Kamis, 09 Februari 2012

Chicken Lollypop



Lagi-lagi bingung dengan menu masakan...khususnya ayam, musti banyak usaha untuk membuat variasinya. Baik itu rasa bumbunya, cara memasaknya digoreng atau dibakar..apa dimasak kuah, ayam paling mudah untuk dibuat berbagai macam masakan. Satu contoh saat ini saya memasak sayap ayam dengan sedikit merubah penampilannya...yang biasanya hanya digoreng biasa saja, sekarang saya modif menjadi sayap ayam pentul atau istilah kerennya Chicken Lollypop.

Membuatnya mudah saja koq, cepet nggak pakai lama2. Karena saya membuat resepnya sederhana saja...simpel dan praktis tapi rasanya ditanggung wuenak poll, muantaabb... :D




CHICKEN LOLLYPOP (Ayam Pentul)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr sayap ayam
1 sdm air jeruk nipis/lemon
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1 sdm tepung terigu
1/2 sdm tepung maizena
2 sdm air putih
1/2 sdt baking powder

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1/2 sdt ketumbar sangrai

Cara Membuat:
1. Bersihkan sayap ayam, potong menjadi dua bagian, lalu ambil bagian sayap yang besar...kerok dagingnya dari atas menuju ke bawah. Bagian yang kecil biarkan saja tidak usah dikerok. Seperti gambar dibawah ini...




2. Letakkan sayap ayam pada mangkok/wadah kemudian lumuri dengan air jeruk nipis/lemon. Masukkan bumbu halus...lada bubuk, pala bubuk, garam, kaldu bubuk, tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan air. Aduk hingga rata dan biarkan untuk sementara agar bumbu meresap, kurang lebih 1/2 jam.
3. Siapkan minyak goreng dan panaskan, lalu goreng sayap ayam hingga matang kuning garing kecoklatan. Hidangkan dengan nasi hangat bersama sambel botol dan saus tomat. Nikmat disantap selagi masih hangat...hot from the wok. He he hee...

Foto yang dibawah ini, sayap ayam bagian yang ujung atau yang kecil...karena susah untuk dikerok maka ya seperti ini aja diutuhkan.





#Saran:
-Sayap ayam pentul atau chicken lollypop ini bisa juga digoreng ala KFC dengan menggunakan tepung bumbu jadi yang banyak beredar di pasaran (Kobe, Sasa, Mama Suka dll).
-Jadi setelah sayap ayam dilumuri bumbu halus dan bumbu lainnya (kecuali tepung terigu, tepung maizena, baking powder) dan dibiarkan beberapa lama agar bumbu meresap ke daging, siapkan tepung bumbu jadi.
-Perlakukan sayap ayam dengan cara dan tahap seperti ini: membaluri dengan tepung bumbu jadi, kemudian celupkan ke kocokan putih telur...masukkan lagi ke tepung bumbu jadi sambil dikepal-kepal agar tepung menempel kuat. Goreng...hingga matang, sajikan saat hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar