Kamis, 05 Januari 2012

Nasi Tomat



Nasi tomat ini mirip dengan cara pembuatan nasi biryani, hanya beda dibahan bumbu saja..tidak terlalu banyak rempah dan dan tidak spicy. Rasanya nikmat sedunia lho...hehee, lebay amat...tapi memang koq enak banget, dirumah semua pada suka. Kemaren saya bikin nasi tomat ini buat acara ngaji anak-anak TPA di rumah. Coba saja deeh..kalau gak percaya, mari kita lihat resepnya di bawah ini..


Nasi Tomat
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
4 gelas beras basmati/beras butir panjang (1 gelas takar rice cooker)
Khusus beras basmati ini harus direndam dengan air bersih sekitar 15 menit sebelum dimasak
4 gelas air panas
2 gelas susu cair tawar
2 sdm minyak samin/minyak sapi/mentega
1 buah bawang bombay dicincang halus
3 siung bawang putih dicincang halus
3 cm jahe digeprek
1 helai daun pandan
4 buah tomat kupas kulitnya lalu ambil dagingnya, potong dadu kecil
3 sdm saus tomat
2 sdt garam (secukupnya)
2 sdm kismis kuning
3 sdm minyak zaitun

Bahan Rempah Tumis:
1 batang kayu manis
2 kuntum bunga lawang/pekak
5 butir bunga cengkeh
4 butir kapulaga
1/4 sdt jinten butiran




Cara Membuat:
1. Tumis bahan rempah...dengan minyak zaitun sampai baunya wangi. Masukkan bawang bombay, bawang putih dan jahe, masak hingga kuning dan harum.
2. Tuangkan susu cair, daun pandan, tomat dan saus tomat, aduk hingga campur dan mendidih. Masukkan beras basmati, garam dan air panas. Aduk-aduk hingga rata dan air mendidih. Jika air sudah menyusut dan diserap oleh beras, maka angkat dan matikan kompor.
3. Kukus nasi didalam panci kukusan/langseng, taburkan kismis diatas nasi. Jangan lupa tutup panci kukusan lapisi serbet bersih. Ini bertujuan agar uap air tidak menetes ke nasi, sehingga nasi tomat tidak basah dan mekar karenanya.
4. Untuk melengkapi dan menemani nasi tomat, biasanya saya bikin dadar rawis telur, kering tempe teri sama krupuk udang dan lalapan segar.


# Note:
- Bila tidak ada beras basmati (beras India), bisa menggunakan beras yang biasa dimasak di rumah seperti beras berbutir agak panjang (long grain), akan tetapi musti hati2 untuk menambah jumlah air dalam merebus beras. Kalau beras basmati memang membutuhkan banyak air untuk proses pemasakannya, sementara jika menggunakan beras biasa, sebaiknya jumlah air dikurangi dari resep tersebut di atas.


Selamat Mencoba..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar