Senin, 11 November 2013

ES KRIM SUSU SANTAN




Bismillah...

Rasa es krim buatan sendiri pasti beda ya dengan rasa es krim buatan pabrik...bedanya bagaimana, tentunya lidah kita bisa banget membedakan. Es krim buatan pabrik biasanya bertekstur lembut sekali dan lumer didalam mulut saat kita cicip. Tahukah kita kenapa bisa seperti itu...mungkin memang dibuat dari bahan2 yang berkualitas pilihan, atau mungkin karena adanya penambahan zat2 yang berfungsi sebagai pelembut, pengembang, dan juga adanya zat emulsifier lemak dan cairan agar adonan es krim bisa beremulsi secara homogen. Tentang adanya zat pengawet dalam es krim pabrik saya belum tahu secara pastinya, tapi ya mudah2an tidak mengandung bahan pengawet kali yaa...^^
Ealah...koq malah banyak berargument, gimana kalau kita coba buat es krim sendiri. Agar kita bisa tahu dimanakah bedanya...jika kita bikin sendiri alias homemade ice cream.

Mengingat masa kecil dulu yaa, saya suka beli es dung2 yang lewat didepan rumah. Nah...rasa es krimnya kan sangat berasa santan gitu, enak...manis dan gurih khas santan. Jaman dulu es krim dung2 bagi kami sudah sangat istimewa, karena belum ada es krim pabrikan yang dijual seperti sekarang ini. Bahkan es krim dung2 aja sekarang sudah di produksi oleh pabrik besar es krim ternama. Hanya saja menurut saya...rasanya kurang sesuai lidah, pokoknya aneh deh rasanya, pernah nyoba beli...aroma santan dan isi didalamnya tidak menyelerakan sekali. Pada intinya saya tetap lebih suka rasa es krim dung2 jualannya si bapak langganan yang lewat depan rumah dulu.

Dari uji coba membuat es krim, akhirnya saya bisa membuat es krim dung2 yang rasanya enak dan lembut, creamy...manis dan gurih, sudah seperti es krim dung2 legenda masa kecil saya. Bahan2nya tidak banyak macam, tanpa bahan2 tambahan pangan kimiawi, saya menggunakan campuran susu dan santan, sehingga perpaduan dari keduanya menghasilkan citarasa es krim yang segar, lembut krenyes2 dan  maknyess untuk dinikmati bersama keluarga.





ES KRIM SUSU SANTAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
250 ml susu cair putih tawar (Susu UHT atau susu bubuk yang dicairkan)
3 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
---> Campur semua bahan jadi satu, rebus dan masak hingga mengental, dinginkan.

Bahan B:
3 sdm susu bubuk

Bahan C:
1 liter air santan dari 2 kotak santan kara instan yang 200 ml + air putih panas sehingga menjadi larutan santan sebanyak 1 liter (1000 ml)
150 gr gula pasir halus
---> Campur semua bahan jadi satu, aduk hingga gula larut, dinginkan.

Bahan D:
pasta/perasa sesuai selera jika ingin es krimnya ber-aroma






Cara Membuat:

1. Masukkan bahan A kedalam wadah/baskom, tambahkan bahan B, kocok dengan mixer pelan2 hingga adonan tercampur rata.

2. Tuangkan bahan C sedikit demi sedikit sambil di mixer hingga adonan halus dan mengembang, kurang lebih mengocoknya selama 10-15 menit (tergantung kecepatan putar mixer)

3. Simpan adonan es krim didalam freezer selama kurang lebih 4 jam.

4. Keluarkan dari freezer, kemudian mixer kembali selama 5-10 menit agar adonan es krim semakin halus dan mengembang volumenya. Beri perasa sesuai selera bisa dengan pasta vanila, coklat, strawberry, atau pandan, kocok lagi hingga rata.

5. Simpan adonan es krim didalam freezer kembali, selama 6 jam

6. Es krim siap disajikan, bisa diberi topping sesuai selera.


# Tips:
- Kalau tidak suka es krim rasa santan, penggunaan air santan bisa diganti dengan susu cair dengan jumlah takaran sesuai resep (1 liter).
- Jika menggunakan air santan dari kelapa parut segar, gunakan 1 butir kelapa parut dan peras santannya menggunakan air matang yang hangat menjadi 1 liter air santan.
- Kalau menggunakan air santan kelapa segar, sebaiknya air santan direbus dulu sampai mendidih tapi tidak sampai mengeluarkan buih/bergolak, dan jangan sampai air santan pecah.
- Jika menggunakan air santan dari kelapa segar, gula pasir halus bisa diganti dengan gula pasir biasa/kasar, saat merebus air santan sekalian masukkan gula pasirnya.

Selamat Mencoba...


20 komentar:

  1. Assalamu'alaykum warahmatullah...
    akhirnya nemu juga ni blog...nemu resep ini pula...horeee...ternyata simpel..besok semoga bisa nyoba mumpung libur.
    mb,kalo pakenya susu bubuk,susu bubuknya brapa gram ya kira2...
    makasih sebelumnya atas resepnya.

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam...
    Wah, senengnya mb Dee, silahkan dicoba mbak...enak sekali es krimnya, pasti lgs suka deh
    Susu bubuk untuk 3 sendok makan kurang lebih 50gr mbak...

    Jadi untuk menggantikan susu cair dg susu bubuk, cairkan 50 gr susu bubuk dengan air sehingga menjadi larutan susu sebanyak 250 ml.

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah resepx mantab...
    Kalo buatx tanpa frezzer bsa mbak?dengan resep yg sma tapi menggunakan es Dan gram dengan resep yg sama?dgn cara dputar2?

    BalasHapus
  4. Septian Adi, oh bisa saja koq dg cara seperti itu...seperti membuat es puter, silahkan dicoba.
    Tapi memang butuh tenaga untuk memutar panci pembuat es puternya.

    BalasHapus
  5. Makasih buat resepnya, Mba ;)
    Oh ya, Mba... Meizena bisa diganti tapioka ga ya? trs santan bisa diganti dengan jus buah ga ya? Terimakasih

    BalasHapus
  6. gak bisa diganti dengan tapioka mbak, coba ganti saja dengan tepung hunkwe.
    santan juga gak bisa diganti jus buah, rasanya beda dan jadinya juga bukan es krim susan lagi...silahkan saja mbak kalau mau modif sendiri, saya belum coba yang pakai jus buah. karena kalau buah kan harus dalam keadaan fresh, sedang ini es krimnya dimasak.

    BalasHapus
  7. Wah ais krim santan saya akan cuba one day.

    BalasHapus
  8. Selamat mencoba Zin...sedap dan lembut segar

    BalasHapus
  9. mbaa...saya udah coba 2 kali, tapiii kok gag bs ngembang....knp ya mb....pls ....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin santannya kurang kental kali, atau mixer adonan kurang kenceng dan lama...dan harap dipastikan semua bahan yg digunakan (santan dan adonan maizena) sudah dalam keadaan dingin, jangan masih panas/hangat di mixer, efeknya bisa susah mengembang...

      Hapus
    2. mkasih ya mba...ak coba lg ke3 kalinya hehehe......kemaren pake kecepatan sedang dan kira2 10 menitan.....................tp kayaknya lg hangat....xixixi....kurang dingin y berarti....

      Hapus
  10. Mba aky udah coba tapi kok pisah ya air dan santan....kenapa ya?
    Dian

    BalasHapus
  11. wihhhhh segerrr coba ahhhhh
    mksih resepnya mba

    BalasHapus
  12. wihhhhh segerrr coba ahhhhh
    mksih resepnya mba

    BalasHapus
  13. mbk aku buat kok jadinya mengkristal ya berbutir2?

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mba, klo santan aja ga pake susu bisa ga?

    BalasHapus