Senin, 20 Februari 2012

Cake Karamel (Sarang Semut)



Cake karamel yang saya bikin ini sebenarnya resepnya sama dengan postingan resep cake karamel terdahulu. Kalau resep yang lama itu saya menggunakan takaran gelas belimbing sesuai resep aslinya. Untuk cake karamel ini sengaja sudah saya konversikan dengan alat timbangan digital, dan InsaAllah tidak akan mengurangi rasa dan kelembutan cake sarang semut ini. Tetap lezat dan nikmat...manis legit dengan aroma gula gosong plus aroma rempah-rempah dedaunan yang harum, beneran...saya sangat sukaa banget dengan rasa unik dari kue ini.


CAKE KARAMEL (Sarang Semut)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 ml air putih
2 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk
===> Masak air putih dengan daun pandan daun jeruk hingga mendidih dan untuk membuat karamel
400 gr gula pasir
180 ml susu kental manis (setengah kaleng)
150 gr margarin/mentega (saya suka pakai blue band aja)
2 sdt soda kue
1 sdt vanili bubuk
6 butir telur
200 gr tepung terigu




Cara Membuat:
1. Buat gula karamel: masak gula diatas panci anti lengket (teflon) dengan api kecil, tunggu sampai kelihatan gula mulai menguning dan berkaramel, lalu tuangkan air panas pelan2. Setelah  menuangkan air panas matikan api kompor. Aduk aduk sampai gula larut, kembali nyalakan api kompor, masak karamel hingga seluruh gula larut. Angkat..matikan api kompor. Dinginkan.
2. Kocok susu kental manis, margarin, vanili bubuk dan soda kue dengan memakai garpu.
3. Kocok telur ayam secara terpisah menggunakan wisk sampai telur terkocok rata.
4. Masukkan kocokan susu kental manis dan margarin  ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dengan wisk.
5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak hingga tercampur rata. Aduk-aduk dengan wisk.
6. Masukkan cairan gula karamel, aduk hingga rata dengan wisk, istirahatkan adonan kurang lebih 15-20 menit agar adonan berkesempatan menangkap udara sehingga nanti cake akan bersarang bagus. Sambil menunggu adonan di istirahatkan, panaskan oven.
7. Olesi loyang tulban ukuran diameter 22 cm dengan margarin dan taburi tepung terigu, masukkan adonan dan oven dengan suhu 170'C kurang lebih selama 45-60 menit.




#Note:
- Saya sarankan tidak menggunakan mikser untuk membuat cake ini, cukup menggunakan garpu dan wisk saja. Bisa jadi nanti cake tidak bersarang alias gagal menjadi cake sarang semut/jadi bantat.
- Jangan kuatir dengan adonan yang terlihat sangat cair dan tidak saling bercampur, margarin masih kelihatan bergerindil dan mengambang...tidak masalah. Nanti saat di oven margarin akan mencair juga.
- Alasi loyang tulban dengan loyang yang lebih besar/lebar (yang biasa buat cake ukuran 24x24x4 cm) sewaktu memanggang cake. Agar cake tidak mudah gosong.
- Pemanggangan 20 menit pertama, cake memang tidak ada perubahan yang signifikan, seperti tidak mengembang keatas. Ini dikarenakan cake banyak mengandung air. Jadi untuk proses pengembangan keatas butuh waktu agak lama. Tidak apa-apa...biarkan cake berkesempatan membentuk sarang-sarangnya, dan lanjutkan untuk melihat beberapa saat lagi, pasti akan mengalami peningkatan volume cake, akan naik dan mengembang dengan lebih cepat.
- Warna cake juga akan berubah menjadi lebih gelap, dan akhirnya akan matang kurang lebih dimenit ke 60, itu berdasar patokan saya selama membuat cake karamel ini.

Selamat mencoba,
Semoga cakenya bersarang banyak :)

3 komentar:

  1. Sabar ya bu, walaupun resep ini dicatut blog lain dan dipromosikan tanpa minta ijin, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sekali lagi saya minta maaf.... udah ngambil gambarnya tanpa ijin anda..

    buat catatan aja:
    1. saya mengakui ngambil gambar orang lain, dan kebetulan punya anda...
    2. Saya ngambil gambar tanpa membuka blok anda... tanpa membaca artikel anda, saya buka lewat pencarian gambar,,

    3. Saya TIDAK MENGAMBIL RESEP ANDA, SAMA SEKALI SAYA TIDAK MEMBACA ARTIKEL ANDA... INI RESEP TULISAN SAYA yang pernah saya pelajari dulu...

    sekali lagi saya minta maaf mbak... semoga ini jadi pelajaran bagi saya.. untuk jadi lebih baik.. lagian ini buat tugas kuliah saya mbak... bikin blog, saya cowok ,,,hehehehe

    BalasHapus