Kamis, 26 Desember 2013

PENTOL KANJI (Bakso Kojek)




Bismillah...


Masih ingat banget ketika jaman2 sekolah dulu, dikampung banyak penjual bakso kojek, yang dibuat dari tepung tapioka alias tepung kanji dan sedikit daging sapi sebagai penambah cita rasa biar mirip pentol bakso daging sapi aslinya, makanya bisa disebut juga pentol kanji. Dan nyatanya hingga sekarang masih saja eksis keberadaannya...dengan berbagai macam nama, tiap daerah punya nama tersendiri. Kalau di daerah jawa timur, di kota saya terkenalnya dengan sebutan pentol.

Saya mencoba buat pentol ini karena anak saya suka beli ketika mudik ke kampung lebaran kemaren, setelah saya coba icip2 rasanya pentol yang waktu beli di alun2 kota kami. Oalah...begini to rasa pentol kanji si mas2 yang jualan berderet sepanjang pinggiran alun2, mirip cilok dan memang lebih banyak terasa tepung kanjinya daripada ikan atau dagingnya. Heran super heran...begitu laris manisnya jualan mereka itu, banyak sekali rupanya penggemar pentol kanji. Yaa...namanya juga jajanan yang murah meriah, jadi jajanan yang merakyat. Semua suka...dari anak2 sampai orang tua, kecuali simbah2 yang sudah ompong, he he hee...

Resep pentol ini saya adaptasi dari resep cilok yang biasa saya buat, dan biar lebih mantab rasa pentolnya sengaja saya tambahkan daging ikan kembung yang sudah di haluskan. Bisa juga pakai daging ayam, daging sapi tetelan..dijamin rasanya lebih nendang, apalagi pentol bikinan sendiri kan aman dari bahan2 tambahan pangan yang tidak kita inginkan.





Pentol Kanji Ikan Kembung 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
100 gr tepung terigu
250 ml air kaldu ikan kembung panas (kurang lebih 1 gelas belimbing)
---> Tuangkan air kaldu ikan kembung yang sudah mendidih dan masih panas kedalam tepung terigu, aduk2 dengan sendok kayu hingga adonan menggumpal dan matang.

Bahan Pentol:
100 gr daging ikan kembung halus (dari 5 ekor ikan kembung ukuran sedang)
200 gr tepung tapioka
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang iris halus

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada/merica
---> Tumis bumbu halus ini hingga harum dan matang.

Bahan Sambal Merah:
3-5 sdm saus sambel cabe botolan (sesuai selera pedasnya)
2 sdm saus tomat botolan
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm minyak goreng
1 sdm tepung maizena larutkan dalam 250 ml air putih
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
1. Masukkan ikan kembung halus ke dalam adonan biang, uleni hingga tercampur rata.
2. Beri bumbu halus dan uleni kembali hingga tercampur rata. Tambahkan garam, gula pasir dan daun bawang iris sambil tetap diuleni hingga tercampur rata.
3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit (jangan dituang semua), sambil uleni hingga adonan pentol kanji menggumpal, lemas dan kalis. Jika masih terlalu padat dan keras bisa ditambah air kaldu ikan panas sedikit2 saja sampai dirasa adonan kalis dan lemas.
3. Cetak dengan membentuk bola2 seperti bakso, bisa pakai tangan atau pakai sendok.
4. Rebus pentol kanji di dalam air yang sudah mendidih, jangan lupa tambahkan 1 sdm minyak goreng kedalam air rebusan pentol kanji.
5. Rebus pentol kanji hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan.
6. Sajikan hangat dengan pelengkap sambal merah atau sambal kacang (bisa pakai sambal pecel, atau sambal siomay)

Cara Membuat Sambal Merah:
1. Tumis bawang putih cincang dengan minyak goreng sampai matang dan harum.
2. Masukkan saus sambel dan saus tomat, aduk rata.
3. Tuangkan larutan maizena, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, aduk2 hingga rata dan mengental.
4. Tunggu hingga sambal merah matang dan mendidih, angkat dan dinginkan.

Selamat Mencoba...


# Note:
- Membuat air kaldu ikan kembung dengan memanfaatkan sisa dari tulang dan kulit ikan kembung yang sudah diambil dagingnya. Dengan cara merebus 2 gelas air hingga mendidih, lalu kecilkan api...masukkan tulang dan kulit ikan kembung, masak hingga ikan matang dan mendidih kembali. Angkat dan siap digunakan untuk membuat adonan pentol.
- Adonan pentol ini bisa juga di aplikasikan untuk membuat adonan pempek, rasa pempeknya lumayan lembut dan kenyal, wangi aroma ikan kembung, tetapi memang warna ikan kembung berpengaruh pada pempeknya...jadi agak ke abu2an tidak putih bersih.

6 komentar:

  1. Bakso Kojek Kalau Diamati Kaya Bakso Tususk Atau Cilok Ya ?

    BalasHapus
  2. salam kenal mb ariesta,nemu blog mb resepnya simple bgt jadi pengen mendekam didapur eksekusi ini itu

    BalasHapus