Selasa, 19 Maret 2013

Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers)



Alhamdulillah...
Akhirnya saya berhasil juga membuat kulit pangsit sendiri di dapur griya khayangan ini. Sudah agak lama sih eksperimennya, tapi baru sempat entering di blog. Beberapa hari ini memang lagi tidak in the mood buat writing and thinking about anything, badan lagi tidak dalam kondisi enak alias lagi ambruk karena flu berat.

Malam ini kebetulan bisa duduk manis di depan laptop...dan jari2 ini rasanya ingin segera menuntaskan semua yang belum tertunaikan. Mengalirlah dengan sendirinya seolah ide itu muncul begitu saja buat dituangkan. Begitulah...jika kita ingin menulis, tak perlu menanti datangnya ide...ketika kita memulai menulis ide akan hadir sendiri tanpa harus berfikir keras mencari. Janganlah menulis menunggu datangnya ide...Menulislah sesuai dengan apa yang kau pikirkan...maka ide itu akan datang dengan sendirinya, kalimat ini diucapkan oleh guru bahasa saya saat masih duduk di bangku smp. Dan ucapan beliau hingga kini masih sangat melekat dibenak hati saya. He he hee...yuk mari merangkul semangat tuk menulis sesuatu yang bermanfaat *!*

Oh iya, saya kan mau sharing tentang cara membuat kulit pangsit hasil eksperimen kemaren. Kulit pangsit bikinan saya ini bisa juga diaplikasikan untuk kulit siomay dan kulit wonton soup atau kulit dumpling.  Setelah searching...browsing dan blog walking, saya menemukan sesuatu yang saya cari, yaitu resep pembuatan kulit pangsit. Resepnya sangat sederhana dan mudah diikuti, dengan bahan yang juga sangat simpel dan mudah didapat. Hasil kulitnya pun cukup renyah dan garing...krispi dan gak keras. Sumber resep saya adaptasi dari *The Little Teochew*, silahkan dipelajari.

Nah...yang saya tuliskan dibawah ini adalah hasil modifikasi dalam pembuatan kulit pangsit ala saya. Hanya sedikit merubah komposisi tepung terigu dengan menambahkan tepung tapioka, agar menghasilkan kulit pangsit seperti yang saya inginkan.  Qadarullah...bi idznillah berhasil dengan baik.



Setelah digoreng, hmm...pangsit goreng isi udang. Hasilnya renyah dan gurih, garing  kriuk kriukk 


Homemade Kulit Pangsit 
Source: The Little Teochew
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 sdm tepung tapioka
130 ml air panas
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tepung tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng.
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis. (Jadi untuk jumlah air panas yang disiramkan tergantung kadar kekeringan tepung yang digunakan, kebetulan untuk resep saya cukup dengan air panas 130 ml).
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit.
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.5 atau no.6 (saya pakai ketebalan no.5).  Potong kotak 9x9cm atau bulat dengan diameter 10 cm. Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung terigu agar tidak lengket.
5. Kalau tidak ada gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin/gilingan manual dari kayu. Caranya dengan membentuk bulatan2 kecil dari adonan (setiap bulatan kira2 seberat 15 gr). Giling dan tipiskan, kemudian cetak bulat dengan diameter 10cm, taburi tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain jika ditumpuk. Bisa langsung digunakan atau disimpan dalam chiller.
6. Cara menyimpan ala saya agar kulit pangsit tidak lengket satu sama lain saat ditumpuk  yaitu dengan melapisi plastik tipis disetiap lembar kulit pangsit. Kemudian kulit pangsit dimasukkan wadah atau plastik kedap udara, simpan di dalam kulkas bisa awet kurang lebih seminggu. Kalau disimpan di freezer saya belum pernah coba...mungkin juga bisa lebih tahan lama, di coba saja.



Kulit pangsit homemade, siomay ini semakin menarik tampilannya setelah dibungkus kulit pangsit bikinan sendiri.


Selamat  Mencoba 

31 komentar:

  1. Mbak Ita memang pinter n berbakat di dapur, coba apa aja, jadi. Thank you buat resepnya ya.

    BalasHapus
  2. Hehee...makasih atas apresiasinya mbak (btw sebut nama dong...biar saya kenal), alhamdulillah...mudah2an saya masih terus mampu berkreasi...yg bisa memberi manfaat :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal mb ita... saya suka resep2nya, apalagi yg ada step by stepnya.. kreativitasnya tinggi dan hasil karyanya oke banget.. ada beberapa resep yg sdh saya copas, minta ijin y mba? mdh2an ilmunya barakah.....Jazakillah....

    BalasHapus
  4. Terima kasih mb Zulfa...senang bisa berkenalan, alhamdulillah jika resep2 saya berguna buat mbak Zulfa, silahkan di copas...memang tujuan saya adalah berbagi ilmu meskipun sedikit mudah2an memberi manfaat besar bagi yg membutuhkan.
    Aamiin...dan terima kasih juga doanya mbak Zulfa :)

    BalasHapus
  5. Kalo terigunya bisa diganti tepung tang mien ƍα' mba? Dirumah kebetulan lg tang mien tp bingung mu dibuat άpª. Sblm makasih ya mba buat pencerahannya.

    BalasHapus
  6. Bisa aja kali mb Tivela pea, kalo tepung tangmien nanti hasilnya jadi bening gitu...kaya kulit hakau.

    BalasHapus
  7. mba, kulit pangsitnya bisa disimpan di freezer ga? biar thn lbh lama...


    Dewi

    BalasHapus
  8. alhamdulillah udah ketemu resepnya, nah yg ingin saya tanyakan lagi giman step by step membentuk wonton wrappernya supaya jadi kaya yg di gambar itu mba... makasih

    BalasHapus
  9. Dewi, InsaAllah bisa mbak...tapi harus dibedakin dg tepung yg agak tebal ya...biar gak lengket, atau lapisi perlembarnya dg plastik atau baking paper.

    Susan, mbak...dibaca yg serius di dalam cara pembuatannya, disitu sudah jelaskan step2nya...
    sebelumnya saya minta maaf gak bisa memberikan gambar step by stepnya...lain waktu mudah2an saya bisa memfoto step bu step pembuatannya, karena kalo bikin kulit pangsit ini tangan berlumuran tepung...sayang kameranya ntar mandi tepung, hehee...dan selama ini saya bekerja sendiri di rumah gak ada asisten, apalagi mbatu motretin... :)

    BalasHapus
  10. Ass.. Salam kenal, sy dr palangkaraya mba, senang ktemu blog yg menurut sy bener2 niatnya murni menolong sesama, uda dapet 3 blog yg sy bookmark dan mulai sekarang blog mba Ariesta mohon izin sy bookmark ya. Smoga menjadi amal ibadah yg tak terputus kelak, amien.

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum mba,,saya takjub sekali melihat kepandaian mba,,salam kenal mba,,

    BalasHapus
  12. Mb Dewi Saptika, Apa kabar mbak...wah dari Palangkaraya, tambah lagi sahabat saya dari pulau Kalimantan. Terima kasih ya mbak, sudah bookmark blog saya. Dan makasih doanya...aamiin, bahagia sekali selalu mendapat kiriman doa tulus dr sahabat2 saya di dumay ini...speechless...

    Mb Sari Emiarti, apa kabarnya mbak...sala kenal juga dg saya Ita. Duh saya malah jadi gak enak hati di sanjung setinggi itu, saya hanya ibu rumah tangga aja mbak...sama dengan ibu2 lainnya. Terima kasih ya mbak...saya sangat bahagia bertambah sahabat dan banyak doa2 tulus dr sahabat2 disini, mudah2an saya masih mampu berkarya dengan tulisan2 yg bermanfaat.

    BalasHapus
  13. Hmmm looks Yummiiii... makasih shared resep yg simple nya...... bisa untuk dikukus kan mba? Bukan hanya digoreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb Dina...tuh di foto kan ada siomay-nya, two in one...selamat mencoba :)

      Hapus
    2. JazakAllah khoer mba.. saya suka baca blog Mba Ita..kagum dg kebaikan mba Ita yang selalu berbagi ilmu dan pengalaman.

      Hapus
    3. Sama2 mb Dina...makasih ya sudah nengok2 blog masak saya, saya juga masih harus banyak belajar mbak, ini hanya sedikit yg bisa saya bagi...maunya bisa berbagi lebih banyak lagi, tapi kadang waktu dan kesempatan masih belum harus dibagi dengan urusan lain sebagai ibu rumah tangga.
      Oh iya, salam kenal mb Dina, tinggal dimana...

      Hapus
  14. Saya udah bikin dan hasilnya renyah! Mantap pokoknya. Makasih banyak mbak. Saya link resep ini di blog saya ya...

    BalasHapus
  15. Salam Mbak Ariesta. Mau nanya, kalau dibekukan atau disimpan di chiller bisa tahan berapa lama ya? Terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  16. Perkenalkan saya Bintari, tinggal Ankara Turki, Mb Ita mau tanya, kalo direbus bisa kan ? Tdk lemek trs ancur ?
    Soalnya pernah beli kulit jadi buat wonton yg mmg khusus direbus setelah diangkat kulitnya jd lembek n lumer .. Matur nuwun sblmnya

    BalasHapus
  17. assalamualaikum
    nama saya bangun gembil
    sebelumnya mau tanya tepung terigu yg digunakan itu protein tinggi ya bu?
    seneng bgt liat menu2 cantiknya :)
    jadi tergerak mau buat blog juga biar bisa bertukar ilmu n membaginya :)
    sukses selalu ibuuu :)

    BalasHapus
  18. Ass..
    Saya jaja' asal lampung,
    mba' ariesta terimakasih atas resepnya. saya sudah buka beberapa page, tp yg paling jelas caranya punya mba'. trus mudah di fahami. trimakasih smoga bermanfaat bagi saya dan mba' diberikan ilmu yg lebih banyak lg dan berguna bagi masyarakat.... amin.

    BalasHapus
  19. salam kenal,
    mau tanya itu kulitnya kalau buat siomay kukus, nanti kalau sudah dingin kulitnya jd keras ga ya? soalnya pernah bikin siomay pake kulit beli di supermarket setelah di kukus trs udah dingin kulitnya jadi keras. trims

    BalasHapus
  20. Saya sudah coba...enaknya pas lembut n yang pasti gampang bingits...makasih ya bu Ita resepnya, ijin share ya

    BalasHapus
  21. wenak ni keknya :D
    jgn lupa kunbalnya kk ^^

    www.erchima.net blogger juga ^^

    BalasHapus
  22. wahh cantik banget hasilnya ..makasih ya mba resepnya aku mau coba yaa ...

    BalasHapus
  23. Terima kasih yah resepnya jelas.

    BalasHapus
  24. Mbaaaak Ita, mbak Ita? :)
    Terimakasih mbak resep nya :) :)
    Aku kan coba resep dari mbak Ita.
    Aku tambahkan bookmark juga :D hehe.
    Oiya salam kenal mbak :).
    Dan aku ijin share juga resep nya, akan aku camtumkan sumber nya juga mbak.
    Matur nuwun...

    BalasHapus
  25. Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. Informasinya menarik dan menambah wawasan

    pokerv
    Agen Poker Online Terpercaya

    BalasHapus
  26. Pakai tepung terigu protein apa ya?

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus