Jumat, 01 Februari 2013

CAKE PISANG LEMBUT (Moist Banana Cake)



Assalamu'alaikum...

Sore yang sejuk ini kami punya cemilan manis yang lembut, "Moist Banana Cake" menemani secangkir teh hangat manis. Alhamdulillah, patut kita syukuri anugrah nikmat kehidupan ini...

Baiklah...saya akan berbagi resep cake pisang yang saya buat hari ini. Cake pisang ini benar2 lembut dan lembab, rasanya enak dan ringan...tidak eneg. Di sumber resep aslinya dari teman blog masak  *Sinar Kehidupanku* menggunakan teknik sponge cake, yaitu semua telur dikocok bareng dengan gula hingga mengembang.

Setelah mempelajari resepnya, saya modifikasi sedemikian rupa...kuning telur saya pisahkan dari putih telur, kemudian putih telur di kocok secara tersendiri diwadah lain, kemudian baru dicampurkan keadonan cake. Jadi tekniknya menggunakan perpaduan antara sponge cake dan chiffon cake, dengan metode demikian hasil cakenya menjadi makin lembut...dan tampilan cakenya tetep kokoh.

Nah...coba lihat penampilan cake pisang dibawah ini, yang benar2 baru keluar dari oven...masih nampak tinggi menggembung menul2. Setelah dingin cakenya akan sedikit mengempis bagian atasnya sehingga menjadi rata.





MOIST BANANA CAKE (Cake Pisang Lembut)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
5 kuning telur
150 gr gula pasir berbutir halus
2 putih telur
1 sdt SP (emulsifier)

Bahan B:
3 buah pisang ambon haluskan
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt vanili bubuk
---> Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.

Bahan C:
250 gr tepung terigu
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam halus
---> Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Bahan D:
100 gr mentega, lelehkan
100 ml minyak goreng
---> Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.

Bahan E:
3 putih telur
1 sdt air jeruk lemon/air cuka masak
1 sdt gula pasir
---> Mixer putih telur hingga berbuih, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir, kocok hingga putih mengembang (soft peak).




Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bulat berlubang tengah (tulban) diameter 22 cm atau  loyang chiffon cake diameter 22 cm. Olesi loyang dengan margarin dan beri kertas roti, kemudian olesi kertas roti dengan margarin.
2. Kocok dengan mixer bahan A hingga putih mengembang dan kental berjejak.
3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit bergantian dengan bahan C hingga habis, mixer dengan kecepatan rendah.
4. Masukkan bahan D, kocok perlahan dengan mixer hingga adonan tercampur rata.
5. Terakhir masukkan bahan E sedikit demi sedikit dengan menggunakan spatula, aduk perlahan dengan sistem aduk balik.
6. Tuangkan adonan cake kedalam loyang, lalu panggang dengan panas oven 180'C selama kurang lebih 60 menit.
7. Bila sudah matang, keluarkan dari oven. Dinginkan dan potong sesuai selera, Hidangkan bersama teh manis hangat.

Selamat Mencoba... :)

17 komentar:

  1. saya ijin copas mba resepnya dan saya sudah coba, cakenya benar-benar sesuai selera saya, lembut dan rasa pisangnya terasa sekali, terimakasih karena sudah berbagi resep, salam kenal

    BalasHapus
  2. mba klo soda kue d gnti bp hercules bs g?

    BalasHapus
  3. mb Trisna Cakes, silahkan...trm ksh sudah cobain resep saya, seneng dengarnya kalo cocok resepnya...
    salam kenal juga...mudah2an membawa manfaat :)

    mb Anonim, bisa kalau mau diganti baking powder...gak masalah, silahkan...dicoba :)

    BalasHapus
  4. Izin copas ya,mbak ita......

    BalasHapus
  5. Nyontek resepnya ya mb..😊😊 lihat fotonya bikin ngiler hehe

    BalasHapus
  6. Nyontek resepnya ya mb..😊😊 lihat fotonya bikin ngiler hehe

    BalasHapus

  7. Aduh enak sekali kayaknya ya mb, saya ingin mencoba bikinnya..nyontek ya mb

    BalasHapus

  8. Aduh enak sekali kayaknya ya mb, saya ingin mencoba bikinnya..nyontek ya mb

    BalasHapus
  9. Mba, pisangnya beratnya berapa ya kira2.. Aku bikin kok kempes..

    BalasHapus
  10. Wah jadi pingin cobain mba ita...ijin share boleh ga ini...

    BalasHapus
  11. Mantap resepnya sist. Mampir juga ke blog saya ya. Thanks

    BalasHapus
  12. Kertas roti nya harus di olesi margarin lagi?

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah saya sudah praktekkan, enak bangeet bolu pisang ini, sy bagi ke tetangga, kata nya enak sy padahal tidak pakai pisang anbon, pisang abang sayur yg murah itu apa ya namanya...😃, terimakasih resep nya ya kak ita, salam kenal, sy ambar depok

    BalasHapus
  14. Izin copas ya bu...

    BalasHapus
  15. Setengah mati cari resep banana cake yang pernah aku buat dengan resep sama waktu dlu .... Ini baru dapat.. seneng bisa bikin lagi dengan resep yg benar...

    BalasHapus