Rabu, 21 November 2012

Japanese Roll Cake (JRC)



Mencoba bikin bolu gulung bermotif ala Japanese Roll Cake yang saat ini banyak digemari. Membuatnya memerlukan persiapan yang matang, dari merancang motif atau pola yang akan dicetak di permukaan bolu gulung hingga akhirnya menjadi decoration roll cake yang atraktif dan menarik perhatian. Itulah tantangan dari roll cake ini...karena motif yang beraneka ragam sesuai kreatifitas dan imajinasi si tukang bikin kuenya.

Setelah banyak belajar dan membaca lewat googling di internet, saya mencoba untuk pertama kalinya deco roll cake ini. Karena roll cake bermotif lucu2 ini awalnya dilaunching sama orang Jepang (Junko), makanya jadi terkenal dengan Japanene Roll Cake.

Untuk resepnya kali ini saya mengadaptasi dari resep sang master Kak Wan (Resipi Citarasawan), ada beberapa bahan yang saya modifikasi sesuai  feeling saya namun over all roll cakenya memang lembut nian dan pastinya sangat menarik penampakannya.

Dalam mempersiapkan pembuatan roll cake bermotif, saya membuat dulu kertas pola dari bahan kertas hvs berwarna-warni...ini untuk memudahkan saja agar jika ingin membuat cake lagi tidak kebingungan dengan cetakan/jiplakan motifnya. Dibawah ini saya tunjukkan hasil kertas pola sederhana bikinan tangan saya.







Dan...dibawah ini resep JRC hasil modifikasi saya, silahkan disimak:


Japanese Roll Cake ( JRC)
Source: Resipi Citarasawan
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
3 buah kuning telur
50 gr gula pasir
50 ml susu cair tawar
40 ml minyak goreng
80 gr tepung terigu
1 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam

Bahan B:
3 buah putih telur
1 sdm gula kastor
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt tepung maizena

Bahan C:
Pewarna makanan merah muda dan ungu

Bahan Olesan/Filling:
150 gr Whipp Cream Non Dairy + 2 sdm gula halus, kocok hingga mengembang dan kaku.

Cara Membuat:
1. Membuat adonan A: mixer kuning telur dan gula pasir hingga kental. Masukkan minyak goreng,  tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang. Masukkan tepung terigu + garam + vanili bubuk, sambil tetap dikocok dengan mixer, kocok hingga mengembang dan kental.
2. Membuat adonan B: mixer putih telur, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit hingga mengembang, tuangkan air jeruk lemon dan maizena. Kocok hingga adonan putih halus/soft peak.
3. Masukkan adonan B sedikit demi sedikit ke dalam adonan A, aduk balik perlahan hingga tercampur rata (pastikan adonan tidak mengempis karena proses pengadukan).
3. Ambil sedikit adonan yang sudah tercampur kurang lebih 2 sdm, beri pewarna makanan ungu dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan untuk membuat motif ke dalam plastik segitiga/piping bag, potong kecil ujung plastiknya. Adonan selebihnya diberi pewarna merah muda, aduk hingga rata.
5. Siapkan  loyang ukuran 22x22x5cm (hasil cake tebal) atau ukuran 24x24x3cm (agak tipis hasil cakenya). Oles bagian bawah dan pinggiran loyang dengan margarin. Letakkan kertas roti yang sudah diberi pola motif pd bagian dasar loyang.
6. Dengan menggunakan adonan motif warna ungu, buat motif mengikuti pola yang sudah dijiplak, mulailah membuat border/pinggir pada gambar pola baru kemudian isi bagian dalam motif hingga tertutup adonan ungu. Gambar dibawah ini saat adonan motif belum di oven...




7. Oven loyang yang sudah diberi motif selama 1 menit dengan suhu 170'C, keluarkan dari oven. Naah...di bawah ini gambar setelah adonan motif dikeluarkan dari oven.




8. Tuangkan adonan warna merah muda ke dalam loyang, oven hingga matang selama kurang lebih 15-20 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan hingga uap panasnya keluar.







9. Oles permukaan cake yang tidak bermotif dengan filling (whipp cream atau butter cream), kemudian gulung dengan hati2 hingga rapi. Simpan cake yang sudah digulung di kulkas agar cake memadat dan kencang.
10. Hidangkan dengan memotong roll cake sesuai selera, atau disajikan utuh...karena sayang dan tak tega mau motongnya, hiks...




Selamat Berkreasi Kembangkan Imajinasi... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar