Jumat, 03 Februari 2012

PANADA



Panada ini dibikin buat menu cemilan anak-anak yang sedang mengaji di rumah (TPA, seminggu dua kali) kebetulan karena piket ketempatan sebulan sekali. Musti mencari-cari menu snek yang belum pernah disuguhkan...biar gak dibilang anak-anak koq kuenya bakwan lagi tante...ha ha haa...
Begitulah anak-anak, selalu polos dan apa adanya. Gak tahu kalau si ibu yang ketempatan kadang bingung mau bikin apa...habisnya anak-anak itu maunya kue yang gurih-gurih saja, kue yang berasa manis atau bolu malah utuh gak ditowel sama sekali.

Ya udah, mendadak aja punya ide bikin panada, di isi dengan ayam dan sayuran yang ada di kulkas...dibumbuin dengan aroma kecap manis. Biasanya panada itu isinya ikan tongkol segar...tapi saya alergi sama ikan ini. Jadi untuk mengganti ikan tongkol seringnya saya pakai ikan tuna kaleng, lebih praktis dan ikannya gak buat saya alergi. Kebetulan pas kemaren bikin panada ini...gak ada stok tuna kaleng, adanya fillet dada ayam. Langsung saja saya oprek-oprek semua perlengkapan isian...sreng gosreng jadilah.

Satu lagi yang musti diakalin waktu membuat adonan/dough kulit panada, karena sekarang masih suasana winter. Adonan yang sudah saya uleni saya tutup wrap plastik lalu ditaruh didepan heater pemanas udara diruang keluarga...maksudnya biar cepet ngembang, alhamdulillah setengah jam sudah melembung dua kali lipat. Akhirnya pas jam 4 sore kue panada siap digoreng dan hasilnya mulus menul-menul... :)


PANADA Isi Ayam Sayur Bumbu Kecap
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
250 gr tepung terigu
1 butir telur dikocok lepas
100 ml air santan hangaT
1/2 sdt garam halus

Bahan B (Biang):
1 sdt ragi instan
1 sdm gula pasir
2 sdm air putih hangat
===> Campur semua bahan ini didalam mangkuk kecil, aduk-aduk hingga rata dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih.

Bahan Isi:
200 gr daging dada ayam rebus dan potong kotak kecil
1 buah kentang potong kubus kecil lalu rebus
1 buah wortel potong kubus kecil lalu rebus
1 tangkai daun bawang iris halus
2 lembar daun seledri iris halus
1 sdt lada halus
1/4 sdt pala bubuk
3 sdm kecap amanis
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe




Cara Membuat:
1. Membuat Isi: tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, aduk hingga kuning dan harum, masukkan ayam dan bumbu-bumbu lain...lada halus, pala bubuk, saus tiram, kecap asin, kecap manis dan garam, aduk hingga tercampur rata. Masukkan wortel dan kentang rebus..aduk lagi, masukkan daun bawang dan daun seledri, taburi gula pasir. Aduk-aduk sampai bumbu meresap dan rasakan sudah pas apa belum rasanya. Jika sudah sesuai lidah dan matang, angkat dinginkan.
2. Membuat Adonan: jadikan satu bahan A ke dalam tempat/mangkok sedang, aduk menjadi satu dengan tangan hingga tercampur rata, masukkan bahan B (biang) uleni dengan tangan hingga halus dan kalis kurang lebih 10 menit. Atau jika punya alat elektrik FP (Food Processor) campur saja semua bahan (A dan B) de dalam FP lalu putar dan giling kurang lebih 5 menit sudah halus dan kalis.
3. Diamkan dulu adonan seperti biasanya kalau kita bikin dough/adonan donat kurang lebih 1/2 - 1jam hingga mengembang 2 kali lipat.
4. Kempiskan adonan, lalu bagi adonan dengan menimbang kurang lebih masing-masing 20 gr. Bulatkan lalu pipihkan dengan jari-jari tangan, beri isian ayam secukupnya, lipat menjadi setengah lingkaran...bentuk seperti pastel dengan mencubit-cubit pinggirnya.
Kalau tidak bisa membuat pinggiran yang berenda seperti pastel, bisa saja dengan ditekan-tekan memakai garpu disekeliling panada, nanti akan terlihat bergerigi. Diamkan lagi adonan yang sudah diisi biar mengembang lagi selama 15 menit.
5. Goreng dengan minyak goreng yang agak banyak, hati-hati api kompor jangan terlalu besar..agak kecil atau sedang saja biar panada tidak cepat gosong kulitnya..nanti dalamnya bisa belum matang, dan penampilan panada kurang menggemaskan dan tidak mulus maknyuuss... :)

Okkey...semoga selalu senang dan bergembira, memasak untuk keluarga tercinta,
Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar