Sabtu, 25 Februari 2012

CHICKEN CHILLI ala Dapur Saya



Hmm...yummy deh masakan ini. Semua yang dirumah pada suka sekali...sering beli di resto dekat rumah. Hidangan ini sebenarnya diadaptasi dari negerinya orang mata sipit/China. Tapi menu satu ini sudah mendunia sekali...di Kuwait aja setiap restoran India dan Arab yang bertebaran disepanjang jalan hampir selalu sedia menu Chicken Chilli, namun begitu semua berpulang pada si-Chefnya yang mengolah...untuk hasil akhirnya, sesuai apa nggak dengan lidah kita.

Saya pikir sebenarnya Chicken Chilli ini mirip-mirip resep ayam koloke yang dulu sering saya makan saat saya masih di Indonesia. Bikinnya dengan berbagai macam saus...dan ayamnya ditepungi baru digoreng, kemudian ditumis dengan aneka sayuran. Yaa..hanya beda dirasa pedasnya, karena ada penambahan cabe kering.


CHICKEN CHILLI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
500 gr dada ayam potong tipis2 4x2 cm
1 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt bawang putih yg dihaluskan
1 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
1 butir telur
1/2 sdt baking powder

Bahan Lain:
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay potong panjang
50 gr paprika hijau iris panjang
50 gr paprika merah iris panjang
1 buah wortel iris panjang
50 gr brokoli potong kuntum
1 buah cabe hijau besar iris serong

1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
2 sdm saus cabe/sambel botol
1/2 sdt cabe bubuk/paprika bubuk
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
larutan maizena ( 1sdm maizena + 5 sdm air putih6
5 sdm minyak zaitun/minyak goreng lain




Cara Membuat:
1. Lumuri ayam denga air jeruk lemon, campurkan semua bahan utama menjadi satu dengan ayam. Aduk-aduk hingga rata. Diamkan selama setengah jam, lalu goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Sisihkan.
2. Tumis bawang putih cincang, bawang bombay dan cabe hijau sampai berubah warna dan harum. Masukkan wortel dan brokoli..ayam goreng, aduk-aduk.
3. Tuangkan bumbu-bumbu...saus tiram, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, saus cabe, cabe bubuk, lasa bubuk, garam dan gula. Aduk-aduk smpai tercampur rata, dan sayuran empuk...tuangkan larutan maizena, aduk lagi agar tidak bergumpal. Aduk-aduk semua hingga tercampur rata dan matang....kuah mengental. Angkat...sajikan dipiring datar, nikmati selagi hangat....

5 komentar:

  1. Baru hari ini liat blog Mba Ita..salut bgt deh.. ijin ngelink blog Mba Ita di blog saya ya..

    BalasHapus
  2. Ini mb Widya...pak Drajad?, he hee...iya mb Widya silakan saja. Senang jika berkenan ngelink...semoga saling memberi manfaat.

    BalasHapus
  3. iya Widya Drajat tetangga sebrang..semalem nyoba kakap stick di bumbuin bw putih & tepung kyk di atas..enak..makasi resepnya mba Ita..

    BalasHapus
  4. suka widgetnya..ikutan pake ya mba

    BalasHapus
  5. sami-sami mb Widya, ikut senang resep saya disukai. Widget..okk aja, silakan...following. Saya jg mesti belajar sama mb Widya untuk ngeblog ... :)

    BalasHapus