Minggu, 17 November 2013

BANANA CAKE



Banana...bananaa...banana cake lagi...
Ini salah satu cake atau bolu pisang yang jadi andalan saya kalau lagi ada acara2 baik di rumah atau di tempat lain. Karena stok pisang cavendish senantiasa ada di meja makan, dan kalau mau bikin banana cake harus misahin pisang dan nunggu biar pisangnya ndalu atau udah udzur...yang sampai kehitaman kulitnya gitu, dan karena udah ndalu itu membuat bolu pisang makin nendang aromanya dan nikmat rasanya.

Resepnya menggunakan metode butter cake, jadi dengan mengawali pengocokan gula dan margarin. Sementara putih telur disini di kocok secara terpisah, sehingga menghasilkan tekstur banana cake yang mengembang dan lembut mirip sponge cake.

Penggunaan pisang ambon di resep saya ini perlu kurang lebih 2 buah pisang ambon tua yang besar, atau 3 buah pisang ambon bila pisangnya berukuran kecil. Tepatnya kalau ditimbang sekitar 250 gr, saya gunakan pisang seberat itu karena jika berlebihan beratnya maka akan menghasilkan cake yang kurang spongy...alias agak bantat/padat. Makanya saya selalu menimbang dulu berat pisang yang akan dimasukkan dalam adonan cake.


Banana Cake Slices dengan loyang loaf 



BANANA CAKE
Source: "Bolu dan Cake - Yasa Boga"
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
150 gr margarin
150 gr gula halus/gula berbutir halus (gula kastor)
4 butir kuning telur
250 gr pisang ambon/cavendish/barangan haluskan
200 gr tepung terigu + 1 sdt vanili bubuk + 1/2 sdt soda kue + 1/2 sdt baking powder
4 putih telur kocok + 1 sdt gula pasir + 1 sdt air jeruk nipis ---> kocok sampai putih kental/soft peak



Banana Cake Slices dibuat dengan dengan loyang kotak ukuran 22x22x7 cm


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bentuk loaf ukuran 24x10x7 cm atau loyang kotak ukuran 22x22x7 cm, pakai loyang tulban diamaeter 22 cm juga bisa, oles dengan margarin alasi dengan kertas roti dan oles lagi kertas rotinya dengan margarin.
2. Kocok dengan mixer putih telur dan tambahkan 1 sdt gula pasir dan air jeruk nipis, mixer putih telur hingga putih kental (softpeak). Sisihkan.
2. Dengan mixer bekas mengocok putih telur (gak perlu dicuci), kocok gula halus dan margarin hingga putih kental (gula larut).
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil di kocok dengan mixer. Kocok hingga mengembang.
3. Tuangkan pisang yang sudah di haluskan sedikit demi sedikit bergantian dengan campuran tepung terigu sambil di mixer sampai rata.
4. Masukkan putih telur kocok, aduk pelan2 dan ringan2 saja dengan spatula hingga adonan tercampur rata (cara/teknik aduk balik agar adonan tidak turun atau ambles).
5. Tuangkan ke dalam loyang, ratakan. Boleh di taburi topping sesuai selera (pisang iris, keju cheddar parut, kacang almond, kacang kenari, dll).
6. Panggang di oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih  selama 45 - 60 menit hingga cake matang
7. Keluarkan cake dari oven, dinginkan. Lepaskan dari loyang, potong sesuai selera dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar