Selasa, 19 November 2013

NUGGET PISANG



Bismillah...

Di group masak memasak yang saya ikuti, lagi seru ceritanya membahas tentang nugget pisang, banyak macem resep dan modifikasinya. Saya juga tertarik untuk membuatnya, dan tentunya dengan resep hasil uji coba sendiri di dapur kecil saya.

Saya pilih jenis pisang kepok yang matangnya cukup atau sedang, tidak terlalu matang banget. Kalau mau pakai jenis pisang lain seperti pisang tanduk juga bisa, enak juga, tapi saya tidak suka pakai jenis pisang ambon atau cavendish, karena efeknya nugget pisangnya kurang bisa padat atau keset alias lembek walaupun sebenarnya untuk aromanya pisang lebih harum.

Dan sebelum dibuat menjadi nugget, pisang kepok saya kukus dulu, agar pisangnya benar2 matang dan keset saat sudah menjadi nugget. Karena pernah coba dengan pisang yang langsung di haluskan dan dicampur dengan bahan2 lainnya terus di kukus, menurut saya rasa nugget jadi kurang nikmat...rasa pisang seperti masih meninggalkan jejak mentah, berasa bergetah. Tapi kalau msu langsungan gak dikukus dulu boleh2 saja biar praktis.

Mari kita ceki ceki resepnya dibawah ini, cukup mudah dan sederhana mengolahnya, dan hasilnya so yummy inside and very crispy outside...


NUGGET PISANG 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr pisang kepok (kalo saya pisang dikukus dulu, baru dilumatkan agak kasar)
2 sdm tepung maizena
3 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt teh garam halus
2 lembar roti tawar sobek2 kecil
50 ml susu cair putih tawar
2 butir telur kocok lepas

Bahan Baluran Nugget:
5 sdm tepung terigu

Bahan Pencelup Nugget:
3 sdm tepung terigu
air secukupnya
---> Semua bahan campur jadi satu, aduk rata.

Bahan Panir Nugget:
150 gr tepung roti (panko)






Cara Membuat:
1. Campur semua bahan menjadi satu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak goreng dan dialasi plastik, tuangkan adonan nugget pisang ke dalam cetakan. Kukus kurang lebih selama 30 menit. Keluarkan dari pengukus, dinginkan.
4. Potong2 nugget pisang dengan bentuk sesuai selera. Baluri tepung terigu, masukkan ke dalam larutan tepung pencelup, kemudian gulingkan pada tepung panir. Lakukan hingga semua habis diberi tepung panir.
5. Simpan dalam kulkas sebentar biar agak keras dan set, lalu goreng. Bila belum akan disajikan, simpan di dalam freezer agar nugget pisang beku dan awet.

Selamat Mencoba...

2 komentar:

  1. salam kenal mbak ita, sy ony dr riau. kayaknya enak tuh nugget pisangnya. nanti kl saya dah coba kita bagi cerita lagi ya,,

    BalasHapus
  2. salam kenal juga mb Ony..wah dr Riau, sayang sy blm pernah main ke Riau...
    Dicoba mbak...enaak, manis dan gurihnya serasi, hehee...ditunggu ceritanya ya..

    BalasHapus