Minggu, 17 November 2013

CAKE TAPE



Bismillah...

Tape singkong sangat pas digunakan untuk campuran cake, aromanya sangat eksotik...wangi khas tape. Ketika dipanggang saja sudah menggoda hidung dan lidah untuk segera mencicipi dan mengudapnya.

Dan setiap kepingin bikin cake tape saya harus membuat tape singkong sendiri, karena disini tak ada yang jual tape singkong. Membuat tape singkong tidaklah sulit, cukup mudah...asal ada singkong dan ragi InsaAllah jadi tape.

Resep Cake Tape dibawah ini adalah resep cake tape dengan metode sponge cake, hasil akhir cake tapenya enak, manis legit,  lezat dengan wangi tape, lembab dan lembut tekstur cakenya.

Untuk foto cake tape yang sudah di potong2 tidak sempat saya abadikan, maaf sebelumnya yaa...setiap bikin cake ini selalu gak sempat di jepret2 karena sudah keburu dibawa ke tempat acara. Ini juga saya cari2 foto di file dokumen hasil baking saya yang sudah beberapa bulan yang lalu, mudah2an sudah terwakili dengan profile picture cake yang masih utuh ini. Yang terpenting resep sudah terdokumentasikan di dapur maya saya, siapa tahu saya tiba2 lupa dengan resepnya dan mudah2an bermanfaat jika ada yang ingin mencoba resep cake tape buatan saya, he he hee...




CAKE TAPE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr gula pasir
6 butir telur
1 sdt SP
250 gr tape singkong haluskan
100 ml air santan
200 gr tepung terigu
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml margarin cair
50 gr keju cheddar parut untuk topping/taburan


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bulat berlubang tengah/tulban diameter 22 cm. Olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu.
2. Kocok dengan mixer gula pasir, telur, dan SP hingga mengembang putih kental (softpeak)
3. Masukkan tape singkong halus sedikit demi sedikit bergantian dengan tepung terigu, masukkan juga vanili bubuk sambil terus dikocok dengan mixer sampai adonan tercampur rata.
4. Tuangkan air santan sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok dengan mixer sampai rata.
5. Masukkan margarin cair, aduk perlahan dan ringan2 dengan spatula hingga tercampur rata (teknik aduk balik yaa...biar cake gak bantat/ambles)
6. Tuangkan adonan cake ke dalam loyang, ratakan. Taburi dengan keju cheddar parut.
7. Panggang di oven dengan suhu 170-180'C selama kurang lebih 45 menit atau hingga cake matang.
8. Keluarkan cake dari oven, dinginkan. Lepaskan dari loyang, lalu potong2 dan sajikan.

3 komentar:

  1. Halo mbak ita :) mau tnya bole yaa :D
    tepung terigunya pke yg jenis apa ya??

    BalasHapus
  2. hai juga mb Juwita, apa kabar...boleh aja kenapa tidak ?
    untuk tepung terigu pakai yg all purpose atau tepung srba guna, bisa juga dengan sebutan tepung protein sedang, kalau di Indonesia nama pasarannya tepung segitiga biru.

    BalasHapus
  3. Setelah sekian lama berkutat mencari resep yg pas, akhirnya nemu resep cake ini dan walllaaa....... anak2 sukak bgt mbak ita, resep selanjutnya yg pengen dicoba adl. Cake Zebra. Wish me luck ya mbak, btw tengkyu berat dah share resep2 cantiknya...

    BalasHapus