Senin, 30 Desember 2013

PUDING SUTRA MANGGA


Bismillah...

Resep Puding Sutra banyak berseliweran di Internet, awalnya saya belajar bikin puding sutra ini juga nyontek resepnya dari Om Google. Terima kasih banyak untuk yang sudah share resep2 puding sutra, bisa jadi acuan dan inspirasi dalam menikmati segarnya puding yang jadi kegemaran keluarga kami. Setelah beberapa kali mencoba, resepnya saya sesuaikan dengan selera dan ketersediaan stok bahan2 yang ada di dapur saya.

Puding Sutra Mangga ini kira2 awal tahun 2013 saya jepret, dan baru sekarang yaa...update di blog, kejar tayang deh biar segera tuntas semua hasil masakan dapur saya terdokumentasi disini. Mari membuat puding sutra mangga, nikmat sekali...lembut klenyer2 membelai lidah, 3 cup buat saya serasa masih pingin nambah lagi,..."kemaruk nih si ibu"...emang suka banget sih, ha ha haa...


PUDING SUTRA MANGGA
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Puding:
1 sachet bubuk agar2 plain/putih (pilih yang kualitasnya bagus)
1 kaleng susu kental manis putih (Di Kuwait saya pakai SKM produk Nessle)
6 -7 kaleng air putih (saya pakai 7 kaleng air putih, suka yang klenyer banget. Untuk ukuran air pakai kaleng bekas susu kental manis yaa...)
1 sdt bubuk nutrijell plain (biar pudingnya makin lembut dan tidak mudah hancur)
---> Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga tercampur rata.

Bahan Topping/Hiasan:
1 kaleng fruit cocktail (Misal: pakai Del Monte)
Pisahkan buah dalam kaleng, airnya nanti dicampur dengan jus mangga sebagai saus siram.

Bahan Saus Siram:
250 ml jus mangga kotak (Misal: pakai Buavita Tetra Pack)
Campur jus mangga dengan air buah fruit cocktail, aduk hingga tercampur rata.






Cara Membuat:
1. Rebus semua bahan puding dalam panci, masak hingga matang dan mendidih.
2. Aduk2 agar puding keluar uap panasnya, tunggu agak hangat. Tuangkan ke dalam cetakan/cup plastik puding kira2 2sendok sayur kecil. Biarkan puding dingin dan membeku.
3. Beri buah2an (fruit cocktail) diatas permukaan puding sutra, lalu siram dengan saus siram jus mangga. Simpan di dalam kulkas, karena lebih nikmat jika dalam keadaan dingin.


Selamat Mencoba...

Bolu Kukus Lapis Pisang



Bikin bolu kukus pisang ini sudah agak lama, seperti biasa...lupa lagi untuk memasukkan resepnya di blog. Dan memang rencana saya agak banyak tak sesuai skedul di akhir bulan dan akhir tahun ini. Karena sudah banyak foto2 yang saya edit dengan mencantumkan tahun bikin yaitu 2013, namuun...belum sempat saya simpan di dalam dapur maya tercinta. Banyak hal ternyata yang menjadi kendala...selain sibuk urusan anak2 di rumah, juga karena waktu yang sangat terbatas untuk bisa santai konsen di depan laplip saya.

Wis deh...gak perlu banyak kata, talk less do more...
Akan saya lembur acara akhir tahun ini dengan menulis saja, gak ada acara liburan ke mana2 ini. Maklum karena anak saya sekolahnya tidak di sekolah berbasik Amerika atau Eropa, kami memilih sekolah muslim...jadi gak ada libur akhir tahun untuk vacation.




Bolu Kukus Lapis Pisang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
4 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt SP

Bahan B:
150 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam halus (sedikit aja)
---> Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kalau perlu disaring.

Bahan C:
200 gr pisang ambon/cavendish haluskan
1 sdt air jeruk lemon

Bahan D:
50 ml susu cair
50 ml minyak goreng

Bahan E:
50 gr messes ceres untuk bahan pelapis
50 gr keju cheddar parut untuk topping/taburan

Cara Membuat:
1. Kocok dengan mixer bahan A hingga mengembang putih dan kental.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit bergantian dengan bahan C, gunakan mixer untuk mengaduknya sampai tercampur rata.
3. Tuangkan bahan D, susu cair dulu baru kemudian minyak gorengnya, aduk dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
4. Bagi adonan bolu kukus menjadi dua bagian, kukus setengah bagian adonan pada loyang loaf ukuran 24x10x7 cm atau loyang kotak ukuran 20x20x7 cm. Lama mengukus kurang lebih 15 menit.
5. Setelah 15 menit dan matang, buka penutup klakatnya, taburi bagian atas bolu dengan messes ceres dan kukus lagi selama 5 menit.
6. Tuangkan sisa setengah adonan bolu diatas bolu yang sudah matang, dan kukus kembali hingga matang selama 20 menit. Buka penutup kukusan, taburi bagian atas bolu kukus dengan keju cheddar parut, kukus lagi agar keju meleleh selama 5 menit.
7. Angkat dan dinginkan. Potong sesuai selera.

Minggu, 29 Desember 2013

ES KRIM ALPUKAT



Saya suka sekali dengan buah alpukat, apalagi kalau buah alpukatnya masak pohon. Waktu saya masih kecil...di rumah eyang saya ada pohon alpukat mentega, daging buahnya berwarna hijau kekuningan dan lembut sekali. Seringnya saya makan buah alpukat dengan cara hanya dikerok daging buahnya dan ditambah gula pasir...lalu di kacau2 pakai sendok biar buahnya hancur bersama gula pasir, wuahh...sedap banget. Dan sampai sekarangpun saya masih suka menikmatinya dengan cara yang sama. Malah kurang suka jika buah alpukat yang di jus...lebih mantab dengan cara jadul, ala ajaran nenek moyang dahulu. Sensasinya beda banget, halah sensasi apaa...karena dulu belum ada blender elektrik aja kali.

Nah, sesekali kalau mau rajin saya sering juga bikin es krim dari buah alpukat, rasanya lembut dan klenyer...bikinnya mudah dan bahan2nya juga simpel. Marii...kita membuat es krim alpukat, pasti semua suka, dan pastikan buah alpukatnya bener2 sudah tua dan matang...jadi tidak berasa sepet dan pahit. Memilih buah alpukat yang tua dan masak, dengan cara menekan kulit buah...jika ditekan terasa lembut berarti sudah tua. Dan jika buahnya kita goyang2kan...biji didalamnya akan berbunyi atau kalau dalam bahasa jawanya ada suara "klothak2" gitu deh, he hee...


ES KRIM ALPUKAT
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
4 buah alpukat, kerok daging buahnya
1/2 kaleng susu kental manis putih
300 ml air putih
Untuk resep es krim ini tidak harus baku seperti yang saya tulis yaa, bisa saja di modif sesuai bahan yang ada dan selera keluarga.

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan di dalam mangkok kaca blender, lalu blender hingga buah alpukat menjadi halus.
2. Kemudian pindahkan ke dalam wadah kedap udara (box plastik), simpan di dalam freezer selama kurang lebih 3 jam.
3. Keluarkan dari freezer, kalau sudah keras dan beku...tunggu sebentar biar agak mencair. Lalu mixer hingga adonan es krim menjadi semakin halus dan lembut. Simpan lagi di dalam freezer selama 2-3 jam hingga beku.
4. Sajikan sewaktu-waktu bila ingin menyejukkan kerongkongan dengan es krim alpukat. boleh dihias dengan topping suka2 sesuai selera.


Selamat Mencoba...

Sabtu, 28 Desember 2013

PEMPEK NASI



Kembali ide datang ketika dalam kesempitan...begitulah kiranya, disaat kepepet tak berdaya terhadap suatu masalah atau problem, secara mendadak tanpa disadari dalam sekejap ada sekelebat bayangan dalam pikir kita dan akhirnya menjadi solusi yang mampu memecahkan persoalan tersebut. He hee...padahal hanya masalah nasi yang tersisa yaa, sepertinya bukan masalah besar deh bu ibu...hingga muncul ide dadakan yang terpaksa diunduh.

Di bawah ini saya punya cara sederhana dan mudah untuk memanfaatkan nasi yang mungkin sudah tidk ingin dijadikan menu makan, daripada tersia2kan...dan kadang berakhir di bak sampah. Lebih bermanfaat bila bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih berharga, seperti menjadi pempek nasi seperti yang saya bikin.


Pempek Nasi
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
- 1 kg nasi mateng sisa masak kemaren dan saya panaskan lagi di microwave. Bisa juga di kukus di dandang/kukusan sehingga nasi panas kembali.
- Untuk bumbu halus dari bawang merah 5 butir, bawang putih 5 siung, garam secukupnya, gula pasir sedikit.
- Air putih panas kira2 setengah gelas (tergantung nasinya ya..lembek atau keras, jadi air bisa kurang atau lebih sedikit). Kalau nasi sudah agak lembek mending gak usah ditambah air lagi.
- Pakai tepung tapioka 250 gr+ tepung terigu 50 gr. Dan 100 gr tepung tapioka untuk melumuri tangan saat membentuk adonan pempek.


Cara Membuatnya:
- Nasi panas dikasih bumbu halus dan tepung terigu lalu disiram air panas, aduk dengan centong krn masih panas, kalau sudah anget uleni dengan tangan sampai nasi tercampur rata dg bumbu dan halus.
- Lalu masukkan tepung tapioka, uleni lagi dengan tangan sampai adonan tercampur rata, yang agak lama ya..biar nasinya jadi hancur dan lembut.
- Siapkan tepung tapioka cadangan untuk melumuri kedua telapak tangan, lalu ambil adonan pempek nasi dan bentuk2 sesuai selera, karena adonan super lengket maka selalu lumuri tangan dengan tepung tapioka.
- Rebus pempek nasi di air mendidih yang sudah dituangi minyak goreng, masak sampai mengapung, angkat. Dinginkan...lalu goreng, hidangkan dengan kuah cuko.


# Note:
- Agar saat digoreng pempek tidak lengket dan menempel satu sama lain, gulingkan pempek nasi yang akan digoreng ke dalam tepung terigu, sehingga pempek nasi terbalur tepung terigu. Lalu goreng pempek nasi hingga matang kunng kecoklatan dan tidak lengket.
- Selain menjadi kudapan pempek nasi yang lumayan enak dan mengenyangkan, hasil pempek nasi ini bisa juga dijadikan kerupuk nasi. Kerupuk nasi rasa bawang yang mekar, gurih dan renyah...kerupuk yang sehat tanpa bahan tambahan pangan yang membahayakan tubuh kita. Sehingga sangat aman di konsumsi anak2 kita.
- Caranya: setelah pempek nasi di rebus hingga matang dan di dinginkan, simpan pempek nasi di dalam kulkas selama semalam. Setelah dikeluarkan dari kulkas, pempek nasi akan menjadi keras dan memadat, iris tipis2 lalu tata dia atas nampan dan jemur hingga kering.
- Gambar kerupuk belum saya tampilkan yaa, maaf...belum sempat di foto. Masih belum nggoreng lagi, ntar kalau sudah saya goreng InsaAllah segera saya posting.


Selamat Mencoba...Semoga Bermanfaat.

Pempek Adaan Nasi



Pempek Adaan dari nasi...lumayan saja, hasil keisengan dari dapur mungil saya.
Sayang kan ya...daripada nasinya merana, bisa menjadi cemilan hangat menemani secangkir teh panas di sore hari, saat2 santai berkumpul bersama keluarga tercinta.

He hee...cemilannya sederhana amat, pempek adaan dari nasi yang tak habis. Its okk..yang penting rasanya spesial, apapun hasil olahan ibu adalah yang terlezat bagi seluruh keluarga di rumah.


Pempek Adaan Nasi
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 mangkok nasi penuh (kira2 500 gr)
3 sdm tepung tapioka
1 sdm tepung terigu
150 ml air panas

Bumbu halus:
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir




Cara Membuat:
1. Panaskan nasi dengan cara dikukus atau dipanaskan di microwave.
2. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus ke dalam wadah, tuangi air panas, aduk2 hingga menjadi adonan yang kental dan licin.
3. Masukkan nasi panas, aduk dan uleni dengan sendok kayu/centong sampai adonan tercampur rata. Kalau sudah agak dingin uleni dengan tangan sampai adonan menjadi agak halus.
4. Bentuk menjadi bola2, lumuri kedua tangan dengan tepung tapioka, agar tidak lengket ditangan.
5. Goreng hingga matang di minyak goreng yang panas. Angkat dan sajikan hangat dengan saus cuko.

Selamat Mencoba...

Tumis Ayam Yogurt Bumbu Kari



Masakan ayam ini ceritanya hanya resep karangan bebas saya, terinspirasi karena sering mencicipi masakan India, maklum disini banyak warung2 makan/resto India dan kadang2 saya dan keluarga memang suka beli masakan India...lidah kami sudah mulai bisa beradaptasi dengan menu ala Bombay.

Memasaknya sangat mudah dan cepat, jadi bisa diandalkan...jika kita dalam kesempitan waktu dan bahan2nya gak banyak, rasanya nikmat menggoyang lidah. yang menjadi ciri khasnya masakan India adalah adanya bahan bumbu seperti yogurt, daun kari dan bubuk kari India. Jika tidak ada daun kari gak usah kuatir...gak pakai juga gak jadi masalah, hanya saja bubuk kari ini harus ada. Kalau bubuk kari juga gak ada bisa saja pakai bumbu kare instan seperti produk Indofood atau yang lainnya.


TUMIS AYAM YOGURT BUMBU KARI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

500 gr daging dada ayam fillet potong tipis2
3 sdm yogurt plain/tawar
30 lembar daun kari (daun salam koja)
2 buah cabe merah besar potong serong
2 buah cabe hijau besar potong serong
1 buah tomat merah ukuran sedang, potong tipis2
5 siung bawang putih iris tipis
1 buah bawang bombay ukuraan sedang, iris tipis
1 sdm penuh bubuk kari (saya pakai Madras Curry Powder kemasan kaleng)
Kalau gak ada bubuk kari, bisa pakai bumbu kare instan produksi Indofood atau Cap Bambu.
garam dan gula pasir secukup rasa
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan cabe merah, cabe hijau dan tomat iris, masak dan aduk hingga rata.
2. Masukkan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna, tuangkan yogurt dan taburkan daun kari, aduk hingga semua tercampur rata.
3. Beri garam dan gula pasir secukupnya, sambil koreksi rasanya. Masak daging ayam hingga matang dan kuah mengental. Angkat dan sajikan bersama nasi putih yang hangat.

KIMCHI



Sudah lama banget uji coba buat kimchi ini saya lakukan, dan baru ingat kalau belum masuk di dalam blog dapur maya saya. Padahal ini sudah menjelang detik2 akhir pergantian tahun baru, ternyata banyak resep2 hasil karya saya di tahun 2013 belum semua tertuliskan di Dapur Griya Khayangan saya. Mudah2an bisa saya kebut dalam beberapa hari jelang akhir tahun ini, agar bisa terdokumentasikan.

Penasaran dengan rasa kimchi, dan seperti biasa karena belum tahu dari apa bahan2nya dan resepnya bagaimana...maka browsing2 lah di kamus pintar Om Google. Akhirnya bikin deh kimchi, rasanya...hiya yaa, kata anak saya enak...walah koq ya doyan to nduukk nduk. Mirip2 rasa asinan gitu...tapi aroma jahenya yang meninjol kental itu yang bikin agak beda, lumayan deh...bisa bikin kimchi yang asin2 pedas, segar dan nyegrak...asli bikinan sendiri.

Syukur Alhamdulillah yaa...sekarang tuh banyak orang2 yang begitu baik dengan sepenuh kebesaran jiwanya membagi ilmu memasak di dunia maya. Sangat memberi manfaat dan keuntungan bagi kita, so...mengaca dari hal itu, janganlah pelit kalau punya ilmu dalam hal apapun jika rela membagi ilmunya tanpa pamrih, InsaAllah amal kebaikan itu akan tercatat dengan sendirinya dan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir sepanjang masa karena ilmunya berguna dan terpakai oleh orang yang membutuhkan.
Ilmu seluas samudra tak akan berarti apa2 jika hanya di peti eskan dalam otak, akan dibawa mati ter sia2kan. Alangkah berharganya bila ilmu itu dibagikan kepada siapapun yang kelak akan menjadi kemanfaatan :)

Resep kimchi dibawah ini sudah hasil olahan sesuai citarasa lidah saya tentunya, dan jika ingin membuat sesuai resep aslinya bisa di tengok pada blog nara sumbernya.






KIMCHI
Source: *Maangchi* and *Resipi Citarasawan*
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah sawi putih yang besar (1 kg)
5-7 sdm garam halus
3 sdm tepung beras
250 ml air putih (1 gelas)
3 sdm gula pasir
10 siung bawang putih (1 bungkul/1kelopak)
3 cm jahe kupas
1 butir bawang bombay besar
5 sdm saus tiram
5 sdm bubuk cabai (boleh pakai abon cabai)
5 tangkai daun bawang potong2 serong panjang 4 cm
1 buah lobak ukuran sedang potong2 tipis panjang
2 buah wortel potong2 tipis panjang






Step-step Cara Pembuatan Kimchi:

Step 1. Penggaraman Sawi Putih (Salting Cabbage):
1. Belah sawi putih menjadi dua bagian, kemudian cuci hingga bersih.
2. Belah lagi tiap bagian menjadi dua bagian lagi,  sehingga sawi akhirnya menjadi 4 bagian.
Kalau cara saya sawinya di potong2 seperti ketika akan dimasak menjadi sayur biar lebih praktis, boleh pilih koq...sesuai selera saja.
3. Taburi sawi dengan garam halus, caranya dengan membuka lembar demi lembar daun sawi dan menaburi garam pada bagian atas permukaan daun, lakukan hingga semua daun tergarami.
Kalau daun sawi yang sudah dipotong2, taburi saja garamnya diatas daun sawi potong, kemudian aduk2 hingga garam tercampur rata.
4. Diamkan/istirahatkan daun sawi yang sudah digarami agar layu selama kurang lebih 3 jam.
5. Setelah diperam selama 3 jam, cuci daun sawi dengan air bersih berulang kali hingga daun sawi lemas dan tidak terlalu asin.

Step 2. Membuat bubur tepung beras (Porridge):
1. Larutkan tepung beras kedalam air putih hingga tercampur rata dan pastikan tidak bergerindil. Kemudian masak diatas api sedang hingga menjadi bubur kental tapi tidak memadat yaa...masih agak cair. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula pasir larut, masak kembali hingga meletup2 dan mengental. Biarkan menghangat.
2. Pindahkan bubur tepung beras ke dalam mangkok besar (baskom), yang nantinya akan digunakan untuk mencampur semua bahan kimchi.

Step 3. Proses Pencampuran dan Fermentasi:
1. Haluskan bawang putih, bawang bombay, jahe dan saus tiram dengan cara diblender hingga halus.
2. Masukkan hasil blenderan diatas ke dalam baskom (di step 2.), aduk hingga tercampur rata.
3. Tuangkan cabe bubuk, aduk hingga rata.
4. Masukkan potongan daun bawang, potongan lobak dan potongan wortel, aduk semuanya hingga tercampur rata.
5. Terakhir masukkan daun sawi, aduk kembali hingga tercampur rata.
6. Pindahkan calon kimchi ke dalam tempat (box, toples) yang bertutup dan kedap udara, peram dalam kulkas selama 2-3 hari hingga menjadi kimchi.
7. Setelah proses fermentasi selama 2-3 hari, kimchi akan mengeluarkan cairan dan aroma fermentasi yang harum khas kimchi. Kimchi siap untuk dinikmati sesuai selera.


Selamat Mencoba...

Kamis, 26 Desember 2013

PENTOL KANJI (Bakso Kojek)




Bismillah...


Masih ingat banget ketika jaman2 sekolah dulu, dikampung banyak penjual bakso kojek, yang dibuat dari tepung tapioka alias tepung kanji dan sedikit daging sapi sebagai penambah cita rasa biar mirip pentol bakso daging sapi aslinya, makanya bisa disebut juga pentol kanji. Dan nyatanya hingga sekarang masih saja eksis keberadaannya...dengan berbagai macam nama, tiap daerah punya nama tersendiri. Kalau di daerah jawa timur, di kota saya terkenalnya dengan sebutan pentol.

Saya mencoba buat pentol ini karena anak saya suka beli ketika mudik ke kampung lebaran kemaren, setelah saya coba icip2 rasanya pentol yang waktu beli di alun2 kota kami. Oalah...begini to rasa pentol kanji si mas2 yang jualan berderet sepanjang pinggiran alun2, mirip cilok dan memang lebih banyak terasa tepung kanjinya daripada ikan atau dagingnya. Heran super heran...begitu laris manisnya jualan mereka itu, banyak sekali rupanya penggemar pentol kanji. Yaa...namanya juga jajanan yang murah meriah, jadi jajanan yang merakyat. Semua suka...dari anak2 sampai orang tua, kecuali simbah2 yang sudah ompong, he he hee...

Resep pentol ini saya adaptasi dari resep cilok yang biasa saya buat, dan biar lebih mantab rasa pentolnya sengaja saya tambahkan daging ikan kembung yang sudah di haluskan. Bisa juga pakai daging ayam, daging sapi tetelan..dijamin rasanya lebih nendang, apalagi pentol bikinan sendiri kan aman dari bahan2 tambahan pangan yang tidak kita inginkan.





Pentol Kanji Ikan Kembung 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
100 gr tepung terigu
250 ml air kaldu ikan kembung panas (kurang lebih 1 gelas belimbing)
---> Tuangkan air kaldu ikan kembung yang sudah mendidih dan masih panas kedalam tepung terigu, aduk2 dengan sendok kayu hingga adonan menggumpal dan matang.

Bahan Pentol:
100 gr daging ikan kembung halus (dari 5 ekor ikan kembung ukuran sedang)
200 gr tepung tapioka
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang iris halus

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada/merica
---> Tumis bumbu halus ini hingga harum dan matang.

Bahan Sambal Merah:
3-5 sdm saus sambel cabe botolan (sesuai selera pedasnya)
2 sdm saus tomat botolan
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm minyak goreng
1 sdm tepung maizena larutkan dalam 250 ml air putih
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
1. Masukkan ikan kembung halus ke dalam adonan biang, uleni hingga tercampur rata.
2. Beri bumbu halus dan uleni kembali hingga tercampur rata. Tambahkan garam, gula pasir dan daun bawang iris sambil tetap diuleni hingga tercampur rata.
3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit (jangan dituang semua), sambil uleni hingga adonan pentol kanji menggumpal, lemas dan kalis. Jika masih terlalu padat dan keras bisa ditambah air kaldu ikan panas sedikit2 saja sampai dirasa adonan kalis dan lemas.
3. Cetak dengan membentuk bola2 seperti bakso, bisa pakai tangan atau pakai sendok.
4. Rebus pentol kanji di dalam air yang sudah mendidih, jangan lupa tambahkan 1 sdm minyak goreng kedalam air rebusan pentol kanji.
5. Rebus pentol kanji hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap sambal merah atau sambal kacang (bisa pakai sambal pecel, atau sambal siomay)

Cara Membuat Sambal Merah:
1. Tumis bawang putih cincang dengan minyak goreng sampai matang dan harum.
2. Masukkan saus sambel dan saus tomat, aduk rata.
3. Tuangkan larutan maizena, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, aduk2 hingga rata dan mengental.
4. Tunggu hingga sambal merah matang dan mendidih, angkat dan dinginkan.

Selamat Mencoba...


# Note:
- Membuat air kaldu ikan kembung dengan memanfaatkan sisa dari tulang dan kulit ikan kembung yang sudah diambil dagingnya. Dengan cara merebus 2 gelas air hingga mendidih, lalu kecilkan api...masukkan tulang dan kulit ikan kembung, masak hingga ikan matang dan mendidih kembali. Angkat dan siap digunakan untuk membuat adonan pentol.
- Adonan pentol ini bisa juga di aplikasikan untuk membuat adonan pempek, rasa pempeknya lumayan lembut dan kenyal, wangi aroma ikan kembung, tetapi memang warna ikan kembung berpengaruh pada pempeknya...jadi agak ke abu2an tidak putih bersih.

Jumat, 06 Desember 2013

ROTI MARYAM



Alhamdulillah...
Setelah berulang kali...dan gak kapok2 sering berlatih membuat roti maryam, pada akhirnya saya bisa membuatnya dengan hasil yang sangat saya harapkan. Maksudnya dari segi bentuk rupa hasil akhir yang cantik seperti di foto yang saya tampilkan di atas. Dan rasanya roti maryam pun sudah sesuai selera lidah saya pastinya...pokoknya saya happy banget deh ^^

Memang yaa...kalau mau perfect tuh musti rajin mencoba bikin terus, dengan sering eksperimen kita makin tahu bagaimana seharusnya yang benar dalam proses pembuatannya dan bisa memahami juga dimana kekeliruan2 kita ketika kemaren kurang berhasil menaklukkannya. So...makanya jangan menyerah begitu saja jika baru sekali dua kali mencoba terus mogok menyerah gak mau mencoba lagi, saya pun yang berkali2 gagal masih terus berusaha dan ingin bisa lebih baik lagi...harus sampai sukses, dan alhamdulillah karena mempunyai tekad harus bisa sehingga menuai hasil.




Layer2nya roti maryam  sangat nyata terlihat dan lembut saat dikunyah...tidak keras alias kering karena saya menggunakan mentega untuk olesannya, bukan margarin atau minyak. Pilih jenis mentega atau butter yang aromanya harum, seperti butter wisjman, orchid, president dan sejenisnya. Kalaupun karena gak ada butter, boleh saja sih pakai margarin...tapi gunakan margarin yang kualitasnya bagus dan kalau ada yang beraroma butter.




Untuk resepnya masih tetap dengan resep roti maryam yang pernah saya posting di blog  Dapur Griya Khayangan. Resep dan cara pembuatan yang disertai step by stepnya bisa klik *disini*


Selamat Mencoba...Sukses itu hanya akan tergenggam jika kita tidak pantang menyerah !

Selasa, 03 Desember 2013

NUGGET TAPE SINGKONG



Bismillah...

Tape singkong yang ada di dalam kulkas tadinya mau saya buat cake tape, tapi seperti biasa tiba2 saya berubah haluan kepingin bikin nugget saja. Kepikiran kalau dijadikan cemilan nugget seperti saat membuat nugget pisang yang manis legit...kira2 tape singkong di olah jadi nugget bagaimana ya, nikmat juga kah ?...

Alhamdulillah, karena tape singkongnya memang sudah manis...dan wangi, setelah dijadikan nugget semakin lezat karena ada penambahan keju dan susu kental manis. Sehingga bisa jadi alternatif suguhan nugget manis selain nugget pisang.

Resepnya pun gak jauh beda dengan nugget pisang yang saya posting di blog ini beberapa waktu yang lalu, mudah2an jadi inspirasi dalam menghidangkan cemilan sehat untuk keluarga tercinta...


NUGGET TAPE SINGKONG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tape singkong haluskan
2 sdm tepung maizena
3 sdm susu kental manis putih
1/2 sdt vanili bubuk
50 gr keju cheddar parut
2 lembar roti tawar sobek2 kecil
50 ml susu cair putih tawar
2 butir telur kocok lepas

Bahan Baluran Nugget:
5 sdm tepung terigu

Bahan Pencelup Nugget:
1 butir telur kocok lepas
3 sdm tepung terigu
1 sdm susu bubuk
air secukupnya
---> Semua bahan campur jadi satu, aduk hingga rata dan halus

Bahan Panir Nugget:
150 gr tepung roti kasar (panko)






Cara Membuat:
1. Campur semua bahan menjadi satu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak goreng, tuangkan adonan nugget pisang ke dalam cetakan. Kukus kurang lebih selama 30 menit. Keluarkan dari pengukus, dinginkan.
3. Potong2 nugget tape singkong dengan bentuk sesuai selera. Baluri tepung terigu, masukkan ke dalam larutan tepung pencelup, kemudian gulingkan pada tepung panir. Lakukan hingga semua habis diberi tepung panir.
4. Simpan dalam kulkas sebentar biar agak keras dan set, lalu goreng. Bila belum akan disajikan, simpan di dalam freezer agar nugget tape singkong beku dan awet.

Selamat Mencoba...

Selasa, 26 November 2013

Homemade Tempe Gembus



Karena saya sering membuat susu kedelai di rumah, jadi sering memanfaatkan sisa ampasnya untuk dibikin tempe gembus atau tempe menjes. Tentu saja gak mungkin saya peroleh tempe gembus disini kecuali jika saya rela berjuang membuat sendiri. Dan untuk bisa membuat sendiri, syarat utamanya kita harus mempunyai "ragi tempe" yang biasa digunakan untuk membuat tempe kedelai.

Proses pembuatan tempe gembus tidak sulit sebenarnya, sangat mudah dan simpel. Hanya dibutuhkan tekad dan semangat berlebih, karena sehabis membuat susu kedelai dengan rentetan proses memblender kedelai, peras memeras dan godog menggodog sari kedelai telah menghabiskan energi yang cukup banyak, dan pasti pula terasa lelah badan. Nah...karenanya beristirahatlah sejenak waktu, sembari menikmati segelas susu kedelai hangat. Niscaya tubuh segera akan bugar dan fresh kembali. Dan tahapan berikutnya adalah memproses ampas kedelainya menjadi tempe gembus.

Okk...
Lets go to learn my recipe...


Homemade Tempe Gembus
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ampas kedelai
5 gr ragi tempe (1 sdt penuh)
2-3 kantong plastik untuk bungkus tempe
tusuk gigi/peniti/jarum pentul


Cara Membuat:
1. Kukus ampas kelapa selama 20-30 menit. Angkat dan dinginkan dengan cara dihamparkan merata diatas nampan atau tampah bambu.

2. Setelah agak dingin, sangrai ampas kedelai di atas wajan penggorengan hingga ampas kedelai mengering/tidak terasa lembab jika dipegang dengan jari2 tangan (untuk mengurangi kadar air yang berlebih). Angkat dan dinginkan kembali di atas nampan/tampah bambu.

3. Setelah ampas kedelai benar2 dingin, taburi ampas kedelai dengan ragi tempe. Aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan ampas kedelai yang sudah diberi ragi ke dalam kantong plastik. Kemudian tutup dan rapatkan kantong plastik dengan cara di hackter atau menggunakan api lilin. Lebih mudah bila memakai zipper bag plastik. Lubangi kedua permukaan plastik dengan tusuk gigi/peniti secara merata.

5. Letakkan tempe gembus di rak kawat berlubang, agar sirkulasi udara lancar. Diamkan hingga jamur tempe berkembang di dalam kantong plastik.

6. Setelah lewat dari 2 hari InsaAllah tempe gembus bisa dipanen. Siap dimasak sesuai selera.






Selamat Mencoba...

Sabtu, 23 November 2013

Kue Pastel



Kue Pastel...sudah jadi menu cemilan setiap saat dari keluarga saya. Karena semua yang ada di rumah suka dengan jajan gorengan yang spesial ini. Jadi buat saya...membuat kue pastel itu hampir sering deh, terutama kalau pas lagi week and dan gak pergi kemana-mana. Selalu siap sedia dengan kue pastel...kadang dibentuk seperti biasanya yang standar, lipat setengah lingkaran lalu pilin2. Atau saya bikin yang model bulat seperti foto di atas, hanya kalau  yang di bentuk bulat seperti itu agak membutuhkan waktu lamaan di banding yang setengah lingkaran. Tapi tampilan kue pastelnya jadi lebih terlihat cantik dan seksi yaa...he he heee...

Cara membentuk kue pastel bulat, dengan menipiskan adonan kulit pastel sebanyak 2 lingkaran yang sama diameternya (diameter antara 8-9 cm), lalu isi satu bagian kulit dengan isian kue pastel, tutup dengan selembar lagi kulit kue pastel satunya, lalu pilin dengan jari2 secara melingkar. Cukup mudah kan...




Resep kulit pastel ini sudah paten sekali buat saya, gak ingin pindah ke lain resep. Saya sudah merasa pas dan cocok, karena hasil uji cobanya melewati banyak energi...waktu, tenaga, dan isi dompet pastinya. Berulang-ulang sampai dapat takaran yang pas sesuai selera seperti yang saya inginkan. Kulit pastelnya renyah, tapi lembut...setelah dingin tidak keras atau alot/liat kalau di gigit. Dan digilingnya pun sangat ringan, tidak seperti kulit pastel lain yang kadang2 kalau digiling melar terus tiba2 menciut (eits, bahasanya gimana ya...elastis gitu lho..).

Untuk resepnya ada di link resep kue pastel yang sudah pernah saya share di blog ini yaa...
Silahkan klik resepnya *disini*
Dan mudah2an juga cocok dengan resep kue pastel saya...matur nuwun :)

Selasa, 19 November 2013

PUDING TELUR CEPLOK



Ola laa...akhirnya saya terprovokasi juga untuk turut uforia puding telur mata sapi atau yang top dengan brand puding telur ceplok. Saya ucapkan banyak terima kasih dan salute banget kepada sang maestro (entah siapa awal mulanya ) pencetus ide puding telur ceplok yang sempat booming ini. Meski agak telat eksekusi sepertinya, penasaran juga dengan proses pembuatan dan penampilan puding yang very funny ini.

Resep puding telur ceplok banyak versinya, tetapi kita boleh dengan bebas atau sesuka hati  dalam bereksperimen dan berkreasi dalam memodifikasi resep dan cara pembuatan dengan memanfaatkan ketersediaan bahan yang ada di dapur. Dan tentunya juga sesuai selera keluarga, sayang kan...kalau udah bikin tapi hasilnya tak dilirik sekalipun.


Maisaa mau narsis dulu, si bungsa saya...seneng megang2 puding ceplok telurnya, dia pikir seperti mainannya. Di bilangnya ini Egg Cup Cake,..Walaah, capek2 mama bikinin cuma dibuat mainan, yo wis...sing penting hepi ya nduuk, he he hee...


Untuk membuat bagian kuning telurnya saya menggunakan jus buah mangga dalam kotak tetrapack, kalau disini saya suka pakai mango juice merk KDD. Rasa buah mangganya sangat kuat dan asli, manis dan kekentalannya natural tidak karena bahan2 tambahan pangan. Mungkin kalau yang tinggal di Indonesia bisa menggunakan mango juice dari Buavita, menurut saya itu yang paling enak di  Indonesia.

Bagian putih telurnya saya menggunakan susu kental manis yang dicairkan, dan sedikit ditambah gula pasir agar manisnya pas sesuai selera. Jadi cukup simpel, praktis dan mudah...dan rasa susu kental manis itu memang sangat sesuai untuk dipadukan dalam pembuatan puding. Karena dalam susu kental manis sudah banyak mengandung gula, aroma susunya sangat khas...harum vanila. Nikmat sekali... I like it, sweetened condensed milk.





Puding Telur Ceplok
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kuning Telur:
1 sachet nutrijell rasa mangga atau pakai agar2 putih bubuk swallow globe
800 ml jus mangga kemasan kotak tetrapack (jus mangga asli lebih bagus)
Saya gak pakai gula lagi, tapi jika kurang manis boleh tambah gulanya sesuai selera

Bahan Putih Telur
1 sachet agar2 bubuk putih swallow globe
150 ml susu kental manis (kira2 1/2 kaleng)
700 ml air putih
2-3 sdm gula pasir (sesuai selera manisnya)
1/2 sdt vaili bubuk
1/8 sdt garam halus (seujung sendok)


Cetakan puding telur ceploknya pakai ini, plastik mika bawaan dari kampung. Belinya di toko bahan kue, harga 6500 rupiah dan isinya banyak...belum sempat ngitung.


Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kuning telur ke dalam panci, masak hingga mendidih. Tuangkan ke dalam cetakan kue talam yang besar, sebanyak 3/4 tinggi cetakan. Dinginkan.
2. Campur semua bahan putih telur ke dalam panci, masak hingga mendidih. Aduk-aduk cairan puding putih telur hingga uap panasnya berkurang.
3. Lepaskan puding bulat kuning telur dari cetakan kue talam, letakkan di dalam tengah2 pas cetakan puding plastik bulat. Siram perlahan cairan puding putih telur di sepanjang pinggiran puding kuning telur. Kerjakan hingga selesai. Dinginkan.
4. Sajikan puding telur ceplok, boleh diberi topping sirup coklat atau sirup strawberry.

NUGGET PISANG



Bismillah...

Di group masak memasak yang saya ikuti, lagi seru ceritanya membahas tentang nugget pisang, banyak macem resep dan modifikasinya. Saya juga tertarik untuk membuatnya, dan tentunya dengan resep hasil uji coba sendiri di dapur kecil saya.

Saya pilih jenis pisang kepok yang matangnya cukup atau sedang, tidak terlalu matang banget. Kalau mau pakai jenis pisang lain seperti pisang tanduk juga bisa, enak juga, tapi saya tidak suka pakai jenis pisang ambon atau cavendish, karena efeknya nugget pisangnya kurang bisa padat atau keset alias lembek walaupun sebenarnya untuk aromanya pisang lebih harum.

Dan sebelum dibuat menjadi nugget, pisang kepok saya kukus dulu, agar pisangnya benar2 matang dan keset saat sudah menjadi nugget. Karena pernah coba dengan pisang yang langsung di haluskan dan dicampur dengan bahan2 lainnya terus di kukus, menurut saya rasa nugget jadi kurang nikmat...rasa pisang seperti masih meninggalkan jejak getahnya.

Mari kita ceki ceki resepnya dibawah ini, cukup mudah dan sederhana mengolahnya, dan hasilnya so yummy inside and very crispy outside...


NUGGET PISANG 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr pisang kepok kukus lumatkan agak kasar
2 sdm tepung maizena
3 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/8 sdt teh garam halus (seujung sendok teh)
2 lembar roti tawar sobek2 kecil
50 ml susu cair putih tawar
2 butir telur kocok lepas
1 - 2 sdm messes ceres

Bahan Baluran Nugget:
5 sdm tepung terigu

Bahan Pencelup Nugget:
1 butir telur kocok lepas
3 sdm tepung terigu
1 sdm susu bubuk
air secukupnya
---> Semua bahan campur jadi satu, aduk rata hingga larut dan halus

Bahan Panir Nugget:
150 gr tepung roti kasar (panko)






Cara Membuat:
1. Campur semua bahan menjadi satu, selain messes ceres (yang ini terakhir saja). Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Masukkan messes ceres, aduk rata kembali.
3. Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak goreng, tuangkan adonan nugget pisang ke dalam cetakan. Kukus kurang lebih selama 30 menit. Keluarkan dari pengukus, dinginkan.
4. Potong2 nugget pisang dengan bentuk sesuai selera. Baluri tepung terigu, masukkan ke dalam larutan tepung pencelup, kemudian gulingkan pada tepung panir. Lakukan hingga semua habis diberi tepung panir.
5. Simpan dalam kulkas sebentar biar agak keras dan set, lalu goreng. Bila belum akan disajikan, simpan di dalam freezer agar nugget pisang beku dan awet.

Selamat Mencoba...

Homemade Ikan Asin Peda



Iseng-iseng saja dan secara tiba2 pingin bikin ikan asin peda, karena si ayah habis dari pasar ikan dan beli banyak macam ikan yang sangat segar2. Memang di Kuwait kalau belanja ikan di jamin ikannya sangat bagus kualitasnya, masih segar2 baru datang dari laut lepas. Sampai seharian di dapur hanya mbersihin ikan dan masukin ke kantong2 plastik untuk sekali masak, terus masuk freezer.

Ikan peda yang saya buat menjadi ikan asin ini dari jenis ikan kembung/mackerel. Bisa juga sih kalau mau jenis ikan2 yang lain misalnya ikan selar atau ikan layang...pada prinsipnya hampir sama dalam membuat ikan asin. Kalau ikannya berbadan agak lebar dan besar, lebih baik badan ikan dibelah jadi dua dan jangan sampai putus, agar cepat proses pengeringannya.

Membuat ikan asin peda modalnya hanya dua macam...yaitu ikan kembung segar dan garam kasar, sekali lagi saya tulis...pakai garam kasar yaa, karena kadar keasinan garam kasar lebih tinggi bila dibanding garam halus/garam meja. Sehingga nantinya ikan asin akan menjadi lebih awet daya simpannya, tidak mudah busuk atau berjamur.






Homemade Ikan Asin Peda
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan kembung ukuran sedang
10-15 sdm penuh garam kasar (secukupnya)

Cara Membuat:
1. Bersihkan dan cuci ikan kembung hingga bersih.
2. Siapkan wadah atau box plastik bersih yang bertutup
3. Letakkan satu lapis ikan didasar wadah atau box, taburi garam kasar hingga menutupi seluruh permukaan ikan. Atur lagi ikan kembung diatasnya, taburi garam kembali, begitu seterusnya sampai ikan habis digarami.
4. Tutup rapat wadah atau box tempat ikan asin, simpan dalam kulkas selama 24 jam hingga garam larut. Kalau selama 24 jam garam belum larut simpan lagi beberapa waktu agar garam larut dulu.
5. Setelah garam larut, keluarkan ikan kembung dan tiriskan. Lalu atur ikan kembung diatas nampan/ tampah dari bambu, kemudian jemur hingga kering. Sesekali dibalik balik agar ikan kering merata.
6. Setelah ikan asin peda kembung kering bisa disimpan atau dimasak langsung sesuai selera.


Selamat Mncoba...

Minggu, 17 November 2013

CAKE TAPE



Bismillah...

Tape singkong sangat pas digunakan untuk campuran cake, aromanya sangat eksotik...wangi khas tape. Ketika dipanggang saja sudah menggoda hidung dan lidah untuk segera mencicipi dan mengudapnya.

Dan setiap kepingin bikin cake tape saya harus membuat tape singkong sendiri, karena disini tak ada yang jual tape singkong. Membuat tape singkong tidaklah sulit, cukup mudah...asal ada singkong dan ragi InsaAllah jadi tape.

Resep Cake Tape dibawah ini adalah resep cake tape dengan metode sponge cake, hasil akhir cake tapenya enak, manis legit,  lezat dengan wangi tape, lembab dan lembut tekstur cakenya.

Untuk foto cake tape yang sudah di potong2 tidak sempat saya abadikan, maaf sebelumnya yaa...setiap bikin cake ini selalu gak sempat di jepret2 karena sudah keburu dibawa ke tempat acara. Ini juga saya cari2 foto di file dokumen hasil baking saya yang sudah beberapa bulan yang lalu, mudah2an sudah terwakili dengan profile picture cake yang masih utuh ini. Yang terpenting resep sudah terdokumentasikan di dapur maya saya, siapa tahu saya tiba2 lupa dengan resepnya dan mudah2an bermanfaat jika ada yang ingin mencoba resep cake tape buatan saya, he he hee...




CAKE TAPE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr gula pasir
6 butir telur
1 sdt SP
250 gr tape singkong haluskan
100 ml air santan
200 gr tepung terigu
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml margarin cair
50 gr keju cheddar parut untuk topping/taburan


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bulat berlubang tengah/tulban diameter 22 cm. Olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu.
2. Kocok dengan mixer gula pasir, telur, dan SP hingga mengembang putih kental (softpeak)
3. Masukkan tape singkong halus sedikit demi sedikit bergantian dengan tepung terigu, masukkan juga vanili bubuk sambil terus dikocok dengan mixer sampai adonan tercampur rata.
4. Tuangkan air santan sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok dengan mixer sampai rata.
5. Masukkan margarin cair, aduk perlahan dan ringan2 dengan spatula hingga tercampur rata (teknik aduk balik yaa...biar cake gak bantat/ambles)
6. Tuangkan adonan cake ke dalam loyang, ratakan. Taburi dengan keju cheddar parut.
7. Panggang di oven dengan suhu 170-180'C selama kurang lebih 45 menit atau hingga cake matang.
8. Keluarkan cake dari oven, dinginkan. Lepaskan dari loyang, lalu potong2 dan sajikan.

BANANA CAKE



Banana...bananaa...banana cake lagi...
Ini salah satu cake atau bolu pisang yang jadi andalan saya kalau lagi ada acara2 baik di rumah atau di tempat lain. Karena stok pisang cavendish senantiasa ada di meja makan, dan kalau mau bikin banana cake harus misahin pisang dan nunggu biar pisangnya ndalu atau udah udzur...yang sampai kehitaman kulitnya gitu, dan karena udah ndalu itu membuat bolu pisang makin nendang aromanya dan nikmat rasanya.

Resepnya menggunakan metode butter cake, jadi dengan mengawali pengocokan gula dan margarin. Sementara putih telur disini di kocok secara terpisah, sehingga menghasilkan tekstur banana cake yang mengembang dan lembut mirip sponge cake.

Penggunaan pisang ambon di resep saya ini perlu kurang lebih 2 buah pisang ambon tua yang besar, atau 3 buah pisang ambon bila pisangnya berukuran kecil. Tepatnya kalau ditimbang sekitar 250 gr, saya gunakan pisang seberat itu karena jika berlebihan beratnya maka akan menghasilkan cake yang kurang spongy...alias agak bantat/padat. Makanya saya selalu menimbang dulu berat pisang yang akan dimasukkan dalam adonan cake.


Banana Cake Slices dengan loyang loaf 



BANANA CAKE
Source: "Bolu dan Cake - Yasa Boga"
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
150 gr margarin
150 gr gula halus/gula berbutir halus (gula kastor)
4 butir kuning telur
250 gr pisang ambon/cavendish/barangan haluskan
200 gr tepung terigu + 1 sdt vanili bubuk + 1/2 sdt soda kue + 1/2 sdt baking powder
4 putih telur kocok + 1 sdt gula pasir + 1 sdt air jeruk nipis ---> kocok sampai putih kental/soft peak



Banana Cake Slices dibuat dengan dengan loyang kotak ukuran 22x22x7 cm


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bentuk loaf ukuran 24x10x7 cm atau loyang kotak ukuran 22x22x7 cm, pakai loyang tulban diamaeter 22 cm juga bisa, oles dengan margarin alasi dengan kertas roti dan oles lagi kertas rotinya dengan margarin.
2. Kocok dengan mixer putih telur dan tambahkan 1 sdt gula pasir dan air jeruk nipis, mixer putih telur hingga putih kental (softpeak). Sisihkan.
2. Dengan mixer bekas mengocok putih telur (gak perlu dicuci), kocok gula halus dan margarin hingga putih kental (gula larut).
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil di kocok dengan mixer. Kocok hingga mengembang.
3. Tuangkan pisang yang sudah di haluskan sedikit demi sedikit bergantian dengan campuran tepung terigu sambil di mixer sampai rata.
4. Masukkan putih telur kocok, aduk pelan2 dan ringan2 saja dengan spatula hingga adonan tercampur rata (cara/teknik aduk balik agar adonan tidak turun atau ambles).
5. Tuangkan ke dalam loyang, ratakan. Boleh di taburi topping sesuai selera (pisang iris, keju cheddar parut, kacang almond, kacang kenari, dll).
6. Panggang di oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih  selama 45 - 60 menit hingga cake matang
7. Keluarkan cake dari oven, dinginkan. Lepaskan dari loyang, potong sesuai selera dan sajikan.

Selasa, 12 November 2013

NASI TOMAT



Nasi Tomat ini salah satu menu nasi racik yang disukai anak2 di rumah selain nasi kuning, nasi uduk dan nasi goreng. Kadang2 saya juga memasak nasi tomat ini untuk acara anak2 pengajian TPA di rumah, rasanya laziz...nikmat dan penuh gizi.

Membuat nasi tomat, sebaiknya menggunakan jenis beras yang panjang butirannya, agar nasi tidak terlalu lembek. Namun jika tidak suka jenis beras panjang, boleh2 saja menggunakan beras yang ada di dapur. Yang penting perhatikan takaran airnya, agar nasi tomat nantinya tidak terlalu keras atau terlalu lembek karena kebanyakan air.

Resep nasi tomat sudah pernah saya tayangkan di sajian2 terdahulu, monggo jika ingin mencoba bikin nasi tomat ala saya. Lihat resepnya *disini*

PUDING COKLAT




Bismillah...

Puding yang selalu jadi favorit di keluarga kami adalah puding dengan rasa coklat, dan resep ini yang selalu saya buat untuk membuat puding coklat. Bahan2nya cukup simpel, mudah didapat dan gampang pula membuatnya. Bagaimana dengan rasa pudingnya...tentu nikmat dan ajiib lah, he hee...

Silahkan ceki ceki resepnya di bawah ini, semoga saja sesuai selera...


PUDING COKLAT
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 sachet agar2 bubuk putih swallow globe
1 kaleng susu kental manis putih
6 kaleng air putih (kaleng bekas susu kental manis)
50 gr coklat bubuk
150 gr gula pasir
150 gr Dark Cooking Chocolate/coklat blok cincang halus
1 sdt vanili bubuk

Bahan Vla:
750 ml susu putih cair tawar
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung kustard
100 gr gula
1 kuning telur kocok lepas
1/4 sdt garam (seujung sendok teh)
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdm mentega tawar


Cara Membuat Puding:

1. Siapkan cetakan puding untuk ukuran volume 1.5 liter, basahi bagian dalamnya dengan air putih matang dan tiriskan.

2. Cairkan coklat bubuk dengan 1 kaleng air putih yang panas (diambil dari yang 6 kaleng air), aduk2 hingga coklat bubuk larut. Masukkan pula coklat blok cincang kedalamnya, aduk2 hingga coklat blok meleleh dan larut menjadi satu.

3. Tuangkan sisa air yang 5 kaleng kedalam panci, lalu masukkan agar2 bubuk putih, gula pasir, vanili bubuk dan larutan coklat bubuk+coklat blok. Masak dan aduk terus hingga adonan tercampur rata dan mendidih. Angkat dan aduk2 hingga hilang uap airnya.

4. Tuangkan ke dalam cetakan puding, dinginkan. Simpan dalam kulkas hingga puding beku dan dingin. Sajikan puding bersama vla vanila.





Cara Membuat Vla Vanila:

1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus...kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.

2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.

3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam mangkok saji vla vanila. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.

Senin, 11 November 2013

ES KRIM SUSU SANTAN




Bismillah...

Rasa es krim buatan sendiri pasti beda ya dengan rasa es krim buatan pabrik...bedanya bagaimana, tentunya lidah kita bisa banget membedakan. Es krim buatan pabrik biasanya bertekstur lembut sekali dan lumer didalam mulut saat kita cicip. Tahukah kita kenapa bisa seperti itu...mungkin memang dibuat dari bahan2 yang berkualitas pilihan, atau mungkin karena adanya penambahan zat2 yang berfungsi sebagai pelembut, pengembang, dan juga adanya zat emulsifier lemak dan cairan agar adonan es krim bisa beremulsi secara homogen. Tentang adanya zat pengawet dalam es krim pabrik saya belum tahu secara pastinya, tapi ya mudah2an tidak mengandung bahan pengawet kali yaa...^^
Ealah...koq malah banyak berargument, gimana kalau kita coba buat es krim sendiri. Agar kita bisa tahu dimanakah bedanya...jika kita bikin sendiri alias homemade ice cream.

Mengingat masa kecil dulu yaa, saya suka beli es dung2 yang lewat didepan rumah. Nah...rasa es krimnya kan sangat berasa santan gitu, enak...manis dan gurih khas santan. Jaman dulu es krim dung2 bagi kami sudah sangat istimewa, karena belum ada es krim pabrikan yang dijual seperti sekarang ini. Bahkan es krim dung2 aja sekarang sudah di produksi oleh pabrik besar es krim ternama. Hanya saja menurut saya...rasanya kurang sesuai lidah, pokoknya aneh deh rasanya, pernah nyoba beli...aroma santan dan isi didalamnya tidak menyelerakan sekali. Pada intinya saya tetap lebih suka rasa es krim dung2 jualannya si bapak langganan yang lewat depan rumah dulu.

Dari uji coba membuat es krim, akhirnya saya bisa membuat es krim dung2 yang rasanya enak dan lembut, creamy...manis dan gurih, sudah seperti es krim dung2 legenda masa kecil saya. Bahan2nya tidak banyak macam, tanpa bahan2 tambahan pangan kimiawi, saya menggunakan campuran susu dan santan, sehingga perpaduan dari keduanya menghasilkan citarasa es krim yang segar, lembut krenyes2 dan  maknyess untuk dinikmati bersama keluarga.





ES KRIM SUSU SANTAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
250 ml susu cair putih tawar (Susu UHT atau susu bubuk yang dicairkan)
3 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
---> Campur semua bahan jadi satu, rebus dan masak hingga mengental, dinginkan.

Bahan B:
3 sdm susu bubuk

Bahan C:
1 liter air santan dari 2 kotak santan kara instan yang 200 ml + air putih panas sehingga menjadi larutan santan sebanyak 1 liter (1000 ml)
150 gr gula pasir halus
---> Campur semua bahan jadi satu, aduk hingga gula larut, dinginkan.

Bahan D:
pasta/perasa sesuai selera jika ingin es krimnya ber-aroma






Cara Membuat:

1. Masukkan bahan A kedalam wadah/baskom, tambahkan bahan B, kocok dengan mixer pelan2 hingga adonan tercampur rata.

2. Tuangkan bahan C sedikit demi sedikit sambil di mixer hingga adonan halus dan mengembang, kurang lebih mengocoknya selama 10-15 menit (tergantung kecepatan putar mixer)

3. Simpan adonan es krim didalam freezer selama kurang lebih 4 jam.

4. Keluarkan dari freezer, kemudian mixer kembali selama 5-10 menit agar adonan es krim semakin halus dan mengembang volumenya. Beri perasa sesuai selera bisa dengan pasta vanila, coklat, strawberry, atau pandan, kocok lagi hingga rata.

5. Simpan adonan es krim didalam freezer kembali, selama 6 jam

6. Es krim siap disajikan, bisa diberi topping sesuai selera.


# Tips:
- Kalau tidak suka es krim rasa santan, penggunaan air santan bisa diganti dengan susu cair dengan jumlah takaran sesuai resep (1 liter).
- Jika menggunakan air santan dari kelapa parut segar, gunakan 1 butir kelapa parut dan peras santannya menggunakan air matang yang hangat menjadi 1 liter air santan.
- Kalau menggunakan air santan kelapa segar, sebaiknya air santan direbus dulu sampai mendidih tapi tidak sampai mengeluarkan buih/bergolak, dan jangan sampai air santan pecah.
- Jika menggunakan air santan dari kelapa segar, gula pasir halus bisa diganti dengan gula pasir biasa/kasar, saat merebus air santan sekalian masukkan gula pasirnya.

Selamat Mencoba...


Minggu, 10 November 2013

Nugget Ayam Sayur



Bismillah...

Membuat nugget sendiri...ala ibu rumah tangga yang senantiasa ingin menghidangkan sajian sehat dan higienis, tidak terkontaminasi bahan2 aditif/bahan2 kimia dalam makanan. Saya memang sudah lama banget gak pernah membeli nugget kemasan dari super market...sejak anak sulung saya masih kelas satu di sekolah dasar, dan hingga sekarang si Mas Nuha sudah usia 16 tahun (kelas 3 sma) serta untuk adik2nya juga...selalu saya bikinkan nugget sendiri dengan berbagai macam varian kesukaan mereka.

Resepnya nugget dari dulu hingga sekarang tak pernah mengalami perubahan, paling jika bosen dengan fariasi sayur saya ganti dengan sayur lain yang tentunya anak2 sukai. Kadang2 juga daging ayam saya mix/campur dengan udang atau ikan, keju, mie/bihun, kentang kukus, tempe dan bahkan tahu. Tergantung bahan yang ada di dapur saja...karena memang membuat nugget itu sebenarnya gak susah koq, asal campur2 jadi deh...resep bisa dibuat sesuai selera atau suka2 dari sang pengolahnya.


Nugget Sayur yang sudah digoreng, dan siap disajikan. Ini saya cetak memakai cookies cutter bentuk love dan star, jadi lebih menarik. Tetapi sayang...sisa potongannya banyak terbuang/agak mubadzir, kurang praktis dan tidak efisien. Lebih baik potong kotak biasa aja, lebih cepat dan praktis. Prinsip ekonomi yaa...biar dapat hasil yang maksimal :) 

Nugget Ayam Sayur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ayam giling
150 gr wortel parut kasar
150 brokoli/buncis/sawi potong2
50 gr tepung maizena
4 lembar roti tawar rendam dlm 100 ml susu cair tawar
3 butir telur
1 tangkai daun bawang iris kasar
2 tangkai daun seledri iris kasar
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
---> Tumis bumbu halus dengan margarin agar harum aromanya.

Bahan Baluran/Bedak:
100 gr tepung terigu

Bahan Celupan Nugget:
2 butir telur kocok lepas
3 sdm tepung terigu (boleh ditambah jika kurang)
sedikit garam
150 ml air (secukupnya)
---> Aduk semua bahan diatas hingga rata dan halus

Bahan Panir:
200 gr tepung roti kasar (panko)


Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan dan bumbu halus ke dalam alat blender/Food Processor, lalu blender selama kurang lebih 5 menit sampai adonan halus dan licin. Rasakan jika kurang asin dan manisnya silakan ditambahkan bumbu lagi. Kalau gak ada alat untuk blender, bisa dengan cara mencincang bahan2 (menghaluskan dengan pisau) sampai halus, baru semua bahan dicampur dan diuleni dengan tangan.

2. Masukkan adonan ke dalam loyang aluminium kotak, boleh pakai box aluminium foil atau pyrex tahan panas, atau kotak plastik tahan panas. Sebelumnya olesi loyang dengan minyak dan alasi plastik..oles minyak lagi, baru tuangkan adonan ke dalam loyang. Kukus hingga matang.

3. Jika adonan nugget sudah dingin potong-potong atau cetak dengan berbagai bentuk sesuai selera, baluri atau bedaki dengan tepung terigu, lalu celupkan kedalam larutan pencelup dan gulingkan ke dalam tepung roti kasar. Lakukan untuk semua nugget hingga habis dipanir.


Tahap 1. Nugget di potong2 sesuai selera bentuknya


Tahap 2. Nugget dibaluri atau dibedaki dengan tepung terigu sebelum dicelupkan dalam larutan pencelup


Tahap 3. Nugget sudah selesai diberi tepung panir atau tepung roti kasar yang berwarna kuning (panko)


Tahap 4. Nugget Ayam Sayur sudah selesai dikemas, siap masuk freezer


4. Kemas nugget dalam wadah kedap udara dan bila akan menumpuk nugget untuk setiap lapisnya beri plastik agar tidak menempel. Kemudian simpan dalam freezer, dan siap digoreng sewaktu-waktu jika kita mau mempersiapkan makan untuk anak-anak.


Selamat Memasak...

Sabtu, 09 November 2013

Kue Akar Kelapa Keju



Saya punya sebuah cetakan kue yang berasal dari India, belinya di super market Lulu. Nama cetakan itu adalah Maruku, dan maruku itu adalah kue kering atau jajanan gorengan cemilannya orang India. Ternyata alat tersebut juga bisa digunakan untuk membuat kue akar kelapa.

Dibawah ini saya tunjukkan cetakan kue marukunya, dibuat dari bahan kuningan. Alatnya sederhana sekali, tapi bisa digunakan untuk mencetak kue bentuk bintang, bisa juga digunakan untuk membuat mie berdiameter kecil, sedang dan tipis lebar. Jadi ceritanya cetakan ini sebenarnya sangat multifungsi...tergantung kemampuan kreatifitas kita dalam memanfaatkannya.



Cetakan Kue dari bahan kuningan made in India: MARUKU


Kue akar kelapa yang pernah saya cicipi dimana dulu saya pernah tinggal (di Cilegon-Banten) rasanya agak manis dan didalam kuenya ada butiran2 wijen putih. Tetangga saya sering membuat kue akar kelapa, jadi saya suka melihatnya saat beliau membuat kue ini. Saat lebaran tiba...kue akar kelapa banyak dihidangkan untuk sajian dimeja tamu. Karena anak2 saya lebih suka kue yang berasa gurih, maka saya coba bikin kue akar kelapa keju yang asin dan gurih.

Resepnya sangat sederhana dan bahan2nya cukup mudah didapatkan. Untuk mencetaknya bisa juga menggunakan cetakan kue kering yang jika ditekan bunyinya klik klik...seperti merek "Sawa" yang saya ingat karena ibu saya pernah punya... atau bisa juga dengan menggunakan spuit bintang yang agak kecil dan dimasukkan dalam plastik segitiga, lalu masukkan adonan didalam plastiknya, kemudian tekan hingga adonan keluar dari spuit bintang.






Kue Akar Kelapa Keju
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
50 gr keju cheddar parut
1/2 sdt garam
3 butir telur kocok lepas
50 ml air santan kental (bisa pakai santan instan)

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, yaitu tepung ketan putih, tepung tapioka, keju parut dan garam dalam wadah/baskom. Aduk semua bahan hingga rata.
2. Tuangkan telur kocok dan air santan ke dalam campuran tepung, aduk dan uleni hingga adonan menjadi kalis. Diamkan atau istirahatkan adonan selama sekitar 15 menit.
3. Siapkan wajan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng, lalu panaskan.
4. Masukkan adonan kedalam cetakan, lalu tekan atau putar cetakan diatas wajan hingga adonan keluar jatuh ke dalam minyak goreng yang belum terlalu panas (nyala kompor kecil saja)
5. Kemudian goreng kue akar kelapa dengan nyala api kompor sedang hingga matang kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.