Senin, 02 Januari 2012

Sayur Gulai Nangka


Sayur ini sangat cocok disandingkan dengan lontong atau ketupat, jadilah ketupat sayur gulai nangka. Seringnya sih buat mendampingi lauk pauk menu masakan padang. Lebih mantaff jika dimakannya setelah sayur gulai ini menginap semalam, setelah dianget lagi maksudnya..hi hii...

Saya suka sekali masak sayur nangka jenis ini, rasanya khas aroma padang yang bercitarasa agak pedas.
Masakan gulai nangka saya memakai bumbu yang tidak terlalu banyak seperti layaknya masakan padang khususnya, saya lebih menyukai bumbu yang tidak terlalu banyak rempah. Tapi yang penting rasanya sudah sesuai dengan lidah saya dan keluarga saya.

Sayur Gulai Nangka
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr nangka yang sudah dipotong dan dicuci bersih
10 buah kacang panjang potong 4 cm
150 gr daun kol/kobis potong kecil
1 liter santan kental
2 daun serai dimemarkan
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
5 cm lengkuas digeprek
3 cm jahe digeprek
1 lembar daun kunyit
1 biji asam kandis
2 sdt garam (secukup rasa)

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
5 biji kemiri

Cara Memasak:
1. Rebus dahulu nangka hingga setengah mateng, lalu buang airnya...untuk membuang getah supaya tidak pahit nanti sayur nangkanya.
2. Tumis bumbu halus dengan beberapa sendok minyak goreng, hingga harum dan agak kering.
3. Rebus kembali nangka dengan satu liter air, cemplungkan daun salam, daun jeruk, daun serai, lengkuas dan jahe, masak hingga air mendidih. Masukkan bumbu halus dan kacang panjang, aduk hingga tercampur rata. Masak hingga nangka empuk...lalu masukkan daun kobisnya.
4. Tuangkan santan ke dalam sayur nangka, aduk-aduk hingga tercampur rata. Tetap aduk..pelan-pelan sampai sayur nangka matang, bumbu sudah meresap ke dalam sayur, dan kuah sudah mendidih. Matikan api. Lebih nikmat rasa sayurnya jika sudah diinapkan semalam.. : p

1 komentar: