Senin, 20 Oktober 2014

Nasi Kebuli Praktis



Bismillah...

Nasi kebuli ala saya ini sangat mudah dan praktis, rasanya cukup ringan dan tidak mahteg/eneg. Karena tidak banyak mengggunakan rempah aneka ragam. Buat yang suka dengan rasa nasi kebuli seperti yang saya diskripsikan ini, monggo saya sudah bagi resepnya di bawah ini.


NASI KEBULI PRAKTIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

2 gelas belimbing beras putih cuci bersih, tiriskan
3 gelas belimbing air putih

1 ekor ayam ukuran sedang potong sesuai selera
1 gelas belimbing air putih

1 paket bumbu gulai instan/siap pakai (saya pakai dari Indofood, bisa pake merek lain)
3 siung bawang putih digeprek lalu cincang halus
1/2 butir bawang bombay ukuran sedang cincang halus (kalau gak ada stok, bisa pakai bawang merah 5 butir)
1 buah tomat ukuran sedang potong dadu kecil
2 lembar daun salam
1 batang serai digeprek
2 lembar daun jeruk
garam secukupnya
2 sdm minyak goreng (pakai mentega/margarin lebih harum)

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak goreng/mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay, sampai layu dan harum, masukkan tomat dan bumbu instan, aduk hingga tercampur rata.
2. Masukkan potongan ayam, daun salam, daun jeruk dan batang serai, aduk rata hingga ayam berubah warna dan agak kaku. Tuangi satu gelas belimbing air putih, aduk hingga rata, masak/ungkep sampai ayam empuk dan matang tetapi air masih ada/tidak habis.
3. Sisihkan ayam, masak kembali sisa bumbu yang masih ada airnya lalu tambah dengan 3 gelas belimbing air putih, Masak hingga air kaldu bumbu mendidih, beri sedikit garam agar rasa asinnya pas dan sesuai selera. Kemudian saring air kaldu bumbu tersebut agar nanti nasi kebulinya bersih dari sisa bumbu.
4. Masukkan beras putih ke dalam magic com, tuangi air kaldu bumbu, ambil daun salam, daun jeruk dan batang serai yang ada di dalam air kaldu bumbu lalu masukkan kembali ke dalam magic com, aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasanya, sudah cukup asin atau belum. Lalu masak nasi kebuli dengan menekan tombol cook. Tunggu hingga matang, setelah bunyi klik matang jangan langsung dibuka, tunggu kurang lebih 10-15 menit agar nasi matang sempurna. Setelah itu buka magic com, aduk2 nasi kebuli agar tidak memadat. Siap untuk dihidangkan.

Cara Penyajian:
1. Ayam yang sudah dimasak tadi bisa digoreng atau dipanggang/bakar, tergantung selera.
2. Sediakan juga lauk pauk pendamping lain, misalnya telur dadar rawis/iris halus atau kalau suka boleh telur rebus dibelah dua, abon sapi, krupuk/emping, acar mentimun/acar nanas, dan taburan bawang goreng.
3. Hidangkan nasi kebuli hangat di atas piring, dengan pelengkap lauk pauk diatas...dan siap disajikan, dijamin nagih...pingin nambah lagi :)

# Note:
- Memasak nasi kebuli daging seharusnya menggunakan daging kambing, tetapi karena anak2 saya kurang suka daging kambing, maka saya menggantinya dengan daging ayam. Gunakan daging kambing bila suka, cara memasaknya tentu agak lebih lama dibandingkan dengan memasak daging ayam, bisa jadi takaran air putihnya agak lebih banyak ditambahkan pada saat mengungkep daging kambing. Kalau ingin daging kambing cepat empuk bisa diperam dengan air sari nanas (jus nanas) sebentar (10 menit), kemudian bisa langsung dimasak.
- Bila beras putih yang dipakai jenisnya yang pulen, perhatikan air putih yang ditambahkan, kemungkinan harus agak dikurangi agar nanti nasi kebulinya tidak terlalu lembek. Jika punya beras jenis basmati rice/long grain (beras India) akan lebih baik hasilnya, karena jenis beras ini pera/tidak pulen dan tidak lengket. Sebaliknya jika beras putih yang digunakan jenis pera/ambyar, air putih bisa jadi lebih banyak ditambahkan.
- Jika ingin aroma nasi kebuli lebih spicy/terasa lebih berbau rempah2nya, bisa menambahkan sedikit kapulaga, bunga lawang/pekak, batang kayu manis, bunga cengkeh dan biji jintan. Semua lima buah rempah itu (five spices) dimasak bareng pada saat menumis bawang putih dan bawang bombay. Sementara kalau saya lebih suka makan nasi kebuli yang ringan aroma rempah2nya, sehingga saya tidak menambahkan five spices tersebut.
- Satu lagi...saya tidak menggunakan cairan santan atau susu untuk memasak nasi kebuli, ini semua hanya karena saya memang ingin rasa nasi kebuli yang tidak berat/syarat bumbu ala nasi kebuli aslinya. Jika ingin mengganti air putih dengan santan atau susu boleh2 aja...tapi saran saya gunakan santan yang agak encer/tidak kental, demikian pula dengan susu cairnya tidak terlalu pekat, agar nasi kebuli tidak terasa bikin eneg saat kita nikmati.

Selamat Mencoba...

5 komentar:

  1. Mulia sekali hati mba Ariesta ini..semoga yang membuat menu masakan yang dibuat mba makin di cuntai pasangannya..dan tentunya akan menjadi cucuran pahala untuk mba. Karena bnyak para pasangan yang baru memulai mengarungi bahtera rumah tangga akan sangat membutuhkan menu srperti ini.jempol buat mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...terima kasih mb Yova Cell...semoga memberi manfaat ya apa yg saya share dan bagi di blog ini. senang berkenalan dgn mb Yova...salaam...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Kapan share resep terbaru lagi nih? :)

    BalasHapus
  4. Hallo bunda Ita, resepnya menarik sekali, mau coba ah...

    BalasHapus