Selasa, 26 November 2013

Homemade Tempe Gembus



Karena saya sering membuat susu kedelai di rumah, jadi sering memanfaatkan sisa ampasnya untuk dibikin tempe gembus atau tempe menjes. Tentu saja gak mungkin saya peroleh tempe gembus disini kecuali jika saya rela berjuang membuat sendiri. Dan untuk bisa membuat sendiri, syarat utamanya kita harus mempunyai "ragi tempe" yang biasa digunakan untuk membuat tempe kedelai.

Proses pembuatan tempe gembus tidak sulit sebenarnya, sangat mudah dan simpel. Hanya dibutuhkan tekad dan semangat berlebih, karena sehabis membuat susu kedelai dengan rentetan proses memblender kedelai, peras memeras dan godog menggodog sari kedelai telah menghabiskan energi yang cukup banyak, dan pasti pula terasa lelah badan. Nah...karenanya beristirahatlah sejenak waktu, sembari menikmati segelas susu kedelai hangat. Niscaya tubuh segera akan bugar dan fresh kembali. Dan tahapan berikutnya adalah memproses ampas kedelainya menjadi tempe gembus.

Okk...
Lets go to learn my recipe...


Homemade Tempe Gembus
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ampas kedelai
5 gr ragi tempe (1 sdt penuh)
2-3 kantong plastik untuk bungkus tempe
tusuk gigi/peniti/jarum pentul


Cara Membuat:
1. Kukus ampas kelapa selama 20-30 menit. Angkat dan dinginkan dengan cara dihamparkan merata diatas nampan atau tampah bambu.

2. Setelah agak dingin, sangrai ampas kedelai di atas wajan penggorengan hingga ampas kedelai mengering/tidak terasa lembab jika dipegang dengan jari2 tangan (untuk mengurangi kadar air yang berlebih). Angkat dan dinginkan kembali di atas nampan/tampah bambu.

3. Setelah ampas kedelai benar2 dingin, taburi ampas kedelai dengan ragi tempe. Aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan ampas kedelai yang sudah diberi ragi ke dalam kantong plastik. Kemudian tutup dan rapatkan kantong plastik dengan cara di hackter atau menggunakan api lilin. Lebih mudah bila memakai zipper bag plastik. Lubangi kedua permukaan plastik dengan tusuk gigi/peniti secara merata.

5. Letakkan tempe gembus di rak kawat berlubang, agar sirkulasi udara lancar. Diamkan hingga jamur tempe berkembang di dalam kantong plastik.

6. Setelah lewat dari 2 hari InsaAllah tempe gembus bisa dipanen. Siap dimasak sesuai selera.






Selamat Mencoba...

13 komentar:

  1. terima kasih resep cara pembuatan tempe kacang dan gembusnya . Mau cb bikin!

    BalasHapus
  2. Sama2...semoga berhasil membuat tempe gembusnya..

    BalasHapus
  3. Kukus ampas kelapa selama 20-30 menit.maksud nya apa bunda.dalam nomer 2..confused

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimasak.. tp dikukus di dandang yang berisi air tp diatasnya dikasi besi. Trus di tarok di atasnya

      Hapus
  4. Balasan
    1. ampas kelapanya di kukus didandang...biar matang dan higienis.

      Hapus
    2. Maaf...salah tulis, harusnya ampas kedelai...terima kasih

      Hapus
  5. kok pake kelapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf...salah tulis, harusnya ampas kedelai...terima kasih

      Hapus
  6. maaf bu, mau tanya.. kalo ngasih ragi tempenya kebanyakan apa bahaya bu??? maklum masih belajar, jd takut tdk pas takaranya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu banyak, takaran yang pas tentunya < 0.5% bobot kedelai.

      Hapus
  7. maaf bu, mau tanya.. kalo ngasih ragi tempenya kebanyakan apa bahaya bu??? maklum masih belajar, jd takut tdk pas takaranya....

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum.. Saya izin mau coba bun,,.. Semoga sukses.. Saya jualan susu kedelai, tapi ampasnya sering sya kasih teman buat umpan ternak..

    BalasHapus