Minggu, 12 Februari 2012

SAYUR LODEH PEPAYA



Memang untuk memasak sayur lodeh itu paling banyak variasi sayur-sayurannya. Gak ada pakem-pakeman harus dan wajib menggunakan sayur ini atau sayur itu. Bebas dan suka-suka bagi yang memasak dan punya kreatifitas dalam memadupadankan bahan-bahan untuk menghasilkan sayur lodeh yang lezat nikmat.

Saya teringat saat dulu masih tinggal bersama orang tua dikampung halaman, ibu sering membuat sayur lodeh pepaya (orang jawa bilang: jangan kates), pepayanya tinggal memetik di halaman belakang rumah. Saking banyaknya buah dari pohon pepaya, saya selalu disuruh ibu nganter-nganter pepaya untuk dibagi ke tetangga-tetangga dekat rumah. Dan Alhamdulillah buah-buahan yang lain juga kalau sedang panen dirumah..tetangga-tetangga selalu mendapat bagiannya masing-masing.

Itulah yang menjadi kenangan indah atas ibu bagi tetangga-tetangga...kata mereka, ibu saya adalah orang sangat baiiiik sekali. Hik hik hik..jadi keingat beliau yang sudah tiada, lhaah malah jadi kemana-mana ceritanya. Ya udaah...saya akan memasak sayur lodeh ala almarhumah ibu saya, yang sangat ngangenin ini, semoga ibu sll dalam kebahagiaan bersama bapak di alam sana..amin, yarobbal'alamiin...


SAYUR LODEH PEPAYA
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah  (500 gr) pepaya ukuran sedang potong korek api
1sdm garam
500 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
500 ml air panas
3 buah daun salam
3 cm lengkuas digeprek
150 gr udang ukuran sedang kupas kulitnya
1 sdt garam (secukup rasa)
1/2 sdt gula pasir (secukup rasa)
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar




Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu pepaya yang sudah dipotong-potong korek api (diparut pakai parutan berlubang besar/sawut) dengan garam, lalu remas-remas hingga pepaya layu. Diamkan kurang lebih 15 menit, cuci dengan air mengalir agar hilang getahnya. Tiriskan.
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, masak hingga bumbu matang dan berbau wangi..tidak langu.
3. Masukkan udang, tumis dan aduk-aduk hingga udah berubah warna.
4. Tuang air panas, masukkan garam, daun salam, dan lengkuas.
5. Setelah air mendidih, masukkan pepaya, masak hingga pepaya mulai empuk, tuangkan santan kental dan gula pasir..aduk-aduk untuk menghindari santan menjadi pecah. Jika sudah masak segera angkat dan sajikan didalam mangkok sayur. Hmm...nyam nyam, lebih pas dan enak lagi kalau dimaem pakai lontong :D

3 komentar:

  1. makasih resepnya sangat menarik sekaligus desainnya penuh nilai seni.

    BalasHapus
  2. mantaaafff

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus