Selasa, 19 November 2013

PUDING TELUR CEPLOK



Ola laa...akhirnya saya terprovokasi juga untuk turut uforia puding telur mata sapi atau yang top dengan brand puding telur ceplok. Saya ucapkan banyak terima kasih dan salute banget kepada sang maestro (entah siapa awal mulanya ) pencetus ide puding telur ceplok yang sempat booming ini. Meski agak telat eksekusi sepertinya, penasaran juga dengan proses pembuatan dan penampilan puding yang very funny ini.

Resep puding telur ceplok banyak versinya, tetapi kita boleh dengan bebas atau sesuka hati  dalam bereksperimen dan berkreasi dalam memodifikasi resep dan cara pembuatan dengan memanfaatkan ketersediaan bahan yang ada di dapur. Dan tentunya juga sesuai selera keluarga, sayang kan...kalau udah bikin tapi hasilnya tak dilirik sekalipun.


Maisaa mau narsis dulu, si bungsa saya...seneng megang2 puding ceplok telurnya, dia pikir seperti mainannya. Di bilangnya ini Egg Cup Cake,..Walaah, capek2 mama bikinin cuma dibuat mainan, yo wis...sing penting hepi ya nduuk, he he hee...


Untuk membuat bagian kuning telurnya saya menggunakan jus buah mangga dalam kotak tetrapack, kalau disini saya suka pakai mango juice merk KDD. Rasa buah mangganya sangat kuat dan asli, manis dan kekentalannya natural tidak karena bahan2 tambahan pangan. Mungkin kalau yang tinggal di Indonesia bisa menggunakan mango juice dari Buavita, menurut saya itu yang paling enak di  Indonesia.

Bagian putih telurnya saya menggunakan susu kental manis yang dicairkan, dan sedikit ditambah gula pasir agar manisnya pas sesuai selera. Jadi cukup simpel, praktis dan mudah...dan rasa susu kental manis itu memang sangat sesuai untuk dipadukan dalam pembuatan puding. Karena dalam susu kental manis sudah banyak mengandung gula, aroma susunya sangat khas...harum vanila. Nikmat sekali... I like it, sweetened condensed milk.





Puding Telur Ceplok
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kuning Telur:
1 sachet nutrijell rasa mangga atau pakai agar2 putih bubuk swallow globe
800 ml jus mangga kemasan kotak tetrapack (jus mangga asli lebih bagus)
Saya gak pakai gula lagi, tapi jika kurang manis boleh tambah gulanya sesuai selera

Bahan Putih Telur
1 sachet agar2 bubuk putih swallow globe
150 ml susu kental manis (kira2 1/2 kaleng)
700 ml air putih
2-3 sdm gula pasir (sesuai selera manisnya)
1/2 sdt vaili bubuk
1/8 sdt garam halus (seujung sendok)


Cetakan puding telur ceploknya pakai ini, plastik mika bawaan dari kampung. Belinya di toko bahan kue, harga 6500 rupiah dan isinya banyak...belum sempat ngitung.


Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kuning telur ke dalam panci, masak hingga mendidih. Tuangkan ke dalam cetakan kue talam yang besar, sebanyak 3/4 tinggi cetakan. Dinginkan.
2. Campur semua bahan putih telur ke dalam panci, masak hingga mendidih. Aduk-aduk cairan puding putih telur hingga uap panasnya berkurang.
3. Lepaskan puding bulat kuning telur dari cetakan kue talam, letakkan di dalam tengah2 pas cetakan puding plastik bulat. Siram perlahan cairan puding putih telur di sepanjang pinggiran puding kuning telur. Kerjakan hingga selesai. Dinginkan.
4. Sajikan puding telur ceplok, boleh diberi topping sirup coklat atau sirup strawberry.

4 komentar:

  1. huwaaaaa... penampakan puding ini bikin ngileeer mba.. warnanya bukan kuning tapi orange... heemmm.. paduan warnanya sgt cantik sekali... ada yg bikinnya pake labu tapi versi mba ita pake jus mangga siap pakai... pingin nyoba jg ni mba kebetulan lg musim mangga ... mksh mba..

    BalasHapus
  2. hayo bikin mbak...enak lho, soalnya pake jus mangga dan paduan susu kental manis...nikmat, apalagi kalau dingin pudingnya baru keluar dr kulkas...maknyeess..

    BalasHapus
  3. Punya ref toko yg jual cup nya mb?soalny msh jarang yg jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba boleh share info alamat/ no telp tempat beli cup plastik nya ?

      Hapus