Minggu, 18 Mei 2014

Kue Kering Semprit Bunga Dahlia


Bismillah...

Asli...sebenarnya saya itu paling kurang berminat membuat kue kering atau cookeis, karena pada dasrnya saya memang tidak terlalu suka makan kue kering dan biskuit dari kecil. Jadii...kalau disuruh bikin cookies seringnya agak malas atau tidak terlalu bersemangat, berbeda jikaharus bikin cake atau kue2 lainnya.

Makanya dari dulu saya tidak pernah menerima pesanan kue kering saat masih tinggal di Indonesia, padahal kalau saya mau bikin, banyak juga yang ingin pesan buat sajian lebaran. Tapi ya gitulah saya, terlalu idealis dengan prinsip. Karena kurang suka bikin kue kering, ya tidak terlalu memaksakan diri untuk bisa bikin. Tetapi sebenarnya juga bisa kalau ada niat...itupun saya bikin kue kering karena untuk hantaran saat mudik lebaran, untuk kedua orang tua saya dan keluarga mertua saya. He he hee...

Karena pas ada event bulanan dari group Dapur Aisyah di Facebook, coba2 kembali deh melemaskan jari2 untuk menyemprit kue kering. Jadi ada semangat nih...walaupun lebaran juga masih jauh, iseng2 saja membuat keu kering semprit bunga, resepnya membuka2 lagi catatan buku primbon jadul saya. InsaAllah nanti akan melanjutkan membuat jenis2 kue kering lain yang biasa menjadi sajian khas lebaran. Untuk sementara sebagai pemanasan saya mengawali dengan kue kering semprit bunga dahlia.




Kue Kering Semprit bunga Dahlia
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
100 gr margarin 
100 gr mentega (butter)
150 gr gula pasir halus (saring/ayak lebih dahulu, boleh kurangi jika gak suka manis)
2 kuning telur kocok lepas
200 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
30 gr susu bubuk
30 gr tepung kustard
5 buah manisan ceri merah potong kecil2


Cetakan kue kering semprit bunga dahlia dan cetakan/cookies cutter kue kering bunga melati.


Cara Membuat:
1. Sebelumnya, campur menjadi satu tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk dan tepung kustard menjadisatu lalu saring/ayak dengan saringan.
2. Kocok margarine, mentega dan gula pasir halus dengan mixer/wisk sampai tercampur rata dan lembut/halus (jangan sampai mengembang pucat yaa, cukup sampai gula larut dan tercampur halus…efeknya nanti kue kering jadi melebar saat dipanggang sehingga bentuknya kurang cantik).
3. Masukkan kuning telur, kocok hingga kuning telur tercampur rata. Sekali lagi hanya cukup sampai adonan tercampur rata dan lembut/halus, tidak harus mengembang putih.
4. Tuangkan campuran tepung yang sudah disaring sedikit demi sedikit, aduk  dengan spatula hingga adonan tercampur rata.
5. Siap untuk dicetak menggunakan spuit bentuk bunga dahlia, lalu beri hiasan diatas kue kering dengan potongan buah cherry. Atau bisa juga dicetak bentuk lain dengan menggunakan cookies cutter sesuai selera.
6. Panggang di dalam oven dengan suhu 140-150'C selama kurang lebih 30-45 menit hingga kue kering matang.


Ini kue kering bunga melati dengan resep yang sama, dicetak pakai cookies cutter bentuk bunga melati.


# Note: 
- Adonan kue kering ini selain untuk membuat kue kering semprit bunga dahlia, bisa juga digunakan untuk membuat kue kering bentuk lain dengan menggunakan cookies cutter. Seperti tampak pada foto diatas, itu kue kering bunga melati yang bagian tengahnya saya isi dengan selai strawberry. 
- Selain itu juga resep adonan kue kering ini bisa juga untuk membuat kue kering varian lain, seperti kue putri salju. Jika ingin menjadikan resep kue putri salju tinggal menambahkan kacang tanah/kacang mede sangrai yang sudah diblender agak halus/setengah kasar, kemudian dibentuk sesuai selera. Ataupun jika ingin berkreasi dan bereksplorasi dengan resep dasar kue kering semprit ini akan bisa menjadi berbagai macam jenis kue kering istimewa.


Selamat Mencoba...

18 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak ita,mbak ini terigunya pake protein rendh,sdng,apa tinggi?loyangnya disemir mentega apa tdk?d kasih kertas roti ndak?maaf pertanyaanya borongan mohon pencerahanya.maklum masih baru mau mencoba,oh iya kemaren sy coba bolu gulung ekonomis sma banana cake mudah,jadi loh mbk enak dan lembut bahkan bolu gulungnya udah beberapa kali,untk tahlilan nenek,untuk satu bulanan sikecilku,jg buat acara lamaran,makasih mbk ita udah sare resep2nya dan gak pelit ilmu.Bundanya Aisyah di tulung agung

    BalasHapus
  2. Mbak ita, mau nanya, kue nya renyah ya? Trims buat resepnya.
    Dina

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumsalam, pakai tepung protein sedang mbak saya...krn di tempat saya tinggal gak ada tepung protein rendah, saya kan tinggal di Kuwait, adanya tepung all purpose.
    Kalau yg tinggal di Indo, sebaiknya memang pakai tepung protein rendah...karena memang tersedia di toko bahan kue.
    Loyangnya saya lapisi kertas roti, dan boleh di olesi margarin tapi tipis2 saja.
    Salam kenal mbak...dari tulung agung yaa...saya asli dr Ponorogo (orang tua saya).

    BalasHapus
  4. Dina...alhamdulillah kuenya renyah dan lembut gak keras.

    BalasHapus
  5. wah aku juga buat mbak tgl 14 kemarin tapi punyaku gak sebagus mbak Ita, kemungkinan karena terlalu lama ngocoknya jadi agak melebar hiks...pingin banget deh bikin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Roshyidatul Ilma, resepnya pakai yg mana...apa yg pakai baking powder kah, kalau pake BP lebih baik dihilangkan saja, itu bisa berefek kue jadi mengembang lebar kesamping, kemungkinan juga karena terlalu lama ngocok mentega dan gula, sebaiknya mentega dimasukkan dalam kulkas sebentar agar dingin, tapi tidak sampai membeku, jadi pas dikocok tidak terlalu lumer/mencair karena panas suhu ruang juga berpengaruh terhadap mentega/margarin.

      Hapus
  6. Salam kenal juga mbak ita...aku mau dong cetakanya kue kering ini,jg cetakan kue akar kelapa keju,cetakan maruku,caranya gmna aku mau nitip.dari Tulung agung lagi,bundanya aisyah

    BalasHapus
  7. Bunda Aisyah...kalau cetakan kue kering yg di gambar atas itu saya beli di Indonesia koq, di toko bahan kue ada...coba cari, apa di Tulung Agung gak ada yaa...
    Kalau cetakan kue maruku/akar kelapa, memang saya beli disini...harganya 150 ribu, itu bahannya dari kuningan asli dan produksi India. kalau Bunda Aisyah mau nitip InsaAllah nanti kalau saya pas belanja di toko yg jual alat itu saya belikan. Nanti saya kirim kalau saya mudik...mudah2an sih bisa cepat mudik :)

    BalasHapus
  8. ya mbk sy mau mint tolongdibelikan,caranya gmna lewat fb apa gmn mbk?dulu sy pernah baca komentnya mbk ita,bulan juni mau ke Malang ya kalau gak salah?mampir dong mbk kerumah...Bunda Aisyah.T.agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Aisyah punya account fb gak yaa...kalau punya add saja saya, di blog ini ada badge fb saya, nama saya di fb: Ariesta Mikdar Gunawan. nanti setelah add saya...kita bisa kontak lewat inbox.

      Hapus
  9. Assalamualaikum,mbk ini pin bb aku mbk 7D46DD77,klu fb nya Aisyah Putri Kartika.bundanya Aisyah T.A

    BalasHapus
  10. udah aku add mbk..

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum, mba ita,,,, kue nya cantik2 sekali ukurannya pada pas , sama semua .. kenapa yaah kalau saya bikin suka beda2 bentuknya ga sama, terus ada yg penyok2 pokonya ga sesempurna kue punya mba ita :P
    rahasianya apasih mba bisa rapih kaya gitu???
    oia salam kenal dari Rani ibunda Fathir dari Bogor
    saya blogger pemula hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, he hee...gak ada rahasianya koq mbak, kan di atas juga sudah saya share foto hasil spuitan yg masih belum dipanggang, dan bentuk spuit bunga dahlia yg saya pakai dari bahan plastik, kalau pakai spuit dr bahan stenlis/aluminium bentuk bintang memang kurang bagus hasilnya, cari yg bentuknya spt bunga dahlia yg difoto saya itu. Dan saat menyemprit jangan ditekan ya mbak, biar saya menumpuk spt di foto saya itu. InsaAllah hasil kuenya nanti akan lebih bagus dan motifnya terlihat.
      Dan sebaiknya margarin dan menteganya pakai yang dingin dari kulkas tapi tidak dalam kondisi beku yaa...keluarkan dari kulkas dan biarkan melembek tapi masih dingin, agar hasil kue keringnya cantik tidak melebar. Kalau bikin kue kering jangan banyak2, cukup satu resep dulu...lalau panggang sampai habis, baru kemudian bikin adonan lagi satu resep untuk selanjutnya. Ini bertujuan agar adonan tidak terlalu lama di suhu ruang, akibatnya bisa melumerkan margarin dan mentega, shg kuenya kurang cantik saat dipanggang.

      Hapus
  12. Ass,...mba yg kue Semprit, itu menteganya 150 gr...dan margarinny juga 150gr.. Sy bikin kok adonanny kok jadiny lembeek bgt mba.....gmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, maaf sy salah tulis resep...ini sudah sy edit dan update resepnya...
      kalo sudah terlanjur lembek ditambahin tepung terigunya di kira2 aja sp adonan bisa di spuit dg cetakan...

      Hapus
  13. salam kenal mbak ita ini dengan luluk asli malang heheheh mbak ini di resep kan pake margarin n mentega...margarin n mentega merk apa y mbak yg di pake utk resep ini,mumpung jelang lebaran nih jadi mo bikin makasih mbak ita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak luluk
      margarin pake blue band bisa, atau palmia
      butter/mentega bisa pake orchid, anchor atau wysman

      Hapus