Sabtu, 28 Januari 2012

Pempek Adaan



Membuat pempek..sapa takuuut, yuk kita belajar membuat pempek ala wong kito (Palembang), he hee...kalo kita wong jowo jeeh, yo uwis ora opo-opo..gak ada yang nglarang ini. Ternyata pempek itu...banyak variasinya dan tiap variasi itu punya nama sendiri-sendiri.  Ada pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek lenggang, pempek adaan, pempek krupuk, pempek kulit, pempek tahu, dan pempek pistel.

Ikan yang sering dipakai untuk membuat pempek di kota asalnya sana di Palembang adalah ikan gabus dan ikan belida, juga ikan tenggiri. Apapun jenis ikannya, yang pasti untuk membuat pempek memang harus menggunakan ikan yang bermutu bagus..artinya ikan harus masih dalam kondisi segar/fresh dengan ciri-ciri antara lain daging ikan tidak berbau dan masih kenyal jika ditekan.

Kelezatan pempek sangat ditentukan bagaimana kita menguleni ikan, sebaiknya menguleni ikan selalu dalam keadaan ikan dingin. Pengulenan dilakukan dengan tangan apabila ikan dalam berat yang sedikit, atau dengan alat elektrik Food Processor jika ikan dengan berat yang lebih banyak. Pengulenan ikan harus sampai dalam keadaan benar-benar kalis/tidak lengket. Setelah kalis baru dicampur dengan tepung kanji, naah...saat pencampuran dengan tepung kanji inilah yang hanya boleh diaduk tanpa pengulenan, jika diaduk dan diuleni terlalu lama akan membuat adonan pempek liat, dan setelah matang akan menjadi pempek yang keras dan terlalu kenyal.

Satu lagi kelezatan pempek juga ditentukan oleh perbandingan bahan dasarnya, yaitu perbandingan antara ikan, tepung kanji/aci/sagu/tapioka dan perasa/bumbu. Dengan perbandingan yang seimbang dan tepat...maka akan diperoleh citarasa pempek yang sesuai dengan harapan kita, yaitu pempek yang berasa ikannya dan tidak amis, terasa lembut dan kenyalnya sopan...alias kalau digigit itu lentur tidak membal, he hee...kenyal koq pake sopan segala, ada ada aje si ibu ini.. :)

Itulah mengapa resep-resep dalam pembuatan pempek itu sangat banyak sekali dan bervariasi di berbagai media, tetapi saya yakin setiap orang pasti punya resep andalannya sendiri-sendiri.  Dan itu bisa diperoleh dari proses yang terus menerus dalam uji coba yang pantang menyerah. Walaah...koq jadi malah sok menjadi bu guru, nggak sih...hanya ingin berbagi pengalaman, semoga ini memberi manfaat.
Yuuk mari kita coba bikin salah satu dari variasi pempek...





PEMPEK ADAAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr daging ikan tenggiri yang sudah bersih dan halus
100 gr tepung tapioka
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada halus
1 butir telur
100 ml santan kental
1 batang daun bawang di iris halus

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
===> Haluskan kedua macam bawang ini, lalu tumis dengan sedikit minyak hingga matang kekuningan dan harum baunya.

Bahan Bubur Tepung:
15 gr tepung terigu (kurang lebih 1 sdm penuh)
100 ml air putih
===> Masukkan tepung terigu dalam panci kecil, tuangi air putih...lalu aduk rata dengan wisk. Masak larutan tepung terigu ini diatas kompor dengan panas api sedang. Aduk terus larutan tepung hingga mengental dan kalis..angkat, dan dinginkan.

Bahan Cuko:
700 ml air
300 gram gula merah yang bagus (bisa dicampur dengan gula aren)
4 sdm gula pasir
50 gram asam jawa
15 buah cabe rawit haluskan (sesuai selera pedasnya)
10 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam ( secukupnya )
1 sdm tongcay (jika ada)
2 sdm udang ebi kering haluskan
1 sdm cuka masak

Bahan Pelengkap:
Ketimun di potong kotak kecil
udang ebi kering yang disangrai dan dihaluskan
mie kuning/mie telur





Cara Membuat Pempek Adaan:
1. Uleni daging ikan tenggiri bersama bubur tepung, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk hingga tercampur rata.
2. Masukkan bumbu halus, telur, daun bawang dan tuangi santan sedikit demi sedikit sambil tetap diuleni hingga tercampur rata dan terasa lembut ditangan.
3. Tambahkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit, aduk dengan rata..lalu bentuk seperti bola-bola. Jika adonan terasa lengket di tangan lumuri kedua tangan dengan tepung tapioka untuk membentuk adonan menjadi bola-bola.
4. Goreng pempek adaan dalam minyak yang sudah panas hingga pempek adaan matang.
5. Sajikan pempek adaan dengan saus cuko dan pelengkap lainnya jika suka.


Cara Membuat Cuko:
1. Rebus air, gula merah dan asam jawa sampai mendidih dan gula larut, kemudian saring.
2. Rebus kembali cairan diatas dengan bawang putih, cabe rawit dan garam tambahkan udang ebi halus.
3. Masak sampai mendidih dan mengental. Tambahkan cuka masak, aduk hingga tercampur rata. Saring kembali jika suka dengan kuah cuko yang bersih.


Selamat mencoba yaa... ^_^

1 komentar:

  1. adaan ini gak pake acara direbus ya? langsung goreng?

    BalasHapus