Selasa, 31 Januari 2012

Rendang Ayam



Meskipun bukan orang Padang, rendang daging atau rendang ayam adalah salah satu menu kesukaan anak-anak dirumah. Heran juga...kenapa tuh anak-anak pada suka menu rendang, padahal itu kan masakan yang banyak cabe dan pedas rasanya. Kalau masakan lain aja pedas dikit pada susah, eeh..kalau disediain rendang makannya pada nambah, apalagi kalau saya masak rendang ayam...anak-anak paling doyan. Karena rendang ayam lebih empuk dagingnya, dan bumbunya lebih merasuk ke dalam serat daging ayamnya. Lagi pula memasaknya tak selama kalau kita membuat rendang daging...bisa sampai 4 jam agar benar-benar spesial rasa rendangnya.

Disaat memasak rendang ayam ini, sekalian saya masukkan 6 buah telur rebus...itung-itung sambil menyelam minum air, he hee...jadi masak rendang ayam plus rendang telur. Lumayan kan...secara ini bisa ngirit tenaga biar gak ribed melulu didapur, dan bahkan nantinya kalau sudah bosen maem rendang ayam...itu si ayam rendang langsung aja dibakar diatas pemanggangan teflon/elektrik. Jadilah ayam bakar bumbu rendang yang nikmat sedunia rasanya, he he hee...itu hanya sebagian dari cara saya memberdayakan/daur ulang agar kita gak bosen sama satu menu masakan.



RENDANG AYAM
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam (1 kg) potong mjd 12 bagian
1/2 liter santan kental (dari 2 butir kelapa)
1 liter santan encer (sisa dari 2 butir untuk perasan santan kental)
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 lembar daun kunyit disimpul
5 lembar daun jeruk
3 sdt garam
1 potong asam kandis (kalau tidak ada bisa pakai asam jawa)
6 butir telur rebus kupas kulitnya dan kerat-kerat

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
8 buah cabe merah keriting/cabe india
2 cm jahe
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
1 sdt ketumbar sangrai



RENDANG TELUR


Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak (3 sdm makan minyak goreng) hingga bumbu harum dan mengering. Masukkan santan encer bersama daun serai, daun kunyit, daun jeruk dan asam kandis sampai air santan mendidih.
2. Masukkan ayam, Aduk-aduk perlahan..masak hingga ayam berubah warna. Kecilkan api.
3. Masukkan telur rebus. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai santan mengering.
4. Masukkan santan kental, aduk pelan-pelan sampai ayam matang dan kuah mengering. Angkat..siap untuk disajikan bersama nasi hangat dan pelengkapnya..hmm, enak pastinyo.. :)



 AYAM BAKAR BUMBU RENDANG

Minggu, 29 Januari 2012

Otak-Otak Ikan Tenggiri


Masih ada stok fillet ikan tenggiri di freezer, daripada kelamaan beku kuatir lupa malah gak dimasak-masak...bisa expired nantinya. Bikin apa yaa...

Minggu lalu udah buat pempek adaan, siomay...lagi gak pingin. Apalagi yaa...batagor kaliii, liat di kulkas stok tahu goreng lagi kosong. Pas buka freezer lagi...waah, masih ada banyak bungkusan daun pisang..jadi ingat otak-otak bungkus daun deh, okelah kalo begono...mari kita membuat otak-otak ikan tenggiri yang klasik seperti kalau kita beli di sepanjang pinggiran pantai  Carita Anyer.

Otak-Otak Ikan Tengiri
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr fillet ikan tenggiri
100 ml santan kental

30 gr (2 sdm) tepung tapioka/sagu tani
1 batang daun bawang dipotong halus

1 butir telur ukuran sedang
5 butir bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica halus
Daun pisang dan lidi

Bahan Sambel Kacang:
1 buah cabe merah besar
5 buah cabe rawit merah
100 gr kacang tanah goreng
1 sdt garam
4 sdm gula pasir
250 ml air panas
1 sdm air asam/1 sdm cuka
===>Haluskan semua bahan sambel dengan grinder, kecuali air asam dan air panas. Lalu tuangi air panas dan air asam/cuka, aduk merata. Siap untuk bahan saus cocol otak-otak.




Cara Membuat:
1. Giling fillet ikan tenggiri ke dalam Food Processor  hingga halus. Jika gak ada FP  boleh dengan cara diblender (kalau diblender musti ditambahkan air, pakai  air santan dari resep).
2. Masukkan santan, telur, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan merica halus...terus giling hingga halus dan licin dengan Food Proceesor.
3. Tuangkan tepung tapioka sedikit-sedikit, dan aduk dengan sendok hingga tercampur rata. Taburi daun bawang cincang halus. Rasakan sudah cukup belum manis asinnya adonan otak-otak ikan.
4. Bungkus satu sendok makan dengan daun pisang seperti membungkus pepes, semat dengan lidi. Bakar diatas pan dadar teflon atau diatas panggangan listrik atau di oven juga bisa. Bolak balik hingga daun agak kering..berarti otak-otak sudah matang. Sajikan otak-otak panas ini bersama sambel cocol kacang yang pedas mantab...hyumm, nyiamik pasti rasanya.

Serasa ada di pantai Anyer.. :)

Sabtu, 28 Januari 2012

Puding Labu Kuning



Bismillah...

Mau dimanfaatkan untuk berbagai masakan, atau untuk bahan campuran masakan...ternyata labu kuning atau sering kita sebut waluh ini sangat fleksibel, dan hasil masakan nyata benar rasanya pasti enak..legit, wangi khas labu kuning atau boleh juga dinamakan labu parang...tergantung masing-masing daerah memang beda nama.

Termasuk saya, sangat suka dengan rasa dan aroma khas waluh ini...dirumah saya sering membuat kue-kue dari labu kuning. Kadang dibikin bingka waluh, brownies waluh...bisa juga bakpao waluh, kolak waluh yang mantaff saat buka puasa. Dimasak sayur lodeh dan soup cream labu kuning enak juga...anak-anak seneng banget, dimakan hangat-hangat.  Dan selain itu bisa juga dibuat kue talam, atau puding. Naah...sekarang ini saya sedang membuat puding waluh yang lembut dan maknyeeess, makan puding waluh ini akan segera memulihkan badan yang lagi meriang adem panas, karena didalam buah waluh terkandung zat yang berefek mendinginkan suhu tubuh. He hee...begitulah kiranya.


PUDING LABU KUNING
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 sachet agar-agar putih swallow globe
150 gr gula pasir
50 gr gula palem (brown sugar)
400 ml air putih
250 gr labu kuning kukus yang sudah dihaluskan
400 ml santan kental (boleh pakai Kara/santan instan)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kuning telur

Bahan Vla:
15 gr tepung maizena
400 ml susu cair tawar
50 gr gula pasir (sesuai selera manisnya)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kuning telur
1/2 sdm mentega



Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu di dalam panci perebus yaitu bubuk agar-agar, gula pasir, gula palem, air, waluh, santan, garam, dan vanili bubuk, aduk hingga tercampur rata. Kemudian rebus diatas panas api sedang sambil terus diaduk.
2. Kocok lepas kuning telur, ambil dua sendok sayur campuran agar-agar yang sedang direbus dan tuangkan ke dalam kocokan telur...aduk hingga rata. Lalu tuangkan campuran kuning telur tersebut kedalam larutan agar-agar yang sedang direbus, aduk segera hingga bercampur rata. Tunggu hingga larutan agar-agar mendidih, angkat dan biarkan hilang uap panasnya sebentar.
3. Masukkan larutan agar-agar kedalam cetakan agar-agar/puding, diamkan agar dingin...baru dimasukkan kedalam lemari penyejuk/kulkas.
4. Hidangkan dengan saus atau vla vanila.

Cara Membuat Vla Vanila:
1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus...kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.
2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus...aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.
3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam wadah lain. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.




Happy Fun Cooking...for your family..

Pempek Adaan



Membuat pempek..sapa takuuut, yuk kita belajar membuat pempek ala wong kito (Palembang), he hee...kalo kita wong jowo jeeh, yo uwis ora opo-opo..gak ada yang nglarang ini. Ternyata pempek itu...banyak variasinya dan tiap variasi itu punya nama sendiri-sendiri.  Ada pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek lenggang, pempek adaan, pempek krupuk, pempek kulit, pempek tahu, dan pempek pistel.

Ikan yang sering dipakai untuk membuat pempek di kota asalnya sana di Palembang adalah ikan gabus dan ikan belida, juga ikan tenggiri. Apapun jenis ikannya, yang pasti untuk membuat pempek memang harus menggunakan ikan yang bermutu bagus..artinya ikan harus masih dalam kondisi segar/fresh dengan ciri-ciri antara lain daging ikan tidak berbau dan masih kenyal jika ditekan.

Kelezatan pempek sangat ditentukan bagaimana kita menguleni ikan, sebaiknya menguleni ikan selalu dalam keadaan ikan dingin. Pengulenan dilakukan dengan tangan apabila ikan dalam berat yang sedikit, atau dengan alat elektrik Food Processor jika ikan dengan berat yang lebih banyak. Pengulenan ikan harus sampai dalam keadaan benar-benar kalis/tidak lengket. Setelah kalis baru dicampur dengan tepung kanji, naah...saat pencampuran dengan tepung kanji inilah yang hanya boleh diaduk tanpa pengulenan, jika diaduk dan diuleni terlalu lama akan membuat adonan pempek liat, dan setelah matang akan menjadi pempek yang keras dan terlalu kenyal.

Satu lagi kelezatan pempek juga ditentukan oleh perbandingan bahan dasarnya, yaitu perbandingan antara ikan, tepung kanji/aci/sagu/tapioka dan perasa/bumbu. Dengan perbandingan yang seimbang dan tepat...maka akan diperoleh citarasa pempek yang sesuai dengan harapan kita, yaitu pempek yang berasa ikannya dan tidak amis, terasa lembut dan kenyalnya sopan...alias kalau digigit itu lentur tidak membal, he hee...kenyal koq pake sopan segala, ada ada aje si ibu ini.. :)

Itulah mengapa resep-resep dalam pembuatan pempek itu sangat banyak sekali dan bervariasi di berbagai media, tetapi saya yakin setiap orang pasti punya resep andalannya sendiri-sendiri.  Dan itu bisa diperoleh dari proses yang terus menerus dalam uji coba yang pantang menyerah. Walaah...koq jadi malah sok menjadi bu guru, nggak sih...hanya ingin berbagi pengalaman, semoga ini memberi manfaat.
Yuuk mari kita coba bikin salah satu dari variasi pempek...





PEMPEK ADAAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr daging ikan tenggiri yang sudah bersih dan halus
100 gr tepung tapioka
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada halus
1 butir telur
100 ml santan kental
1 batang daun bawang di iris halus

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
===> Haluskan kedua macam bawang ini, lalu tumis dengan sedikit minyak hingga matang kekuningan dan harum baunya.

Bahan Bubur Tepung:
15 gr tepung terigu (kurang lebih 1 sdm penuh)
100 ml air putih
===> Masukkan tepung terigu dalam panci kecil, tuangi air putih...lalu aduk rata dengan wisk. Masak larutan tepung terigu ini diatas kompor dengan panas api sedang. Aduk terus larutan tepung hingga mengental dan kalis..angkat, dan dinginkan.

Bahan Cuko:
700 ml air
300 gram gula merah yang bagus (bisa dicampur dengan gula aren)
4 sdm gula pasir
50 gram asam jawa
15 buah cabe rawit haluskan (sesuai selera pedasnya)
10 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam ( secukupnya )
1 sdm tongcay (jika ada)
2 sdm udang ebi kering haluskan
1 sdm cuka masak

Bahan Pelengkap:
Ketimun di potong kotak kecil
udang ebi kering yang disangrai dan dihaluskan
mie kuning/mie telur





Cara Membuat Pempek Adaan:
1. Uleni daging ikan tenggiri bersama bubur tepung, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk hingga tercampur rata.
2. Masukkan bumbu halus, telur, daun bawang dan tuangi santan sedikit demi sedikit sambil tetap diuleni hingga tercampur rata dan terasa lembut ditangan.
3. Tambahkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit, aduk dengan rata..lalu bentuk seperti bola-bola. Jika adonan terasa lengket di tangan lumuri kedua tangan dengan tepung tapioka untuk membentuk adonan menjadi bola-bola.
4. Goreng pempek adaan dalam minyak yang sudah panas hingga pempek adaan matang.
5. Sajikan pempek adaan dengan saus cuko dan pelengkap lainnya jika suka.


Cara Membuat Cuko:
1. Rebus air, gula merah dan asam jawa sampai mendidih dan gula larut, kemudian saring.
2. Rebus kembali cairan diatas dengan bawang putih, cabe rawit dan garam tambahkan udang ebi halus.
3. Masak sampai mendidih dan mengental. Tambahkan cuka masak, aduk hingga tercampur rata. Saring kembali jika suka dengan kuah cuko yang bersih.


Selamat mencoba yaa... ^_^

Jumat, 27 Januari 2012

Muffin Yogurt Strawberry


Saya suka banget minum atau makan yang mengandung yogurt, setiap hari saya selalu menyantap semangkuk yogurt plain dan sebotol kecil yogurt cair (disini disebut Laban). Dan Maisaa si little princess  saya aja juga sangat suka kalau disuapin yogurt (usia 9 bulan), alhamdulillah gak ada masalah dengan sistem metabolisme ekskresinya..alias lancar jaya.. :)

Minuman kesehatan...itulah sebutan buat yogurt, memang yogurt sangat baik dikonsumsi siapapun tak terkecuali. Bahkan baby umur diatas 6 bulan saja dibolehkan minum atau makan yogurt, karena dengan adanya bakteri bermanfaat yang terkandung di dalam yogurt tersebut akan membantu meningkatkan metabolisme fungsi alat cerna dalam tubuh kita...dan seterusnya dan selanjutnya, he he hee...lha dalah mau bikin kue koq malah jadi kuliah ilmu Biologi, ayulah kita berangkat nge-baking dan nyalakan oveeen... :)

MUFFIN YOGURT STRAWBERRY
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
125 gr mentega
125 gr gula halus
2 buah telur
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 gr yogurt rasa strawberry
3 buah strawberry di potong kecil-kecil


Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan gula halus dengan mikser dengan kecepatan rendah saja sampai gula halus dan mentega tercampur rata dan halus, tidak usah sampai mengembang.
2. Masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok.
3. Masukkan tepung terigu+baking powder (sebelumnya ayak dulu dengan saringan tepung) sedikit demi sedikit bergantian dengan yogurt dengan tetap dikocok.
4. Terakhir masukkan strawberry potongan, aduk pakai spatula pelan pelan.
5. Siapkan cetakan muffin yang sudah dialasi cup cake papper, tuangkan adonan 3/4 tinggi cetakan...jangan terlalu penuh.
6. Kemudian oven dengan panas 170'C selama 25-30 menit, atau sampai matang tergantung panas oven masing-masing. Mudah dan cepat...rasanya enak, manis agak asem-asem khas buah berry :)

Minggu, 22 Januari 2012

Takoyaki Beef Bolognaise



Bismillah...

Takoyaki...sebenarnya makanan kecil ini asalnya dari negeri matahari terbit (Japan), dan kalau menurut resep khasnya...banyak menggunakan bahan-bahan yang agak susah dicari dan kurang saya pahami. Yang saya tahu isian dari takoyaki biasanya beberapa macam/aneka sea food yang dikasih saus-saus dan bumbu dari negara asalnya.

Kalau takoyaki yang saya buat ini, saya hanya mengadopsi untuk adonan kulitnya ...dan untuk isian suka-suka saja mau diisi daging ayam atau ikan atau daging sapi, yang penting serasa makan takoyaki dan tentu saja sesuai selera lidah kita.

Waktu kemaren bikin Lasagna, masih saya simpan sedikit saus daging bolognaise...daripada memenuhi kulkas lebih baik didayagunakan dan akhirnya diolah jadi takoyaki ala ibu Ita. Rasanya seperti makan pizza cepluss...langsung hupp satu buah takoyaki masuk mulut, nyam nyumm... gak terasa bisa habis 6 biji. He he hee...




TAKOYAKI (Isi Beef Bolognaise)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Takoyaki:

Bahan A:
2 butir telur
1/4 sdt garam
1 sdt kecap asin
1 sdt saos tiram
1 sdt kaldu bubuk/blok
500 ml air

Bahan B:
200 gr tepung terigu
2 sdm penuh tepung maizena
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Bahan Isi:
1/2 buah bawang bombay cincang halus
1 siung bawang putih cincang halus
100 gr daging sapi giling
3 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada halus
1/2 sdt oregano kering bubuk
1 sdm minyak goreng untuk menumis
===> Saya menggunakan isian sisa dari saus daging merah waktu membuat Lasagna.

Bahan Pelengkap/Topping:
saos mayones
saos tomat
saos sambel


Cara Membuat Isi:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging sapi giling. Aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan saus tomat...garam, lada halus dan oregano. Aduk-aduk hingga rata sampai bumbu meresap dan daging matang. Sisihkan.

C:ara Membuat Kulit:
  1. Kocok Bahan A hingga tercampur rata.
Untuk air sebaiknya tidak dituang semua, sisakan sedikit (50 ml). Dipakai nanti kalau adonan masih terlalu kental setelah dicampur dengan Bahan B.
2. Tuang sedikit demi sedikit Bahan A ke dalam Bahan B sambil diaduk/dicampur hingga rata dan halus dengan wisker.
3. Istirahatkan sekitar 15 menit sambil menunggu cetakan panas.
4. Tuang di cetakan yang sudah dioles margarin. Biarkan hingga sisinya berkulit. Sendokkan isi, pakai sodet kecil yang tipis/pakai sumpit ketepikan pinggirkan adonan, tuang adonan. Dan biarkan setengah matang.., bentuk bulat dengan cara diputar-putar. Lalu biarkan matang. Lakukan sampai selesai semua.
5. Sajikan dengan topping saos sesuai selera.


#Step By Step Cara Mencetak Takoyaki:

A. Tuangkan adonan  hingga rata dengan cetakan.


B. Beri 1 sendok teh isian saus beef bolognaise, dan biarkan sampai pinggiran kue mulai mengering.


C. Lakukan seperti gambar dibawah ini, yaitu pinggirkan adonan seperti akan tumpah dengan menggunakan bantuan dua buah stik kayu es krim/sumpit.


D. Kemudian pada sisi ruang yang cekung itu tuangkan sedikit adonan, dan segera telungkupkan adonan yang sudah dipinggirkan tadi sehingga menutup seluruh permukaan kue.


E. Setelah terbentuk takoyaki bulat seperti gambar dibawah ini, tunggu beberapa saat agak berwarna kuning kecoklatan, jika sudah matang segera angkat.



5. Sajikan Takoyaki dengan bahan pelengkap, enak disantap saat masih hangat-hangat,  Lezatozz.. :)

Jumat, 20 Januari 2012

LASAGNA



Masih punya stok sekotak kardus pasta lasagna waktu beberes isi lemari persediaan di dapur, walah-walah...ternyata gak lama lagi hampir expired tinggal 2 bulan lagi. Maklum hobinya belanja..tapi giliran masaknya tertunda-tunda melulu. Udah beberapa kali diingatkan sama mbak Hasna, kapan sih mama mau bikinin Hasna lasagna lagi ??? ...he he hee...

Aduh mbak Hasna...kan baru sebulan yang lalu kalau gak salah mama bikin lasagna hijau (pasta lasagnanya berwarna hijau karena ditambahkan sayur bayam). Hasna kurang suka lasagna hijau...lebih enak yang biasa saja. Ya uwiss...hari ini mama usahakan ada waktu bikin lasagna lagi. Meski sedang flue berat (batuk mecicil bengek udah sebulan gak sembuh-sembuh), akhirnya dengan niat insun nyenengin anak maju tak gentar yuukk...turun ke dapur.



LASAGNA
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 bungkus (225 gr) pasta lasagna kering
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
2 liter air untuk merebus pasta

Bahan Saus Daging:
1 sdm minyak goreng
1 sdm margarin
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay sedang cincang halus
500 gr daging sapi giling
250 gr tomat, rebus dan ambil daging buahnya cincang halus
300 gr saus tomat
100 ml air
1 kotak kaldu blok rasa sapi (maggi, knorr)
1 sdm oregano bubuk
2 lembar bayleaf (kalau gak ada bisa diganti daun salam)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bahan Saus Putih Keju/Saus Bechamel:
50 gr margarin
30 gr tepung terigu
400 ml susu cair tawar
100 ml air
100 gr keju cheddar parut
1/2 sdt kaldu  rasa sapi
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk (bila suka)

#Gambar dibawah ini, sesaat lasagna sebelum dimasukkan ke dalam oven, pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dulu kurang lebih 15 menit sebelumnya...




Cara Membuat:
1. Panaskan air hingga mendidih, tambahkan mimyak goreng dan garam, rebus pasta lasagna kering hingga matang. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
2. Membuat saus daging: panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi giling, aduk rata hingga matang.
3. Tambahkan tomat cincang, saus tomat dan air. Bubuhkan kaldu blok, oregano, bayleaf, garam dan gula pasir. Masak hingga kental dan mendidih. Angkat..dan sisihkan.
4. Membuat saus putih keju/saus bechamel: panaskan margarin, masukkan tepung terigu, aduk rata hingga tepung matang dan kering. Tuangkan air putih sedikit demi sedikit dan aduk rata agar tidak bergerindil. Masukkan susu cair, keju parut, kaldu bubuk, lada bubuk...aduk hingga tercampur rata. Masak terus hingga mendidih dan mengental, lalu angkat. Siap untuk digunakan .

#Jika ingin lebih praktis atau lagi males bikin saus putih keju/bechamel dan bumbu saus bolognaise/saus merah daging sendiri di dapur, bisa pakai bahan instan seperti gambar dibawah ini. Mudah banget, rasa juga enak dan memang praktislah.. :)




5. Setelah semua yang diatas beres, siapkan pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung roti halus (yang biasa buat panir risoles), ini bertujuan agar nanti saat lasagna matang dan akan dipotong..hasil potongannya mulus tidak meninggalkan jejak dialas pinggan.
6. Susun pasta lasagna pada dasar pinggan, ratakan 1/2 bagian saus daging diatasnya, dan juga ratakan 1/3 bagian saus putih keju diatasnya . Kembali susun pasta diatas saus putih keju, kerjakan satu lapis lagi dengan sisa saus daging dan saus putih keju. Tutup dengan pasta lasagna lagi diatasnya, lalu tuangi lagi sisa saus putih keju, taburi dengan keju mozarella dan keju cheddar paurt. Letakkan potongan-potongan kecil mentega beku dibeberapa tempat menyebar diatas pasta lasagna.
7. Panggang dengan panas oven 180'C selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang kuning kecoklatan.

Happy Baking... :)

Senin, 16 Januari 2012

Pandan Cake



Sebenarnya ini hanya bolu atau cake pandan biasa saja, boleh dibilang sponge cake pandan begitulah ceritanya. Daripada kuenya polos tanpa berhias...dan ternyata masih punya sediaan butter cream dikulkas plus serutan coklat warna warni dan daisies flower waffer buat menambah cantik kuenya..maka jadilah seperti ini.

Cake pandannya saya poles dengan butter cream..yaah dekornya simple dan sederhana aja, lama sudah tak menyentuh dunia dekorasi cake semenjak tinggal di Kuwait ini. Dan memang saya kurang mendalami dalam hal dekor mendekor cake, makanya ya tidak mahir dalam urusan decorating cake...hanya sekedar bisa sebisanya jari-jari berekspresi saja. Tapi lumayan toh...he hee, alhamdulillah musti lebih niat tekun, banyak berlatih dan belajar.






BOLU PANDAN (Sponge Cake Pandan)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
7 butir telur
175 gr gula pasir
2 sdt SP (emulsifier)
150 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
30 ml santan (boleh santan instan)
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
70 gr margarin/mentega leleh

Bahan Butter Cream:
200 gr mentega putih/shortening (saya pakai Crisco)
200 ml susu kental manis
200 gr gula icing/gula halus

Bahan Hiasan Cake:
Suka-suka saja, apa yang ada di rumah boleh dipakai dan ditempelin di cake pandan.
===> kebetulan saya hanya punya persediaan coklat serut warna warni dan sekotak hiasan daisies flower wafer.




Cara Membuat:
1. Membuat butter cream: kocok mentega dan susu kental manis sampai adonan lemas dan mengembang agak pucat, masukkan gula icing/gula halus sedikit demi sedikit dan teruskan mengocok dengan mikser sampai adonan putih dan mengembang dua kali lipat. Sisihkan.
2. Membuat cake: kocok telur bersama gula pasir dan SP hingga putih dan mengembang, tandanya dengan memperhatikan jika diangkat baling baling miksernya adonan yang menempel di baling-baling sudah tidak jatuh kembali ke mangkok.
3. Jadikan satu bahan kering yaitu tepung terigu, tepung maizena, garam, vanili bubuk dan baking powder dalam suatu tempat/mangkok, lalu ayak hingga tersaring halus. Masukkan campuran tepung dengan tetap mengocok pakai mikser kecepatan rendah ke dalam adonan gula telur sedikit demi sedikit hingga semua tepung habis. Tuangkan pasta pandan dan sedikit pewarna hijau agar warna cake lebih hijau dan cerah. Mikser lagi dengan kecepatan rendah. Hentikan.
5. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan kedalam adonan cake sedikit demi sedikit dan aduk dengan spatula dari bawah/dasar mangkok kearah atas sampai margarin menyatu dengan adonan.
6. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm tinggi 7 cm atau loyang bulat diameter 22 cm, atau loyang kotak 20x20x7 cm juga boleh, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti..lalu olesi lagi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Tuangkan adonan cake ke dalam loyang.
7. Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang.
8. Jika sudah dingin silakan dekor sesuai selera,


Saya yakin karya anda lebih bagus dan Selamat berkreasi.. :)

Nugget Tahu Sayuran



Bismillah...

Dirumah saya sering membuat nugget sendiri, kalau ada waktu selalu menyempatkan diri untuk memproduksi nugget dengan berbagai rasa dan bahan. Apalagi dulu saat masih di Indonesia saya melayani katering makan siang anak-anak di sekolah SD Al Azhar Syifa Budi tempat anak sulung mas Nuha bersekolah.

Jadi setiap menu makanan untuk anak-anak saya persiapkan semaksimal mungkin, makanya bahkan untuk nugget, fried chicken, burger dan bakso saya tidak beli produk jadi di pasar tradisional maupun supermarket, tapi selalu membuat sendiri fresh from my lil kitchen. Itulah mengapa banyak ibu-ibu wali murid yang  mempercayakan makan siang anak-anaknya dengan memilih katering saya. Sebenarnya banyak katering lain kira-kira ada 4 lagi yang melayani makan siang anak-anak di sekolah. Demi kualitas masakan dan faktor tenaga yang minim, saya sangat membatasi jumlah lunch box yang saya kirim, karena tidak mau nantinya malah terbengkalai gara-gara menerima banyak costumer.

Membuat nugget sendiri itu sangat mudah koq, semua bahan jika sudah ready tinggal dicampur jadi satu terus diblend di alat Food Processor agar adonan halus dan licin. Untuk itu memang sebaiknya kita memiliki alat elektrik Food Processor ini, masalahnya bila tanpa alat FP, hasil adonan nugget tidak akan halus dan rata. Baiklah ...sekarang mari kita coba buat nugget yang padat gizi yuukk, InsaAllah anak-anak kita menyukainya.




Nugget Tahu dan Sayuran
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ayam giling
100 gr tahu putih dihancurkan
100 gr wortel parut kasar
100 brokoli potong kecil
100 daun sawi/bayam iris kasar
50 gr tepung maizena
4 lembar roti tawar rendam dalam 100 ml susu cair tawar
3 butir telur
1 tangkai daun bawang iris kasar
1 tangkai daun seledri iris kasar
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdm gula pasir (secukupnya)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
---> Tumis dengan margarin/minyak goreng hingga matang dan harum

Bahan Baluran/Bedak:
100 gr tepung terigu (secukupnya)

Bahan Celupan Nugget:
2 butir telur kocok lepas
3-5 sdm tepung terigu
sedikit garam
150 ml air (secukupnya)
===> Aduk semua bahan diatas hingga rata dan halus

Bahan Panir:
200 gr tepung roti kasar (panko)


Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan dan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam alat Food Processor. lalu blender dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 5 menit sampai adonan halus dan licin. Rasakan jika kurang asin dan manisnya silakan ditambahkan bumbu lagi.

Di bawah ini adalah alat elektrik Food Processor saya yang sudah agak jadul, tapi yang penting fungsinya sangat diandalkan sebagai asisten pribadi di dapur.




2. Masukkan adonan ke dalam loyang persegi, boleh pakai box aluminium foil atau pyrex tahan panas, atau kotak plastik tahan panas. Sebelumnya olesi loyang dengan minyak dan alasi plastik..oles minyak lagi, baru tuangkan adonan ke dalam loyang. Kukus hingga matang.
3. Jika adonan nugget sudah dingin potong-potong atau cetak dengan berbagai bentuk sesuai selera, baluri atau bedaki nugget dengan tepung terigu, lalu celupkan kedalam larutan pencelup dan gulingkan ke dalam tepung roti kasar. Lakukan untuk semua nugget hingga habis dipanir. Jadinya seperti gambar dibawah ini, dengan berbagai bentuk nugget tahu sayuran yang sudah siap dimasukkan dalam freezer.




4. Kemas nugget dalam wadah kedap udara berjajar rapi dan bila akan menumpuk nugget untuk setiap lapisnya beri plastik agar tidak menempel. Kemudian simpan dalam freezer, siap digoreng sewaktu-waktu jika kita mau mempersiapkan makan anak-anak, cukup mudahkan membuatnya...^^


Selamat Mencoba...

Minggu, 15 Januari 2012

Soto Mie Ayam


Udara yang dingin semriwing gini jadi bawaannya kepengen maem muluuu...dan sangat males keluar rumah, lebih nyaman dirumah. Tapi mustinya ada menu yang berkuah-kuah hangat gitu.., biasanya suka bikin bakso, sup cream ayam, rawon, atau soto...waah, pasti mantaabb. Atau kadang bikin wedang tape, wedang jahe atau wedang teh juga tiap hari kali...ha ha haaa...

Pikir-pikir bikin bakso dan rawon udah hampir sering laah...gimana kalau sekali-sekali bikin soto mie. Tapi soto mienya pakai daging ayam aja..masalahnya mbak Hasna kurang suka sama daging sapi. Katanya bikin aku sakit gigi...dagingnya suka ikut ribut ngeganggu gigi Hasna, maksudnya nyelip disela giginya..makanya dia paling gak mau kalau udah seperti itu. Okelah sweeties honey...daging sapinya diganti daging ayam tetep enak koq, yang pentingkan ada kuah kaldunya...dan yang pasti bumbu harus kerasa khas soto kan???... :)

Soto Mie Ayam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam belah jadi 4
1 sdm air jeruk nipis/lemon
10 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
3 lembar daun salam
3 batang serai digeprek
3 cm lengkuas digeprek
2500 ml air
2 buah kaldu ayam blok (maggi, knorr)
1 sdm garam (secukupnya)
2 sdt gula pasir (secukupnya)
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 butir bawang putih
1 1/2 sdt merica/lada
3 cm jahe kupas
3 cm kunyit
5 butir kemiri
4 buah cabe merah besar buang isinya

Bahan Pelengkap:
150 gr mie kering yang direbus
150 gr bihun diseduh lalu dipotong-potong
10 - 15 buah kroket/risoles kampung
===> Resep kroket kampung bisa dilihat di postingan terdahulu yaitu di *disini*
300 gr kol diiris kasar agak tipis
4 buah jeruk limau/nipis
4 tangkai daun seledri iris halus
2 batang daun bawang iris halus
2 buah tomat sedang iris tipis
Bawang goreng
Kecap manis
Sambel cabe rawit/sambel botol




Cara Membuat:
1. Remas-remas ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis/lemon. Sisihkan.
2. Tumis dengan minyak goreng panas bumbu halus hingga matang dan harum.
3. Panaskan air di panci hingga mendidih, masukkan ayam, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Masukkan pula bumbu halus. Rebus lagi hingga air mendidih dan ayam mulai empuk.
4. Masukkan kaldu blok, garam dan gula pasir..aduk-aduk hingga tercampur rata. Cicipi kuahnya..sudah cukup enak belum rasanya, segera ambil daging ayamnya dan goreng diminyak panas sedang. Kemudian setelah daging matang, suwir-suwir daging ayamnya.
5. Sajikan soto mie ayam dalam mangkok bersama bahan pelengkapnya...dan siram dengan kuah panas, hmm...nyam nyam sedaaap. Happy Cooking...

Sabtu, 14 Januari 2012

Thom Yam Goong



Sup Thom Yam masakan khas dari negeri gajah putih yang populer seantero dunia ini sebenarnya mirip sayur asem kali yaa...kalau di Indonesia. Cuma seringnya bahan-bahan untuk isian thom yam adalah macam-macam sea food dan sedikit ditambahkan sayuran seperti kembang kol atau brokoli dan wortel.

Rasa Sup Thom Yam dominan asam, pedas dan ber-aroma rempah-rempah yang tajam...dari aroma daun serai, daun ketumbar dan daun jeruk yang kental semakin membuat kuah Thom Yam bercitarasa segar asam pedas menjadi satu dan berefek menghangatkan tubuh.

Kami sekeluarga sangat menggemari masakan yang berasal dari Thailand ini, kadang2 kalau ada waktu saya memasak sendiri, sesekali pernah mencicipi hidangan Thom Yam di resto-resto Thailand untuk mengasah lidah dan merasakan agar jika di rumah kelak bisa membuat masakan ini selezat citarasa ala resto negeri Thom Yam ini.

Dulu waktu masih di Indonesia, saya pernah membaca di majalah kuliner/masakan yang sudah jadi langganan saya tiap terbit...disitu ada seorang chef tapi namanya siapa yaa, sudah di-ingat2 tapi koq lupa beneran. Sepertinya beliau terkenal sekali kala itu, suka muncul di TV juga koq. Di majalah tersebut diterangkan bahwa untuk membuat Thom Yam, jika gak punya atau tidak ada pasta Thom Yam...bisa dibuat sendiri pasta Thom Yam-nya. Naah...ini yang masih terus saya ingat, membuat pasta Thom Yam itu ternyata cukup mudah dan bahan-bahannya gak susah dicari. Pokoknya gampang deh...nanti saya tuliskan resepnya, semoga cocok yaa..


Thom Yam Goong
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
350 gr udang, buang kepala dan belah punggung
===> Karena anak2 dirumah tidak suka udang berkulit, maka saya kupas kulit udangnya.
Kulit dan kepala udang saya rebus terpisah untuk dibikin kaldu.
100 gr jamur merang, belah dua
2 buah kepiting segar siangi dan rebus setengah mateng
100 gr cumi yang sudah bersih potong-potong bulat
1 buah diiris bulat agak tebal
100 gr kembang kol potong perkuntum kecil-kecil
5 cm jahe iris tipis
3 cm lengkuas iris tipis
7-10 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
5 batang serai ambil bagian putihnya iris serong tipis
10 buah cabe rawit merah boleh dimemarkan kalau suka pedas
3 sdm kecap ikan
1 sdt garam (secukupnya)
3 sdm air asam (secukupnya)
3 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
1 000 ml air kaldu ayam/kaldu kulit kepala udang/air putih biasa
500 ml santan kental/instan
100 ml krim kental/thick cream

Bumbu Pasta Thom Yam Bikin Sendiri:
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 sdm ebi, seduh dgn air panas dan rendam sesaat
5 buah cabe kering
5 sdm minyak goreng untuk menumis

#Kalau ingin lebih praktis dan mudah, atau males bikin pasta thom yam sendiri, bisa saja beli pasta instan. Pasta ini tersedia di toko/supermarket asia. Dan memang pasta instan ini didalamnya sudah komplit bumbu dan rempah-rempahnya, jadi kita tinggal cemplang cemplung langsung mateng deeh.
Dibawah ini saya tunjukkan A. Pasta bikinan saya sendiri dan B. Pasta instan yang saya beli di supermarket Asia (Al Bahah) Fahaheel, Kuwait.




Cara Membuat:

Bumbu pasta Thom Yam:
Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah, bawang putih, ebi dan cabe kering sampai harum. Angkat dan tiriskan. Haluskan dengan cara diuleg atau diblender silakan saja.
Bisa dibuat lebih banyak dan masukkan dalam toples transparan/kaca, kemudian disimpan didalam lemari es, untuk stok sup Thom Yam lagi.

1. Rebus air kaldu sampai mendidih, tambahkan bumbu halus (pasta Thom Yam), aduk rata.
2. Masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk, serai dan cabe rawit merah. Rebus sampai harum.
3. Masukkan kepiting, udang, cumi-cumi, jamur merang, wortel dan kembang kol, aduk sampai sea food berubah warna.
4. Masukkan santan, kecap ikan dan garam, didihkan hingga semua bahan didalam kaldu matang dan empuk. aduk-aduk agar santan tidak pecah.
5. Tuangkan air jeruk lemon dan air asam, aduk lagi. Masukkan daun ketumbar..aduk lagi sampai rata.
6. Tuangkan krim kental, untuk memperkuat rasa gurih sayur ini...aduk-aduk hingga tercampur rata. Angkat lalu hidangkan dimangkuk saji.

Jumat, 13 Januari 2012

Ayam Goreng Saus Mentega


Ayam maning..ayam maning, gak ada bosen sama yang namanya si ayam kukuruyuk ini. Mudah diperolehnya juga gampang mau dimasak model apa aja...dan lagi pula yang utama seisi rumah doyan semua dengan menu masakan berbahan ayam.

Diantaranya ya inilah, ayam goreng saus mentega, bikinnya sambil merem juga mateng deeh, haiyyaa... aneh aneh aja masak sambil merem...mimpi kalii !!!... yang ada ayam masih ngetangkring di kulkaslah.. :)

Yuuk mariii...kita masak ayam goreng saus mentega, sebenarnya gak usah banyak-banyak pakai mentega lho...karena nanti pas ayam udah dingin menteganya ikut tidur alias membeku, jadi mesti angetin lagi. So...mentega cukup satu atau 2 sendok makan aja, sisanya pakai minyak goreng dan bumbu-bumbu lain. rasa ayam goreng mentega ini manis dan gurih khas mentega.

Ayam Goreng Saus Mentega
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong kecil jadi 16
1 sdm air jeruk nipis/lemon
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang iris tipis panjang
3 siung bawang putih digeprek dan cincang kasar
1 buah paprika ukuran sedang potong tipis panjang
1/2 buah wortel iris tipis panjang
1 sdm kecap asin
4-5 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
2 sdm saus tomat
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir
1 sdm mimyak wijen
3 sdm minyak goreng
2 sdm mentega tawar
3 sdm air matang

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan air jeruk nipis/lemon, beri garam dan bawang putih cincang halus, aduk-aduk hingga tercampur rata, diamkan sekitar 15 menit.
2. Goreng ayam dengan minyak goreng hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
3. Panaskan minyak goreng dan mentega, setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Masak hingga bawang kekuningan...masukkan ayam goreng, jahe, minyak wijen, lada bubuk, wortel dan paprika, aduk hingga rata.
4. Tuangkan saus tiram, saus tomat, kecap asin dan kecap manis. Aduk-aduk hingga ayam terbalut bumbu, tambahkan garam, gula pasir dan air matang 3 sendok makan. Aduk-aduk lagi hingga semua tersalut dengan bumbu...rasakan sudah cukup enak belum rasanya, pas manis asinnya belum. Jika sudah sesuai selera lidah..angkat dan hidangkan.

Selamat Memasak..happy cooking friends, see you next... :)

Ayam Goreng Mudah


Kenapa ayam goreng yang satu ini saya kasih label judul "Ayam Goreng Mudah"...?, awalnya sebenarnya hanya karena masak yang terburu-buru dikejar hantu..eits, bukanlah...maksudnya ingin mencari kepraktisan dan masak yang cepat dan mudah buatnya..itu saja, karena memang lama-lama ngoprek di dapur kan juga bosan. Masih banyak urusan pekerjaan lain yang menanti, iya betul kaan...begitulah adanya :)

Maka itu dia...dalam keadaan diburu waktu bentar lagi anak pulang sekolah, masih harus wara wiri urus si baby yang 8 bulan...buat bikin maemnya juga. Karena kesukaan si mbak Hasna itu ayam goreng, mau dibumbuin apa-apa aja pokoknya asal ayam yang digoreng pasti mau dan sukaa (tapi memang ayam goreng ini khas saya sekali, dijamin mudah buatnya dan enak rasanya)...okkey mari kita berlaga di dapur  jebrass jebruss bruss bumbuin ayam dan goreng-garing sring...kelar dah, ha haa...

Ayam Goreng Mudah
Resep: Ita-DapurgriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam dipotong kecil jadi 16
1 sdm air jeruk nipis.lemon
1 sdt garam
3 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
1/2 sdt baking powder

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
3 cm jahe

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan air jeruk nipis dan garam.
2. Masukkan bumbu halus, remas-remas hingga ayam layu...masukkan tepung terigu, tepung maizena dan baking powder kedalam ayam, aduk-aduk sampai semua tercampur merata. Diamkan ayam selama kurang lebih setengah jam.
3. Kemudian goreng ayam dengan minyak yang cukup banyak dan panas, goreng hingga garing..kuning kecoklatan. Angkat dan hidangkan dengan sambel terasi atau sambel botol dan lalapan segar. Mudah banget, meski sederhana bumbu...tapi untuk rasa ditanggung gak akan bilang ah biasa saja...bener koq, menurut saya sih enak tenan.

Udang Bakar Madu


Sedang ada stok udang di dalam freezer, tapi udangnya gak begitu besar-besar...ya sudah tak apalah yang penting ada udang. Lagi pengen masak udang bakar madu...agak beda dari biasanya yang seringnya udang cuma digoreng ala tempura atau digoreng tepung, karena emang itu kesukaan anak-anak dirumah.

Lebaran kemaren kita pernah nyoba makan bareng di resto saung Mang Engking di Jogja, udang bakarnya emang juara banget, anak-anak langsung suka dan habis dua porsi. Masih terngiang-ngiang rasanya, beberapa kali udah saya coba buat udang bakar ala Mang Engking dan kata mbak Hasna dan papanya udang bakar mama enak..seperti udang bakar Mang Engking deeh, hiyaaa...bersurak hore-hore saya. Ternyata bisa juga dan berhasil..berhasil... :)

Udang Bakar Madu
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg udang berukuran agak besar, buang kepalanya, belah punggungnya
1 sdm air jeruk nipis/lemon
5 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay potong dadu kecil
3 cm jahe digeprek
3 sdm saus tomat
2 sdm saus cabe (kalau suka agak pedas, boleh ditambah)
1 sdm gula palem/gula merah
2 sdm kecap manis
3 sdm madu
1 sdt lada halus
1 sdt garam (secukupnya)
4 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
1 sdm margarin/mentega
lidi sate secukupnya


Cara Membuat:
1. Lumuri udang yang sudah cicuci bersih dan dibelah punggungnya dengan air jeruk nipis/lemon, aduk-aduk biar merata, dan diamkan kurang lebih 15 menit.
2. Panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe..hingga layu dan harum. Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna kemerahan. Tuangkan minyak wijen, madu, kecap manis, saus tomat, dan saus cabe. Beri lada halus, garam dan gula palem..aduk-aduk hingga semua udang terbalut rata oleh bumbu. jangan terlalu lama memasak udang, nanti udang akan terlalu keras jika sudah dibakar.  Segera angkat dan matikan api kompor.
3. Tusuk-tusuk udang pada lidi sate isi sekitar 3 buah udang, lalu bakar diatas panggangan sambil diolesi sisa bumbu. Di balik-balik agar tidak terlalu gosong, angkat dan hidangkan dengan sedikit siraman bumbu diatas udang bakar. Mantaabb euy... :)

Rabu, 11 Januari 2012

Ayam Bakar Kecap Favorit Keluarga


Kalau saya masak ayam bakar kecap ini langsung teringat mas Nuha si sulung yang sedang nyantri dan sekolah di PPM Gontor di Indonesia. Menu satu ini yang paling dia sukai sepanjang masa hingga detik ini, kalau di Cilegon langganan mas Nuha di rumah makan Sri Rejeki dan rumah makan Top Ten. Ayam bakar kecapnya memang sangat khas dan mantabb banget bumbunya, manis dan agak pedaass gitu...warna ayamnya itu sampai coklat kehitaman dan disiram bumbu tumisan/saus yang berasal dari kaldu hasil ungkepan ayamnya...wich, mas Nuha kalau sudah menghadapi ayam bakar kecap Sri Rejeki sama Top Ten bisa habis dua porsi sekali makan..lapaar apa doyan to mas maass???...yo wis gak apa-apa, kan di pondok gak pernah makan ayam kayak gini Mama..he hee, Iya betul... ^_*

Untuk bisa membuat ayam bakar kecap ala Sri Rejeki ini, dulu sudah dipraktekan berkali-kali..diuji coba berulang-ulang tapi rasanya belum aja pas dan belum mirip juga dengan yang di Sri Rejeki. Gak bakal menyerah saya kalau belum bisa menyamai rasanya, di coba-coba terus meramu resep ayam ini. Dan alhamdulillah sudah mulai mendekati citarasanya..dengan ayam bakar kecap yang rumah makan Sri rejeki, dan yang penting anak-anak menyatakan ayam bakar kecap mama top markotop kayak yang beli di Top Ten, hi hi hii...senangnya hati saya disanjung anak. Makin rajinlah nguplek di dapur, ini resepnya yang sudah sering saya masak... :)

Ayam Bakar Kecap
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong jadi 4 ukuran sedang
Saya dan anak-anak suka sayap ayam
1 sdm air jeruk nipis
2 batang serai
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas digeprek
3 cm jahe digeprek
7 sdm kecap manis yg berwarna hitam pekat (saya pakai cap bango)
2 sdm gula merah yg disisir halus
2 sdt garam (secukupnya)
1 sdm air asam (dari 2 mata asam direndam air panas)
250 ml air kelapa
250 ml air putih panas
4 sdm minyak goreng (boleh pakai minyak zaitun, lebih sehat)

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir cabe merah besar
1 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jinten sangrai
1/2 sdt merica
5 butir kemiri sangrai

Cara Membuat:
1. Cuci dan bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan remas-remas hingga ayam lemas. Sisihkan
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng, aduk-aduk sampai bumbu halus matang dan harum. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe dan lengkuas, sambil diaduk lagi. Masukkan ayam balik-balik hingga ayam berubah warna, tuangkan air kelapa. Biarkan ayam masak dan tutup sebentar pancinya.
3. Buka tutup pancinya, masukkan kecap manis, garam, gula merah dan air asam, aduk-aduk hingga ayam empuk dan matang berwarna coklat hitam, kalau air sudah menyusut boleh diangkat. Matikan api kompor. Ayam siap dibakar..
4. Ambil ayam dari panci dan letakkan diwadah lain. Sisa bumbu ungkepan ayam direbus lagi dengan menambah air putih panas. Rasakan apakah sudah terasa asin dan manisnya atau masih kurang terasa..bisa ditambah garam dan kecap, masak hingga mendidih dan agak mengental. Siap untuk dijadikan olesan ayam bakar dan kuah saat penyajian.
5. Siapkan alat pembakar/panggangan/oven juga boleh, bakar hingga ayam berubah warna lebih gelap dan matang beraroma khas ayam yang dibakar, hidangkan dipiring saji dan tuangi saus dari bumbu ungkep...yummy deh, bikin laper aja.

Selamat mencoba ya...

Selasa, 10 Januari 2012

Soun Goreng Cabe Hijau


Masakan soun goreng ini adalah salah satu favorit saya...kenapa begitu, awalnya karena waktu masih kecil dirumah ibu suka memasak soun yang digoreng dan diberi kecap yang banyak sama dikasih irisan cabe ijo yang banyak (cabe ijo besar, jadi gak terlalu pedas walau banyak), jadi warnanya agak kecoklatan dan rasanya manis gurih agak pedass. Cukup dengan lauk soun goreng ini sama nasi hangat...wuuih rasanya seperti makan makanan yang mewah aja, untuk melengkapi faktor gizi paling-paling ntar suka ditambahin telur dadar yang digoreng tipis dan dipotong rawis. Tapi yang penting makannya kami anak-anak saat itu lahap banget.., kan masakan ibunda sendiri pasti yang ternikmat didunia, he hee..

Mari-mari kita sekarang masak soun cake ijo plus yang dikasih kecap manis, sangat cocok dimakan pakai nasi uduk nih...tinggal nambahin kering tempe teri jadi muantab tenan :)

Soun Cabe Ijo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr soun direndam air mendidih selama 3 menit, tiriskan
3 lembar daun kol iris kecil panjang
1 batang daun bawang iris serong tipis
1 batang daun seledri iris kecil
1 buah wortel iris kecil memanjang (spt korek api)
6 buah cabe hijau besar iris serong agak tebal
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan (kalau suka)
1 sdm minyak wijen
4 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula halus
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas dan ditiriskan
1 sdt lada bubuk

Cara Membuat:
1. Setelah soun ditiriskan, tuangi minyak goreng...aduk hingga rata agar tidak lengket. Tuangkan kecap manis dan aduk lagi soun hingga semua tercampur rata...soun jadi berwarna kecoklatan.
2. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng, aduk hingga bumbu berubah warna dan harum. Masukkan cabe hijau, wortel dan sayur kol. Aduk lagi hingga campur bersama bumbu halus.
3. Tuangkan minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan, aduk lagi. Masukkan soun, daun seledri dan daun bawang, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk- aduk hingga semua bercampur merata. Cicipi rasanya sudah sesuai belum dengan selera lidah kita, jika kurang manis boleh ditambah kecap manis lagi sekitar 1-2 sdm. Aduk lagi hingga campur rata dan matang. Lalu angkat dan sajikan hangat dipiring datar.

Sabtu, 07 Januari 2012

Ayam Goreng Kremes Tulang Lunak



Kangen makan ayam goreng tulang lunak, ini judulnya...he hee..., udah lama banget gak bikin ayam goreng presto. Masalahnya sejak tinggal disini saya belum pernah nemu warung yang jual ayam goreng presto, dan lagian saya waktu itu belum beli panci prestonya, alhamdulillah sejak punya panci tekan listrik...jadi rajin deh bikin masakan yang bertulang lunak-lunak. 

Beberapa minggu yang lalu sudah bikin bandeng presto, sekarang mumpung hari sabtu dan keluarga dirumah semua, mau bikin menu agak istimewa ceritanya..masak Ayam Goreng Tulang Lunak dan berkremes-kremes ria, asyiik...pasti bakal laris manis :)

AYAM GORENG KREMES TULANG LUNAK
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan




Bahan:
1 ekor ayam ukuran sedang belah dadanya, lebarkan
1 sdm air jeruk nipis
4 batang serai digeprek
5 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas digeprek
1 sdt ragi instan
1 sdm garam
1/2 sdt gula pasir
2 lembar daun pisang
300 ml air panas

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe segar
2 cm kunyit segar
1 sdt ketumbar sangrai
5 buah kemiri sangrai

Bahan Kremesan:
70 gr tepung beras
30 gr tepung sagu/tapioka
300 ml air kaldu sisa dari ayam yang dipresto
===>Jika air kaldu kurang dari 300 ml, tambahkan dengan air matang
1 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1 sdt air kapur sirih

Cara Membuat:

1. Remas-remas ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, lalu letakkan ayam dalam suatu wadah dan lumuri ayam dengan bumbu halus hingga rata. Diamkan kurang lebih selama 4 jam.




2. Siapkan panci presto, tata selembar daun pisang sebagai alas..lalu letakkan lagi selembar daun pisang secara bersilangan. Taruh serai berjajar diatas daun pisang, kemudian tata diatasnya lagi dengan daun salam, daun jeruk dan lengkuas.




3. Masukkan ayam yang sudah diperam dan dilumuri bumbu kedalam panci presto, tuangi air panas. Rasakan sudah sesuai belum asin dari kuah ayamnya, jika kurang taburkan sedikit garam. Tutup panci dengan penutupnya. Presto dengan lama waktu kurang lebih 1 1/2 - 2 jam..tergantung kemampuan panci presto masing-masing.




4. Jika sudah selesai waktu prestonya, tunggu hingga panci presto berhenti berdesis...tanda uap panas dalam panci sudah habis keluar. Biarkan ayam didalam panci dingin dulu, baru diangkat dengan memegang kedua ujung daun pisang..ambil ayam yang sudah lunak tulangnya dengan hati-hati. Taruh dipiring datar..lalu potong jadi empat jika ingin ayamnya tidak digoreng secara utuh.
Cara menggoreng ayam, dengan mencelupkan ayam ke dalam kocokan telur atau air yang dicampur tepung bumbu jadi. Ini bertujuan supaya ayam tidak hancur pada saat digoreng.

5. Membuat kremesan ayam: campur semua bahan kremesan menjadi satu dalam wadah, aduk-aduk hingga semua tepung larut dan licin. Rasakan jika kurang asin tambahkan garam. Goreng larutan kremes dengan cara menuangkan sesendok sayur larutan kremes ke dalam minyak goreng yang cukup banyak dan panas secara menyebar mengelilingi minyak goreng.

#Cara memasak kremesan ayam step by step sudah saya jelaskan di postingan terdahulu tentang resep "Sayap Ayam Goreng Kremes Bumbu Ketumbar".
 




6. Simpan kremesan ayam dalam toples, jadi tak repot lagi bikin kremesan..bila sewaktu-waktu masak ayam goreng sudah ada stok kremesan ayam untuk ditaburkan diatas ayam dan nasi hangat, hmm..nyam nyam.. gurih kriukk kriukk.. :)

Proll Tape Singkong



Minggu kemaren iseng-iseng bikin tape dari singkong, beli singkongnya di supermarket Asia. Alhamdulillah baru pertamanya saya membuat tape singkong...dan ternyata berhasil dengan manisnya. Tape singkongnya manis banget, cihuiii...besok2 bikin lagi pastinya, secara disini memang gak akan punya tape singkong kalau gak buat sendiri.

Kepingin makan cemilan kue yang berbahan tape singkong...akhirnya tape singkongnya saya sulap jadi proll tape. Kangen banget sama proll tape, udah lamaaa....sekali gak bikin kue ini.


Proll Tape Singkong
Source: Tabloid Saji, Edisi lama lupaa yang keberapa...
(resepnya saya potongin dibuat klipping)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500-600 gr tape singkong, haluskan buang seratnya
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
3 butir telur
100 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
100 ml air santan/susu cair (saya lebih suka pakai susu cair, lebih praktis)
100 gr margarin dilelehkan
1 kuning telur kocok lepas untuk olesan
30 gr almond slice/keju parut juga bisa

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu tape singkong, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk hingga gula larut, tambahkan telur. Aduk rata kembali.
2. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata, tambahkan air santan/susu cair dan margarin leleh. Aduk rata kembali.
3. Tuang di loyang kotak ukuran 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas roti. Taburi bagian atas proll tape dengan almond slice.
4. Oven dengan suhu 180'C dengan api bawah selama 25 menit, keluarkan loyang dan olesi dengan kuas permukaan cake dengan kuning telur. Oven lagi sampai matang dengan permukaan yang berwarna kuning emas kecoklatan.


