Senin, 11 Februari 2013

SAMBAL KERING IKAN ROA



Bismillahirrahmaanirrahiim...

Sesuai dengan janji saya minggu lalu, saya akan berbagi resep dalam pembuatan sambel kering ala ikan roa khas daerah Manado. Jadi sebenarnya saya tidak menggunakan bahan ikan roa asap asli dari Manado, tapi menggunakan ikan kembung asap (smoked mackerel fish) yang beli di super market. Atau mungkin yang tinggal di pulau jawa bisa memanfaatkan ikan asap/panggang yang sering dijual dipasar...namanya "Ikan Salai atau bahasa jawanya Iwak Pe"...nah, aroma khas itu yang membuat sambel kering ini sangat istimewa.

Apapun jenis ikannya yang penting ikan itu mempunyai aroma khas ikan asap yang mirip dengan ikan roa asap dari daerah asalnya. Dan setelah matang, kemudian saya cicipi...rasa sambel keringnya memiliki citarasa yang tak jauh beda koq, enak dan pedaass. Kenapa tidak...yuk mari bereksperimen:

SAMBAL KERING IKAN ROA
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ikan kembung asap
3 sdm udang ebi sangrai halus
3 sdm air asam jawa
3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
5 lembar daun salam
3 batang serai iris serong tipis
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
7 buah cabe merah besar
25 buah cabe rawit merah
15 butir bawang merah
7 siung bawang putih




Cara Membuat:
1. Bersihkan ikan asap, ambil daging dari tulang dan duri2nya lalu suwir2 kecil. Kalau ikan asapnya masih basah, sebaiknya disangrai sebentar (goreng tanpa minyak) diatas api kecil.
2. Masak bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan serai diatas wajan tanpa memberi minyak goreng, aduk2 hingga airnya menyusut. Setelah air menyusut baru tambahkan minyak goreng. Beri garam, gula pasir dan air asam jawa. Aduk2 hingga bumbu setengah matang.
3. Masukkan ikan asap, aduk2 terus hingga bumbu halus menyatu dengan ikan asap. Masak dan aduk terus dengan api kecil hingga ikan asap matang dan kering rata.
4. Dinginkan, simpan dalam toples2 kecil. Siap digunakan sebagai lauk pendamping, ditaburkan pada bubur/nasi hangat...nikmat.




Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba...kalau sudah bikin kabar2i yaa...jika kurang sesuai resepnya, dan ingin sambel roa yang basah bisa menambahkan tomat merah kedalam sambal, silahkan memodif sendiri :)

5 komentar:

  1. Hallo Mbak salam kenal :)

    Saya juga pecintaa banget sambel. Kalo gak ada sambel kok rasanya makan kurang sedep aja rasanya yaa. Nahh saya pengen bikin sambel yang awet kalo disimpan, jadi setiap makan gak usah ngulek lagi sambelnya. Kira-kira sambel Roa ini tahan berapa lama ya kalo saya simpan di toples? apakah harus disimpan di lemari es? Terima kasih ya Mbak (Vini Triani - Bandung)

    BalasHapus
  2. Awet koq mb Vini...sebulan lebih di suhu ruang, asal disimpan dalam toples yg tertutup. Dan masaknya harus bener2 kering...dengan api kecil biar gak gosong.

    BalasHapus
  3. Ok thanks yaa Mbak infonyaaa ;)

    BalasHapus
  4. mba makasih untuk ide sambalnya. mau tanya nih di resep ada ebi sangrai halus, itu maksudnya udang ebinya disangrai trus diulek bareng bumbu halus begitu?. saya jg ga baca ada ebi di cara pembuatannya. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya maaf...koreksinya, ebi sangrainya dimasukkan bareng dgn ikan roanya...
      iya betul ebi disangrai lalu dihaluskan...

      Hapus