Senin, 16 Januari 2012

Nugget Tahu Sayuran



Bismillah...

Dirumah saya sering membuat nugget sendiri, kalau ada waktu selalu menyempatkan diri untuk memproduksi nugget dengan berbagai rasa dan bahan. Apalagi dulu saat masih di Indonesia saya melayani katering makan siang anak-anak di sekolah SD Al Azhar Syifa Budi tempat anak sulung mas Nuha bersekolah.

Jadi setiap menu makanan untuk anak-anak saya persiapkan semaksimal mungkin, makanya bahkan untuk nugget, fried chicken, burger dan bakso saya tidak beli produk jadi di pasar tradisional maupun supermarket, tapi selalu membuat sendiri fresh from my lil kitchen. Itulah mengapa banyak ibu-ibu wali murid yang  mempercayakan makan siang anak-anaknya dengan memilih katering saya. Sebenarnya banyak katering lain kira-kira ada 4 lagi yang melayani makan siang anak-anak di sekolah. Demi kualitas masakan dan faktor tenaga yang minim, saya sangat membatasi jumlah lunch box yang saya kirim, karena tidak mau nantinya malah terbengkalai gara-gara menerima banyak costumer.

Membuat nugget sendiri itu sangat mudah koq, semua bahan jika sudah ready tinggal dicampur jadi satu terus diblend di alat Food Processor agar adonan halus dan licin. Untuk itu memang sebaiknya kita memiliki alat elektrik Food Processor ini, masalahnya bila tanpa alat FP, hasil adonan nugget tidak akan halus dan rata. Baiklah ...sekarang mari kita coba buat nugget yang padat gizi yuukk, InsaAllah anak-anak kita menyukainya.




Nugget Tahu dan Sayuran
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ayam giling
100 gr tahu putih dihancurkan
100 gr wortel parut kasar
100 brokoli potong kecil
100 daun sawi/bayam iris kasar
50 gr tepung maizena
4 lembar roti tawar rendam dalam 100 ml susu cair tawar
3 butir telur
1 tangkai daun bawang iris kasar
1 tangkai daun seledri iris kasar
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdm gula pasir (secukupnya)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
---> Tumis dengan margarin/minyak goreng hingga matang dan harum

Bahan Baluran/Bedak:
100 gr tepung terigu (secukupnya)

Bahan Celupan Nugget:
2 butir telur kocok lepas
3-5 sdm tepung terigu
sedikit garam
150 ml air (secukupnya)
===> Aduk semua bahan diatas hingga rata dan halus

Bahan Panir:
200 gr tepung roti kasar (panko)


Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan dan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam alat Food Processor. lalu blender dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 5 menit sampai adonan halus dan licin. Rasakan jika kurang asin dan manisnya silakan ditambahkan bumbu lagi.

Di bawah ini adalah alat elektrik Food Processor saya yang sudah agak jadul, tapi yang penting fungsinya sangat diandalkan sebagai asisten pribadi di dapur.




2. Masukkan adonan ke dalam loyang persegi, boleh pakai box aluminium foil atau pyrex tahan panas, atau kotak plastik tahan panas. Sebelumnya olesi loyang dengan minyak dan alasi plastik..oles minyak lagi, baru tuangkan adonan ke dalam loyang. Kukus hingga matang.
3. Jika adonan nugget sudah dingin potong-potong atau cetak dengan berbagai bentuk sesuai selera, baluri atau bedaki nugget dengan tepung terigu, lalu celupkan kedalam larutan pencelup dan gulingkan ke dalam tepung roti kasar. Lakukan untuk semua nugget hingga habis dipanir. Jadinya seperti gambar dibawah ini, dengan berbagai bentuk nugget tahu sayuran yang sudah siap dimasukkan dalam freezer.




4. Kemas nugget dalam wadah kedap udara berjajar rapi dan bila akan menumpuk nugget untuk setiap lapisnya beri plastik agar tidak menempel. Kemudian simpan dalam freezer, siap digoreng sewaktu-waktu jika kita mau mempersiapkan makan anak-anak, cukup mudahkan membuatnya...^^


Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar