Kamis, 02 Februari 2012

Soto Bandung



Dinginnya udara disaat winter seperti sekarang ini, menu masakan yang pas dan cocok adalah yang berkuah dan hangat. Sudah hampir 2 minggu ini...setiap 3 hari sekali saya masak soto sederhana ini, dengan bumbu yang minimalis dan tidak perlu mempersiapkan berjejer printilan penghias kuah sotonya. He he hee...lha iya, memang kalau soto bandung itu menu masakan soto yang paling ringkes dan praktis, simpel dalam pembuatannya. Makanya saya paling suka kalau anak saya di rumah minta dibikinin soto bandung...

 Yang bikin lezat dan nikmat adalah karena adanya potongan lobak, aroma wangi lobak itulah ciri khas dari soto bandung. Juga dengan ditaburinya kedelai goreng...membuat kuah kaldunya semakin terasa gurih, ada sensasi kriess kriess dari kedelai goreng saat menyeruput air kuah soto yang hangat nikmat tersebut (hayah apaan...menyeruput, bahasane sopo iku..).

Saran saya dalam memilih daging sapi, pilih yang agak mengandung lemak atau biasa kita sebut daging sandung lamur. Atau jika kurang suka yang banyak mengandung lemak...pilih saja bagian sengkel, daging bagian ini lebih cepat empuk dibanding bagian daging yang lainnya. Dalam proses merebus daging sebaiknya daging dipotong besar2 saja dulu, kemudian setelah air kaldu mendidih dan daging mulai mengeras dan memadat...matikan api, baru daging dipotong kubus kecil-kecil atau sesuai selera. Dan sebaiknya saring air kaldunya sebelum bumbu halus dimasukkan, dengan maksud untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran coklat kehitaman yang ada di dalam air kaldu, sehingga kuah kaldu tetap bening menawan... :)


SOTO BANDUNG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr daging sapi
2500 ml air putih
1 buah wortel kupas kulitnya
2 tangkai daun seledri
1 batang daun bawang
1 buah lobak ukuran sedang
3 lembar daun jeruk purut
3 cm jahe digeprek
1 sdm air asam (dari 2 mata asam jawa rendam dg 2 sdm air panas, saring)
1 sdm garam
1 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt lada

Bahan Pelengkap:
50 gr kedelai rendam semalam, lalu goreng hingga kering
daun bawang iris halus
daun seledri iris halus
bawang goreng
kecap manis
sambel cabe rawit/sambel botol




Cara Membuat:
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging bersama wortel, daun seledri dan daun bawang. Masak dengan api kecil hingga daging mengeras dan berubah warna. Matikan api, saring air kaldunya. Potong-potong daging bentuk kotak/dadu 1x1cm. Masukkan kembali  daging yang sudah dipotong dadu kedalam air kaldu, lalu rebus kembali dengan api sedang, masukkan daun jeruk, air asam dan jahe geprek.
2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, lalu masukkan bumbu halus kedalam air kaldu yang sedang dipanaskan, tambahkan garam dan gula pasir. Masak terus hingga daging empuk.
3. Masukkan lobak yang sudah dipotong-potong tipis kedalam air kaldu yang sedang mendidih, jika daging sudah matang dan empuk, matikan api. Soto Bandung sudah matang...siap untuk dihidangkan.

Selamat memasak soto bandung...sampai jumpa di menu soto yang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar