Kamis, 15 November 2012

Malbi Daging Sapi



Malbi daging sapi ini masakan semur daging ala daerah Palembang, rasanya enak banget, manis2 dan lebih kaya bumbu...terutama rempah2nya. Kalau semur daging yang biasa kita bikin yang ala orang Jawa memang tidak terlalu banyak menggunakan rempah2.

Pertama kali makan daging bumbu malbi ini sudah lama banget...waktu masih tinggal di Cilegon. Dapat resepnya dari tetangga yang asli orang Palembang, terus saya praktekkan...dan yang pasti resep sudah saya bikin sesuai dengan selera lidah kami sekeluarga.


MALBI DAGING SAPI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr daging sapi yang bagus
1 batang daun serai
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 sdm gula merah
1 sdm gula pasir
4 sdm kecap manis
1 sdm air asam
1 sdt garam (secukupnya)
500 ml air panas (secukupnya)
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdt merica
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt jinten
3 cm jahe




Cara Memasak:
1. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng panas, tambahkan daun salam, daun jeruk purut dan serai masak sampai matang dan harum.
2. Masukkan potongan daging, tumis sampai daging bercampur dengan bumbu halus dan berubah warna.
3. Masukkan air putih panas sampai daging terendam, tambahkan air asam jawa, gula merah, gula pasir, kecap manis dan garam.
4. Masak sampai daging empuk, kalau airnya menyusut namun daging masih kurang empuk, tambahkan dengan air mendidih secukupnya.
5. Masak hingga daging sapi empuk berwarna coklat kehitaman, agak nyemek2 kuahnya bercampur bumbu.
7. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.

# Note:
Untuk mempersingkat waktu masak dan daging sapi lebih cepat empuk, memasak malbi bisa menggunakan panci pressure cooker. Masukkan daging sapi di panci presto bersama, air putih panas, bumbu halus yang sudah ditumis dan bumbu2 lainnya. Masak selama 20 menit, setelah panci presto tidak berdesis dan hilang uap airnya...keluarkan.  Pindahkan daging sapi ke dalam wajan dan masak sebentar untuk mengeringkan kuah malbi, agar kuahnya mengental dan bumbu lebih meresap didalam daging sapi.

Selamat Mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar