Kamis, 09 Februari 2012

RED VELVED BROWNIES (Tantangan Resep Mbak R. No: 1)



Sesuatu hal yang belum pernah saya lakukan selama ini, dan tentunya ini sangat menarik buat saya. Ingin menambah ilmu perbakingan dengan cara menerima tantangan dari pakar dan ahli perkulineran dunia cooking and baking Mbak R. (Rachmah Setyawati).

Tantangan dari Mbak R. yang kali pertama ini adalah menguji coba resep "Red Velved Brownies" milik beliau. Saya sangat suka dengan cake brownies...apalagi kalau cakenya bertekstur crunchy diluar dan chewy didalam. Melihat foto  red velved brownies dari hasil karya Mbak R. kelihatanya emang garing diluar dan lembut maknyuss didalam...melihatnya begitu mempesonakan, membuat saya tergoda dan berusaha untuk bisa membuatnya.

Percobaan pertama kali saya lakukan sesuai dengan resep aslinya pleekk...tidak menambah ataupun mengurangi bahan-bahan, demikian juga dengan perlakuan-perlakuannya. Ternyata...hasil red velved browniesnya tidak seperti yang saya harapkan dalam segi penampakan warna, kenapa tidak muncul itu si red velvednya. Koq tidak semerah darah seperti yang dibuat Mbak R. ???  Sebenarnya untuk rasa dan tekstur cake menurut saya sudah sangat mewakili...menyuss menyuss pokoknya :)

Masih penasaran dengan hasil brownies yang belum sukses, beberapa hari kemudian saya mencoba lagi. Yang pasti saya berusaha mencari-cari dan menganalisa bagaimana supaya hasil browniesnya nanti sesuai dengan harapan. Saya mencoba merubah komposisi resep aslinya, dengan menambah dan atau mengurangi timbangan berat bahan-bahan yang ada di dalam resep.

Semoga Mbak R. berkenan atas upaya saya merubah komposisi bahan dan memodifikasi resep asli beliau. Di bawah ini saya copas resep aslinya:


RED VELVET BROWNIES
(Source: Rachmah Setyawati)

Bahan
200 gr Mentega tawar
75 gr DCC (saya pakai Valrhona )
150 gr WCC (White Cooking Chocolate)
----------------> Lelehkan kedua bahan diatas, sisihkan

4 butir telur ayam utuh
315 gr Gula Pasir
160 gr Tepung Terigu
20 gr Susu Bubuk
20 gr Chocolate Bubuk

40cc susu cair/jus bit (air buah bit) + pewarna merah
------------> aduk rata, didihkan hingga surut sekitar 25-30cc saja

2sdm Cheese Cream, suhu ruang, lunakkan.
Almond iris.

Cara Membuat :
1. Panaskan oven hingga 170-175derajat celcius.
2. Kocok telur + gula pasir, hingga gula larut mengembang saja, (jangan terlalu mengembang 2x lipatnya), masukkan mentega dan coklat cair, kocok dgn speed rendah asal tercampur rata aja, masukkan air buah bit, kocok rata, setelah itu masukkan bahan kering (tepung, susu dan coklat bubuk diayak) kocok speed rendah merata. Matikan mixer, diamkan sejenak kurang lebih 2-3 menit. Barulah tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dialasi kertas roti, 1 bh ukuran 22X22X4 cm.
3. Ambil 4 sdm adonan campur dengan cheese cream merata, taruh dlm pipping bag, semprotkan diatas adonan yg sdh dituang dlm loyang, menyilang diagonal, lalu bentuk motif batik dengan bantuan tusuk sate/tusuk gigi. Terakhir taburkan almondnya merata.
4. Panggang hingga matang, sekitar 35-45menit.


Dan...foto dibawah ini penampakan red velved brownies saya dari percobaan yang pertama. Hasil cake tidak tampak warna merah sama sekali, topping cream cheesenya pun tenggelam tak nampak sama sekali, coklat kan...???, seperti brownies klasik yang biasa saya buat... :)




Setelah saya melakukan percobaan baking kedua, dengan merubah takaran dan perlakuan dari resep asli...Alhamdulillah Red Velved Brownies hasil modif saya sudah sesuai harapan.  Senang bangeett...akhirnya tertunailah sudah tantangan resep dari Mbak R.
Berikut dibawah ini resep hasil modifikasi saya :




RED VELVED BROWNIES 
Source: Rachmah Setyawati
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr mentega tawar dilelehkan
225 gr WCC (White Cooking Chocolate) dilelehkan
4 butir telur ayam utuh
250 gr gula pasir berbutir halus
170 gr tepung terigu
10 gr susu bubuk fullcream instan
10 gr Chocolate Bubuk

Larutan Susu dan Jus Bit:
10 gr susu bubuk fullcream instan
30 cc jus bit (100 gr buah bit dijus dengan 50 ml air, rebus hingga menyusut jadi 40 ml)
1 sdt pewarna merah (saya adanya merek Foster Clark)
1 sdt air jeruk lemon
===> Aduk semua bahan ini menjadi satu, diamkan sesaat kurang lebih 15 menit

Bahan Topping:
4 sdm adonan brownies putih*
50 gr cream cheese suhu ruang, lunakkan.
===> Aduk semua bahan ini hingga tercampur rata, masukkan kedalam piping bag plastik




Cara Membuat :
1. Panaskan oven hingga 160-170derajat celcius.
2. Kocok telur  dan gula pasir hingga gula pasir larut (jangan terlalu mengembang 2x lipatnya).
3. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak sedikit demi sedikit, sambil tetap dikocok pakai mikser.
4. Masukkan white cooking coklat leleh, tetap aduk hingga rata dengan mikser kecepatan rendah.
*Ambil 4 sendok makan adonan brownies putih ini dan sisihkan, digunakan sebagai bahan topping.
5. Masukkan coklat bubuk, kocok hingga rata dengan kecepatan rendah.
6. Masukkan larutan susu dan jus bit lalu kocok hingga rata, terakhir masukkan mentega leleh dan kocok perlahan hingga adonan membentuk emulsi yang bagus (kental dan pekat).
7.  Matikan mixer, diamkan sejenak kurang lebih 2-3 menit. Barulah tuang adonan ke dalam 1 loyang berukuran 22X22X4 cm atau 2 loyang ukuran 30x10x4 cm yg sudah dialasi kertas roti.
8. Panggang cake di dalam oven selama kurang lebih 5 menit, keluarkan loyang dan beri topping cream cheese. Caranya: semprotkan bahan topping diatas adonan cake secara menyilang diagonal, lalu bentuk motif batik dengan bantuan tusuk sate/tusuk gigi.
9. Panggang kembali cake yang sudah diberi topping selama kurang lebih 40 menit, atau hingga matang.

Ini dia...penampakan brownies setelah matang, sepertinya kurang begitu jreng yaa...warna merahnya. Tapi setelah cake dipotong...barulah nampak red velvednya.





Dan...setelah kiriman hasil tantangan resep RVC Brownies yang saya buat sempat nyasar di spam emailnya Mbak R. Akhirnya ikut disertakan di round up Tantangan Resep Mbak R. Ini dia...Banner atau badge keikut sertaannya...
Terima kasih mbak Rachmah... :)




Happy Baking... ^__*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar