Selasa, 31 Januari 2012

Rendang Ayam



Meskipun bukan orang Padang, rendang daging atau rendang ayam adalah salah satu menu kesukaan anak-anak dirumah. Heran juga...kenapa tuh anak-anak pada suka menu rendang, padahal itu kan masakan yang banyak cabe dan pedas rasanya. Kalau masakan lain aja pedas dikit pada susah, eeh..kalau disediain rendang makannya pada nambah, apalagi kalau saya masak rendang ayam...anak-anak paling doyan. Karena rendang ayam lebih empuk dagingnya, dan bumbunya lebih merasuk ke dalam serat daging ayamnya. Lagi pula memasaknya tak selama kalau kita membuat rendang daging...bisa sampai 4 jam agar benar-benar spesial rasa rendangnya.

Disaat memasak rendang ayam ini, sekalian saya masukkan 6 buah telur rebus...itung-itung sambil menyelam minum air, he hee...jadi masak rendang ayam plus rendang telur. Lumayan kan...secara ini bisa ngirit tenaga biar gak ribed melulu didapur, dan bahkan nantinya kalau sudah bosen maem rendang ayam...itu si ayam rendang langsung aja dibakar diatas pemanggangan teflon/elektrik. Jadilah ayam bakar bumbu rendang yang nikmat sedunia rasanya, he he hee...itu hanya sebagian dari cara saya memberdayakan/daur ulang agar kita gak bosen sama satu menu masakan.



RENDANG AYAM
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam (1 kg) potong mjd 12 bagian
1/2 liter santan kental (dari 2 butir kelapa)
1 liter santan encer (sisa dari 2 butir untuk perasan santan kental)
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 lembar daun kunyit disimpul
5 lembar daun jeruk
3 sdt garam
1 potong asam kandis (kalau tidak ada bisa pakai asam jawa)
6 butir telur rebus kupas kulitnya dan kerat-kerat

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
8 buah cabe merah keriting/cabe india
2 cm jahe
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
1 sdt ketumbar sangrai



RENDANG TELUR


Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak (3 sdm makan minyak goreng) hingga bumbu harum dan mengering. Masukkan santan encer bersama daun serai, daun kunyit, daun jeruk dan asam kandis sampai air santan mendidih.
2. Masukkan ayam, Aduk-aduk perlahan..masak hingga ayam berubah warna. Kecilkan api.
3. Masukkan telur rebus. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai santan mengering.
4. Masukkan santan kental, aduk pelan-pelan sampai ayam matang dan kuah mengering. Angkat..siap untuk disajikan bersama nasi hangat dan pelengkapnya..hmm, enak pastinyo.. :)



 AYAM BAKAR BUMBU RENDANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar