Selasa, 19 November 2013

Homemade Ikan Asin Peda



Iseng-iseng saja dan secara tiba2 pingin bikin ikan asin peda, karena si ayah habis dari pasar ikan dan beli banyak macam ikan yang sangat segar2. Memang di Kuwait kalau belanja ikan di jamin ikannya sangat bagus kualitasnya, masih segar2 baru datang dari laut lepas. Sampai seharian di dapur hanya mbersihin ikan dan masukin ke kantong2 plastik untuk sekali masak, terus masuk freezer.

Ikan peda yang saya buat menjadi ikan asin ini dari jenis ikan kembung/mackerel. Bisa juga sih kalau mau jenis ikan2 yang lain misalnya ikan selar atau ikan layang...pada prinsipnya hampir sama dalam membuat ikan asin. Kalau ikannya berbadan agak lebar dan besar, lebih baik badan ikan dibelah jadi dua dan jangan sampai putus, agar cepat proses pengeringannya.

Membuat ikan asin peda modalnya hanya dua macam...yaitu ikan kembung segar dan garam kasar, sekali lagi saya tulis...pakai garam kasar yaa, karena kadar keasinan garam kasar lebih tinggi bila dibanding garam halus/garam meja. Sehingga nantinya ikan asin akan menjadi lebih awet daya simpannya, tidak mudah busuk atau berjamur.






Homemade Ikan Asin Peda
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan kembung ukuran sedang
10-15 sdm penuh garam kasar (secukupnya)

Cara Membuat:
1. Bersihkan dan cuci ikan kembung hingga bersih.
2. Siapkan wadah atau box plastik bersih yang bertutup
3. Letakkan satu lapis ikan didasar wadah atau box, taburi garam kasar hingga menutupi seluruh permukaan ikan. Atur lagi ikan kembung diatasnya, taburi garam kembali, begitu seterusnya sampai ikan habis digarami.
4. Tutup rapat wadah atau box tempat ikan asin, simpan dalam kulkas selama 24 jam hingga garam larut. Kalau selama 24 jam garam belum larut simpan lagi beberapa waktu agar garam larut dulu.
5. Setelah garam larut, keluarkan ikan kembung dan tiriskan. Lalu atur ikan kembung diatas nampan/ tampah dari bambu, kemudian jemur hingga kering. Sesekali dibalik balik agar ikan kering merata.
6. Setelah ikan asin peda kembung kering bisa disimpan atau dimasak langsung sesuai selera.


Selamat Mncoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar