Sabtu, 09 November 2013

Kue Akar Kelapa Keju



Saya punya sebuah cetakan kue yang berasal dari India, belinya di super market Lulu. Nama cetakan itu adalah Maruku, dan maruku itu adalah kue kering atau jajanan gorengan cemilannya orang India. Ternyata alat tersebut juga bisa digunakan untuk membuat kue akar kelapa.

Dibawah ini saya tunjukkan cetakan kue marukunya, dibuat dari bahan kuningan. Alatnya sederhana sekali, tapi bisa digunakan untuk mencetak kue bentuk bintang, bisa juga digunakan untuk membuat mie berdiameter kecil, sedang dan tipis lebar. Jadi ceritanya cetakan ini sebenarnya sangat multifungsi...tergantung kemampuan kreatifitas kita dalam memanfaatkannya.



Cetakan Kue dari bahan kuningan made in India: MARUKU


Kue akar kelapa yang pernah saya cicipi dimana dulu saya pernah tinggal (di Cilegon-Banten) rasanya agak manis dan didalam kuenya ada butiran2 wijen putih. Tetangga saya sering membuat kue akar kelapa, jadi saya suka melihatnya saat beliau membuat kue ini. Saat lebaran tiba...kue akar kelapa banyak dihidangkan untuk sajian dimeja tamu. Karena anak2 saya lebih suka kue yang berasa gurih, maka saya coba bikin kue akar kelapa keju yang asin dan gurih.

Resepnya sangat sederhana dan bahan2nya cukup mudah didapatkan. Untuk mencetaknya bisa juga menggunakan cetakan kue kering yang jika ditekan bunyinya klik klik...seperti merek "Sawa" yang saya ingat karena ibu saya pernah punya... atau bisa juga dengan menggunakan spuit bintang yang agak kecil dan dimasukkan dalam plastik segitiga, lalu masukkan adonan didalam plastiknya, kemudian tekan hingga adonan keluar dari spuit bintang.






Kue Akar Kelapa Keju
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
50 gr keju cheddar parut
1/2 sdt garam
3 butir telur kocok lepas
50 ml air santan kental (bisa pakai santan instan)

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, yaitu tepung ketan putih, tepung tapioka, keju parut dan garam dalam wadah/baskom. Aduk semua bahan hingga rata.
2. Tuangkan telur kocok dan air santan ke dalam campuran tepung, aduk dan uleni hingga adonan menjadi kalis. Diamkan atau istirahatkan adonan selama sekitar 15 menit.
3. Siapkan wajan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng, lalu panaskan.
4. Masukkan adonan kedalam cetakan, lalu tekan atau putar cetakan diatas wajan hingga adonan keluar jatuh ke dalam minyak goreng yang belum terlalu panas (nyala kompor kecil saja)
5. Kemudian goreng kue akar kelapa dengan nyala api kompor sedang hingga matang kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

30 komentar:

  1. mbak.. pingin banget cetakannya... mba ita beli dmn? susah banget cari cetakan kuningan kayak gitu... mau dong mba... harganya brp? bisa titip gak mba?

    BalasHapus
  2. Mb Zulfa tinggal dimana, harganya sekitar 100 rb mbak disini kalo dirupiahin (kuwait), bisa aja nitip tapi kirimnya nunggu saya mudik ke Indo, mau... :)

    BalasHapus
  3. Mau buangeeet mbaaa.. .hihihi senangnya (horeeee... loncat2 mo dapat cetakan baru) haha lebay... saya berdomisili di Aceh.. oya mba, gmn cara tranfer uangnya?... mohon pencerahannya y mba? sblmnya trmkasih byk dech ats bantuan mba ita... jazakillah khairan katsiran...

    BalasHapus
  4. mb Zulfa punya account facebook gak...kita bisa inbox-an lewat Fb.
    Add saya aja..

    BalasHapus
  5. jarang saya buka facebook mba... malah udah lupa paswordnya krn saya jg kerja (PNS), saya lebih suka nelpon lgsg klo ada keperluan mba... lbh puas kayaknya klo nelpon bs dgr suaranya... hihi... waduh jd ngerepotin ni mba...

    BalasHapus
  6. Ada BB gak mbak...kalau ada, kirim PIN ke saya.. :)

    BalasHapus
  7. Waduh.... gak pake BB mba....hihihi.. pusing jg y.. mau minta tolong tapi sarana komunikasinya macet.. xixixi.. hemmmm...kalo gitu di batalin aja dech mba... syukran ats responnya mba ita..

    BalasHapus
  8. Okk, mb Zulfa gak apa2...mudah2an nanti bisa dapat cetakannya di Aceh. Tapi kalau mau nunggu saya mudik memang masih lama, kira2 bulan Juni th 2014.

    BalasHapus
  9. Boleh dong sist pesan cetakkanx 1 pcs. Sist q tunggu di indo ya. Please info

    BalasHapus
  10. Mba' kalo mau bikin akar kelapa yang manis kira2 komposisi resepnya gimana ya ? terima kasih sebelumnya..
    Aduh ngiler cetakannya deh, waktu itu cari di Lulu Riyadh gak ada hiks..hiks..
    -rita-

    BalasHapus
  11. Mb Rita, kalau pingin rasa manis tinggal tambahin gula halus kira2 2-3 sdm, ntar habis itu dicicipi dulu rasanya sudah cukup manisnya apa belum...
    Cetakannya memang di Lulu mbak...mungkin lagi habis aja, coba cari2 ditempat lain misalnya toko/supermarket asia lainnya...mudah2an dapat cetakan maruku nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba' jawabannya tapi maaf mau nanya lagi berarti kejunya gak dipake ya ? Tentang cetakannya mungkin belum masuk ke lulu Riyadh ya..

      Hapus
  12. Kalau saya sih keju tetap dimasukkan mbak, jadi rasanya tidak hanya manis, tapi juga ada sensasi gurih dari keju...lebih yummy gitu deh, kalau hanya manis...biasanya anak2 kurang suka :)

    BalasHapus
  13. sebelumnya salam kenal mbak. resep mbak keren. sya save copy ya mbak. rencanananya mau coba. py, klw mbak berkenan invite pin sy ya mbak 2932c7ee. maksiy mbak,.

    BalasHapus
  14. Salam kenal juga mbak, apa kabar...
    Silahkan di save, terima kasih sudah suka dg resep2 saya...senang sekali jiga memberi sedikit manfaat.
    Oh iya, sebelum saya invite, maaf...namanya mbak siapa, saya belum tahu...

    BalasHapus
  15. Mba aries sy mau dong cetakannya...fb atas nama siapa mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...saya gak bawa banyak cetakannya mbak Nurul, skrg sudah di Indo, mudah2an nanti kalau bawa lagi.

      Hapus
  16. mba aries sy mau dong pesen cetakannya, apa sudah tiba di indo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mb Reni, saya sudah di Indo, dan tidak bawa banyak cetakannya...InsaAllah nanti kalau saya bawa lagi dr Kuwait.

      Hapus
    2. mba Ariesta kapan pulang ke Indo, saya mau cetakanya dong mba,,, oh iya hrganya berapa ya mba,,, maaf merepotkan,,, terimakasih mba^^

      Hapus
    3. mba Ariesta kapan pulang ke Indo, saya mau cetakanya dong mba,,, oh iya hrganya berapa ya mba,,, maaf merepotkan,,, terimakasih mba^^

      Hapus
  17. ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡 ...
    Mba, Saya tertarik juga dgn alat dri India ini.
    Tolong d invite pin Saya Ya : 29f96ab0

    BalasHapus
  18. Mb sy punya cetakan spt ini. Sy domisili dijambi. Baru seminggu yg laly sy beli hrgnya 150rb. Klo mau sy tlg belikan bs invite pin sy 76c461e3.rani

    BalasHapus
  19. Saya mau donk mba.. sudah saya invite pin mba yaa

    BalasHapus
  20. Mb,salam kenal..Kali ke indo lagi boleh ya dibawain cetakannya..pngn jg nih..hehe.mksih sblmnya

    BalasHapus
  21. mba ariesta salam kenal... msh bisa beli cetakan akar kelapanya?

    BalasHapus
  22. Salam kenal ya mbaa... Aku punya cetakan seperti ini baru kemaren belii dan Alhamdulillah dapat resep ini.. Hehee.. Mau nyoba exsekusi ahhh,,, sepertinya enak... :)

    BalasHapus
  23. wah enak nih, ijin comot ya. jangan lupa mampir di blog aku, klik aja nama aku kak :) terimakasih.

    BalasHapus