Sabtu, 28 Desember 2013

KIMCHI



Sudah lama banget uji coba buat kimchi ini saya lakukan, dan baru ingat kalau belum masuk di dalam blog dapur maya saya. Padahal ini sudah menjelang detik2 akhir pergantian tahun baru, ternyata banyak resep2 hasil karya saya di tahun 2013 belum semua tertuliskan di Dapur Griya Khayangan saya. Mudah2an bisa saya kebut dalam beberapa hari jelang akhir tahun ini, agar bisa terdokumentasikan.

Penasaran dengan rasa kimchi, dan seperti biasa karena belum tahu dari apa bahan2nya dan resepnya bagaimana...maka browsing2 lah di kamus pintar Om Google. Akhirnya bikin deh kimchi, rasanya...hiya yaa, kata anak saya enak...walah koq ya doyan to nduukk nduk. Mirip2 rasa asinan gitu...tapi aroma jahenya yang meninjol kental itu yang bikin agak beda, lumayan deh...bisa bikin kimchi yang asin2 pedas, segar dan nyegrak...asli bikinan sendiri.

Syukur Alhamdulillah yaa...sekarang tuh banyak orang2 yang begitu baik dengan sepenuh kebesaran jiwanya membagi ilmu memasak di dunia maya. Sangat memberi manfaat dan keuntungan bagi kita, so...mengaca dari hal itu, janganlah pelit kalau punya ilmu dalam hal apapun jika rela membagi ilmunya tanpa pamrih, InsaAllah amal kebaikan itu akan tercatat dengan sendirinya dan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir sepanjang masa karena ilmunya berguna dan terpakai oleh orang yang membutuhkan.
Ilmu seluas samudra tak akan berarti apa2 jika hanya di peti eskan dalam otak, akan dibawa mati ter sia2kan. Alangkah berharganya bila ilmu itu dibagikan kepada siapapun yang kelak akan menjadi kemanfaatan :)

Resep kimchi dibawah ini sudah hasil olahan sesuai citarasa lidah saya tentunya, dan jika ingin membuat sesuai resep aslinya bisa di tengok pada blog nara sumbernya.






KIMCHI
Source: *Maangchi* and *Resipi Citarasawan*
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah sawi putih yang besar (1 kg)
5-7 sdm garam halus
3 sdm tepung beras
250 ml air putih (1 gelas)
3 sdm gula pasir
10 siung bawang putih (1 bungkul/1kelopak)
3 cm jahe kupas
1 butir bawang bombay besar
5 sdm saus tiram
5 sdm bubuk cabai (boleh pakai abon cabai)
5 tangkai daun bawang potong2 serong panjang 4 cm
1 buah lobak ukuran sedang potong2 tipis panjang
2 buah wortel potong2 tipis panjang






Step-step Cara Pembuatan Kimchi:

Step 1. Penggaraman Sawi Putih (Salting Cabbage):
1. Belah sawi putih menjadi dua bagian, kemudian cuci hingga bersih.
2. Belah lagi tiap bagian menjadi dua bagian lagi,  sehingga sawi akhirnya menjadi 4 bagian.
Kalau cara saya sawinya di potong2 seperti ketika akan dimasak menjadi sayur biar lebih praktis, boleh pilih koq...sesuai selera saja.
3. Taburi sawi dengan garam halus, caranya dengan membuka lembar demi lembar daun sawi dan menaburi garam pada bagian atas permukaan daun, lakukan hingga semua daun tergarami.
Kalau daun sawi yang sudah dipotong2, taburi saja garamnya diatas daun sawi potong, kemudian aduk2 hingga garam tercampur rata.
4. Diamkan/istirahatkan daun sawi yang sudah digarami agar layu selama kurang lebih 3 jam.
5. Setelah diperam selama 3 jam, cuci daun sawi dengan air bersih berulang kali hingga daun sawi lemas dan tidak terlalu asin.

Step 2. Membuat bubur tepung beras (Porridge):
1. Larutkan tepung beras kedalam air putih hingga tercampur rata dan pastikan tidak bergerindil. Kemudian masak diatas api sedang hingga menjadi bubur kental tapi tidak memadat yaa...masih agak cair. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula pasir larut, masak kembali hingga meletup2 dan mengental. Biarkan menghangat.
2. Pindahkan bubur tepung beras ke dalam mangkok besar (baskom), yang nantinya akan digunakan untuk mencampur semua bahan kimchi.

Step 3. Proses Pencampuran dan Fermentasi:
1. Haluskan bawang putih, bawang bombay, jahe dan saus tiram dengan cara diblender hingga halus.
2. Masukkan hasil blenderan diatas ke dalam baskom (di step 2.), aduk hingga tercampur rata.
3. Tuangkan cabe bubuk, aduk hingga rata.
4. Masukkan potongan daun bawang, potongan lobak dan potongan wortel, aduk semuanya hingga tercampur rata.
5. Terakhir masukkan daun sawi, aduk kembali hingga tercampur rata.
6. Pindahkan calon kimchi ke dalam tempat (box, toples) yang bertutup dan kedap udara, peram dalam kulkas selama 2-3 hari hingga menjadi kimchi.
7. Setelah proses fermentasi selama 2-3 hari, kimchi akan mengeluarkan cairan dan aroma fermentasi yang harum khas kimchi. Kimchi siap untuk dinikmati sesuai selera.


Selamat Mencoba...

1 komentar:

  1. ini jg salah satu resep yg aku cari mbk. terimakasih sekali lagi ya... mbk masih di LN ka??? :)

    BalasHapus