Sabtu, 11 Februari 2012

KLEPON UBI UNGU



Punya sebungkus ubi ungu beku (grated purple yam) di freezer, sudah sebulan lebih deh kayaknya dibeli. Rencana waktu beli ubi ungu kepingin dibikin brownies ubi ungu...atau kalau nggak dibuat kue mangkok ubi ungu. Banyak sih keinginan untuk memanfaatkan ubi ungu ini untuk dijadikan kue-kue, cuma kadang waktu untuk nguplek didapur itu suka banyak aja kendalanya.

Daripada keburu expired ubi ungunya...mumpung ada sedikit waktu dan si adek Maisaa lagi bobok, bikin yang mudah-mudah saja. Mari kita jadikan cemilan yang spesial yang beda dari biasanya...tring tring..!!!


KLEPON UBI UNGU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr ubi ungu kukus dihaluskan
100 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka
3-4 sdm air panas (secukupnya hingga adonan kalis)
1 sdt air kapur sirih (kalau tidak punya boleh diabaikan)
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
1/4 sdt pewarna ungu

Bahan Pelapis dan Isian:
100 gr kelapa parut setengah tua+1/4 sdt garam dikukus
100 gr gula merah disisir halus




Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu tepung ketan, tepung tapioka, ubi ungu, garam, vanili bubuk, air kapur sirih, pewarna ungu dan air panas. Uleni hingga tercampur rata dan kalis.
2. Ambil sejumput adonan ubi ungu, bentuk bulat pipih..isi dengan gula merah dan rapatkan lalu bentuk bulat seperti bola.
3. Rebus bola-bola ubi ungu ke dalam air mendidih, jika bola-bola ubi ungu sudah mengapung angkat dan gulirkan ke kelapa parut. Lakukan semua adonan hingga selesai dimasak dan digulirkan ke kelapa parut. Hidangkan selagi hangat bersama secangkir teh manis hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar