Selasa, 10 Januari 2012

Soun Goreng Cabe Hijau


Masakan soun goreng ini adalah salah satu favorit saya...kenapa begitu, awalnya karena waktu masih kecil dirumah ibu suka memasak soun yang digoreng dan diberi kecap yang banyak sama dikasih irisan cabe ijo yang banyak (cabe ijo besar, jadi gak terlalu pedas walau banyak), jadi warnanya agak kecoklatan dan rasanya manis gurih agak pedass. Cukup dengan lauk soun goreng ini sama nasi hangat...wuuih rasanya seperti makan makanan yang mewah aja, untuk melengkapi faktor gizi paling-paling ntar suka ditambahin telur dadar yang digoreng tipis dan dipotong rawis. Tapi yang penting makannya kami anak-anak saat itu lahap banget.., kan masakan ibunda sendiri pasti yang ternikmat didunia, he hee..

Mari-mari kita sekarang masak soun cake ijo plus yang dikasih kecap manis, sangat cocok dimakan pakai nasi uduk nih...tinggal nambahin kering tempe teri jadi muantab tenan :)

Soun Cabe Ijo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr soun direndam air mendidih selama 3 menit, tiriskan
3 lembar daun kol iris kecil panjang
1 batang daun bawang iris serong tipis
1 batang daun seledri iris kecil
1 buah wortel iris kecil memanjang (spt korek api)
6 buah cabe hijau besar iris serong agak tebal
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan (kalau suka)
1 sdm minyak wijen
4 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula halus
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas dan ditiriskan
1 sdt lada bubuk

Cara Membuat:
1. Setelah soun ditiriskan, tuangi minyak goreng...aduk hingga rata agar tidak lengket. Tuangkan kecap manis dan aduk lagi soun hingga semua tercampur rata...soun jadi berwarna kecoklatan.
2. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng, aduk hingga bumbu berubah warna dan harum. Masukkan cabe hijau, wortel dan sayur kol. Aduk lagi hingga campur bersama bumbu halus.
3. Tuangkan minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan, aduk lagi. Masukkan soun, daun seledri dan daun bawang, tambahkan garam dan gula pasir. Aduk- aduk hingga semua bercampur merata. Cicipi rasanya sudah sesuai belum dengan selera lidah kita, jika kurang manis boleh ditambah kecap manis lagi sekitar 1-2 sdm. Aduk lagi hingga campur rata dan matang. Lalu angkat dan sajikan hangat dipiring datar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar