Jumat, 12 Oktober 2012

Susu Kacang Hijau



Susu kacang hijau, sebenarnya bikinnya gak sulit lho...mudah sekali dan manfaatnya sangat bagus buat kesehatan fisik kita. Alangkah baiknya kalau kita buat sendiri di rumah...meskipun mungkin diluar sana banyak yang menjual susu kedelai atau susu kacang hijau, mari kita hilangkan malas diri untuk memberikan asupan gizi yang bagus dan sehat buat keluarga kita, yuukk...terjun ke dapur :)

SUSU KACANG HIJAU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 kacang hijau cuci bersih, rendam dalam air semalam
2 liter air
200-250 gr gula pasir (sesuka selera manisnya)
3 lembar daun pandan
5 cm jahe kupas dan geprek
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
1. Rebus kacang hijau, pandan dan jahe dengan air putih sejumlah 1 liter hingga kacang hijau lunak dan kulitnya agak pecah.
2. Tambahkan sisa air yang 1 liter dan masukkan gula pasir bersama garam, aduk2 hingga gula larut dan air mendidih.
3. Tunggu rebusan kacang hijau agar tidak terlalu panas, kemudian blender kacang hijau bersama airnya hingga halus. Saring dengan alat penyaring kawat yang agak halus lubang saringnya agar ampasnya tidak ikut masuk kedalam sari kacang hijau. Simpan didalam botol dan bisa diminum selagi hangat atau didinginkan dahulu didalam kulkas.


#Note:
- Sebelum memblender kacang hijau, buang dulu daun pandan dan jahenya...agar tidak ikut serta terblender, nanti rasa susu kacang hijau jadi kurang nikmat.
- Blender kacang hijau beserta air bertahap tiga kali dalam satu resep ini, kira2 ambil sepertiga kacang hijau dan air secukupnya...kemudian blender dan saring, sisihkan ampasnya diwadah lain. Blender lagi kacang hijau dan air secukupnya hingga selesai, kemudian blender lagi ampas kacang hijaunya dengan sisa air rebusan kacang hijau...lalu saring lagi.
- Setelah diblender dan disaring susu kacang hijau yang dihasilkan kurang lebih 1.5 liter...lumayan kan, bikin susu kacang hijau sendiri rasa lebih enak...jelas dijamin higienisnya dan pastinya bebas bahan pengawet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar