Selasa, 19 Maret 2013

Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers)



Alhamdulillah...
Akhirnya saya berhasil juga membuat kulit pangsit sendiri di dapur griya khayangan ini. Sudah agak lama sih eksperimennya, tapi baru sempat entering di blog. Beberapa hari ini memang lagi tidak in the mood buat writing and thinking about anything, badan lagi tidak dalam kondisi enak alias lagi ambruk karena flu berat.

Malam ini kebetulan bisa duduk manis di depan laptop...dan jari2 ini rasanya ingin segera menuntaskan semua yang belum tertunaikan. Mengalirlah dengan sendirinya seolah ide itu muncul begitu saja buat dituangkan. Begitulah...jika kita ingin menulis, tak perlu menanti datangnya ide...ketika kita memulai menulis ide akan hadir sendiri tanpa harus berfikir keras mencari. Janganlah menulis menunggu datangnya ide...Menulislah sesuai dengan apa yang kau pikirkan...maka ide itu akan datang dengan sendirinya, kalimat ini diucapkan oleh guru bahasa saya saat masih duduk di bangku smp. Dan ucapan beliau hingga kini masih sangat melekat dibenak hati saya. He he hee...yuk mari merangkul semangat tuk menulis sesuatu yang bermanfaat *!*

Oh iya, saya kan mau sharing tentang cara membuat kulit pangsit hasil eksperimen kemaren. Kulit pangsit bikinan saya ini bisa juga diaplikasikan untuk kulit siomay dan kulit wonton soup atau kulit dumpling.  Setelah searching...browsing dan blog walking, saya menemukan sesuatu yang saya cari, yaitu resep pembuatan kulit pangsit. Resepnya sangat sederhana dan mudah diikuti, dengan bahan yang juga sangat simpel dan mudah didapat. Hasil kulitnya pun cukup renyah dan garing...krispi dan gak keras. Sumber resep saya adaptasi dari *The Little Teochew*, silahkan dipelajari.

Nah...yang saya tuliskan dibawah ini adalah hasil modifikasi dalam pembuatan kulit pangsit ala saya. Hanya sedikit merubah komposisi tepung terigu dengan menambahkan tepung tapioka, agar menghasilkan kulit pangsit seperti yang saya inginkan.  Qadarullah...bi idznillah berhasil dengan baik.



Setelah digoreng, hmm...pangsit goreng isi udang. Hasilnya renyah dan gurih, garing  kriuk kriukk 


Homemade Kulit Pangsit 
Source: The Little Teochew
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 sdm tepung tapioka
130 ml air panas
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tepung tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng.
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis. (Jadi untuk jumlah air panas yang disiramkan tergantung kadar kekeringan tepung yang digunakan, kebetulan untuk resep saya cukup dengan air panas 130 ml).
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit.
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.5 atau no.6 (saya pakai ketebalan no.5).  Potong kotak 9x9cm atau bulat dengan diameter 10 cm. Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung terigu agar tidak lengket.
5. Kalau tidak ada gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin/gilingan manual dari kayu. Caranya dengan membentuk bulatan2 kecil dari adonan (setiap bulatan kira2 seberat 15 gr). Giling dan tipiskan, kemudian cetak bulat dengan diameter 10cm, taburi tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain jika ditumpuk. Bisa langsung digunakan atau disimpan dalam chiller.
6. Cara menyimpan ala saya agar kulit pangsit tidak lengket satu sama lain saat ditumpuk  yaitu dengan melapisi plastik tipis disetiap lembar kulit pangsit. Kemudian kulit pangsit dimasukkan wadah atau plastik kedap udara, simpan di dalam kulkas bisa awet kurang lebih seminggu. Kalau disimpan di freezer saya belum pernah coba...mungkin juga bisa lebih tahan lama, di coba saja.



Kulit pangsit homemade, siomay ini semakin menarik tampilannya setelah dibungkus kulit pangsit bikinan sendiri.


Selamat  Mencoba 

126 komentar:

  1. Mbak Ita memang pinter n berbakat di dapur, coba apa aja, jadi. Thank you buat resepnya ya.

    BalasHapus
  2. Hehee...makasih atas apresiasinya mbak (btw sebut nama dong...biar saya kenal), alhamdulillah...mudah2an saya masih terus mampu berkreasi...yg bisa memberi manfaat :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal mb ita... saya suka resep2nya, apalagi yg ada step by stepnya.. kreativitasnya tinggi dan hasil karyanya oke banget.. ada beberapa resep yg sdh saya copas, minta ijin y mba? mdh2an ilmunya barakah.....Jazakillah....

    BalasHapus
  4. Terima kasih mb Zulfa...senang bisa berkenalan, alhamdulillah jika resep2 saya berguna buat mbak Zulfa, silahkan di copas...memang tujuan saya adalah berbagi ilmu meskipun sedikit mudah2an memberi manfaat besar bagi yg membutuhkan.
    Aamiin...dan terima kasih juga doanya mbak Zulfa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sering bikinin di rumah klo ada sisa besoknya mau di pake eh si kulit nya berjamur dan berbau asam itu kenapa ya pdhl udh di taro di freezer mungkin ada resepnya biar ga cepet berjamr dan berbau asam

      Hapus
  5. Kalo terigunya bisa diganti tepung tang mien ƍα' mba? Dirumah kebetulan lg tang mien tp bingung mu dibuat άpª. Sblm makasih ya mba buat pencerahannya.

    BalasHapus
  6. Bisa aja kali mb Tivela pea, kalo tepung tangmien nanti hasilnya jadi bening gitu...kaya kulit hakau.

    BalasHapus
  7. mba, kulit pangsitnya bisa disimpan di freezer ga? biar thn lbh lama...


    Dewi

    BalasHapus
  8. alhamdulillah udah ketemu resepnya, nah yg ingin saya tanyakan lagi giman step by step membentuk wonton wrappernya supaya jadi kaya yg di gambar itu mba... makasih

    BalasHapus
  9. Dewi, InsaAllah bisa mbak...tapi harus dibedakin dg tepung yg agak tebal ya...biar gak lengket, atau lapisi perlembarnya dg plastik atau baking paper.

    Susan, mbak...dibaca yg serius di dalam cara pembuatannya, disitu sudah jelaskan step2nya...
    sebelumnya saya minta maaf gak bisa memberikan gambar step by stepnya...lain waktu mudah2an saya bisa memfoto step bu step pembuatannya, karena kalo bikin kulit pangsit ini tangan berlumuran tepung...sayang kameranya ntar mandi tepung, hehee...dan selama ini saya bekerja sendiri di rumah gak ada asisten, apalagi mbatu motretin... :)

    BalasHapus
  10. Ass.. Salam kenal, sy dr palangkaraya mba, senang ktemu blog yg menurut sy bener2 niatnya murni menolong sesama, uda dapet 3 blog yg sy bookmark dan mulai sekarang blog mba Ariesta mohon izin sy bookmark ya. Smoga menjadi amal ibadah yg tak terputus kelak, amien.

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum mba,,saya takjub sekali melihat kepandaian mba,,salam kenal mba,,

    BalasHapus
  12. Mb Dewi Saptika, Apa kabar mbak...wah dari Palangkaraya, tambah lagi sahabat saya dari pulau Kalimantan. Terima kasih ya mbak, sudah bookmark blog saya. Dan makasih doanya...aamiin, bahagia sekali selalu mendapat kiriman doa tulus dr sahabat2 saya di dumay ini...speechless...

    Mb Sari Emiarti, apa kabarnya mbak...sala kenal juga dg saya Ita. Duh saya malah jadi gak enak hati di sanjung setinggi itu, saya hanya ibu rumah tangga aja mbak...sama dengan ibu2 lainnya. Terima kasih ya mbak...saya sangat bahagia bertambah sahabat dan banyak doa2 tulus dr sahabat2 disini, mudah2an saya masih mampu berkarya dengan tulisan2 yg bermanfaat.

    BalasHapus
  13. Hmmm looks Yummiiii... makasih shared resep yg simple nya...... bisa untuk dikukus kan mba? Bukan hanya digoreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb Dina...tuh di foto kan ada siomay-nya, two in one...selamat mencoba :)

      Hapus
    2. JazakAllah khoer mba.. saya suka baca blog Mba Ita..kagum dg kebaikan mba Ita yang selalu berbagi ilmu dan pengalaman.

      Hapus
    3. Sama2 mb Dina...makasih ya sudah nengok2 blog masak saya, saya juga masih harus banyak belajar mbak, ini hanya sedikit yg bisa saya bagi...maunya bisa berbagi lebih banyak lagi, tapi kadang waktu dan kesempatan masih belum harus dibagi dengan urusan lain sebagai ibu rumah tangga.
      Oh iya, salam kenal mb Dina, tinggal dimana...

      Hapus
  14. Saya udah bikin dan hasilnya renyah! Mantap pokoknya. Makasih banyak mbak. Saya link resep ini di blog saya ya...

    BalasHapus
  15. Salam Mbak Ariesta. Mau nanya, kalau dibekukan atau disimpan di chiller bisa tahan berapa lama ya? Terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  16. Perkenalkan saya Bintari, tinggal Ankara Turki, Mb Ita mau tanya, kalo direbus bisa kan ? Tdk lemek trs ancur ?
    Soalnya pernah beli kulit jadi buat wonton yg mmg khusus direbus setelah diangkat kulitnya jd lembek n lumer .. Matur nuwun sblmnya

    BalasHapus
  17. assalamualaikum
    nama saya bangun gembil
    sebelumnya mau tanya tepung terigu yg digunakan itu protein tinggi ya bu?
    seneng bgt liat menu2 cantiknya :)
    jadi tergerak mau buat blog juga biar bisa bertukar ilmu n membaginya :)
    sukses selalu ibuuu :)

    BalasHapus
  18. Ass..
    Saya jaja' asal lampung,
    mba' ariesta terimakasih atas resepnya. saya sudah buka beberapa page, tp yg paling jelas caranya punya mba'. trus mudah di fahami. trimakasih smoga bermanfaat bagi saya dan mba' diberikan ilmu yg lebih banyak lg dan berguna bagi masyarakat.... amin.

    BalasHapus
  19. salam kenal,
    mau tanya itu kulitnya kalau buat siomay kukus, nanti kalau sudah dingin kulitnya jd keras ga ya? soalnya pernah bikin siomay pake kulit beli di supermarket setelah di kukus trs udah dingin kulitnya jadi keras. trims

    BalasHapus
  20. Saya sudah coba...enaknya pas lembut n yang pasti gampang bingits...makasih ya bu Ita resepnya, ijin share ya

    BalasHapus
  21. wenak ni keknya :D
    jgn lupa kunbalnya kk ^^

    www.erchima.net blogger juga ^^

    BalasHapus
  22. wahh cantik banget hasilnya ..makasih ya mba resepnya aku mau coba yaa ...

    BalasHapus
  23. Terima kasih yah resepnya jelas.

    BalasHapus
  24. Mbaaaak Ita, mbak Ita? :)
    Terimakasih mbak resep nya :) :)
    Aku kan coba resep dari mbak Ita.
    Aku tambahkan bookmark juga :D hehe.
    Oiya salam kenal mbak :).
    Dan aku ijin share juga resep nya, akan aku camtumkan sumber nya juga mbak.
    Matur nuwun...

    BalasHapus
  25. Pakai tepung terigu protein apa ya?

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Salam kenal, mbak... sy ria. Pd resep ini mbak mempergunakan tepung merk apa?

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. I can't help but wonder what Edward Snowden would think about this. Isn't it amazing that we can find £30bn to spend on Trident but we can't afford even basic woodwind lessons for all Primary school pupils? It's all Thatcher's fault.

    agen poker online

    qq deposit murah
    promo poker online
    bandar q
    poker crop
    poker perforate

    BalasHapus
  30. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.

    Adu ayam

    SBOBET

    cockfight battle
    cockfight arena
    cockfight player
    cockfight poker
    cockfight power

    BalasHapus
  31. Very good article interesting and useful

    Join and feel the thrill of playing Poker Site, Domino99, Pokerqq, QQ Online, Domino Qiu, Qiu Qiu Online, Poker Qiu Qiu which gives big wins only at http://Maxbetqq.net/ A trusted IDN Poker agent who gives big win big jackpot together. Poker Sites, Domino99, Pokerqq, QQ Online, Domino Qiu, Qiu Qiu Online, Poker Qiu Qiu.

    Supported by quality servers and very fair games 100% Player vs Player and no ROBOT interference in the MaxbetQQ Trusted Online Poker Site.

    Promo HOT Di Poker Online Terpercaya Maxbetqq :
    – Bonus Bulanan Megajackpot
    – Bonus New Member 20% (Minimal Deposit Rp25.000 | Maksimal Bonus Rp.50.000)
    – Bonus Rollingan 0,5%
    – Bonus Deposit Rp. 5000 Setiap Hari
    – Bonus Refferal 10% Up To 60%

    7 Games Dalam 1 User ID :

    ✔️ Texas Poker
    ✔️ Domino QQ
    ✔️ Capsa Susun
    ✔️ Bandar Ceme
    ✔️ Ceme Keliling
    ✔️ Super Ten
    ✔️ Pot OMAHA

    Info Maxbetqq Anda Bisa Langsung Menghubungi Lewat :

    Livechat : http://Maxbetqq.net/
    Whatsapp : +66613295868
    WeChat : MaxbetQQ
    Line : MaxbetQQ

    QQ NET
    QQ.NET
    QQ PAGCOR
    ONLINE QQ
    DAFTAR QQ
    QQ ONLEN
    POKERQQ
    POKERQQIDN
    QQ ONLINE
    DOMINO QIU
    MAXBETQQ.NET
    SITUS POKER
    AGEN POKERQQ
    AGEN DOMINO99
    POKER QIU QIU
    QIU QIU ONLINE
    AGEN POKER UANG ASLI
    AGEN POKER TERPERCAYA

    BalasHapus
  32. DewiDomino merupakan Agen Domino QQ Online Resmi Terpercaya Indonesia dan Situs Judi Poker V 88 Uang Asli Deposit Pakai Pulsa,Bandar Capsa Susun,Bandarq Sakong Adu Q Domino99 dan Ceme Terbaik

    Situs Judi Poker
    Deposit Pakai Pulsa
    Poker Online Terpercaya
    Agen Poker Indonesia
    Poker V
    Agen Poker V
    Seo Online

    BalasHapus
  33. Keuntungan Bermain dalam Situs Poker Online Terpercaya dan IDN Poker Uang Asli akan memberikan anda kemenangan yang luar biasa. permainan poker online merupakan salah satu situs judi online yang menguntungkan bagi anda.

    BalasHapus
  34. pokerseleb Situs Poker Online Terpercaya dan IDN Poker Uang Asli dengan berbagai macam permainan dan bonus menarik setiap kali anda bermain judi, anda juga bisa mendapatkan jackpot senilai 850 juta dengan bermain judi online saja.

    BalasHapus
  35. Judi dengan uang asli nyatanya bisa di lakukan di Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia 2019, yang akan menemani anda dengan customer service yang selalu buka 24 jam dilakukan menggunakan smartphone koneksi internet mampu memberikan keuntungannya dengan kejujuran yang tinggi.

    BalasHapus
  36. Thank you so much for discussing about the topics, it is very well written and contains alot of information. Kenyamanan dan keamanan dalam bermain slot online hanya bisa didapatkan pada saat Anda bermain bersama agen slot online MPO007. Jangan salah pilih dalam bermain permainan slot online, hanya MPO007 pilihan Anda sebagai Agen Slot Online Terlengkap di Indonesia

    BalasHapus
  37. IDN poker situs judi online dengan berbagai macam permainan judi online yang dapat menguntungkan anda dalam bermain judi online hanya butuh modal 10 ribu saja untuk bermain judi online di tempat terbaik dan terpercaya anda juga bisa kunjungi link di bawah ini.
    http://www.mokshaph.com/situs-poker-online-indonesia-terpercaya-pilihan-para-bettor-kelas-kakap/

    BalasHapus
  38. jika anda bermain di idn poker akan di jamin menang setiap hari dengan keuntungan besar dan banyak bonusnya, hanya dengan uang 10 ribu saja
    http://pokermenang.xyz/situs-poker-indonesia-terpercaya-yang-paling-di-cari-para-bettor/

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. idn poker situs judi online uang asli yang dapat memudahkan anda dalam mendapatkan keuntungan dengan mudah setiap hari bermain judi online, anda juga bisa mendapatkan banyak bonus dari idn poker setiap hari, anda cukup deposit atau mendafatar ke idn poker bisa langsung mendapatkan banyak bonus setiap hari tanpa di undi, jika anda tertarik bermain judi online di idn poker bisa klik link di bawah ini.
    http://www.aacaa7.org/idn-poker-ceme-online-resmi-pasti-bayar/

    BalasHapus
  41. Keseruan dalam bermain game qq online yang dimana hanya bisa kalian dapatkan pada https://ignitiondeck.com/id/forums/users/55459 ini saja dan hanya ada di BadutQQ saja. Untuk itu pun buruan pada coba bergabung dan jadilah salah satu yang beruntung dalam mendapatkan kemenangan besar tersebut.

    BalasHapus
  42. kemenangan besar judi poker online uang asli terpercaya di Indonesia hanya di http://www.vetriera12.it/component/k2/itemlist/user/789532.html

    BalasHapus
  43. Terima kasih telah mengajarkan cara membuat pangsit. Disini akan diajarkan juga bermain bandarq dan https://script12.prothemes.biz/domain/94.46.58.31.

    BalasHapus
  44. DuetQQ merupakan agen Situs Poker menjanjikan permainan paling fair play 100% player vs player.
    Bonus Cashback 0.3% & Bonus Refferal 20% Di Situs Poker Online Terpercaya DuetQQ

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. bermain di idn poker bisa dapat banyak keuntungan setiap harinya yang bisa anda dapatkan, dengan berbagai macam permainan judi yang bisa anda mainkan dengan deposit 10 ribu saja anda sudah bisa bermain di idn poker, ayo klik link di bawah ini untuk bermain di idn poker.
    https://mytrendingstories.com/member/situs-idnpoker/

    BalasHapus
  47. bermain di idn poker bisa dapat banyak keuntungan hanya dengan modal 10 ribu saja, jika anda tertarik untuk bermain di idn poker bisa klik link di bawah ini.
    https://www.tumblr.com/blog/situsidnpoker77

    BalasHapus
  48. Situs Poker Indonesia - Sebagai Penyedia Game Poker Uang Asli pada 2020 ini DEKAPOKER menyediakan Bonus-Bonus yang bisa langsung di klaim langsung oleh para member. Anda berkesempatan mendapatkan bonus member baru sampai 100ribu untuk semua player yang mendaftar lalu deposit di Dekapoker.

    BalasHapus
  49. pkv games merupakan situs judi poker online terpopuler dan terpercaya saat ini dengan minimal deposit terminim https://www.bonanza.com/home/redirect_warning?url=duetqq.cc

    BalasHapus
  50. Untuk anda yang bermain dalam permainan situs poker online dipastikan anda harus bermain dalam domino99 dimana anda bisa menjadi yang terbaik dan luar biasa ketika bermain.

    BalasHapus
  51. ketika anda bermain dalam permainan domino99 dipastikan anda harus bermain dalam judi online dimana bisa menguntungkan anda ketika bermain.

    BalasHapus
  52. Meraih kemenangan hingga puluhan dan ratusan juta rupiah??
    Tentu bisa, Berikut Bandar Judi terpercaya dan aman untuk di mainkan...
    http://173.82.245.231
    Banyak agen judi online disana yang terpercaya, bettors hanya perlu memilih salah satunya yang dirasa merupakan cocok untuk bettors jadikan tempat bermain...
    http://images.google.so/url?q=http://173.82.245.231
    http://maps.google.td/url?q=http://173.82.245.231

    BalasHapus
  53. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL tersedia deposit via OVO dan PULSA TELKOMSEL serta XL


    Contact Us

    Website : SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    Blog : Artikel SahabatQQ
    Daftar SahabatQQ

    BalasHapus
  54. ketika anda bermain dalam permainan bandarqq dipastikan anda harus bermain dalam permainan pokerqq dimana bisa menguntungkan anda kitika bermain.

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas panduan membuat kulit pangsit sendiri, artikel ini sangat membantu usaha saya. Jangan lupa kunjungi website kami https://www.lapor.go.id/profil/2054383

    BalasHapus
  56. Panduan yang baik dan bermanfaat, silahkan mampir ke situs kami https://career.habr.com/rachelapooli

    BalasHapus
  57. thank you for the post that you made it is very useful and very good and also very interesting for me if you want to see more interesting things visit the website
    http://impressiveworld.net/members/miaoly21/activity/180326/

    BalasHapus
  58. Seksipoker adalah Poker Online CC Terbaik

    IDN Poker Terpercaya hanya di Seksi poker

    agen poker 303
    poker online cc
    agen poker terbaik
    agen poker online terpercaya 2019
    agen poker online terpeercaya 2020
    agen poker online deposit pulsa
    agen poker online terbaik
    promosi
    event

    Promosi menarik dari seksipoker
    Bonus new member
    Bonus next deposit
    Turnover Harian & Mingguan
    Bonus referral
    Grand Prize Setiap Bulannya

    Contact us :
    Link : https://seksiidnpoker.com
    Whatsapp : +62 821-1786-1080

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  63. Slot Online disini kami siap melayani pemain dalam bermain nyua

    BalasHapus

  64. Situs Sakurapoker Online Terpercaya sebagai agen poker idn hadir dengan banyak kemudahan untuk memanjakan seluruh pemain poker online Indonesia, Sakura Poker Online adalah situs poker online yang memberikan fasilitas terbaik yang boleh anda cek dengan situs poker lainya, dengan pelayanan 24 jam dari operator kami yang ramah dan professional akan siap membantu.

    BalasHapus

  65. Situs Sakurapoker Online Terpercaya sebagai agen poker idn hadir dengan banyak kemudahan untuk memanjakan seluruh pemain poker online Indonesia, Sakura Poker Online adalah situs poker online yang memberikan fasilitas terbaik yang boleh anda cek dengan situs poker lainya, dengan pelayanan 24 jam dari operator kami yang ramah dan professional akan siap membantu.

    BalasHapus
  66. terimakasih dan saya sudah mencoba membuat kulit pangsit dan itu bekerja sangat baik. Makanan ini sangat cocok sambil bermain judi online sehingga saya bisa fokus selama bermain judi online.

    BalasHapus
  67. makan kulit pangsit sambil bermain judi di bandar sbobet sangat asyik

    BalasHapus
  68. Agen Sakurapoker online Online Terpercaya juga memberikan banyak promo bonus yang sangat menarik seperti bonus member baru, bonus turnover yang besar, bonus referaal, bonus deposit harian, bonus jackpot 10% , jadi tunggu apalagi. Daftarkan diri anda sekarang juga di Sakurapoker untuk dapatkan semua kelebihan yang hanya bisa diberikan oleh situs Poker Sakurapoker.

    BalasHapus
  69. tidak dipungkiri lagi bahwa slot joker123 menyediakan permainan slot online terbaik dan juga terlengkap dengan bonus jackpot terbaik

    BalasHapus
  70. judi bola online terbesar dan terpercaya dengan 3 provider terbaik hanya ada di website terbaik kami http://149.28.153.153/

    BalasHapus
  71. bandar slot online joker123 juga menyediakan berbagai permainan populer dan togel online dengan pasaran populer serta discount menari8k disetiap pasaran. kunjungi kami dan buktikan sendiri http://139.180.184.251/

    BalasHapus
  72. Desire to Create ISO File. But How Can perform It??. By making use of The Power Iso With Crack. Power ISO Crack is known as a Software Which lets you Create ISO Files Very easily.

    BalasHapus
  73. Agen Togel Online dengan tingkat kemenangan yang tinggi!! hanya di kingdom grup

    BalasHapus
  74. login joker123 I don't know why, but I think what you share about your thoughtslooks very meaningful and has a lot of integrity. I really like this, and I hope I have to see other posts from you. Don't stop working, because young people in this sophisticated era really need inspiration like this.

    BalasHapus
  75. pilihan yang tepat dengan bergabung di situs hkpools. mari raih bonusnya!!

    BalasHapus
  76. Recuva pro 1.53.1087 Activator has an advanced method which provides you the information about all files inside file header. This talented application also delivers back the file which deleted from the USB sticks regardless if the partition was NTFS, Fats and even exFAT. Recuva professional offers https://kingsoftz.com/recuva-pro-crack-serial-key/

    BalasHapus
  77. After reviewing multiple blog posts on your site,
    we really appreciate the way you write your blog.
    We've added it to the list of bookmarked sites and will be back soon.
    the future. Also visit my website and let us know what you think.
    The great work you have done, I appreciate your work, thank you for sharing.
    CrackBins Full Version Softwares Free Download
    AOMEI Partition Assistant Creek
    ActiveData Studio Crack
    Prosoft Data Rescue Professional Crack
    EaseUS Todo Crack
    TechSmith Snagit Cracked

    BalasHapus
  78. mpo slot menyediakan berbagai macam permainan online terbaik.

    http://139.162.43.253/

    BalasHapus
  79. dapatkan penghasilan tambahan hanya dengan bermain disitus hkpools

    BalasHapus
  80. After looking through a few blog articles on your website,
    we sincerely appreciate the way you blogged.
    We've added it to our list of bookmarked web pages and will be checking back in the near
    future. Please also visit my website and tell us what you think.
    Great work with hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it.
    Activationskey Full Version Softwares Free Download
    VueScan Pro Crack
    Office Timeline Crack
    PT Portrait Studio Edition Crack
    Bootstrap Studio Crack
    Adobe Illustrator CC Crack
    VideoPad Video Editor Pro Crack

    BalasHapus
  81. After looking through a few blog articles on your website,
    we sincerely appreciate the way you blogged.
    We've added it to our list of bookmarked web pages and will be checking back in the near
    future. Please also visit my website and tell us what you think.
    Great work with hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it.
    Activationskey Full Version Softwares Free Download
    ESET Smart Security Crack
    Anime Studio Pro Crack
    Tenoshare IcareFone Crack
    Sublime Text Crack
    Adobe Illustrator CC Crack
    Letasoft Sound Booster Crack

    BalasHapus
  82. After looking through a few blog articles on your website,
    we sincerely appreciate the way you blogged.
    We've added it to our list of bookmarked web pages and will be checking back in the near
    future. Please also visit my website and tell us what you think.
    Great work with hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it..
    Activationskey Full Version Softwares Free Download
    JetBrains PhpStorm Crack
    Active Data Studio Crack
    AVS Video Editor Crack
    CorelDraw Graphics Suite Crack
    QuarkXPress Crack
    Smart Game Booster Crack

    BalasHapus
  83. After looking through a few blog articles on your website,
    we sincerely appreciate the way you blogged.
    We've added it to our list of bookmarked web pages and will be checking back in the near
    future. Please also visit my website and tell us what you think.
    Great work with hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it..
    Activationskey Full Version Softwares Free Download
    Hetman Word Recovery Crack
    SimLab Composer Crack
    Kaspersky TDSSKiller Crack
    PilotEdit Crack
    FlixGrab Crack
    CDRoller Crack

    BalasHapus
  84. I guess I am the only one who came here to share my very own experience. Guess what!? I am using my laptop for almost the past 2 years, but I had no idea of solving some basic issues. I do not know how to saqibtech.net But thankfully, saqibtech.net

    poweriso-crack
    driver-talent-pro-crack
    glasswire-elite-crack
    free-youtube-to-mp3-converter-crack
    teracopy-pro-crack

    BalasHapus
  85. You are so interesting! I don't think I've read anything like this before.
    It's great to find someone with real ideas on this topic. Indeed ... thank you very much for starting.
    This site is something needed on the internet, not real!
    iexplorer crack
    miracle box crack
    backup4all pro crack
    adobe premiere pro cc crack

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. I am highly grateful to you for sharing useful information with the users
    https://procrackserial.com/vmware-workstation-pro-crack/
    https://procrackserial.com/download-chime-crack/
    https://procrackserial.com/file-viewer-plus-crack/
    https://procrackserial.com/missive-crack/
    https://procrackserial.com/stereo-tool-crack-keygen/
    https://procrackserial.com/netbalancer-crack/
    https://procrackserial.com/studioline-web-designer-crack/
    https://procrackserial.com/driver-genius-pro-crack/
    https://procrackserial.com/leawo-video-converter-ultimate-crack/
    https://procrackserial.com/imyfone-anyrecover-crack/

    BalasHapus
  88. Hi! A regular reader here in Lubbock, Texas!
    I finally trusted to leave a comment
    I have enjoyed reading your page.
    Just wanted to tell you to keep up the great work you are doing!
    microsoft office 2007 crack
    iobit malware fighter pro crack
    driverfinder pro crack
    microsoft office 2007 crack
    tweakbit fixmypc crack

    BalasHapus
  89. Hello! Please know how much I enjoy your site and how much I look forward to the new content you offer.
    Which of your blog posts should I pay attention to?
    Inquiring minds are invited to share their knowledge of other online resources that could be of interest to me.
    That's really kind of you.
    patternmaker pro crack
    patternmaker pro crack
    serif affinity designer crack
    magix video pro crack

    BalasHapus
  90. Pengeluaran Data Togel terbaru di bawah sangat diwajibkan untuk anda yang ingin mencari kemudahan saat ingin mengetahui data togel terbaru, kami dapat banyak keluhan informasi dari teman-teman kita dan alhasil terbentuklah sebuah tabel pemgeluaran data togel pasaran besar yang berada tepat bawah ini, kami memiliki beberapa pasaran yang terlaris dalam sejarah judi togel online. keluaran data togel terbaru yang ada di website kami cukup membantu dari sekian banyaknya bandar judi togel online, sebuah pengeluaran hongkong terbaru menjamin anda yang setiap harinya bermain judi online. jangan lupa pantengin terus pengeluaran togel terbaru dan terupdate tersebut.

    BalasHapus
  91. I like your all post. You have done really good work. Thank you for the information you provide, it helped me a lot. I hope to have many more entries or so from you.
    Very interesting blog.
    Gcpro Gsm Tool Crack
    Microsoft Excel Crack
    Adobe Acrobat Pro DC Crack
    Virtual DJ Pro Infinity Crack
    SuperCopier Crack
    Rekordbox DJ Crack
    Adobe Premiere Pro Crack

    BalasHapus
  92. Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK bP

    BalasHapus
  93. Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dapur Griya Khayangan: Membuat Kulit Pangsit Sendiri (Homemade Wonton Wrappers) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Yl

    BalasHapus
  94. I'm happy after visiting this site. I like all of your posts. You are very kind throughout your work. All of your posts are very informative and helped me a lot. samipc.org Looking for more great and informative blogs.
    PowerISO 8.3 Crack

    BalasHapus
  95. I am very happy to read this article. Thanks for giving us Amazing info. Fantastic post.강릉출장샵추천
    동해출장샵추천
    태백출장샵추천
    속초출장샵추천
    삼척출장샵추천
    청주출장샵추천
    충주출장샵추천
    Thanks For Sharing such an informative article, Im taking your feed also, Thanks.

    BalasHapus
  96. You should know that your article is equally impressive, just thought I'd let you know. I think you are an authority in this sector because your message is so crystal clear. Secure and Safe. Free Download PC Software

    BalasHapus
  97. I am very satisfied of this website. I visit it daily. I read it daily. I like so much.

    BalasHapus
  98. WOW Amazing i really like it >a href="https://ufonepackages.com/ufone-prime-call-1500/">visit

    BalasHapus
  99. I like this website. I am very satisfied with it.

    BalasHapus
    Balasan
    1. i like this website . i m satisfied with it thanks :
      http://crackscoop.com/

      Hapus