Sabtu, 20 Oktober 2012

Donat Dengan Metode Water Roux (Teknik Tang Zhong)



Membuat donat dengan metode water roux atau terkenal dengan teknik Tang Zhong, dengan cara membuat adonan biang (starter) dari tepung terigu dan air yang dimasak menjadi pasta tepung terigu kemudian dicampurkan kedalam adonan dough dan diuleni seperti pembuatan donat pada umumnya.

Dengan menggunakan teknik Tang Zhong, menguleni adonan menjadi tidak terlalu berat, disamping itu hasil donatnya setelah matang lebih terasa lembut dan empuk hingga lebih dari dua hari dengan syarat dalam kondisi dibungkus/tertutup tidak terkena udara bebas. Membuat donat dengan metode ini tanpa menggunakan bread improver/bahan pelembut instan produk pabrikan, cukup dengan starter adonan Tang Zhong yang sederhana dan mudah pembuatannya.

Saya mempelajari metode Water Roux/teknik Tang Zhong dari perpustakaan pintar paman Google, jika ingin lebih tahu selengkapnya bisa membaca *disini*




DONAT Dengan Metode Water Roux ( Teknik Tang Zhong)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang/Water Roux Starter/Pasta Water Roux:
25 gr tepung terigu
125 ml air putih

Bahan Dough/Donat:
500 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
50 gr susu bubuk
1 sdt baking powder
10 gr ragi instan (1 sachet/1sdm)
2 kuning telur
150 ml air putih
100 gr margarin/butter
1/4 sdt garam halus
1 sdt vanili bubuk




Cara Membuat:
1. Membuat Biang/Pasta Water Roux: Masukkan tepung terigu dalam panci kecil, kemudian tuangkan air putih, aduk2 hingga tepung terigu larut. Masak dengan api kecil, aduk2 terus hingga mengental tapi jangan sampai bergumpal, segera angkat. Dinginkan.


Adonan Water Roux atau biang tepung terigu ini tidak dalam keadaan menggumpal yaa, tetapi cukup kental dan masih bisa jatuh dari sendok meskipun sangat pelan, ini ciri dari adonan Tang Zhong. Ketika sudah dalam kondisi seperti ini, segera angkat dari kompor sambil diaduk2 hingga uap panasnya hilang dan dinginkan.

2. Membuat Dough Donat: Masukkan tepung terigu dalam mangkok besar, tambahkan gula pasir, susu bubuk. baking powder dan ragi instan..aduk rata dengan tangan. Masukkan pasta water roux yang sudah dingin, uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata.

3. Masukkan kuning telur kedalam adonan, lanjutkan air putih sedikit demi sedikit...uleni hingga tercampur rata. Terakhir masukkan margarin dan garam halus, uleni adonan donat hingga halus dan kalis.
Jika mempunyai alat elektronik "Bread Maker" lebih praktis, tinggal memasukkan semua bahan dan setting untuk membuat dough.

4. Istirahatkan adonan dough kira2 satu jam, tutup adonan menggunakan plastik dengan rapat.

5. Setelah satu jam adonan akan mengembang kurang lebih 2 kali lipat, buka plastiknya..kempiskan adonan dengan meninju sehingga udara keluar.

6. Bagi adonan donat menjadi bagian2 yang kecil, berat adonan sesuai selera (saya timbang seberat 30 gram), kemudian bentuk bulat, letakkan diatas nampan yang sudah dioles minyak goreng, istirahatkan kembali kira2 setengah jam hingga mengembang lagi. Jangan lupa tutup adonan yang sudah dibulat2kan dengan plastik, agar cepat mengembang dan tidak kering.

7. Jika adonan donat sudah mengembang, tusuk donat dengan ujung telunjuk jari kanan untuk melubangi tengahnya donat. Kemudian putar2 perlahan dengan kedua ujung telunjuk jari dimasukkan kedalam lubang donat, lalu goreng donat dengan api kompor sedang saja agar tidak mudah gosong.


Selamat Mencoba...

4 komentar:

  1. Assalammu'alaikum, mba' terima kasih ya sudah berbagi resep donat ini, sya sdh coba dan alhamdulillah sukses.. seneng deh bisa bikin donat empuk walau tanpa kentang..
    -rita-

    BalasHapus
  2. Mb Rita, sama2 mbak...turut seneng baca ceritanya sudah sukses bikin donat empuk dan lembutnya...terima kasih juga, salaam...

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum mba ita, klo donat ini di tambahin kentang bisa tidak?

    amelia

    BalasHapus