Kamis, 25 Oktober 2012

KUE APE



Adakah yang belum pernah makan kue ape ini...???
Kue ape ini jajanan khas di daerah mana...saya juga agak bingung, kebanyakan beredarnya di daerah Jakarta dan Jawa Barat (Sunda). Kalau didaerah Jawa Tengah dan Jawa Timur memang gak ada...adanya sih kue apem atau serabi. Yaah...gak terlalu penting mungkin untuk dibahas, yang kita ingin bahas tentu resepnya dong... :)

Berkali-kali nyoba buat kue ape ternyata belum bisa...belum perfect, tak seperti yang dijual tukang kue ape di depan sekolah anak saya dulu. Waduh...semakin galau, dan penasaran...lihat2 di paman Google resepnya hampir sama semua. Dari kebanyakan resep2 yang beredar di dunia maya saya cermati kebanyakan pada menggunakan baking powder dan soda kue untuk pengambang adonannya. Dan sudah saya coba juga cara seperti itu...tapi kenapa gak sukses hasilnya.

Ehh...ndilalah tanpa dinyana, tak diduga saat seminggu yang lalu membuat kue apem khas jawa timuran (apem selong), tiba2 saya seperti mendapat ide dan inspirasi, hehee..."mak twing"...
Langsung deh saya nguplek2 dan meracik bahan menggunakan resep dari kue apem tersebut dan memodifikasinya sedemikian rupa, so...akhirnya bisa dan berhasil membuat kue ape seperti yang saya cita2kan.

Tapi memang jauh beda sekali cara pengolahan adonannya, karena cara saya ini menggunakan ragi instan untuk proses pengembangan adonan kue apenya. Kalau untuk jualan, adonan dengan cara fermentasi ragi sangat tidak disarankan karena kuatir adonan akan over fermentation sehingga rasa kue ape akan berubah jadi asem dalam jangka waktu lama. Makanya benarlah jika si tukang jualan kue ape itu menggunakan resep dengan  pemakaian baking powder dan soda kue, karena adonan tersebut tidak akan asam dalam jangka waktu tertentu dan sementara sambil menunggu pembeli.
He hee...begitulah cerita saya, semoga menambah pengetahuan kita dalam dunia kuliner. Alhamdulillah...


KUE APE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
1/2 sdm ragi instan (fermipan)
1/2 sdm gula pasir
1/2 sdm tepung terigu
100 ml air putih
===> Campur semua bahan diatas, diamkan hingga berbuih (15 menit)

Bahan Adonan:
250 gr tepung beras
350 ml santan kental
2 lembar daun pandan
200 gr gula pasir (jika kurang suka manis kurangi 1-2 sdm)
1/4 sdt garam halus (sedikit aja, untuk menambah cita rasa)
sedikit pasta pandan dan pewarna makanan hijau




Cara Membuat:
1. Rebus santan kental dengan daun pandan, didihkan dengan mengaduk2 jangan sampai santan pecah. Biarkan menjadi hangat.
2. Siapkan wadah atau mangkok besar, masukkan tepung terigu, gula pasir, garam halus, tuangkan santan kental yang sudah hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga gula larut.
3. Masukkan adonan biang yang sudah berbuih, uleni, tambahkan pewarna makanan hijau dan pasta pandan, uleni lagi dengan tangan hingga adonan halus dan licin. Menguleninya harus agak lama kurang lebih 15 menit, sambil adonan dikeplok2 diangkat/ditarik dan diturunkan dengan tangan. Kemudian istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
3. Siapkan wajan kecil dan cekung (sebaiknya yang anti lengket jika punya lhoo...) untuk memanggang, panaskan dulu sebelum dibuat memanggang dengan api yang kecil saja. Lalu tuangkan sesendok sayur adonan diatas wajan, tekan sendok sayurnya sambil sendok sayur diputar hingga membentuk pinggiran yang tipis dan bulat. Putar beberapa kali (bisa 3 kali memutar) agar terbentuk pinggiran kue ape yang rata dan agak tebal sehingga tidak mudah gosong. Tutup wajannya, tunggu sekitar 4 menit...buka tutupnya, bila sudah matang segera angkat. Hidangkan hangat2...akan terasa krispinya, mak krezz deh... :)




Gambar diatas adalah wajan anti lengket (diameter kurang lebih 20 cm) yang saya gunakan untuk membuat kue ape, bisa juga untuk memasak kue serabi dan kue apem...sangat berguna sekali dan praktis penggunaannya.

3 komentar:

  1. Mbak Ita berari resep kue ape sama dengan apem selong yah? bedanya cuman warnanya aja?

    BalasHapus
  2. Mb May...ini hanya versi saya aja ya, kalau kue ape gak pake telur biar bisa garing dan krispi pinggirannya/rendanya, sedang kue apem selong pake telur agar lembut dan empuk...jadi beda tekstur kan... :)

    BalasHapus
  3. mantap kak resepnya jadi pengen buat kuenya

    BalasHapus