Jumat, 13 Januari 2012

Udang Bakar Madu


Sedang ada stok udang di dalam freezer, tapi udangnya gak begitu besar-besar...ya sudah tak apalah yang penting ada udang. Lagi pengen masak udang bakar madu...agak beda dari biasanya yang seringnya udang cuma digoreng ala tempura atau digoreng tepung, karena emang itu kesukaan anak-anak dirumah.

Lebaran kemaren kita pernah nyoba makan bareng di resto saung Mang Engking di Jogja, udang bakarnya emang juara banget, anak-anak langsung suka dan habis dua porsi. Masih terngiang-ngiang rasanya, beberapa kali udah saya coba buat udang bakar ala Mang Engking dan kata mbak Hasna dan papanya udang bakar mama enak..seperti udang bakar Mang Engking deeh, hiyaaa...bersurak hore-hore saya. Ternyata bisa juga dan berhasil..berhasil... :)

Udang Bakar Madu
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg udang berukuran agak besar, buang kepalanya, belah punggungnya
1 sdm air jeruk nipis/lemon
5 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay potong dadu kecil
3 cm jahe digeprek
3 sdm saus tomat
2 sdm saus cabe (kalau suka agak pedas, boleh ditambah)
1 sdm gula palem/gula merah
2 sdm kecap manis
3 sdm madu
1 sdt lada halus
1 sdt garam (secukupnya)
4 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
1 sdm margarin/mentega
lidi sate secukupnya


Cara Membuat:
1. Lumuri udang yang sudah cicuci bersih dan dibelah punggungnya dengan air jeruk nipis/lemon, aduk-aduk biar merata, dan diamkan kurang lebih 15 menit.
2. Panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe..hingga layu dan harum. Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna kemerahan. Tuangkan minyak wijen, madu, kecap manis, saus tomat, dan saus cabe. Beri lada halus, garam dan gula palem..aduk-aduk hingga semua udang terbalut rata oleh bumbu. jangan terlalu lama memasak udang, nanti udang akan terlalu keras jika sudah dibakar.  Segera angkat dan matikan api kompor.
3. Tusuk-tusuk udang pada lidi sate isi sekitar 3 buah udang, lalu bakar diatas panggangan sambil diolesi sisa bumbu. Di balik-balik agar tidak terlalu gosong, angkat dan hidangkan dengan sedikit siraman bumbu diatas udang bakar. Mantaabb euy... :)

1 komentar:

  1. Halo semua kita akan menampilkan berita terbaru dan berita terbaru dan populer. Kami memberikan informasi terbaru yang datang dengan versi baru pada berita situs.
    Resep Kuliner Udang Goreng Madu Lezat
    dan Aisha Populer Berita Web ini akan memberitahu da update berita terbaru dengan gaya yang berbeda dari AishaNews.com silahkan buka dan baca informasi.

    BalasHapus