Jumat, 01 November 2013

Sayur Brongkos



Sayur Brongkos ini adalah sayur khasnya para priyayi Jogja atau seputaran daerah Jawa Tengah. Sayur brongkos mirip bumbu dasarnya dengan Rawon masakan khas daerah Jawa Timur, hanya kalau rawon daerah kami (saya asli dr daerah Jatim) tak menggunakan bahan2 sayuran didalamnya. Sayur brongkos bisa di isi dengan banyak macem sayur sesuai selera selain memang bahan utamanya adalah daging sapi sandung lamur/koyoran/tetelan, jadi lebih meriah dan rame untuk menemani si daging hitam manis legit dan nyamleng ini.

Memasak sayur brongkos menjadi salah satu menu utama dalam dapur kami, karena suami saya sangat suka dengan sayur ini, maklum lah...lha beliaunya memang asli piyantun Sleman Jogja. Dan kebetulan pula di daerah suami saya (Tempel-Sleman) ada satu warung nasi brongkos yang sangat terkenal yaitu Nasi Brongkos Warung Ijo Bu Padmo.


SAYUR BRONGKOS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr daging sapi sandung lamur
1.5 liter air untuk merebus daging, jika kurang banyak bisa ditambah
1 buah labu siam ukuran sedang, kupas dan potong kotak
6 buah tahu potong kotak kecil dan goreng setengah matang
100 gr kacang tolo, rendam semalam dan rebus hingga empuk
6 butir telur rebus
10 biji cabe rawit merah
2 batang serai memarkan
5 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
3 ruas jari laos memarkan
3 cm jahe memarkan
garam secukupnya
gula merah secukupnya
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
3 buah mata asam rendam dalam 3 sdm air panas
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
10 buah bawang merah
7 siung bawang putih
7 butir keluwak yg bagus yaa...dirasain dulu isinya
7 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan (sedikit saja yaa)
5 cm kencur

Cara Membuat:
1.  Rebus daging sapi sandung lamur dengan air putih, masak hingga daging cukup empuk. Saring air kaldunya agar tidak keruh.
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, laos dan jahe. Aduk2 hingga bumbu matang dan layu.
3. Tuangkan bumbu tumis ke dalam panci yang berisi air kaldu dan daging rebus. Masukkan kacang tolo dan telur yang sudah direbus sebelumnya. Masukkan pula tahu goreng, labu siam, dan cabe rawit merah utuh.
4. Tuangkan santan kental, garam, dan gula merah, masak sambil diaduk2 agar santan tidak pecah dengan api kecil. Jangan lupa beri air asam agar sayur brongkos makin nyamleng, masak terus hingga sayur matang dan mengental. Matikan kompor.


# Note:
- Sayur brongkos akan terasa lebih nikmat jika sudah menginap semalam, karena bumbunya sudah meresap kedalam daging dan sayur2an pendampingnya, kuahnya pun sudah semakin mengental dan gurih. Setelah diinapkan semalam, hangatkan kembali sayur brongkos sesaat akan disajikan.

- Hidangkan sayur brongkos bersama nasi hangat, sambel trasi, lauk pauk seperti tempe bacem atau tahu bacem dan krupuk udang penambah semarak suasana makan bersama keluarga tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar