Sabtu, 28 Desember 2013

PEMPEK NASI



Kembali ide datang ketika dalam kesempitan...begitulah kiranya, disaat kepepet tak berdaya terhadap suatu masalah atau problem, secara mendadak tanpa disadari dalam sekejap ada sekelebat bayangan dalam pikir kita dan akhirnya menjadi solusi yang mampu memecahkan persoalan tersebut. He hee...padahal hanya masalah nasi yang tersisa yaa, sepertinya bukan masalah besar deh bu ibu...hingga muncul ide dadakan yang terpaksa diunduh.

Di bawah ini saya punya cara sederhana dan mudah untuk memanfaatkan nasi yang mungkin sudah tidk ingin dijadikan menu makan, daripada tersia2kan...dan kadang berakhir di bak sampah. Lebih bermanfaat bila bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih berharga, seperti menjadi pempek nasi seperti yang saya bikin.


Pempek Nasi
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
- 1 kg nasi mateng sisa masak kemaren dan saya panaskan lagi di microwave. Bisa juga di kukus di dandang/kukusan sehingga nasi panas kembali.
- Untuk bumbu halus dari bawang merah 5 butir, bawang putih 5 siung, garam secukupnya, gula pasir sedikit.
- Air putih panas kira2 setengah gelas (tergantung nasinya ya..lembek atau keras, jadi air bisa kurang atau lebih sedikit). Kalau nasi sudah agak lembek mending gak usah ditambah air lagi.
- Pakai tepung tapioka 250 gr+ tepung terigu 50 gr. Dan 100 gr tepung tapioka untuk melumuri tangan saat membentuk adonan pempek.


Cara Membuatnya:
- Nasi panas dikasih bumbu halus dan tepung terigu lalu disiram air panas, aduk dengan centong krn masih panas, kalau sudah anget uleni dengan tangan sampai nasi tercampur rata dg bumbu dan halus.
- Lalu masukkan tepung tapioka, uleni lagi dengan tangan sampai adonan tercampur rata, yang agak lama ya..biar nasinya jadi hancur dan lembut.
- Siapkan tepung tapioka cadangan untuk melumuri kedua telapak tangan, lalu ambil adonan pempek nasi dan bentuk2 sesuai selera, karena adonan super lengket maka selalu lumuri tangan dengan tepung tapioka.
- Rebus pempek nasi di air mendidih yang sudah dituangi minyak goreng, masak sampai mengapung, angkat. Dinginkan...lalu goreng, hidangkan dengan kuah cuko.


# Note:
- Agar saat digoreng pempek tidak lengket dan menempel satu sama lain, gulingkan pempek nasi yang akan digoreng ke dalam tepung terigu, sehingga pempek nasi terbalur tepung terigu. Lalu goreng pempek nasi hingga matang kunng kecoklatan dan tidak lengket.
- Selain menjadi kudapan pempek nasi yang lumayan enak dan mengenyangkan, hasil pempek nasi ini bisa juga dijadikan kerupuk nasi. Kerupuk nasi rasa bawang yang mekar, gurih dan renyah...kerupuk yang sehat tanpa bahan tambahan pangan yang membahayakan tubuh kita. Sehingga sangat aman di konsumsi anak2 kita.
- Caranya: setelah pempek nasi di rebus hingga matang dan di dinginkan, simpan pempek nasi di dalam kulkas selama semalam. Setelah dikeluarkan dari kulkas, pempek nasi akan menjadi keras dan memadat, iris tipis2 lalu tata dia atas nampan dan jemur hingga kering.
- Gambar kerupuk belum saya tampilkan yaa, maaf...belum sempat di foto. Masih belum nggoreng lagi, ntar kalau sudah saya goreng InsaAllah segera saya posting.


Selamat Mencoba...Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

  1. mbak, saya sdh praktekan resepnya, lengket banget mba adonannya pdhl tangan sdh sy pakein sagu sblmnya
    bener2 deh sampai sy 2x cuci tangan lagi, dan pake sagu lagi tangannya. sy bilang kl hasilnya ngga enak mah buang2 waktu aja nih. tp syukurlah, jadi juga, temen2 bilang kyk bukan dari nasi rasanya. tq mba utk kreatiftasnya. nanti sy mau coba buat yg simple kyk somai abang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...makasih juga sudah cobain resep saya mbak...salam :)

      Hapus