# Tips: membubuhi kuning telur pada kue jangan dioles dengan keras, cukup ditekan tekan ringan saja dengan kuas berbulu halus, supaya almond tidak rontok atau lepas.

Cilok dan Cireng



Untuk membuat cilok yang empuk dan kenyal, harus bisa menentukan perbandingan antara tepung tapioka dan tepung terigu. Disamping itu kadang2 saya juga menggunakan santan yang tidak pekat (encer, sisa perasan santan kental) untuk pembuatan cilok ini. Tetapi lebih seringnya pakai air putih biasa aja, memang aslinya kan gak pakai santan, dan kalau ada malah boleh pakai air kaldu (ayam, udang, daging) jadinya makin nendang rasa ciloknya. Ini hanya ide saya aja...kalau pakai santan itu lebih melembutkan adonan, dan memberi citarasa lebih gurih.

Biar ada kandungan nilai gizi yang baik, tidak semata-mata karbohidrat saja...maka sengaja saya tambahkan dalam ciloknya isian keju cheddar yang dipotong kubus kecil. Atau kadang juga saya isi dengan potongan sosis...bisa juga diisi dengan abon sapi/ayam atau potongan bakso. Jadi bervariasi yaa...enak pula, he hee...

Oh iya, resep cilok ini bisa juga diaplikasikan jadi resep cireng lhoo...saya sudah coba, dan hasilnya cireng lumayan enak. Tidak keras, tapi teksturnya kenyal dan lembut ...jadi sekali mendayung dua pulau terlampaui, satu resep bisa jadi dua model cemilan..cilok dan cireng. Yuuk kita tinjau resep cilok saya..


CILOK ISI KEJU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih/santan encer mendidih
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:

1. CILOK: campur menjadi satu tepung terigu, bawang putih halus, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas kedalamnya. Aduk dengan sendok kayu hingga adonan tepung menggumpal jadi satu, kemudian baru tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan sampai semua tepung tapioka habis dituang. Jika adonan sudah tidak lengket ditangan dan tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya. Boleh ditambah air panas sedikit jika dirasa adonan masih keras.

2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.

3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih halus dan cabe merah halus dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.

4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.

5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas dan manisnya.




6. Foto di atas adalah adonan cilok yang saya buat sebagian menjadi Cireng, dibentuk seperti pastel. Untuk isinya bisa apa aja..bisa isi daging, kornet atau isian dari risoles (ragout ayam sayur), kebetulan saya masih simpan isian bihun waktu bikin kroket kampung...ya sudah dimanfaatkan saja, dimasukkan ke dalam adonan cireng...jadilah seperti itu, Aci di Goreng isi soun. He hee...rasanya enaak, kenyil-kenyil tapi empuk deeh.

Selamat Mencoba...

Bitterballen


Bikin cemilan bitterballen ini sangat mudah dan gak pake lama-lama, mirip adonan kroket..hanya beda dibentuknya saja. Kalau kroket dibentuk oval, maka bitterballen dibentuk bulat. Kali ini saya bikin bitterballen yang berasa keju, ditambah isian ayam dan sayuran...agar cemilan ini padzi, padat gizi. Sengaja dibikin untuk menu camilan anak-anak yang sedang belajar ngaji TPA di rumah.

Bitterballen
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 sdm margarin/mentega
2 sdm minyak goreng
1 buah bawang bombay ukuran sedang cincang halus
2 siung bawang putih haluskan
100 gr tepung terigu
1 buah wortel potong dadu dan rebus
50 gr kacang polong beku (jika suka)
100 gr daging dada ayam rebus potong kecil atau
100 gr kornet sapi juga boleh saja
300 ml susu cair tawar
100 gr keju cheddar parut
3 lembar roti tawar sobek kecil-kecil
1/2 sdt garam (secukupnya)
1 sdt lada halus
2 sdm gula pasir
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1 batang daun bawang iris halus
2 batang daun seledri iris halus

Bahan Panir:
2 butir telur kocok lepas
150 gr tepung panir kasar/panko




Cara Membuat:
1. Panaskan margarin dan tambahkan 2 sdm minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga kuning dan harum.
2. Masukkan daging ayam, wortel, dan kacang polong, aduk-aduk hingga campur. Masukkan tepung terigu kemudian aduk hingga tepung bergumpal bercampur dengan sayuran.
3. Tuangkan susu cair, aduk hingga campur rata. Masukkan roti tawar, keju parut, daun bawang, daun seledri, kaldu bubuk, garam, lada dan gula. Aduk hingga adonan campur rata dan meletup-letup. Jika adonan sudah matang licin dan kalis, segera angkat.
4. Bentuk adonan bulat-bulat, masukkan ke dalam tepung panir secara merata. Celupkan ke kocokan telur, lalu masukkan lagi ke tepung panir, ratakan. Begitu seterusnya sampai adonan selesai dipanir, lanjutkan untuk menggoreng hingga kuning keemasan, tiriskan. Dan sajikan hangat dengan sambel botol atau saus tomat.. :)

Buttercake Keju Cheddar


Seperti biasa setiap mendapat giliran ketempatan ngaji anak-anak TPA di rumah selalu agak dibingungkan dengan menu cemilan yang akan disuguhkan buat anak-anak. Anak-anak lebih suka disediakan makanan ringan yang rasanya asin dan gurih, kalau untuk makanan atau snek yang berasa manis...agak kurang laku alias anak-anak suka nggak mau ambil. Kan sayang kalau utuh..gak dicowel sama sekali, cape dee.. :)

Tapi kayaknya kalau dibikinin cake yang agak beda dari biasanya barangkali mau yaa..., yang simpel aja dan gak yang ruepot-repot bikinnya. Pas liat di kulkas banyak sekali macam keju-keju. Ada mascarpone, edam, parmesan, cheddar, cream cheese, keju lembaran..juga veta cheese. Halah..jadi bingung sendiri, akhirnya ambil yang cheddar aja deeh. Dibikin buttercake keju..kalau yang berbau-bau keju anak-anak InsaAllah mau ajalah.

Bismillah...nguplek-nguplek di dapur siang hari, mumpung si baby Maisaa sedang on the way sleeping. Semoga lama boboknya ya naak...jadi mama bisa selesaikan cakenya tepat waktu, sore hari bisa dipotong buat kakak-kakak yang mau ngaji di rumah...

Alhamdulillah...kuenya matang si adik imoet belum terjaga. Buru-buru beresin dapur dan ruangan buat ngaji. Semua okkey and done!..beress. Waah...ternyata anak-anak suka juga sama cake kejunya, selain cemilan lain yang saya sediakan. Syukurlah...enaaak kata mereka, kan kejunya banyak... :)


Butter Cake Keju Cheddar
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr mentega tawar (margarin spt blue band boleh saja)
150 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanili bubuk
5 butir telur
250 gr tepung terigu
1/4 sdt garam halus (kalau pakai margarin blue band gak perlu ditambah garam lagi)
1 sdt baking powder
100 gr keju cheddar parut
30 gr keju cheddar parut untuk taburan

Bahan Topping:
50 gr buttercream putih (kebetulan masih ada stok di kulkas)
50 gr keju cheddar parut


*Gambar diatas adalah penampakan cake keju yang sudah didinginkan beberapa saat sebelum diberi topping keju cheddar parut.

Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
2. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju cheddar sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata.
3. Tuangkan ke dalam loyang diameter 20 cm atau loyang kotak 20x20 cm yang sudah dioles margarin, dialasi kertas roti dan ditaburi tepung terigu. Taburkan keju cheddar parut diatas adonan cake.
4. Lalu masukkan oven dengan panas 180'C selama kurang lebih 45 menit.
5. Jika sudah matang, keluarkan dari oven, taruh dirak kawat untuk pendinginan. Balik cake dan olesi atasnya dengan buttercream dan taburi dengan keju cheddar parut,  lalu potong-potong deeh...sederhana dan mudahkan, yang penting rasanya bikin suasana happy buat anak-anak.. :)