Sabtu, 14 Januari 2012

Thom Yam Goong



Sup Thom Yam masakan khas dari negeri gajah putih yang populer seantero dunia ini sebenarnya mirip sayur asem kali yaa...kalau di Indonesia. Cuma seringnya bahan-bahan untuk isian thom yam adalah macam-macam sea food dan sedikit ditambahkan sayuran seperti kembang kol atau brokoli dan wortel.

Rasa Sup Thom Yam dominan asam, pedas dan ber-aroma rempah-rempah yang tajam...dari aroma daun serai, daun ketumbar dan daun jeruk yang kental semakin membuat kuah Thom Yam bercitarasa segar asam pedas menjadi satu dan berefek menghangatkan tubuh.

Kami sekeluarga sangat menggemari masakan yang berasal dari Thailand ini, kadang2 kalau ada waktu saya memasak sendiri, sesekali pernah mencicipi hidangan Thom Yam di resto-resto Thailand untuk mengasah lidah dan merasakan agar jika di rumah kelak bisa membuat masakan ini selezat citarasa ala resto negeri Thom Yam ini.

Dulu waktu masih di Indonesia, saya pernah membaca di majalah kuliner/masakan yang sudah jadi langganan saya tiap terbit...disitu ada seorang chef tapi namanya siapa yaa, sudah di-ingat2 tapi koq lupa beneran. Sepertinya beliau terkenal sekali kala itu, suka muncul di TV juga koq. Di majalah tersebut diterangkan bahwa untuk membuat Thom Yam, jika gak punya atau tidak ada pasta Thom Yam...bisa dibuat sendiri pasta Thom Yam-nya. Naah...ini yang masih terus saya ingat, membuat pasta Thom Yam itu ternyata cukup mudah dan bahan-bahannya gak susah dicari. Pokoknya gampang deh...nanti saya tuliskan resepnya, semoga cocok yaa..


Thom Yam Goong
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
350 gr udang, buang kepala dan belah punggung
===> Karena anak2 dirumah tidak suka udang berkulit, maka saya kupas kulit udangnya.
Kulit dan kepala udang saya rebus terpisah untuk dibikin kaldu.
100 gr jamur merang, belah dua
2 buah kepiting segar siangi dan rebus setengah mateng
100 gr cumi yang sudah bersih potong-potong bulat
1 buah diiris bulat agak tebal
100 gr kembang kol potong perkuntum kecil-kecil
5 cm jahe iris tipis
3 cm lengkuas iris tipis
7-10 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
5 batang serai ambil bagian putihnya iris serong tipis
10 buah cabe rawit merah boleh dimemarkan kalau suka pedas
3 sdm kecap ikan
1 sdt garam (secukupnya)
3 sdm air asam (secukupnya)
3 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
1 000 ml air kaldu ayam/kaldu kulit kepala udang/air putih biasa
500 ml santan kental/instan
100 ml krim kental/thick cream

Bumbu Pasta Thom Yam Bikin Sendiri:
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 sdm ebi, seduh dgn air panas dan rendam sesaat
5 buah cabe kering
5 sdm minyak goreng untuk menumis

#Kalau ingin lebih praktis dan mudah, atau males bikin pasta thom yam sendiri, bisa saja beli pasta instan. Pasta ini tersedia di toko/supermarket asia. Dan memang pasta instan ini didalamnya sudah komplit bumbu dan rempah-rempahnya, jadi kita tinggal cemplang cemplung langsung mateng deeh.
Dibawah ini saya tunjukkan A. Pasta bikinan saya sendiri dan B. Pasta instan yang saya beli di supermarket Asia (Al Bahah) Fahaheel, Kuwait.




Cara Membuat:

Bumbu pasta Thom Yam:
Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah, bawang putih, ebi dan cabe kering sampai harum. Angkat dan tiriskan. Haluskan dengan cara diuleg atau diblender silakan saja.
Bisa dibuat lebih banyak dan masukkan dalam toples transparan/kaca, kemudian disimpan didalam lemari es, untuk stok sup Thom Yam lagi.

1. Rebus air kaldu sampai mendidih, tambahkan bumbu halus (pasta Thom Yam), aduk rata.
2. Masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk, serai dan cabe rawit merah. Rebus sampai harum.
3. Masukkan kepiting, udang, cumi-cumi, jamur merang, wortel dan kembang kol, aduk sampai sea food berubah warna.
4. Masukkan santan, kecap ikan dan garam, didihkan hingga semua bahan didalam kaldu matang dan empuk. aduk-aduk agar santan tidak pecah.
5. Tuangkan air jeruk lemon dan air asam, aduk lagi. Masukkan daun ketumbar..aduk lagi sampai rata.
6. Tuangkan krim kental, untuk memperkuat rasa gurih sayur ini...aduk-aduk hingga tercampur rata. Angkat lalu hidangkan dimangkuk saji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar