangkan adonan warna merah muda ke dalam loyang, oven hingga matang selama kurang lebih 15-20 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan hingga uap panasnya keluar.







9. Oles permukaan cake yang tidak bermotif dengan filling (whipp cream atau butter cream), kemudian gulung dengan hati2 hingga rapi. Simpan cake yang sudah digulung di kulkas agar cake memadat dan kencang.
10. Hidangkan dengan memotong roll cake sesuai selera, atau disajikan utuh...karena sayang dan tak tega mau motongnya, hiks...




Selamat Berkreasi Kembangkan Imajinasi... :)

Selasa, 20 November 2012

Banana Roll Cake



Ikut serta kembali dalam laga Tantangan Resep Mbak R (Rachmah Setyawati) yang ke-4, dengan mencoba resep "Banana Roll Cake" ala Mbak R. Dalam resepnya, bolu gulung pisang ini tidak menggunakan margarin/mentega, tetapi bolu tetap moist dan lembut. Rasa cakenya super enak...lembut halus seperti teksturnya chiffon cake, aroma pisangnya pun memberi citarasa yang harum wangi khas cake pisang ambon.

Sayangnya saya terlalu bersemangat ketika menggulung bolu pisangnya, karena agak tebal jadi saat digulung permukaan bolu agak retak2. Maksud saya agar bolu tergulung dengan rapat, ehh...lha koq malah pretek2 hasilnya, hehee...memang butuh kesabaran dan ketelatenan kalau ingin berhasil prima.

Dan alhamdulillah sudah dapat kiriman badge tanda keikutsertaan Tantangan Mbak R, Di bawah ini saya copas-kan resep Banana Roll Cake dari nara sumbernya :




BANANA ROLL CAKE
By Rachmah Setyawati.
Adaptasi: http/www.tasteofhome.com/Recipes/Caramel-Banana-Roll-Cake/

BAHAN-BAHAN :
250-300gr Pisang Ambon , haluskan
(pilih yang sudah benar-benar matang/lembek)

1 cup tepung terigu (kurang lebih 150 gr atau 15 sdm penuh)
sedikit saja garam (kurang lebih 1 gr atau 1/8 sdt)
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder

3 butir telur utuh, ukuran kecil/sedang saja
30 gr gula pasir

3 putih telur
40 gr gula pasir

pasta moka/pasta coklat

Krim Keju : (optional , bisa pake cream filling apa aja)
150 ml Fresh Cream, non dairy VIVO / RICH'S
75 gr Krim Keju
----> kocok fresh cream hingga soft peak, lalu masukkan krim keju, kocok bersamaan hingga merata dan kental. Siap dipakai polesan filling.

CARA MEMBUAT :
1. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22X22X4/5cm atau 24X24X4/5cm. Poles margarin, beri alas kertas roti, dan poles margarin/butter lagi. Sisihkan
2. Panaskan oven .
3. Siapkan baskom , letakkan ke dalamnya tepung terigu, garam halus, soda kue dan baking powder, ayak merata.
4. Kocok 3 btr telur utuh dan gula pasir hingga soft peak/kental.
5. Masukkan bahan kering yg telah diayak tadi ke dalam adonan telur kental, aduk ringan merata .
6. Kemudian masukkan daging buah pisang yang telah dihaluskan, aduk rata. Sisihkan.
7. Kocok putih telur dlm wadah yg bersih , masukkan gula pasirnya bertahap , kocok hingga soft peak.
8. Masukkan sebagian adonan putih telur dlm adonan tepung dn telur tadi, aduk rata, Masukkan sisa putih telur hingga habis dan aduk merata.
9. Ambil 1/4 adonan beri pasta moka/coklat. Aduk rata dan tuangkan adonan coklat ini ke dalam dasar loyang yg sudah bersemir margarin/butter. Ratakan, simpan dulu dlm freezer/lemari es hingga agak kaku/set. Jika sdh agak kaku/set, keluarkan dari kulkas.
10. Tuangkan 3/4 adonan sisanya di atas adonan coklat tadi. Pelan-pelan , sambil diratakan hingga menutupi seluruh permukaan adonan coklat, tanpa tercampur.
11. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius , hingga matang/sekitar 20 menit. Biarkan dingin di suhu ruang.

PENYELESIAN :
1. Setelah cake pisang dingin, siapkan kertas roti untuk membantu membentuk gulungan cake (kurang lebih seukuran 30 X 35cm
2. Letakkan bagian atas cake pada kertas roti. Beri beberapa sendok krim keju, poles rata pada permukaan cake. Gulung rapi.
3. Rapatkan ujung-ujung kertas roti. Simpan sejenak gulungan cake ke dlm freezer/kulkas, bbrp menit kemudian buka kertas rotinya, potong2 sesuai kebutuhan.

SELAMAT MENCOBA ... !.

Senin, 19 November 2012

Bakpia Isi Kacang Hijau



Jogja memang terkenal dengan jajanan satu ini bakpia, dan salah satu yang paling populer adalah bakpia pathuk. Sekarang ada lagi bakpia yang mulai naik daun yaitu bakpia Kurnia Sari, jenis bakpia ini yang lebih saya suka. Kulitnya lebih tipis dan berlapis-lapis, isi kacang hijaunya tidak terlalu manis seperti bakpia pathuk. Dari situ saya penasaran, pingin bisa bikin bakpia ala Kurnia Sari...cuma saja koq nyari2 resep di paman google gak ada yang bisa kasih rujukan resepnya ke saya, hahahaa...

Seperti biasa, sebelum bereksperimen saya kumpulin banyak2 aneka resep bakpia dari berbagai media, dan akhirnya pilihan saya jatuh pada buku koleksi resep di rumah. Buku terbitan Gramedia yaitu Seri Populer Food "Aneka Kue Pia" penulisnya ibu Sisca Susanto. Saya mempelajari resep bu Sisca Susanto ini dalam hal pembuatan adonan bakpianya yang kata beliau jenis Pia Taiwan Berlapis (Tau Sar Piah).

Hasil bakpianya lumayan enak kata suami saya, sudah mirip bakpia Kurnia Sari rasanya...hanya harus lebih banyak berlatih menggiling dan melapis kulitnya bakpia biar tipis dan semakin tampak jelas lapis2nya. Memang kunci kesuksesan membuat bakpia ala saya ini musti telaten menggiling hingga terbentuk layer2 yang cantik. Okkey...berarti saya harus sering2 bikin bakpia lagi, who knows nanti bisa buka outlet bakpia jogja di Kuwait.  Hehee...InsaAllah, aamiin.






BAKPIA ISI KACANG HIJAU
Source: Sisca Susanto (Aneka Kue Pia)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit A:
150 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir halus
50 ml air putih
50 ml minyak goreng
1/4 sdt garam

Bahan Kulit B:
100 gr tepung terigu
50 ml minyak goreng

Isi Kacang Hijau:
150 gr kacang hijau tanpa kulit rendam 1 jam
250 ml air putih (bisa pakai air santan)
100 gr gula pasir (sesuai selera manisnya)
2 lembar daun pandan simpulkan
1 sdt vanili bubuk
1 sdm mentega/margarin
1/4 sdt garam

Cara Membuat Isi Kacang Hijau:
1. Kukus kacang hijau yang sudah direndam selama kurang lebih 20 menit, angkat.
2. Masak kacang hijau dengan air putih (air santan), garam, daun pandan, mentega/margarin, vanili bubuk, dan gula pasir, aduk terus hingga adonan matang dan kalis.
3. Angkat, setelah dingin bentuk bola2/bulatan kecil lalu sisihkan

Cara Membuat Kulit Bakpia:
1. Campur semua bahan A, aduk dengan tangan hingga kalis. Diamkan adonan selama 30 menit.
2. Campur semua bahan B, aduk dengan tangan hingga rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bentuk bulat. Demikian juga dengan adonan B bagi menjadi 15 bagian dan bentuk bulat kecil.




4. Selanjutnya ambil 1 bulatan adonan A, pipihkan...isi dengan adonan B. Bulatkan kembali. Lakukan hingga semua selesai diisi dan dibulatkan. Istirahatkan adonan selama 10 menit.






5. Ambil satu adonan bakpia, giling tipis. Kemudian gulung kembali. Lakukan hingga semua adonan bakpia digiling tipis dan digulung. Istirahatkan 10 menit.






6. Giling dan gulung kembali adonan bakpia seperti cara diatas sampai 3 kali (setiap sekali menggiling dan menggulung istirahatkan 10 menit agar adonan tetap lentur saat digiling), lakukan hingga selesai lalu istirahatkan kembali semua adonan bakpia selama 10 menit.
7. Giling tipis lagi adonan bakpia, isi dengan bola2 kacang hijau. Bulatkan lagi dan tutup seluruh permukaan bakpia hingga rapat. Kerjakan hingga semua adonan bakpia selesai diisi dan dibulatkan.




8. Letakkan bakpia pada loyang persegi, panggang di dalam oven dengan suhu 170"C selama 15-20 menit. Keluarkan dari oven, balik semua bakpia dan masukkan kembali ke dalam oven. Panggang kembali hingga bakpia matang seluruh permukaan bakpia.
9. Bila ingin lebih praktis bisa juga dipanggang pada wajan teflon tebal, masukkan bakpia kedalam wajan datar teflon kemudian tutup, panggang dengan api yang kecil. Jangan lupa dibolak balik agar tidak gosong.




Selamat Mencoba...Semoga Berhasil :)