Jumat, 25 Oktober 2013

Cilok Kulit Ikan Bakar



Memang yaa...cilok tuh jajanan/cemilan yang nggak mbosenin, tua muda pasti suka tak terkecuali kami sekeluarga. Hampir sering membuat cilok, yang terkadang saya kembangkan resepnya menjadi macam2 aneka cilok. Salah satunya ini nih...cilok dengan tambahan kulit ikan tenggiri, memanfaatkannya ketimbang tersia-sia dibuang begitu saja. Sehingga menjadi cilok dengan aroma dan rasa ikan tenggiri, mirip2 rasa pempek.

Jika tidak ingin dibakar, langsung saja cilok disiram bumbu sambel kacang. dan bila ingin dibakar seperti cara saya, sambel kacangnya ditambahin kecap manis secukupnya, lalu ciloknya diolesi sambel kacang campur kecap manis, ditusuk2 dan lalu dibakar.  Aroma cilok dibakar sungguh menggugah selera...


CILOK KULIT IKAN BAKAR
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung terigu
200 gr tepung tapioka
200 gr kulit ikan tenggiri cincang halus
400 ml air mendidih
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam/secukupnya
1/2 sdt gula pasir/sesuai selera
1 batang daun bawang cincang halus

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung terigu, kulit ikan, bawang putih halus, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas kedalamnya. Aduk dengan sendok kayu hingga adonan tepung menggumpal jadi satu, kemudian tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan sampai semua tepung tapioka habis dituang. Jika adonan sudah tidak lengket ditangan dan tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya. Boleh ditambah air panas sedikit jika dirasa adonan masih keras.
2. Lumuri tangan dengan tepung tapioka, Ambil sejumput adonan dan bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang, tambah kecap manis secukupnya, lalu tusuk2 di tusukan sate, bakar hingga kecoklatan.

Sajikan hangat2...pasti pada sukaa 


# Note:
Kalau mau bikin cilok biasa tanpa kulit ikan dan gak di bakar, resep tetep sama seperti diatas...tinggal skip/hilangkan bahan kulit ikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar