Rabu, 27 Februari 2013

Cake Marmer (Marble Cake)



Alhamdulillah...

Akhirnya tertunai juga membuat cake marmer ala emak...maksudnya cake marmer ala bikinan ibu saya dulu, hehee...jadul deh, jaman dahulu kala...saat saya dan mungkin juga ketika anda masih kecil. Cake ini dulu sangat populer...karena belum ada dan belum bermunculan kreasi cake2 baru seperti saat sekarang. Dan ternyata hingga kini...cake marmer masih banyak penggemarnya, kembali ngetren...karena dengan satu potong cake marmer ini akan mengingatkan memori masa silam saat bersama orang2 tercinta di kampung. Walah...malah jadi flashback, kenangan saat masih ada ayah ibu...bahagia rasa itu namun tak kan terulang lagi.

Kembali kita akan bahas tentang resepnya...cake marmer bisa dibuat dengan metode sponge cake, chiffon cake, dan bisa pula dibuat dengan metode butter cake. Untuk saat ini saya membuat dengan metode yang ketiga, yaitu  dengan metode butter cake, jenis cake ini padat dan berat, cara membuatnya dengan mengocok gula pasir dengan margarin hingga lembut (creamy). Untuk menghasilkan cake yang lembut pada metode butter cake ini, sebaiknya pisahkan pengocokan antara kuning telur dengan putih telurnya. Jadi putih telur di kocok tersendiri di wadah lain, baru kemudian dicampurkan pada saat terakhir setelah memasukkan tepung terigu.

Sementara kalau dulu almarhumah ibu saya, dulu ketika membuat cake marmer dengan cara mengocok gula pasir dan margarin, kemudian telur dimasukkan satu persatu tanpa dipisahkan antara kuning dan putihnya. Cukup agak repot memang...dengan acara pakai pisah2 kan bagian kuning dan putih telur, dan dikocok terpisah pula. Tapi memang hasilnya InsaAllah tidak seret dan dan tidak padat seperti cake marmer pada umumnya. Dan cake marmer ini sangat simpel, sederhana bahan2nya...tanpa penambahan bahan pengembang kue dan bahan emulsifier.




CAKE MARMER (Marble Cake)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr gula pasir butir halus/kastor (gula halus juga boleh)
250 gr margarin/mentega
8 kuning telur
250 gr tepung terigu + 1 sdt vanili bubuk
4 putih telur + 1 sdt gula pasir ---> kocok hingga putih (soft peak)
2 sdm coklat bubuk + 3 sdm air panas ---> aduk hingga rata menjadi pasta coklat

Cara Membuat:
1. Kocok dengan mixer gula pasir dan margarin hingga putih dan lembut (tidak harus sampai mengembang putih kental).
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang.
3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok dengan mixer kecepatan rendah, sisakan kurang lebih 2 sdm tepung terigu dan sisihkan.
4. Masukkan putih telur kocok, aduk pelan2 hingga tercampur rata.
5. Bagi adonan menjadi 2 bagian yaitu 1/3 bagian dan 2/3 bagian. Campur 1/3 bagian adonan dengan pasta coklat bikinan sendiri dan aduk hingga rata. Campur yang 2/3 bagian adonan dengan 2 sdm tepung terigu, aduk hingga rata.
6. Siapkan loyang tulban ukuran diameter 22 cm, oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Tuang setengah bagian adonan putih, tuang lagi diatasnya adonan coklat. Lalu tuangkan kembali sisa adonan putih, dan tuang lagi sisa adonan coklat diatasnya. Dengan bantuan garpu atau sumpit, putar2 adonan membentuk pola acak atau marmer.
7. Panggang dengan oven dengan panas suhu 180'C selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang.


# Note:
Jika ingin cake lebih lembut dan lembab, jumlah tepung terigu yang 250 gr bisa dikurangi menjadi 200 gr. Sisa yang 50 gr bisa disubstitusi dengan tepung maizena dan susu bubuk dengan berat total tepung maizena dan susu bubuk tetap 50 gr. Untuk tepung maizena sejumlah kurang lebih 20 gr dan susu bubuknya seberat 30 gr...atau boleh sebaliknya, silahkan memodifikasi sendiri agar menemukan ramuan yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar